Pendaftaran Politeknik STIS.ac.id 2018/2019

Stis.ac.id - Pendaftaran Politeknik STIS.ac.id 2018/2019 - Mungkin dari kalian sudah lama mencari-cari informasi mengenai pendaftaran Politeknik STIS, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara rinci terkait dengan pendaftaran online STIS dan tahapan pelaksanaan seleksi sampai dengan selesai, dari sekian banyak Sekolah Kedinasan salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Politeknik STIS.

Bidang Statistika menjadi salah satu prioritas utama dalam lembaga ini, jadi kalian yang ingin mendaftar diharapkan memiliki kemampuan metematika yang baik, bagi yang matematika lemah lebih baik memilih Sekolah Kedinasan lainnya, yang berminat silahkan cek beberapa informasi mengenai jurusan yang dibuka untuk lebih jelas sebagai berikut.



Jurusan Politeknik Kedinasan STIS
  • Program Studi Statistik Diloma III
  • Program Studi Statistik Dipoloma IV
  • Program Studi Komputasi Stasitisk Diploma IV
Tahun ini Politeknik STIS membuka pendaftaran melalui online dan akan menerima sekitar 600 ribu orang peserta jadi cukup besar untuk peluang lulus STIS mengingat rasio jumlah pendaftaran yang tidak terlalu tinggi, kuota tersebut rasanya cukup banyak, untuk kalian yang merasa memiliki ketertarikan untuk mendaftar silahkan cek persyaratan apa  saja yang dibutuhkan.
  • Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba.
  • Program Diploma IV (450 mahasiswa): - Lulusan SMA/MA Jurusan IPA; atau - Siswa SMA/MA Jurusan IPA Tahun Ajaran 2017/2018 kelas XII; - Nilai Matematika dan Bahasa Inggris minimal 7,00 pada rapor kelas XII semester I;
  • Program Diploma III (150 mahasiswa): (Khusus Pendaftar yang berdomisili pada Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung, serta semua Provinsi di Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Kalimantan) - Lulusan SMA/MA Jurusan IPA; atau - Siswa SMA/MA Jurusan IPA/IPS Tahun Ajaran 2017/2018 kelas XII; - Nilai Matematika dan Bahasa Inggris minimal 7,00 pada rapor kelas XII semester I;
  • Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, per 1 Oktober 2018.
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS;
  • Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
  • Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS.
  • Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;
  • Setelah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota).
Peserta yang bisa mendaftar adalah peserta yang memenuhi semua syarat yang telah disebutkan diatas, jika sudah kalian dapat mengikuti prosedur pendaftaran yang akan dilaksanakan melalui situs sscndikdin.bkn.go.id dan situs Politeknik Stis.ac.id adapun informasi yang dimaksud sebagai berikut.


Pendaftaran Online (Jalur Ikatan Dinas)

Jalur Ikatan Dinas (ID) merupakan jalur seleksi untuk lulusan SMA/MA. Selama masa pendidikan mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan mendapatkan tunjangan ikatan dinas sesuai peraturan yang berlaku. Lulusan Politeknik Statistika STIS jalur ikatan dinas wajib bekerja di lingkungan Badan Pusat Statistik (BPS) dan kementerian/lembaga/instansi lain di seluruh Indonesia sesuai penempatannya selama masa ikatan dinas. Jalur pertama yang akan dibuka melalui pendaftaran adalah jalur ikatan dinas, dimana setiap siswa umum bisa mengikuti pendaftaran melalui jalur ini adapun tata cara pendaftaran dilaksanakan melalui online website Politeknik Statistik STIS seperti berikut ini :
  1. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online melalui portal SSCN (https://sscndikdin.bkn.go.id)
  2. Calon peserta mengisi data pendaftaran secara on-line di Aplikasi SPMB Politeknik Statistika STIS (http://www.stis.ac.id/spmb). 
  3. Calon peserta harus menggunakan NIK dan password yang sama seperti saat mendaftar di portal SSCN. Setelah mengisi data pendaftaran, calon peserta akan mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Pembayaran.
  4. Calon peserta membayar biaya seleksi dengan menggunakan Kode Pembayaran tersebut pada poin
  5. melalui Bank BRI atau Bank Mandiri, sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan.
  6. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta kembali membuka Website Politeknik Statistika STIS untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM).
  7. Calon peserta kemudian mengikuti petunjuk yang tercetak pada KTPUM tersebut.

Pendaftaran Online (Jalur Tugas Belajar)

Jalur Tugas Belajar (TB) merupakan jalur seleksi bagi mereka yang memiliki status sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN/BUMD, TNI/POLRI, atau instansi lain, serta telah menyelesaikan pendidikan SMA/MA dan ditugaskan oleh intansi asal untuk mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS. Biaya pendidikan ditanggung oleh instansi yang memberi tugas. Bagi yang sudah bekerja dibawah BPS maka bisa mengikuti jalur Tugas Belajar atau melalui jalur ini, untuk tahapan pendaftaran tugas belajar dapat dilihat seperti berikut :
  1. Mendapatkan rekomendasi dari tempat bekerja.
  2. Proses awal pendaftaran dilaksanakan melalui situs https://sscndikdin.bkn.go.id ada beberapa tahapan yang harus diikuti saat mendaftar melalui situs tersebut, apabila sudah selesai melanjutkan pada tahap berikutnya.
  3. Proses pengisian biodata dan pendaftaran lengkap dilaksanakan melalui situs Stis.ac.id jika sudah selesai baru calon peserta mencetak bukti pendaftaran.
  4. Proses pendaftaran yang sudah dilalui di situs https://sscndikdin.bkn.go.id  dan stis.ac.id jika semuanya sudah selesai maka registrasi sudah selesai. 

Ujian Tahap 1 (Matematika) 

Setelah peserta berhasil mendaftar secara online maka yang harus dilakukan berikutnya adalah mengikuti pendaftaran ujian tahap satu berisi mengenai tes matematika yang akan dilaksanakan di lokasi pilihan 33 provinsi seluruh Indonesia jadi kalian tinggal cek tempat tes sesuai dengan bukti pendaftaran, dan ikuti tes hingga selesai.


Pengumuman Ujian Tahap 1

Dikarenakan tes STIS ini menggukan sistem gugur maka setelah tes hasil akan segera keluar yang akan dilaksanakan melalui online, kantor BPS setempat atau Politeknik STIS yang ada di kota anda bagi yang lulus berhak mengikuti pendaftaran ulang untuk tahap II.


Pendaftaran Ulang Ujian Tahap II dan III

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya peserta yang sudah lulus pada tahap sebelumnya harus mengikuti pendaftaran ulang untuk mengikuti ujian tahap II (SKD) dan III (Psikotes) proses pendaftaran ulang dilaksanakan melalui situs resmi STIS.ac.id.
 

Ujian Tahap II

Untuk ujian tahap II lokasi tes akan ditentukans sesuai dengan ketentuan Politeknik STIS dan Kantor BPS setempat, untuk itu kalian harus cek dari hasil pendaftaran ulang diman lokasi yang akan melaksanakan tes ujian tahap II. Ujian tahap II berupa Seleksi Komputer Dasar.


Ujian Tahap III

Pelaksanaan ujian tahp III akan dilaksanakan setelah jadwal ujian tahap II selesai, bagi yang belum mengetahui lokasi silahkan cek terlebih dahulu melalui situs stis.ac.id  atau kordinasikan dengan kantor BPS Provinsi setempat, proses ujian tahap III berisi mengenai Psikotes.


Pengumuman hasil ujian tahap II dan III

Setelah peserta peserta berhasil mengikuti semua rangkaian tes kini tiba saat yang dinanti yaitu pengumuman tes tahap II dan Tahap III untuk mengecek informasi kelulusan dapat dilaksanakan melalui situs resmi stis.ac.id dan kantor BPS Provinsi setempat, silahkan cek dan pastikan kalian lulus agar bisa mengikuti tes berikutnya.


Pendaftaran Ulang online Ujian tahap IV

Bagi peserta yang sudah dinyatakan lulus tahap sebelumnya jangan lupa untuk melalukan pendaftaran ulang melalui online situs Stis.a.id kemudian setelah selesai peserta harus mengikuti tes Ujian IV berisi mengenai tes Kesehatan dan Kebugaran, untuk lokasi akan dilaksanakan melalui kantor BPS Provinsi silahkan berkordinasi dengan panitia.


Ujian Tahap IV

Seperti yang sudah admin singgung sebelumnya proses tahapan ujian IV ini berisi mengenai tes kesehatan dan kebugaran untuk lokasi ditentukan oleh Politeknik STIS dan Kantor BPS setempat kalian dapat mengeceknya secara online situs stis.ac.id. Pastikan kalian mengikuti tes tahap IV ya.


Pengumuman hasil ujian tahap IV

Proses pengumuman hasil ujian untuk tahap IV selesai apabila semua proses ujian diikuti untuk pengumuman akan dilaksanakan melalui online silahkan di cek melalui situs stis.ac.id setelah tes tahap IV selesai berarti kalian sudah dinyatakan lulus STIS dan kami ucapkan selamat bagi yang sudah lulus sampai tahap IV, tetapi kalian tetap harus menyelesaikan proses administrasi lainnya ya.


Pendaftaran Ulang online

Peserta yang sudah dinyatakan lulus tahap IV harus melakukan pendaftaran ulang melalui online situs Stis.ac.id kemudian melengkapi berbagai berkas yang dapat dilihat melalui situs yang sama, apabila proses pendaftaran ulang selesai tinggal bawa semua persyaratan dan dokumen yang sudah dicetak untuk melakukn verifikasi berkas.


Verifikasi Berkas

Hasil pendaftaran ulang bersama dengan berkas pendukung lainnya harus dibawa ke Kampus Politeknik STIS untuk melakukan verifikasi berkas langsung melalui panitia dan yang sudah dijadwalkan, perlu dingat untuk verifikasi berkas kalian tidak boleh ketinggalan ya karena apabila tidak melakukan verifikasi berkas tepat waktu maka status kelulusan akan dibatalkan.


Kuliah perdana

Jika proses verifikasi berkas selesai kalian harus mengecek jadwal kuliah perdana, apabila sudah kalian bisa mengikuti proses perkenalan kampus dan kuliah perdana yang dilaksanakan melalui Politeknik STIS.


MPPK

MPPK merupakan singkatan dari masa perkenalan dan pembentukan karakter bagi mahasiswa STIS yang sudah dinyatakan lulus, dilaksanakan melalui Politeknik STIS sebelum kuliah perdana dilaksanakan dan bersifat wajib.


Kuliah Semester Gasal TA.

Jika semua tahapan sudah dilalui kini tiba saat yang sudah lama ditunggu yaitu mulai kuliah kami ucapkan selamat kepada peserta yang sudah dinyatakan lulus dan menjadi bagian besar Politeknik STIS, perjuangan yang sesungguhnya baru saja dimulai.


Demikian informasi seputar rangkain pendaftaran Politeknik STIS dari awal sampai dengan tahap seleksi IV cukup melelahkan dan panjang tetapi hal itu akan sebanding dengan apa yang kalian dapatkan setelah lulus, jaminan menjadi seorang ASN di lingkungan BPS semoga bermanfaat dan selemat mencoba dan mengikuti tes.

0 Response to "Pendaftaran Politeknik STIS.ac.id 2018/2019"

Posting Komentar