Proses Pendaftaran SBMPTN 2018/2019

SBMPTN.ac.id - Proses Pendaftaran SBMPTN 2018/2019 Jika tidak suka dengan pendahuluan dengan alasan menghabis-habiskan waktu tidak perlu dibaca karena inti dari postingan ini ada di poin-pin proses pendaftaran SBMPTN dibawah silahkan langsung kebawah saja bagi yang suka boleh baca.

Seiring telah berlalu SNMPTN, dan telah berakhir UNBK atau Ujian Sekolah dan kini sudah resmi menjadi alumni karena sudah lulus tentu ini waktu yang tepat bagi kalian untuk mendaftar kuliah, salah satu jalur masuk yang populer adalah SBMPTN, tidak hanya peserta lulusan tahun ini saja tetapi 2 tahun sebelumnya juga masih bisa ikut SBMPTN.



Termasuk yang gagal SNMPTN tentu ingin kembali bersaing masuk perguruan tinggi, proses pendaftaran akan dilaksanakan seperti biasa melalui online dan prosesnya tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, yang perlu dingat kalian harus sudah tamat ya dan dibuktikan dengan Ijasah atau Surat Keterangan Lulus.

Peserta dapat memilih perguruan tinggi negeri dan program studi yang diminati namun yang menjadi pertimbangan adalah kesehatan kalian jangan sampai hal tersebut menjadi kendala setelah lulus, pertimbangan pemilihan jurusan SBMPTN bebas tidak ada yang membatasi, sebagai saran saja pastikan jurusan kalian pilih yang benar-benar kalian sukai atau kuasai.

Jangan sampai kuliah dengan alasan ikut saran orang tua, atau memilih jurusan yang kita tidak sukai namun dianggap memiliki peluang besar dalam dunia kerja, hal itu adalah perhitungan salah besar, pekerjaan saat ini bukan hanya berdasarkan pada peluang karena apabila kita memilikirkan peluang tentu yang akan mendapatkan lebih dahulu mereka yang sudah kuliah duluan.

Tekanan kuliah di Negeri cukup besar karena itu jangan sampai salah pilih jurusan, banyak kasus tentang mahasiswa bunuh diri karena tugas akhir hal tersebut salah satunya mereka memilih jurusan bukan berdasarkan yang mereka sukai. Sementara bagi mahasiswa yang memilih jurusan sesuai dengan apa yang mereka sukai seandainya harus kuliah 5 tahun pun tetap dipertahnkan karena suka.

Pertimbangan kuliah sama kayak kita milih Pacar, kita tentu sudah mempertimbangkan dari beberapa aspek, kalau cocok pasti sampek menikah, sedangkan bagi yang engak cocok pasti putus, sementara kuliah sekali udah nyebur susah untuk berhenti, apabilagi biaya UKT sekarang tidak besar kita tidak boleh menyia-nyiakan kepercayaan orang tua hehe.

Nah bagi kalian yang ingin mendaftar silahkan baca ketentuan lebih jelas mengenai Proses pendaftaran SBMPTN seperti dibawah ini :


Persyaratan SBMPTN

Peserta yang bisa mengikuti SBMPTN adalah peserta lulusan 2 tahun kebelakang dihitung dari tahun ini dan lulusan tahun ini, sebelum mendaftar silahkan baca terlebih dahulu persyaratan SBMPTN
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C 2 tahun terakhir terhitung dari tahun ini dibuktikan dengan memiliki ijasah.
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C lulusan tahun ini minimal harus memiliki surat keterangan lulus, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap stempel yang sah.
  • Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak menganggu kelancaran program studi yang akan dipilih.

Calon Peserta SBMPTN Umum

Apakah kalian sudah memiliki KAP, PIN dan Kede Pembayaran ? apabila belum bagi peserta SNMPTN umum silahkan ikuti petunjuk dibawah ini :
  1. Melakukan pendaftaran SBMPTN di situs https://pendaftaran.sbmptn.ac.id Kemudian pilih Menu A  untuk mendapatkan PIN/KAP dan Kode Pembayaran, batas waktu pembayaran selama 3x24 jam.
  2. Melakukan pembayaran biaya seleksi di bank Mandiri/BNI/BTN pilih salah satu Bank, pembayaran juga bisa dilakukan melalui Mobile Bangking dan ATM jika Teller sedang ramai.
  3. KAP, PIN dan Kode pembayaran yang masih berlaku?
  4. Menerima pembayaran berdasarkan kode pembayaran calon peserta.
  5. Melakukn penandaan bahwa biaya seleksi untuk KAP dan PIN sudah dibayar.
  6. Mencetak bukti pembayaran.
  7. Menerima tanda bukti pembayaran.
  8. Melakukan login kembali ke situs https://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan memilih Menu B  menunggunakan KAP dan PIN yang biaya seleksi sudah dibayar untuk menentukan proses pendaftaran.
  9. Selesai.

Calon Peserta SBMPTN Bidik Misi.

Bagi peserta yang ingin mengikuti Beasiswa Bidik Misi melalui seleksi Bidik Misi harus membaca ketentuan berikut karena akan sedikit berbeda dengan pendaftar umum :
  1. Melakukan pendaftaran bidik misi sbmptn di laman situs https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id sampai dengan selesai
  2. Memberikan kartu tanda peserta Bidik Misi bai calon peserta SBMPTN yang memenuhi syarat yang di dalamnya berisi KAP dan PIn Khusus Pendaftaran Bidik Misi kepada DItjen Belmawa Bidik Misi.
  3. Melakukan login di laman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan memilih menu B menggunakan KAP dan PIN yang dimiliki untuk menentuntaskan proses pendaftaran.

Calon Peserta SBMPTN Bidik Misi Gagal SNMPTN

Bagi yang sudah mengikuti SNMPTN namun ada keinginan untuk ikut SBMPTN harus simak cara mendapatkan PIN dan KAP yang baru seperti berikut :
  1. Melakukan pendaftaran SBMPTN di laman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan memilih Menu A  untuk mendapatkan KAP& PIN Bidik Misi baru, dan Kode pembayaran yang berlaku selama 3x24 Jam.
  2. Melakukan pembayaran biaya seleksi di Bank Mandiri/BNI/BTN menggunakan KAP, PIN dan Kode pembayaran yang dimiliki.
  3. Kap, PIn dan Kode Pembayaran masih berlaku ?
  4. Menerima pembayaran berdasarkan kode pembayaran calon peserta.
  5. Melakukan penandaan bahwa biaya seleksi untuk KAP dan PIN sudah dibayar.
  6. Mencetak Bukti pembayaran.
  7. Menerima tanda Bukti Pembayaran.
  8. Melakukan login di laman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id menggunakan KAP dan PIN yang dimiliki untuk menuntaskan proses pendaftaran.

Proses Pendaftaran SBMPTN

Untuk yang sudah melakukan pembayaran berikut proses pendaftaran SBMPTN yang harus dilakukan dan pengisian data diharuskan sesuai dengan identitas, Seperti Kartu Pelajar, KK, KTP bagi yang sudah memiliki, kemudian Ijasah atau surat keterangan lulus :
  1. Buka  laman pendaftaran SBMPTN melalui situs https://pendaftaran.sbmptn.ac.id.
  2. Pilih Menu B.
  3. Masukan Kap dan PIN serta CAPTCHA yang tersedia, kemudian klik tombol "Login"
  4. Unggah file pasfoto berwarna terbaru 3 bulan terakhir.
  5. Atur pasfoto sesuai dengan contoh yang tersedia, setelah selesai klik tombol "Simpan".
  6. Isi Form Biodata dengan data yang sebenar-benarnya kemudian klik tombol "Simpan"
  7. Isi Form pendidikan dengan data yang sebanr-benarnya, kemudian klik tombol "Simpan"
  8. Isi Form pilihan dan lokasi ujian, kemudian klik tombol "Simpan"
  9. Periksa Konfirmasi data yang telah diisikan, kemudian klik "Saya Setuju",  setelah itu klik tombol "Kartu"
  10. Klik tombol "Tata Tertib" untuk melengkapi tata tertib pelaksanaan ujian tertulis.
  11. Klik tombol "Cetak" untuk mencetak kartu bukti pendaftaran SBMPTN.
  12. Klik tombol "Keluar" untuk keluar dan mengakhiri proses pendaftaran SBMPTN.
  13. Selesai.


Seleksi/Ujian SBMPTN 

Ujian terdiri dari ujian tertulis dan Ujian Computer UTBC atau UTBK dengan ketentuan jenis materi yang akan diujikan sebagai berikut, TKPA, TPA, TKD Soshum, TKD Saintek, Bagi yang memilih jurusan Seni dan Olahraga terdapat Ujian Keterampilan, dan Ujian Wawancara untuk Jurusan Bahasa Asing.

Bagi peserta yang sudah mencetak bukti pendaftaran baik bagi Ujian Tertulis atau Computer harus mengecek tempat tes yang tercantum di kartu satu hari sebelum tes dilaksanakan agar saat besok ujian peserta tidak lagi bingung mencari tempat duduk atau nomor tes serta lokasi. Itulah beberapa tahapan proses pendaftaran SBMPTN semoga bisa berguna. Untuk Pengumuman akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal dan melalui situs resmi Pengumuman.SBMPTN.ac.id, terima kasih dan selamat mencoba.

0 Response to "Proses Pendaftaran SBMPTN 2018/2019"

Posting Komentar