6 Proses Pendaftaran Online SNBT 2024/2025


6 Proses Pendaftaran Online SNBT 2024/2025 - Jika tidak suka dengan pendahuluan dengan alasan menghabis-habiskan waktu tidak perlu dibaca karena inti dari postingan ini ada di poin-pin proses pendaftaran SNBT dibawah silahkan langsung kebawah saja bagi yang suka boleh baca.

Seiring telah berlalu SNBP, dan telah berakhir UNBK atau Ujian Sekolah dan kini sudah resmi menjadi alumni karena sudah lulus tentu ini waktu yang tepat bagi kalian untuk mendaftar kuliah, salah satu jalur masuk yang populer adalah SNBT, tidak hanya peserta lulusan tahun ini saja tetapi 2 tahun sebelumnya juga masih bisa ikut SNBT.




Termasuk yang gagal SNBP tentu ingin kembali bersaing masuk perguruan tinggi, proses pendaftaran akan dilaksanakan seperti biasa melalui online dan prosesnya tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, yang perlu dingat kalian harus sudah tamat ya dan dibuktikan dengan Ijasah atau Surat Keterangan Lulus.

Peserta dapat memilih perguruan tinggi negeri dan program studi yang diminati namun yang menjadi pertimbangan adalah kesehatan kalian jangan sampai hal tersebut menjadi kendala setelah lulus, pertimbangan pemilihan jurusan SNBT bebas tidak ada yang membatasi, sebagai saran saja pastikan jurusan kalian pilih yang benar-benar kalian sukai atau kuasai.

Jangan sampai kuliah dengan alasan ikut saran orang tua, atau memilih jurusan yang kita tidak sukai namun dianggap memiliki peluang besar dalam dunia kerja, hal itu adalah perhitungan salah besar, pekerjaan saat ini bukan hanya berdasarkan pada peluang karena apabila kita memilikirkan peluang tentu yang akan mendapatkan lebih dahulu mereka yang sudah kuliah duluan.

Tekanan kuliah di Negeri cukup besar karena itu jangan sampai salah pilih jurusan, banyak kasus tentang mahasiswa bunuh diri karena tugas akhir hal tersebut salah satunya mereka memilih jurusan bukan berdasarkan yang mereka sukai. Sementara bagi mahasiswa yang memilih jurusan sesuai dengan apa yang mereka sukai seandainya harus kuliah 5 tahun pun tetap dipertahnkan karena suka.

Pertimbangan kuliah sama kayak kita milih Pacar, kita tentu sudah mempertimbangkan dari beberapa aspek, kalau cocok pasti sampek menikah, sedangkan bagi yang engak cocok pasti putus, sementara kuliah sekali udah nyebur susah untuk berhenti, apabilagi biaya UKT sekarang tidak besar kita tidak boleh menyia-nyiakan kepercayaan orang tua hehe.

Nah bagi kalian yang ingin mendaftar silahkan baca ketentuan lebih jelas mengenai Proses pendaftaran SNBT seperti dibawah ini :


Persyaratan

Peserta yang bisa mengikuti peserta lulusan 2 tahun kebelakang dihitung dari tahun ini dan lulusan tahun ini, sebelum mendaftar silahkan baca terlebih dahulu persyaratan
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C 2 tahun terakhir terhitung dari tahun ini dibuktikan dengan memiliki ijasah.
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C lulusan tahun ini minimal harus memiliki surat keterangan lulus, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap stempel yang sah.
  • Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak menganggu kelancaran program studi yang akan dipilih.
 
Proses Pendaftaran

Pendaftaran

Untuk yang sudah melakukan pembayaran berikut proses pendaftaran yang harus dilakukan dan pengisian data diharuskan sesuai dengan identitas, Seperti Kartu Pelajar, KK, KTP bagi yang sudah memiliki, kemudian Ijasah atau surat keterangan lulus :
  1. Buka  laman pendaftaran  melalui situs https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Pilih Menu Pendaftaran UTBK
  3. Masukan user dan password serta CAPTCHA yang tersedia, kemudian klik tombol "Login"
  4. Unggah file pasfoto berwarna terbaru 3 bulan terakhir.
  5. Atur pasfoto sesuai dengan contoh yang tersedia, setelah selesai klik tombol "Simpan".
  6. Isi Form Biodata dengan data yang sebenar-benarnya kemudian klik tombol "Simpan"
  7. Isi Form pendidikan dengan data yang sebanr-benarnya, kemudian klik tombol "Simpan"
  8. Isi Form pilihan dan lokasi ujian, kemudian klik tombol "Simpan"
  9. Periksa Konfirmasi data yang telah diisikan, kemudian klik "Saya Setuju",  setelah itu klik tombol "Kartu"

 Pembayaran

  1. Akan Muncul Kode pembayaran silahkan bawa ke bank BUMN terdekat untuk melakukan proses pembayaran.
  2. Khusus peserta yang memilih jurusan seni atau olahraga wajib membayar uang tambahan berupa tes keterampilan
  3. Simpan bukti pembayaran

Login Kembali

  1. Login ke situs resmi https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ untuk menyelesaikan proses pendaftaran
  2. Gunakan akun yang udah ada, Pilih PTN dan Prodi diminati.
  3. Tentukan sesi tes, kelompok dan jenis tes yang akan diikuti.
  4. Kirim Form
  5. Review Resume Pendaftaran
  6. Finalisasi
Cetak Kartu Ujian UTBK
  1. Klik tombol "Tata Tertib" untuk melengkapi tata tertib pelaksanaan ujian tertulis.
  2. Klik tombol "Cetak" untuk mencetak kartu bukti pendaftaran.
  3. Klik tombol "Keluar" untuk keluar dan mengakhiri proses pendaftaran.
  4. Selesai.

 

Calon Peserta  Kip Kuliah.

Bagi peserta yang ingin mengikuti Beasiswa KIP Kulia harus membaca ketentuan berikut karena akan sedikit berbeda dengan pendaftar umum :
  1. Melakukan pendaftaran KIP Kuliah di laman situs https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ sampai dengan selesai
  2. Memberikan kartu tanda peserta beasiswa KIP Kuliah bagi calon peserta SNBT yang memenuhi syarat yang di dalamnya berisi KAP dan PIN Khusus Pendaftaran KIP Kuliah.
  3. Melakukan login di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ hingga selesai
  4. Verifikasi akan dilakukan otomatis oleh sistem

Calon Peserta KIP Kuliah Gagal SNBP

Bagi yang sudah mengikuti SNBP namun ada keinginan untuk ikut SNBT dapat mengikuti pendaftaran seperti berikut ini :
  1. Melakukan pendaftaran di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ hingga selesai dan tidak dikenakan biaya pendaftaran


Bagi peserta yang sudah mencetak bukti pendaftaran baik bagi Ujian Tertulis atau Computer harus mengecek tempat tes yang tercantum di kartu satu hari sebelum tes dilaksanakan agar saat besok ujian peserta tidak lagi bingung mencari tempat duduk atau nomor tes serta lokasi. Itulah beberapa tahapan proses pendaftaran semoga bisa berguna. Untuk Pengumuman akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal dan melalui situs resmi https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/, terima kasih dan selamat mencoba.