9 Cara Cek Pengumuman SNMPTN Saat Situs Error/Down 2018/2019

Pengumuman.snmptn.ac.id - 6 Cara Cek Pengumuman SNMPTN Saat Situs Error/Down 2018/2019 Satu hal yang paling ditunggu ketika kita mengikuti tes, yaitu pengumuman hasil yang akan menentukan langkah kita beberapa tahun kedepan, namun seiringnya pengumuman tentu kita juga harus mempersiapkan diri atas apa yang kita dapatkan, tidak jarang hasil yang didapat cukup mengecewakan seperti gagal, tidak sedikit juga yang berhasil mendapatkan apa yang diinginkan.

Apapun hasilnya tentu semua itu merupakan hasil maksimal yang sudah kita dapatkan percayalah hasil tidak akan pernah menghianati proses. Kita selalu ingin menjadi yang pertama mengetahui hasil tersebut bahkan sejak pagi-pagi kita mulai mengakses pengumuman dan berlanjut sampai waktu yang telah ditentukan.



Namun meski sudah resmi diumumkan tidak jarang kita mendapati situs yang kita akses tidak menunjukan tanda-tanda bisa dibuka meski pengumuman SNMPTN sudah berlangsung, kejadian seperti itu sangat umum terjadi akibat jumlah pengunjung website mengalami lonjakan dalam jumlah besar, bisa kalian bayangkan jika seluruh peserta dengan jumlah 800 rb peserta mengakses situs yang sama dalam waktu bersamaan.

Jika masing-masing peserta membutuhkan 3-4 mb data saat mengakses maka ditinggal dikalikan saja berapa giga yang dibutuhkan, hal inilah yang membuat situs sering tidak bisa diakses dan susah sekali menampilkan informasi yang kita butuhkan, Lalu muncul sebuah pertayaan bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut apabila kita mengalami sendiri.

Pasti banyak dari kita bingung mengapa website sebesar SNMPTN bisa mengalami error dan bagaimana cara bijak yang harus dilakukan untuk bisa tetap mengakses pengumuman, berdasarkan permasalahan tersebut admin akan menguraikan beberapa poin terkait dengan solusi yang ditawarkan untuk memudahkan akses pengumuman snmptn saat situs error adapun informasi yang dimaksud seperti berikut ini :


1. Memilih Website Yang Tidak Down

Jika kita cek pengumuman SNMPTN terdapat lebih dari satu domain yang disiapkan oleh panitia agar bisa diakses, tujuannya adalah apabila dari salah satu website down maka yang lain tetap bisa dibuka, seperti contoh apabila web pengumuman.snmptn.ac.id down maka peserta dapat memilih website lainnya untuk mengakses pengumuman melalui snmptn.ui.ac.id atau snmptn.ugm.ac.id dan beberapa website lainnya. Kalian harus memilih salah satu web alternatif yang tersedia untuk memudahkan akses pengumuman, itulah salah satu solusi yang ditawarkan.


2. Mengindari Mengakses Pengumuman Di Awal 

Jika pengumuman dilaksanakan pada tanggal 17 April maka Pagi, peserta tidak harus terburu-buru mengakses pengumuman pada waktu pagi, karena lalu lintas pengunjung situs akan benar-benar padat karena secara bersamaan seluruh jumlah peserta SNMPTN mengakses situs yang sama, sebesar apapun situs tentu akan mengalami kendala down. Jadi solusinya adalah menahan diri untuk sedikit bersabar dan mencoba akses pengumuman pada jam-jam siang atau bahkan malam.


3. Hindari Waktu Jam Sibuk

Jam tersibuk yang harus dicatat adalah Pagi jam 8:00 sampai dengan jam 10:00 kemudian di sore dari jam 18:00 sampai dengan jam 21:00 waktu tersebut adalah jam paling sibuk. Jadi apabila kalian menjumpai situs pengumuman error maka solusinya adalah menghindari waktu mengakses pada jam sibuk tersebut carilah jam diluar dari jam sibuk yang sudah disebutkan.


4. Jam Terbaik Mengakses Pengumuman SNMPTN Saat Error

Tidak ada patokan jam terbaik untuk mengakses pengumuman, apabila tidak error dan bisa dibuka maka sudah pasti jam tersebut adalah jam terbaik, namun jika situs memang benar-benar tidak bisa diakses maka trik yang harus dilakukan adalah mengecek pengumuman pada waktu pas seperti pada jam makan siang atau diatas jam 23:00 malam sampai subuh jam 04:00 sudah pasti situs tidak akan error karena tidak banyak yang membuka situs pada jam tersebut.


5. Pantau Pengumuman Menggunakan Smarphone

Meski terkadang dalam beberapa jam situs SNMPTN tidak bisa diakses pada saat pengumuman kalian harus tetap memantai semua subdomain pengumuman dan mengecek satu persatu, jika menemukan subdomain pengumuman bisa diakses silahkan buka dan lakukan pengecekan sesuai dengan aturannya, kalian bisa memanfaatkan semua aktivitas cek pengumuman melalui mobile phone yang kalian miliki.


6. Gunakan PC/Laptop Untuk Mengecek Pengumuman

Jika kalian menjumpai situs sedang tidak bisa diakses jangan panik, kalian bisa memanfaatkan PC atau laptop untuk mengaksesnya, mengapa hal tersebut direkomendasikan, tentu memiliki dasar salah satu pertimbangan adalah 80% pengguna internet menggunakan mobile sedangkan 20% menggunakan PC jadi persentase menggunakan PC lebih kecil jadi sinyal yang didapatkan akan lebih stabil. 


7. Gunakan Website Pengumuman Lainnya

Seperti pada poin 1 bahwa pengumuman snmptn tidak hanya bisa dibuka dari 1 web saja tetapi terdiri dari beberapa situs, perlu dingat bahwa semua website meskipun beralamat pada PTN tertentu semua peserta SNMPTN tetap bisa mengakses seperti contoh website pengumuman SNMPTN UI tidak hanya diperuntukan bagi peserta yang memilih kampus ini saja tetapi berlaku untuk semua peserta SNMPTN begitu juga hal yang sama berlaku pada webiste lainnya. Intinya kalian hanya harus memilih salah satu yang bisa diakses kemudian lakukan pengecekan dan lihat hasilnya.


8. Usahakan Cek Pengumuman SNMPTN tidak hanya sekali

Beberapa tahun lalu pengalaman pribadi saya saat akses pengumuman snmptn bisa jadi pelajaran, saat itu saya mengakses pengumuman pada jam 17:00 tepat saat jam pertama diumumkan segera saya masukan nomor peserta dan tanggal lahir kemudian lihat hasil namun yang tertera adalah saya tidak lulus, kemudian saya mencoba lagi pada malam harinya hasil yang didapat tetap sama yaitu tidak lulus namun satu hari berselang saya iseng cek lagi, dan saya pun terkejut karena hasilnya alhamdullilah lulus. 

Kasus ini sempat saya tanyakan kepada panitia dan penjelasan panitia adalah saat cek pertama dan kedua kemungkinan sistem sedang error jadi data saya tidak terhubung dengan data base situs, atau lose conect server hal ini biasa terjadi saat situs sedang banyak pengunjung kadang terjadi error, nah bagi kalian yang ingin mengakses pengumuman pastikan untuk membuka dan cek pengumuman lebih dari satu kali ya untuk memastikan hasil yang di dapat benar-benar valid.


9. Berdoa Dengan Ikhlas

Selain usaha yang sudah disebutkan tidak banyak yang bisa kita lakukan lagi, terakhir usaha yang harus dilakukan adalah berdoa dan menyerahkan semuanya kepada Allah dan Tuhan dari masing-masing agama karena Dialah yang maha memiliki semuanya termasuk kelulusan kita, semoga kita semua diberikan kelulusan SNMPTN tahun ini amin terkhusus untuk peserta SNMPTN yang sedang membaca situs ini.


Demikianlah informasi mengenai Tips Sukses Cek Pengumuman SNMPTN Saat Situs Error dan Down, jika kalian menemukan beberapa kendala saat mengakses pengumuman jangan kwatir kalian bisa mengikuti semua cara yang tertera pada situs ini dengan harapan bisa segera diatasi, dan kalian bisa mengetahui hasil lebih cepat.

Semoga bermanfaat jangan lupa terus update semua informasi mengenai pengumuman SNMPTN keterlibatan PTN dalam pengumuman menjadi salah satu hal yang mengembirakan karena kita tidak hanya bisa mengakses pengumuman dari web SNMPTN saja tetapi dari beberapa website PTN kalian juga bisa mengecek pengumuman semoga kalian bisa diberikan kelulusan SNMPTN tahun ini amin.

0 Response to "9 Cara Cek Pengumuman SNMPTN Saat Situs Error/Down 2018/2019"

Posting Komentar