Lowongan Kerja (Loker) Rekrutmen Alumni USU 2024/2025


Lowongan Kerja (Loker) Rekrutmen Alumni USU 2024/2025 - USU atau Universitas Sumatera Utara memiliki komitmen dan prinsip bahwa setelah para mahasiswa keluar dan menjadi alumni, maka ikatan persaudaraan yang ada tidak boleh terlepas. Oleh karena itu, USU membuat suatu portal berkumpulnya alumni USU dan pemuatan informasi lowongan kerja di https://tracerstudy.usu.ac.id/

Kami akan mengulas Cara pendaftaran lowongan kerja https://tracerstudy.usu.ac.id/ mulai dari pembahasan dan pengenalan USU, apa saja yang Anda dapatkan ketika bergabung menjadi anggota IKA USU hingga bagaimana mencari informasi lowongan kerja pada situs web IKA USU.



Cara pendaftaran lowongan kerjahttps://tracerstudy.usu.ac.id/

Sebelumnya, IKA USU atau Ikatan Alumi Universitas Sumatera Utara hanyalah sebuah ikatan alumni saja, dimana para alumni USU mempererat tali silaturahmi mereka dengan meninggalkan kontak yang dapat dihubungi jika suatu saat akan diadakan reuni besar se USU. Akan tetapi seiring berkembangnya zaman, USU sendiri mengembangkan portal alumninya menjadi lebih berisi dan bermanfaat, bukan hanya sekadar portal alumni biasa.

Oleh karena itu, dikembangkanlah IKA USU dengan pusat informasi karir dan beasiswa. Jika Anda adalah alumni USU, maka Anda harus mengikuti keanggotaan IKA USU. Anda pastinya akan mendapat beragam fasilitas, seperti


1. Informasi lowongan kerja.

Lowongan kerja di Sumatera Utara memang tidak sebanyak di Pulau Jawa, akan tetapi lewat IKA USU Anda dapat menemukan beragam lowongan pekerjaan yang cocok dengan kualifikasi Anda. IKA USU akan mengupdate setiap lowongan kerja yang tersedia sehingga Anda bisa mendapatkan lowongan kerja terbaru.


2. Tracer study.

Fasilitas ini lazim berada di seluruh situs web pusat karir universitas atau situs ikatan alumni seperti IKA USU. IKA USU bertujuan membagikan informasi mengenai kontak alumni yang tersedia sehingga para alumni USU yang lain dapat menghubungi rekan mereka lewat fitur Tracer study ini. Tracer study yang dikelola oleh USU selalu diperbaharui setiap tahunnya.


3. Informasi agenda USU.

USU selalu mengadakan event atau agenda kependidikan yang berguna bagi Anda yang ingin menambah wawasan Anda. Informasi event dan agendanya pun selalu diperbaharui secara berkala sehingga saat ada event yang baru, Anda dapat langsung mencari tahu informasi lebih lanjut agar dapat mengikutinya.


4. Informasi agenda reuni USU.

Hal ini tentu penting mengingat IKA USU adalah sebuah ikatan alumni yang biasanya mengadakan reuni, dan informasi mengenai reuni ini bisa Anda dapatkan dengan mudah lewat situs web IKA USU.


5. Database alumni.

Hampir sama seperti tracer study, namun informasi database alumni ini dapat digunakan sebagai penelitian mengenai jumlah alumni USU dari tahun ke tahun. Selain itu, database ini juga dapat membantu Anda mencari informasi mengenai alumni lain yang Anda cari.

Bila Anda seorang wakil perusahaan dan berniat untuk bekerja sama dengan IKA USU, Anda juga dapat menikmati fasilitas seperti peningkatan eksistensi perusahaan, perluasan pencarian pasar dan calon SDM berkualitas yang akan membantu Anda di perusahaan dan publikasi lowongan kerja yang intens. Perusahaan yang bekerja sama dengan USU otomatis akan menikmati seluruh fasilitas perusahaan yang dikelola IKA USU.


Cara pendaftaran lowongan kerja https://tracerstudy.usu.ac.id/

Menurut situs resminya, IKA USU tidak memiliki tata cara atau langkah perekrutan tertentu. Jika Anda ingin menikmati fasilitas yang diberikan USU, Anda boleh datang sebagai masyarakat umum. Namun untuk berbagai keperluan seperti event yang diagendakan oleh USU, biasanya USU akan menarik biaya tertentu sebagai tanda keikutsertaan peserta dalam event tersebut. Bila Anda ingin menikmati berbagai fasilitas yang diberikan USU lewat situs web IKA USU, Anda dapat mengikuti langkah di bawah ini.
  1. Buka situs web https://tracerstudy.usu.ac.id/
  2. Jika Anda ingin mengetahui mengenai profil, struktur organisasi, renstra atau visi dan misi IKA USU, silakan klik menu Profil IKA USU dan Struktur Organisasi IKA USU.
  3. Bila Anda ingin mengetahui informasi terbaru mengenai event IKA USU, majalah Pesona (yang diinisasi oleh IKA USU) dan Koperasi IKA USU Sumut Berkarya, silakan klik Info IKA USU. Informasi IKA USU juga dapat dilihat secara langsung di beranda situs web IKA USU.
  4. Anda dapat menemukan data tracer study USU di menu Tracer Study. Silakan klik menu tersebut.
  5. Anda juga dapat mencari informasi lowongan kerja di menu Info Karir. Selain informasi karir, tersedia juga informasi mengenai beasiswa di sana. Untuk saat ini, informasi peluang karir yang tersedia belum diperbaharui.
  6. Bila Anda hendak mengetahui database alumni, silakan klik Database Alumni.
  7. Jika Anda ingin melihat foto-foto agenda IKA USU, silakan klik Gallery.

Mengakses situs web ini cukup mudah sebenarnya. Kekurangannya, informasi yang diberikan tidak selengkap situs web career center atau ikatan alumni universitas lain. Masih banyak kekurangan seperti info lowongan kerja yang tidak diperbaharui, agenda dan event yang minim serta pengelolaan situs web yang tidak tertata rapi. 

Namun sejauh ini, situs web IKA USU cukup memberikan informasi seputar agenda kealumnian yang diadakan IKA USU. Bagi Anda, wakil perusahaan yang hendak bekerja sama dengan IKA USU, ada baiknya Anda langsung mengikuti langkah di bawah berikut untuk mulai bermintra:
  1. Hubungi pihak IKA USU di Jalan dokter Mansyur Nomer. 68 A, Kampus USU Padang Bulan, Medan. Tidak tersedia kontak email maupun telepon, jadi Anda dapat mengunjungi pihak IKA USU secara langsung.
  2. Tanyakan kepada pihak IKA USU perihal negosiasi dan kerja sama antara perusahaan dengan universitas. Biasanya, pihak IKA USU akan memberikan Anda sejumlah informasi mengenai tata cara bekerja sama.
  3. Tidak dijelaskan keterangan lebih lanjut bila Anda ingin mempublikasi lowongan kerja di situs web IKA USU, namun biasanya, kerja sama yang dapat Anda peroleh adalah sebagai peserta saat job fair atau career fair berlangsung, mengingat situs web IKA USU adalah situs web khusus untuk mempererat ikatan alumni, bukan sebagai portal informasi khusus lowongan kerja. Anda juga mungkin dapat menyebarkan pamflet di mading IKA USU mengenai lowongan kerja yang perusahaan Anda miliki, sehingga para mahasiswa dapat melihatnya.

Baru-baru ini, IKA USU mngadakan kegiatan fun walk yang hampir diikuti seluruh alumni IKA USU, meskipun masyarakat umum pun dapat bergabung. Kami berharap Cara pendaftaran lowongan kerja https://tracerstudy.usu.ac.id/ yang kami berikan dapat membantu Anda menambah wawasan mengenai IKA USU. Demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua selamat mencoba.