Cara Pendaftaran Online PPDB Kota Bandar Lampung 2024/2025


Bandarlampung.siap-ppdb.com - Cara Pendaftaran Online PPDB Kota Bandar Lampung 2024/2025 - Sistematika Pendaftaran PPDB Online Kota Bandar Lampung Beberapa bulan lagi seluruh civitas akademika akan memasuki tahun ajaran baru mulai dari sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi, berbagai persiapan pun mulai dilakukan baik oleh para calon peserta didik maupun pihak sekolah yang bersangkutan. 

Salah satu persiapan yang paling penting adalah pendaftaran, kini di beberapa kota besar di Indonesia termasuk di bandar lampung proses pendaftaran peserta didik baru atau yang disingkat menjadi PPDB sudah sebagian besar menggunakan sistem pendaftaran PPDB online kota lampung dan sekitarnya, walaupun demikian di kota bandar lampung ini tak semua sekolah menggunakan sistem online hanya beberapa sekolah terbaik dan favorit saja.

Secara teknis penggunaan sistem pendaftaran PPDB online kota lampung ini sangat berpengaruh besar terhadap keberlangsungan pendidikan disana, sekaligus membawa dampak positif dan negatif. Beberapa sekolah yang dijadikan bahan percobaan pendaftaran online ini mengaku banyak para calon siswa baru yang kebingungan dan mondar-mandir menanyakan kepada pihak sekolah yang dituju tentang bagaimana sistematika yang berlaku dan bagaimana jika terjadi error.

Pihak sekolah mengaku hal yang paling ditakutkan oleh para pendaftar adalah apabila data yang mereka kirimkan secara online tidak sampai sehingga tidak dapat terseleksi. Menanggapi pertanyaan-pertanyaan ini pihak sekolah memberikan pemahaman bahwa bagi pendaftar yang masih merasa ragu atau kesulitan melakukan pendaftaran secara online maka dipersilahkan mendaftar secara manual atau dua-duanya untuk lebih memudahkan.

Sebetulnya tujuan pihak sekolah menggnakan sistem pendaftaran PPDB online kota lampung ini adalah untuk mempermudah calon peserta didik mendaftar dan menyederhanakan proses penyeleksian. Selain itu database pihak sekolah pun akan secara otomatis menginput beberapa data yang dikirimkan pendaftar sehingga tidak perlu ditakutkan apabila terjadi kehilangan atau apapun itu.

Karena cukup dengan mengklik beberapa nomor peserta maka seluruh informasi data akan muncul termasuk data-data atau persyaratan pendaftaran yang dirasa belum lengkap pun akan muncul. Proses pemberitahuan dilakukan pihak sekolah menggunakan via email atau menggunakan sms namun yang paling banyak terjadi adalah menggunakan via sms.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan selama proses pendaftaran PPDB online kota lampung ini seperti yang pertama adalah bagi pihak sekolah hendaklah meniatkan sesi ppdb ini benar-benar untuk program pemerataan pendidikan dan pemberian pendidikan yang adil kepada masyarakat agar mendapatkan pendidikan yang sejajar dan layak sekaligus untuk memfasilitasi mereka mulai dari awal pendidikan sampai dengan akhir oendidikan mereka di sekolah yang bersangkutan. 

Kemudian yang kedua adalah setiap sekolah pasti memiliki jumlah kuota makadari itu utamakan mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu dan jangan mempersulit mereka, jika mereka tidak dapat melakukan pendaftaran secara online seperti apa yang sedang diberlakukan maka buatlah kebijakan khusus agar mereka tetap dapat mengikuti proses penyeleksian.

Hal ketiga yang harus diperhatikan adalah selama proses pendaftaran PPDB online kota lampung ini berlangsung maka kegiatannya harus dilakukan secara transparan dan tidak boleh terjadi kecurangan dalam bentuk apapun dan bagi beberapa oknum yang ketahuan berperilaku curang selama proses ppdb berlamgsung harus mendapat tindakan tegas. 

Tindakan tegas yang dimaksudkan disini adalah mendapat teguran awal dari panitia lain, jika masih terjadi maka teguran dapat dilakukan oleh kepala sekolah dan komite. Jika masih terjadi pula maka langkah yang harus diambil adalah melaporkannya pada pihak berwajib itulah mengapa selama proses ppdb ini diperlukan sistem yang transparan agar masyarakat pun tahu apa yang sebenarnya terjadi selama proses tersebut berjalan.

Perihal yang harus diperhatikan lainnya selama pendaftaran PPDB online kota lampung ini terjadi adalah pihak sekolah harus turut melibatkan komite sekolah dari mulai awal pelaksanaan sampai akhir pelaksanaan.  Seperti dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan dalam sesi pengawasan ini seorang komite pun diharapkan menjadi seorang saksi yang adil se adil-adilnya jangan sampai justru komite itu sendiri yang ikut terlibat dalam beberapa oknum.

Jika suatu proses ppdb di kota lampung ini tidak transparan maka masyarakat kota lampung sepakat untuk melaporkannya kepada pemerintah pusat bahwa selama proes penyeleksian tidak ada unsur transparan. Bagi pihak sekolah yang menggnakan sistem pendaftaran PPDB online kota lampung harus memperhatikan tingkat keahlian iptek masyarakat sekitarnya, apabila masih banyak masyarakat yang belum dapat melakukan pendaftarn secara online maka berilah pengarahan terlebih dahulu. 

Banyak kasus dari tahun kemarin terjadi pihak pendaftar tidak memahami bagaimana prosedur pendaftaran secara online dan ketika menanyakannya kepada pihak sekolah yang bersangkutan, pihak sekolah pun merasa acuh dan mengabaikan peserta didik itu hal tersebut sempat menjadi viral di kota lampung dan dengan mencuatnya kasus seperti itu pihak sekolah pun buru-buru meminta maaf dan berjanji bahwa kejadian serupa tidak akan terulang dikemudian hari.

Hal seperti itu harus menjadi pelajaran dan cambuk bagi seluruh sekolah tak hanya di kota lampung melainkan seluruh wilayah kota di indonesia bahwa sejatinya tak semua masyarakat paham dan dapat mengoperasikan iptek. Bagi sekolah yang menggunakan sistem online seperti pendaftaran PPDB online kota lampung tadi harus memahami dan melayani secara sungguh-sungguh mereka yang tidak mengerti. 

Begitupun sebaliknya bagi para masyarakat atau orang tua yang hendak mendaftarkan putra dan putri nya di sekolah yang menggunakan sistem online dan tidak dapat melakukannya maka mintalah bantuan kepada sanak saudara, tetangga atau menanyakan secara halus dan sopan kepada pihak sekolah. Berikut Informasi Cara Pendaftaran Online PPDB Kota Bandar Lampung dapat diakses melalui situs resmi https://ppdbbandarlampung.com/