2 Jalur Pendaftaran Online STPI CURUG 2020/2021

Stpicurug.ac.id - Mengapa STPI CURUG Menjadi pembahasan yang paling banyak dicari, tentu hal itu memiliki alasan tersendiri sebagai salah satu prioritas bahwa STPI CURUG merupakan salah satu sekolah ikatan dinas dibawah kementerina perhubungan atau Dephub, yang membedakan kampus ini dengan lainnya adalah terletak pada jalur masuk.

Sebagai contoh jika sekolah Penerbangan non ikatan dinas mencetak lulusan siap kerja diklaim sebagai ahli dalam bidangnya, berbeda dengan sekolah ikatan dinas untuk penerbangan mahasiswa yang belajar disiapkan untuk langsung dipekerjakan pada saat lulus nanti tanpa menunggu atau seleksi lagi, jadi ini merupakan salah satu peluang yang tidak boleh dilewatkan, kesempatan kadang tidak datang untuk kedua kalinnya, begitu juga tahun ini jangan sia-siakan selagi ada kesempatan teruskan perjuangan.


Terdapat dua jalur masuk yang bisa diikuti pertama Jalur Swadaya dan yang kedua jalur ikatan dinas, yang paling banyak diburu adalah ikatan dinas, hanya saja bagi yang belum memiliki kesempatan untuk lulus ikatan dinas bisa mendaftar melalui jalur swadaya, ada beberapa hal yang harus di persiapkan sebelum mendaftar diantaranya persyaratan seperti berikut, untuk pembaruan informasi juga dapat dilihat melalui situs http://stpicurug.ac.id/.


Persyaratan pendaftaran STPI CURUG
  1. Setiap calon peserta Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR) Tahun ini wajib memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan alamat surat elektronik (e-mail) yang masih berlaku untuk mengikuti proses pendaftaran.
  2. Setiap calon peserta SIPENCATAR hanya diberikan kesempatan mendaftar 1 (satu) kali dan hanya diperbolehkan untuk memilih 1 (satu) program studi yang tersedia.
  3. Calon peserta SIPENCATAR tidak dapat membatalkan atau mengganti pilihan lokasi ujian/seleksi, lokasi sekolah, dan program studi yang telah dipilih sebelumnya.
  4. Calon peserta SIPENCATAR harus mengisi informasi data diri dan data lainnya secara benar, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.
  5. Para calon peserta SIPENCATAR bertanggung jawab secara penuh terhadap kebenaran informasi/data pribadi yang diisikan dalam formulir pendaftaran dan memiliki kesesuaian data dengan dokumen aslinya. Pelanggaran atas ketentuan ini mengakibatkan pembatalan terhadap hasil seleksi dari calon peserta SIPENCATAR.

Secara umum ada beberapa jalur masuk yang disiapkan oleh STPI CURUG peserta bisa memilih jalur masuk yang ada jika kita melihat prosedur pendaftaran dalam pola alur gambar diatas maka akan terlihat jelas mengenai jalur masuk dan mekanisme pendaftaran yang bisa kalian ikuti untuk itu mari kita bahas satu persatu dibawah ini lengkap dengan prosesnya.


Jalur Swadaya 


Jalur Swadaya adalah salah satu jalur pendaftaran STPI dimana taruna/i yang lulus jalur ini akan menanggung semua biaya kuliah sesuai aturan dan ketentuan dari STPI, bayar sendiri tidak akan ada subsidi dari pemerintah maupun kampus, proses pendaftaran dilaksanakan melalui link http://stpicurug.ac.id/ kemudian piluh menu "Jalur Swadaya" berikut alur pendaftaran :

  1. Pendaftaran dilaksanakan melalui online situs http://stpicurug.ac.id kemudian pilih jalur swadaya pastikan semua data terisi dan dikirim dengan benar.
  2. Setelah melakukan pendaftaran peserta wajib menunggu hasil pengumuman calon peserta tes.
  3. Apabila sudah diverifikasi peserta dapat mencetak bukti pendaftaran dan mengikuti tes TPA, sistem seleksi ini menggunakan sistem gugur, pengumuman akan di muat melalui situs stpi pasca tes.
  4. Bagi yang dinyatakan lulus dapat melanjutkan Psikotes, pengumuman hasil dapat dilihat melalui situs resmi STPI.
  5. Tes kesehatan bagi yang lulus, hasil akan diumumkan setelah tes atau pada jadwal yang sudah ditentukan.
  6. Tes Kesamaptaan dan Wawancara.
  7. Terakhir pengumuman akhir apabila dinyatakan lulus anda dapat melakukan proses pendaftaran ulang dan resmi menjadi Taruna/i Kesamataan.


Jalur Ikatan Dinas

Jalur ikatan dinas merupakan salah satu rekrutmen CPNS dibawah kementerian perhubungan melalui pendidikan tinggi STPI, dimana Taruna/i yang lulus jalur ini semua biaya selama menempuh pendidikan akan ditanggung pemerintah, pasca lulus akan lansung menjadi CPNS. Untuk prosedur pendaftaran seperti berikut :

  1. Peserta dapat mengakses situs resmi https://sipencatar.dephub.go.id/ selanjutnya melakukan registrasi pada akun tersebut.
  2. Sebelum mendaftar pastikan anda sudah menghitung nilai rapot dan nilai ijasah, bagi yang belum paham silahkan buka menu "Panduan"
  3. Buka situs https://sscasn.bkn.go.id/ pilih menu "Registrasi" Proses awal membuat akun, mengisi NIK, Password, dan email serta data lainnya, nantinya email verifikasi akan dikirim ke email. Anda dapat mencoba login untuk memastikan semua data sudah diisi dengan benar.
  4. Selanjutnya login ke https://sipencatar.dephub.go.id/ untuk melanjutkan pengisian biodata, sampai dengan selesai.
  5. Tinggal menunggu proses verifikasi, untuk mengecek login ke sipencatar.
  6. Apabila lulus verifikasi, peserta dapat membayar biaya pendaftaran melalui kode biling yang sudah diterima.
  7. Setelah pembayaran di verifikasi oleh sistem peserta dapat melakukan cetak kartu bukti pendaftaran dan lainnya.
  8. Tinggal tunggu tes aja.
  9. Selamat mencoba.


Dari beberapa informasi mengenai Cara Pendaftaran diatas maka dapat disimpulkan pendaftaran dilaksanakan melalui online dengan beberapa ketentuan kemudian ada dua pilihan jalur masuk seperti kita ketahui pada grafik gambar sudah tertera secara jelas kalian bisa ikuti beberapa ketentuan yang ada pada situs tersebut untuk itu kalian harus mencermati langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.

Demikianlah informasi pendaftaran mengenai STPI CURUG yang sudah dirangkum semoga bisa memberikan manfaat jangan lupa untuk memberikan beberapa ketentuan pendaftaran kita bisa melihat beberapa informasi serupa kalian juga bisa menemukannya melalui situs resmi STPI CURUG, dan situs Menpan semoga bisa memberikan manfaat. Selamat Mencoba.