2 Jalur Pendaftaran Online POLTEKPAR MAKASSAR 2024/2025


2 Jalur Pendaftaran Online POLTEKPAR MAKASSAR 2024/2025, Jalan-Jalan itu yang ada dalam benak kita jika membahas mengenai Pariwisata, tentu itu sudah menjadi ritual wajib untuk menghilangkan banyak penat dalam otak kita, kegiatan liburan menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Nah berbeda jika kita sendiri sebagai seseorang yang hoby jalan-jalan kebetulan kuliah di salah satu politeknik Pariwisata tentu menjadi nilai tambah tersendiri.

Kita tidak hanya menjadi penikmat tetapi memperkenalkan pariwisata kepada orang lain. Saat ini Pariwisata dianggap menjadi salah satu Kekayaan Alam yang berharga, seperti kita ketahui bahwa Indonesia adalah salah satu surganya untuk jalan-jalan dari mulai Padang, Belitung, Lampung, Bali, Lombok, Makassar sampai dengan Papua menjadi tujuan wisatawan.

Sekaligus menjadi peluang untuk memberdayakan manusia disekitar Wisata, dari kampus Pariwisata inilah kita akan diberikan ilmu bagaimana cara mengembangkan potensi wisata yang ada saat ini dan terus menjaga serta melestarikan, apalagi saat ini Potensi Pariwisata Indonesia masih sangat banyak yang belum terjamah manusia.
 



Pengembangan Pariwisata dianggap menjadi bagian penting untuk diperdalam, Untuk belajar itu semua kita harus masuk dikampus berbasis Pariwisata, sekaligus menjadi salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada dibawah kementerian pariwisata Indonesia memfasilitasi Pariwisata di Indonesia agar bisa terus berkembanga, sebut saja seperti Bali, Lombok dan Raja Empat saat ini tidak hanya dikenal di Indonesia tetapi di Dunia.

Nah tepat rasanya bila anda ingin belajar perpariwisataan dan memilih kampus Poltekpar Makassar menjadi salah satu rujukan untuk menimba dan memperdalam ilmu yang telah ada saat ini, selaras dengan hal itu kami disini juga akan memberikan beberapa ketentuan yang akan mengacu pada Cara Pendaftaran kampus ini.

Sebagai salah satu peserta yang ingin mendaftar Poltekpar Makassar anda harus mengikuti beberapa perkembangan dan ketentuan yang ada pada kampus ini, jika memang berminat mendaftar tentu kalian bisa mengikuti tata cara pendaftaran yang ada dalam kesempatan ini kami akan menguraikan beberapa ketentuan seperti dibawah ini untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.


1. Pendaftaran SBMPTNP PoltekPar Makassar

SBMSTAP merupakan singkatan dari seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri pariwisata yang diikuti beberapa kampus Pariwisata ternama salah satunya Polteknik Pariwisata Makasaar kemudian sistem seleksi dilaksanakan melalui ujian tertulis untuk bisa melakukan pendaftaran diharapakan melakukan registrasi secara online pada situs http://sbmptnp.kemenparekraf.go.id/


2. Pendaftaran SMM PoltekPar Makassar 

SMM adalah singkatan untuk seleksi mandiri masuk PoltekPar Makassar dimana sistem ini hanya dibuka oleh PoltekPar Makassar saja tidak seperti SBM yang sifatnya Bersama melalui seleksi ini dibuka jalur Mandiri, untuk sistem seleksi dilaksanakan melalui ujian tertulis untuk pendaftaran caranya cukup mudah tinggal akses situs https://smm.poltekparmakassar.ac.id/

Kedua jalur masuk ini bisa diikuti oleh peserta umum tanpa harus menunggu rekomendasi, hanya saja ada biaya pendaftaran yang harus dikelurkan, secara keseluruhan setiap orang bisa mendaftar, tetapi kembali lagi pada semua ketentuan yang ada seperti kita ketahui Poltekpar memiliki ketentuan Persyaratan bagi peserta yang ingin melakukan Pendaftaran, jika kalian belum tahu berikut kami akan berikan informasinya.

Kami juga akan memberikan beberapa ketentuan mengenai Program Studi yang ada pada kampus ini agar kalian tidak bingung dalam memilih Program studi yang ada dalam kesempatan ini akan difokuskan pada penerimaan dan pendaftaran untuk Jurusan lengkapnya akan kami berikan beberapa hal tersebut seperti dibawah ini berikut informasinya.


Daftar Program Studi Poltekpar Makassar.
  1. Manajemen Divisi Kamar D3
  2. Manajemen Tata Hidangan D3 
  3. Manajemen Tata Boga D3 
  4. Pengelolaan Perhotelan D4
  5. Usaha Perjalanan Wisata D4 
  6. Manajemen Bisnis Konvensi dan Perhelatan 
  7. Manajemen Bisnis Perjalanan Wisata D3 
  8. Destinasi Pariwisata D4

Seperti yang telah dijanjikan berikut beberapa persyaratan untuk mendaftar jalur masuk bersama yang dikutip langsung dari situs resmi Poltekpar Makassar dalam kaitannya dengan hal ini kami akan memberikan beberapa ketentuan yang bersumber dari situs resmi, sesuai dengan kebijakan kampus Pariwisata secara umum berikut kami berikan ulasan mengenai hal penting terkait pendaftaran Poltekpar Makassar.
Persyaratan Khusus.

Kategori Umum:

  1. Siswa/siswi lulusan SMA/SMK/MA sederajat 
  2. Mengikuti (TPP), (TKB), (TKD), (TPK) II. 

Kategori Beasiswa: 

  1. Siswa SMA/SMK/MA Sederajat memiliki nilai rata-rata minimal 8 atau 80 untuk semua mata pelajaran per semester sejak kelas I atau kelas X hingga kelas III atau kelas XII semester 5. 
  2. Berprestasi dan berbakat khusus di bidang seni (termasuk pidato, bahasa inggris atau bahasa asing lain dan sebagainya) atau olahraga yang memenangkan kejuaraan minimal tingkat Pemerintahan Kota/Pemerintahan Kabupaten, atau berprestasi pada lomba keterampilan siswa yang memenangkan kejuaraan minimal tingkat Pemerintahan Kota/Pemerintahan Kabupaten. 
  3. Tidak sedang diusulkan sebagai calon penerima beasiswa dan bantuan biaya pendidikan atau sejenis di perguruan tinggi lain. 
  4. Rapor kelas X, XI, dan kelas XII semester 5, beserta sampul identitas rapor yang disahkan oleh Kepala Sekolah. 
  5. Piagam/sertifikat kejuaraan minimal tingkat Pemerintahan Kota/Pemerintahan Kabupaten atas prestasi dan bakat khusus dibidang olahraga, kesenian, atau lomba keterampilan siswa yang disahkan oleh Kepala Sekolah. 
  6. Surat keterangan mampu bercakap aktif dari guru bahasa inggris Sekolah asal. 

Kategori Kerjasama: 

  1. Surat keterangan dari Wali Kelas yang menerangkan bahwa peserta masuk dalam peringkat kalas 10 (sepuluh) terbaik. 
  2. Tidak sedang mendaftar pada Perguruan Tinggi lain sebelum hasil Seleksi diumumkan. 
  3. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menerangkan tindaklanjut MoU antara Sekolah Asal dan Poltekpar Makassar Rapor kelas X, XI, dan kelas XII semester 5, beserta sampul identitas rapor yang disahkan oleh Kepala Sekolah. 

Kategori Wirausaha:

  1. Siswa(i) SMA/SMK/MA sederajat 
  2. Profil usaha yang dijalankan (Milik sendiri atau Milik Orang Tua) dibuktikan dengan surat keterangan usaha dari Lurah/Desa. 
  3. Tidak sedang mendaftar pada Perguruan Tinggi lain sebelum hasil Seleksi diumumkan. 
  4. Rapor kelas X, XI, dan kelas XII semester 5, beserta sampul identitas rapor yang disahkan oleh Kepala Sekolah. 

Kategori Desa Wisata: 

  1. Siswa(i) SMA/SMK/MA sederajat 
  2. Surat Rekomendasi dan Pernyataan Kepala Desa. 
  3. Membuat Essay tentang pengembangan desa wisata daerah asal. 

KATEGORI KHUSUS Lainnya : 

  1. Peserta yang dinyatakan TIDAK LULUS Seleksi SMM-KHUSUS masih berkesempatan untuk mendaftar pada SMM Kategori Umum. 
  2. Peserta Yang Dinyatakan LULUS, Pada Pendaftran Kategori Khusus Wajib Mengupload dalam bentuk File PDF Asli Surat Hasil Pemeriksaaan Kesehatan yang ditandatangani oleh dokter dari Rumah Sakit Pemerintah.

Cara Pendaftaran SBMPTNP
  1. Buka link http://sbmptnp.kemenparekraf.go.id
  2. Klik Menu Daftar
  3. Mengisi form pendaftaran, kirim nantinya sistem akan mengirim otp ke email terdaftar.
  4. Akan muncul nomor virtual akun 
  5. Jika dibutuhkan lakukan sing in ulang untuk cetak nomor pembayaran
  6. Lakukan pembayaran melalui Bank Himbaran bisa melalui bangking, atm atau pembayaran lainnya
  7. Setelah berhasil melakukan pembayaran login kembali untuk melengkapi data pendaftaran.
  8. Upload Foto
  9. Jika semua data sudah selesai diisi lakukan cetak kartu.
  
Cara Pendaftaran SMM
  1. Mengisi form pada link https://smm.poltekparmakassar.ac.id
  2. Pilih salah satu jalur masuk yang akan diikuti, lanjut mengisi form pendaftaran.
  3. Melakukan pembayaran biaya formulir sebesar 250 rb
  4. Cetak Kartu Ujian.
 
Demikian informasi yang bisa admin berikan semoga bermanfaat, sebelum mendaftar setiap pelamar wajib memenuhi persyaratan pendaftaran.