Mengapa SSCASN Tidak Bisa Dibuka

Info Penting CPNS

Mengapa SSCASN Tidak Bisa Dibuka - Banyak yang bingung kenapa situs https://sscasn.bkn.go.id tidak bisa dibuka padahal pemerintah sudah resmi mengumumkan pembukaan pendaftaran. Tetapi sampai saat artikel ini dibuat semua situs sscasn dan subdomain lainnya tidak bisa dibuka. Pada dasarnya semua pendaftaran baik PPPK atau CPNS dibutuhkan persiapan. 
 
Persiapan yang paling penting terdapat dari database dimana data lama akan dihapus dan ganti dengan data yang baru. Hanya saja jika hal itu dilakukan tanpa ada perubahan tambahan database maka proses akan berjalan cukup cepat tetapi apabila ada sistem atau data baru yang harus dimasukan maka ini akan lama dan tidak bisa diproses dengan cepat.  
 
Beberapa data baru yang dimasukan harus kembali dihubungkan ke server agar masing-masing data dapat melakukan singkronisasi secara otomatis. Hanya saja yang terjadi proses perubahan databese dilakukan dekat dengan tanggal pendaftaran menyebabkan perbaikan tidak kunjung selesai. Biasanya akan memakan waktu yang cukup lama. 
 
 
 

 
Untuk mengatasi hal tersebut biasanya pemerintah tidak menggunakan basis data lama, tetapi mempersiapkan domain atau subdomain baru untuk basis data tersebut, besar kemungkinan pendaftaran PPPK akan menggunakan subdomain baru atau domain baru. Sebenarnya untuk mengupload database tidak begitu lama. 
 
Jika hanya sekedar di upload hanya hitungan hari, hanya saja akhir-akhir ini lembaga pemerintah mengalami banyak kebocoran data, hal itu yang membuat persiapan pendaftaran PPPK atau CPNS dilakukan lebih lama dari biasanya karena harus dilakukan pengecekan bug atau ujicoba internal yang memastikan tidak memiliki celah yang dapat menyebabkan kebocoran data.  
 
Selain itu sistem PPPK yang baru ini menggunakan basis pendataan tenaga non ASN dengan data sebanyak itu maka membutuhkan waktu yang cukup lama jika ingin melakukan singkronisasi pada sistem dimana paling tidak ada 3 lembaga yang terlibat dalam singkronisasi data pertama data dukcapil, data instansi dan data pada sistem BKN. 
 
Dalam penerapan membutuhkan domain baru untuk sistem tersebut, jadi jangan heran jika nanti pendaftaran PPPK tidak menggunakan domain yang lama. Pengecekan celah sistem masih menjadi pekerjaan yang perlu di waspadai karena hal tersebut berkaitan data dimana jika terjadi kebocoran sudah pasti masyarakat tidak akan pecaya lagi dengan lembaga negara. 
 
Persiapan ini seharusnya dilakukan oleh para profesional bukan hanya pegawai ASN biasa, Pemerintah perlu melakukan rekrutmen untuk tenaga ahli agar proses perbaikan cepat dilakukan. Secara umum terdapat beberapa poin penting yang menyebabkan masalah kenapa website pendaftaran yang dibuat pemerintah tidak bisa diakses sesuai dengan ketentuan diatas.
 
 
Penyebab Mengapa SSCASN Tidak Bisa Dibuka
  1. Dibutuhkan waktu cukup lama untuk memasukan database baru hingga sistem dapat melakukan singkronisasi.
  2. Semua data tersebut akan di hubungkan dalam satu server dimana BKN, dukcapil, instansi PPPK, Kemdikbud untuk dapat melakukan singkronisasi data indentitas, pekrjaan, dan pendidikan. Akan memakan waktu lumayan panjang.
  3. Proses singkronisasi yang cepat membutuhkan domain atau subdomain baru yang masih kosong jika menggunakan sistem lama maka akan semakin lama.
  4. Perlu server besar atau menambah dari yang lama.
  5. Masalah kebocoran data menjadi alasan utama, karena sistem harus dilakukan pengecekan agar tidak terjadi kebocoron, jika hanya memasukan saja tidak akan memakan waktu lama tetapi untuk memastikan database aman itu yang membutuhkan waktu. 
  6. Pemerintah harus melakukan pencegahan kebocoran data terutama jika yang bocor data SSCASN maka akan sangat berbahaya terutama kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pemeritah semakin kecil.
  7. Melibatkan BUMN lain dalam pengembangan web SSCASN dimana harus melakukan kordinasi, aturan pemerintah kita tidak fleksibel biasanya jika ada perbaikan diperlukan birokrasi pelaporan yang cukup panjang.
  8. Lalu lintas kunjungan yang padat menyebabkan website SSCASN semakin tidak bisa diakses.

 

Solusi SSCASN Tidak Bisa Dibuka

  1. Solusi terbaik jika SSCASN tidak bisa diakses biarkan pemerintah bekerja hingga proses selesai dan kembali bisa diakses.
  2. Melakukan pengecekan secara berkala
  3. Tidak berlebihan mengakses jika memang belum bisa dibuka
  4. Akan ada perpanjangan pendaftaran apabila masih belum bisa diakses jadi tenang saja tidak akan ketinggalan
  5. Pantau terus sosial media masing-masing lembaga
  6. Perlu kerjasama dengan instansi lain untuk berkolaborasi agar proses perbaikan dapat berlajan dengan cepat
  7. Sebagai peserta yang akan mengikuti pendaftaran di SSCASN kita harus sabar menunggu.

Semoga informasi yang admin berikan bisa bermanfaat jangan lupa untuk terus update terus secara berkala, tidak menutup kemungkinan akan dipersiapkan doman baru untuk pendaftaran tahun ini. Jadi terus pantau media sosial BKN.