Cara Pendaftaran Online PJJ STIK POLISI/POLRI 2018/2019

Lekdik.polri.go.id - Informasi Cara Pendaftaran Online S1 PJJ STIK Polri/Polisi 2018/2019 Secara Lengkap PJJ STIK merupakan program yang diselenggarakan pemerintah yang berhubungan dengan angkatan kepolisian. Program PJJ STIK ditujukan untuk alumni akpol tahun 2003 sampai 2010 yang belum memiliki gelar S1 kepolisian.

Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian atau yang sering disebut STIK memiliki tujuan untuk menghasilkan perwira akpol yang berkualitas dan memiliki pengetahuan tentang kepolisian sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat untuk menertibkan bangsa Indonesia. Oleh karena itu bagi alumni akpol tahun 2003 sampai 2010 yang masih belum memiliki gelas S1 kepolisian diharapkan mendaftar dengan syarat dan ketentuan yang anda.

Cara Pendaftaran Online S1 PJJ STIK Polisi/Polri 


Bagi anda yang masih bingung bagaimana cara mendaftarkannya anda tidak perlu khawatir karena dibwah ini akan mengulas bagaimana cara pendaftaran S1 PJJ STIK secara lengkap dan detail agar anda bisa menyiapkan berkas berkas dan dapat mengikuti seleksi dengan mudah.


Syarat dan ketentuan pendaftaran S1 PJJ STIK

Sebelumnya S1 PJJ STIK itu ditujukan untuk para alumni akpol yang lulus pada tahun 2003 sampai dengan 2010 dan untuk para siswa yang baru lulus dari SMA atau SMK sederajat. Perlu diketahui juga proses belajar mengajar STIK agak sedikit bebeda dengan sekolah lainnya. Perbedaannya yaitu dalam proses pembelajaran baik mahasiswa maupun pengajar tidak bertatap muka.

Artinya proses belajar ini dilakukan secara jarak jauh melalui teknologi komunikasi dan informasi. Bagi anda yang memiliki cita cita bisa menempuh pendidikan di STIK dan menjadi perwira yang berkualitas, anda perlu memenuhi beberapa syarat dan ketentuan sebagai berikut.


Syarat dan ketentuan umum pendaftaran S1 PJJ STIK untuk lulusan SMA/SMK sederajat

Melalui jalur tes :

  1. Mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya (sudah disiapkan oleh panitia)
  2. Fotokopi ijazah SMA/SMK satu lembar
  3. Fotokopi nilai ujian nasional satu lembar
  4. Pas foto berukuran 3X4 sebanyak 3 lembar
  5. Membawa SKCK yang masih berlaku
  6. Membayar biaya pendaftaran
  7. Membawa keterangan tinggi badan (laki laki minimal 155cm dan untuk perempuan minimal 150cm)

Melalui jalur tanpa tes:

  1. Mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya (sudah disiapkan oleh panitia)
  2. Fotokopi ijazah SMA/SMK satu lembar
  3. Fotokopi nilai ujian nasional satu lembar
  4. Pas foto berukuran 3X4 sebanyak 3 lembar
  5. Fotokopi rapot yang sudah dilegalisir atau surat keterangan peringkat 1 sampai 10 dikelas
  6. Membawa SKCK yang masih berlaku
  7. Membayar biaya pendaftaran
  8. Membawa keterangan tinggi badan (laki laki minimal 155cm dan untuk perempuan minimal 150cm)


Syarat dan ketentuan umum pendaftaran S1 PJJ STIK untuk mahasiswa transfer atau alumni akpol lulusan tahun 2003 sampai 2010

Syarat dan ketentuan:

  1. Mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan sesuai keadaan yang sebenarnya (sudah disiapkan oleh panitia)
  2. Perwira Polri lulusan Akpol tahun 2003 sampai 2010 atau DIII PTKI yang belum pernah mengikuti Dik S1 STIK PTIK
  3. Memiliki pangkat minimal IPTU s.d Kompol
  4. Berumur maksimal 35 tahun
  5. Ditunjuk dan diusulkan dengan surat perintah untuk mengikuti PJJ S1 STIK PTIK oleh kepala/pimpinan yang berwenang (kasawil/kasatker di Mabes Polri)
  6. Memiliki kinerja yang baik dan prestasi yang meninjol dalam menjalankan tugas Polri yang dibuktikan dengan surat keputusan Kapolri/Kapolda
  7. Mengikuti lulus pengujian dan pemeriksaan.


Bagi pendaftar PJJ S1 STIK PTKI yang berasal dari alumni akpol harus menjalani beberapa tahap pemeriksaan yang meliputi:


Tahap pemeriksaan administrasi dan SKHP

Calon mahasiswa yang berasal dari alumni akpol tahun 2003 sampai 2010 yang menjalani proses pendaftaran S1 PJJ STIK ini akan diseleksi kelengkapan berkas berkasnya oleh tim pemeriksaan administrasi. Sebaiknya sebelum anda menyerahkan berkas tersebut periksalah terlebh dahulu agar tidak ada yang tertinggal.


Tahap pemeriksaan kesehatan

Calon mahasiswa yang berasal dari alumni akpol tahun 2003 sampai 2010 akan mengalami seleksi pemeriksaan kesehatan fisik, penunjang, dan radiologi. Disarankan anda menjaga kesehatan sebelum menjalani tahap ini karena dapat berpengaruh terhadap hasil tes anda. Tata cara pendaftaran S1 PJJ STIK  tidak hanya harus memenuhi syarat dan ketentuan umum saja, tetapi juga ketentuan khusus antara lain:

Syarat dan ketentuan khusus bagi pendaftar S1 STIK:

  1. Sehat jasmani dan rohani
  2. Tidak menderita gangguan jiwa atau gila
  3. Tidak pernah menggunakan narkoba atau obat terlarang lainnya
  4. Tidak bertindik
  5. Tidak memiliki riwayat bekas luka atau patah tulang yang serius
  6. Tidak pernah terjerat kasus hukum apapun


Tata cara mendaftar PJJ S1 STIK PTKI:

  1. Terlebih dahulu anda melihat semua syarat dan ketentuan di website resmi yaitu http://lekdik.polri.go.id/syarat_ptki.
  2. Setelah anda dinyatakan lolos dalam syarat dan ketentuan, segeralah daftarkan diri anda dan melengkapi berkas di laman resmi http://lekdik.polri.go.id/form_registrasi/1/1.
  3. Tunggu hasil pengumuman lolos seleksi berkas pada laman resmi http://lekdik.polri.go.id.
  4. Jika anda lolos seleksi berkas anda perlu menghadapi tahap seleksi berikutnya


Tahapan seleksi:

Untuk lulusan SMA/SMK sederajat:


Tahap seleksi berkas

Merupakan tahap seleksi awal bagi para lulusan SMA/SMK sederajat. Persiapkan berkas anda dengan lengkap dan usahakan jangan sampai ada yang tertinggal.


Tahap seleksi tes

Para calon mahasiswa akan menempuh tahap yang berupa tes. Biasanya tahap seleksi tes disini yaitu tahap tes psikologi yang terdiri dari kata, angka dan gambar. Pelajarilah materi tentang psikologi agar anda dapat lolos dalam tahap ini.


Tahap seleksi wawancara

Pada tahap ini anda akan diwawancarai dan ditanyai mengapa anda ingin bersekolah di STIK. Disarankan jawablah pertanyaan tersebut sesuai dengan keadaan anda atau sejujurnya jujurnya. Hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi hasil dari tahapan ini.


Tahap seleksi kesehatan

Para calon mahasiswa harus menghadapi test kesehatan fisik penunjang, dan radiologi. Jaga kesehatan fisik anda sebelum menghadapi tahapan ini. Karena sangat berpengaruh terhadap hasil tes. Tahapan ini merupakan tahap yang terakhir dan jika anda lolos di tahap ini berarti anda resti menjadi mahasiswa STIK. Untuk alumni akpol tahun 2003 sampai 2010:

  • Pendidikan pengembangan umum
  • Pendidikan pengenmbangan spesialis
  • Alih golongan


Kiat kiat dan strategi untuk lolos

Untuk lolos dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru di PJJ STIK ini diperlukan strategi dan kiat kiat tersendiri, antara lain:

  1. Jaga kondisi fisik anda, usahakan anda tidak merokok apalagi mengonsumsi narkotika dan minuman keras karena hal ini dapat mempengaruhi hasil seleksi.
  2. Untuk menghadapi tahap seleksi test psikotest anda disarankan mengerjakan latihan soal. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anda dalam mengerjakan. Anda dapat mencari referensi soal tersebut di internet atau di toko buku terdekat .
  3. Untuk menghadapi tahapan seleksi wawancara, sebaiknya anda mencari referensi tentang apa saja yang akan ditanya oleh pewawancara di dalam sesi ini. Hal ini perlu karena agar anda tidak terkejut dan gagap dalam menghadapi pertanyaan.
  4. Yang terakhir, jangan lupa berdoa dan berserah diri kepada Tuhan agar anda lolos dalam pendaftaran S1 PJJ STIK.


Sampai disini dulu pembahasan tentang bagaimana cara pendaftaran S1 PJJ STIK. Bagi anda yang mendaftar ke salah satu perguruan tinggi miliki negara ini semoga dapat menempuh semua tahap dengan mudah dan dapat diterima di STIK. Demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
GET IT ON Google Play