Cara Pendaftaran Online CPNS BMKG.go.id 2024/2025


BMKG.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS BMKG.go.id 2024/2025 - atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika adalah salah satu lembaga pemerintahan Indonesia yang non departemen yang bergerak di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Tugas utama dari BMKG adalah menjalankan tugas dari pemerintah yang berkaitan dengan meteorologi, klimatologi, geofisika, serta kualitas udara berdasarkan undang-undang yang berlaku di Indonesia. 

BMKG memiliki tugas yang penting seperti menyediakan laporan perkiraan cuaca, perkiraan potensi bencana alam, dan pencitraan dari satelit. Informasi yang diberikan oleh BMKG bermanfaat dalam mengurangi risiko kerusakan, kecelakaan, dan korban yang disebabkan oleh cuaca ekstrem atau bencana alam. Untuk lebih jelasnya di bawah ini ada beberapa jenis informasi yang disajikan oleh BMKG kepada seluruh masyarakat Indonesia.



Selain empat tugas di atas, masih ada banyak tugas yang dilakukan oleh BMKG seperti membuat perkiraan musim. Sehingga, untuk mewujudkan BMKG yang bisa berkontribusi kepada seluruh masyarakat Indonesia, BMKG membuka peluang kepada seluruh warga negara Indonesia untuk menjadi bagian dari BMKG sebagai CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). 

Lowongan cpns bmkg bertujuan untuk menjaring warga negara Indonesia yang berpengetahuan, terampil, dan berkualitas untuk mengoptimalkan kinerja BMKG. Tata cara pendaftaran CPNS Badan Meteorologi, Klimatologi & Geofisika adalah dengan memperhatikan persyaratan apa saja yang dibutuhkan. Di bawah ini ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar CPNS BMKG.
  1. WNI
  2. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun
  3. Tidak sedang menjabat sebagai pengurus atau anggota partai politik atau organisasi masyarakat yang bertentangan dengan ideologi negara Indonesia.
  4. Tidak sedang menjabat posisi CPNS atau PNS di instansi pemerintahan yang lain
  5. Tidak pernah melakukan tindakan kriminal yang menyebabkan menerima hukuman kurungan
  6. Sehat secara jasmani dan rohani
  7. Tidak sedang hamil
  8. Tidak buta warna
  9. Memiliki IPK lebih dari 2,75 bagi lulusan S1
  10. Memiliki IPK lebih dari 3 bagi lulusan S2
  11. Memiliki sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450

Selain memenuhi persyaratan di atas, cara pendaftaran CPNS Badan Meteorologi, Klimatologi & Geofisika yang melampirkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan, antara lain.
  • Pas foto terbaru dengan latar belakang yang berwarna merah
  • Ijazah pendidikan terakhir
  • Transkrip nilai terakhir
  • Sertifikat TOEFL
  • Surat lamaran yang dibubuhi materai seharga Rp 6.000,-
  • Surat pernyataan yang dibubuhi materai seharga Rp 6.000,-
 
Pendaftaran
  1. Seluruh dokumen tersebut di-scan dalam format .jpg dengan kapasitas yang tidak melebihi 300 kb. 
  2. Jika dokumen tersebut memiliki jumlah halaman yang lebih dari satu halaman, maka semua halaman tersebut harus disatukan dalam satu foto. 
  3. Setelah menyiapkan dokumen persyaratan yang sudah disebutkan di atas, maka tata cara pendaftaran CPNS Badan Meteorologi, Klimatologi & Geofisika yang selanjutnya adalah melakukan pendaftaran seleksi CPNS secara online melalui situs SSCASN (Sistem Seleksi CPNS Nasional) yang berada di bawah naungan BKN. Alamat situs bisa diakses melalui sscasn.scn.go.id
  4. Kemudian, cara pendaftaran CPNS Badan Meteorologi, Klimatologi & Geofisika yang selanjutnya adalah dengan membuat akun SSCASN menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera pada KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga). 
  5. Setelah membuat akun SSCASN, maka lakukan login ke akun SSCASN menggunakan NIK pada KTP dan password yang sebelumnya telah dibuat.
  6. Langkah pertama setelah berhasil login ke akun SSCASN adalah melengkapi data diri yang tertera pada situs. Data diri yang perlu dilengkapi meliputi nama sesuai dengan KTP dan ijazah, tempat tanggal lahir yang harus sesuai dengan KTP dan ijazah, alamat rumah, nomor HP, alamat email, pendidikan terakhir, dan IPK. 
  7. Kemudian, pilihlah formasi yang diinginkan sesuai dengan jurusan kuliah. Setelah semua data dri telah dilengkapi maka lakukan pengunggahan dokumen yang sudah disiapkan di atas. 
  8. Begitu seluruh dokumen sudah diunggah maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mencetak tanda bukti sudah mendaftar CPNS BMKG.

Begitu seluruh cara pendaftaran CPNS Badan Meteorologi, Klimatologi & Geofisika telah dilakukan maka tunggulah pengumuman hasil seleksi. Hasil seleksi CPNS BMKG yang pertama adalah hasil seleksi administrasi untuk mengetahui semua persyaratan telah dipenuhi atau tidak. Setelah lulus seleksi administrasi, maka pelamar CPNS BMKG akan mengikuti tes kompetensi dasar untuk mengukur kemampuan dari pelamar tersebut. Jika pelamar CPNS BMKG lolos tes kompetensi dasar maka bisa mengikuti tahap seleksi yang selanjutnya yaitu wawancara.