Cara Pendaftaran CPNS.Bapeten.go.id 2018/2019

CPNS.Bapeten.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS Badan Pengawas Tenaga Nuklir 2018/2019 Pendaftaran CPNS di lingkungan BAPETEN atau badan pengawas tenaga nuklir kembali dibuka untuk tahun anggaran baru. Semua warga negara Indonesia memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi CPNS dan ditempatkan di BAPETEN. 

Cara pendaftaran CPNS badan pengawas tenaga nuklir atau BAPETEN telah diatur dan dikeluarkan. Terdapat 2 posisi utama atau jabatan yang sedang membutuhkan pegawai yakni pada posisi pengawas radiasi dan ahli pertama, serta accesor SDM kepegawaian. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan dan informasi penting seputar pendaftaran CPNS untuk BAPETEN.
Sebelum melanjutkan informasi mengenai Pendaftaran CPNS dan cara pendaftaran berikut kami akan informasikan mengenai penerimaan CPNS Badan Pengawas Tenaga Nuklit meliputi beberapa formasi yang bisa diikuti oleh S1 dan S2 terkait dengan lulusan seperti Fisika dan lainnya untuk lebih jelas berikut informasi mengenai Formasi CPNS Bapeten selengkapnya dibawah ini.


Formasi CPNS BAPETEN
  1. Pengawas Radiasi Ahli Pertama Untuk S1. 
  2. Pengawas Radiasi Ahli Pertama Untuk S2. 
  3. Accesor SDM Kepegawaian Ahli Pertama.

Cara Pendaftaran CPNS Lingkungan BAPETEN

Untuk bisa ikut mendaftar lowongan di BAPETEN tentu Anda harus bisa memenuhi syarat dan juga mengikuti mekanisme pendaftaran yang akan dilaksanakan melalui situs sscn.bkn.go.id dan situs cpns.bapeten.go.id. Sebelum mendaftar anda harus memenuhi persyaratan yang ada seperti berikut  Berikut adalah syarat dan alur pendaftaran CPNS BAPETEN.


1. Syarat Pelamar Lowongan CPNS BAPETEN


Sesuai surat edaran dari BAPETEN, syarat pelamar yang pertama adalah WNI yang bertakwa, dan setia serta taat pada Pancasila, UUD 45, dan NKRI. Pelamar harus sehat baik jasmani maupun rohani dan sesuai dengan posisi yang dilamar. Syarat pendaftar lainnya adalah tidak memiliki catatan buruk di kepolisian atau tidak pernah menjadi tahanan 2 tahun atau lebih karena melakukan pelanggaran pidana. Pelamar bukan mantan PNS, pegawai BUMN/ BUMD, atau TNI/ POLRI yang diberhentikan secara tidak hormat maupun yang berhenti karena resign atau meminta diberhentikan sendiri. 

Pendaftaran CPNS BAPETEN juga tidak untuk PNS, peserta didik di sekolah ikatan dinas, dan anggota TNI/ POLRI. Syarat lainnya yaitu pelamar bukan anggota atau pun pengurus sebuah partai politik. Syarat selanjutnya adalah bukan pecandu narkotika atau pun obat-obatan sejenis yang dilarang negara. 

Pelamar harus mempunyai kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan ketentuan jabatan dan bersedia ditugaskan di seluruh wilayah nusantara. Syarat untuk pelamar wanita atau pria tidak boleh memiliki tindik kecuali karena alasan adat atau agama. Pendaftar lowongan CPNS ini juga tidak untuk yang memiliki tato maupun bekas tato di tubuhnya.


2. Kualifikasi pendidikan dan syaratnya

Untuk lowongan di posisi pengawas radiasi ahli pertama dibuka untuk lulusan sarjana dengan program pendidikan antara lain teknik nuklir, fisika, teknik fisika, teknik elektro, teknik informatika, teknik kimia, teknik instrumentasi, teknik lingkungan, ilmu instrumentasi, dan ilmu lingkungan. Cara pendaftaran CPNS badan pengawas tenaga nuklir harus sesuai pendidikan tersebut dengan syarat IPK serendah-rendahnya adalah 2,75 dan dari perguruan tinggi yang memiliki akreditasi BAN PT yaitu B. 

Untuk posisi tersebut juga mencari pelamar yang merupakan lulusan sarjana cumlaude atau terbaik dari perguruan tinggi dan program studi akreditasi A oleh BAN PT . Lowongan untuk sarjana juga ada di jabatan accesor SDM bagi lulusan psikologi, manajemen SDM, dan hukum. Bagi pelamar dengan pendidikan sarjana syarat umur 21 tahun. Sedangkan untuk lulusan pascasarjana atau S2 program studi teknik nuklir, fisika, dan teknik fisika dapat mendaftar pada posisi pengawas radiasi ahli pertama. 

Khusus pelamar dengan kualifikasi S2 harus mempunyai IPK paling rendah 3,25 dari perguruan tinggi dan program studi dengan akreditasi B. Syarat umur bagi pelamar yang S2 adalah minimal 21 tahun dan maksimal 35 tahun. Pendaftar juga harus memberikan bukti telah lulus S1 atau S2 dengan memberikan fotokopi ijazah perguruan tinggi dan transkip nilai. Dua berkas tersebut harus dalam fotokopi dan dilegilisir oleh Dekan atau staff lain yang setara Dekan.


3. Cara melakukan pendaftaran

Pelamar lowongan ini dapat melakukan pendaftaran secara online melalui situs registrasi online di sscn.bkn.go.id. Pendaftaran online dilakukan dengan mengisi form registrasi online dan menggunakan nomor induk kependudukan atau NIK dan nomor kartu keluarga untuk mendaftar. Anda bisa melihat NIK pada KTP atau kartu keluarga. 

Registrasi online meliputi pengisian form pendaftaran dan mengunggah berkas yang menjadi syarat pendaftaran. Bagi yang lolos seleksi administrasi, cara pendaftaran CPNS badan pengawas tenaga nuklir dilanjutkan dengan mencetak kartu registrasi online dan menyerahkan berkas pendaftaran. Berkas yang harus dipersiapkan antara lain adalah surat lamaran bermaterai 6.000, fotokopi KTP, fotokopi ijazah dan transkip nilai yang dilegalisir, bagi pelamar cumalaude harus memberikan berkas tambahan yaitu bukti akreditasi A untuk perguruan tinggi dan juga program studinya. 

Selain berkas tersebut, ada lagi yaitu pas foto 3 X 4 cm dengan background merah sebanyak 4 lembar. Pada bagian belakang foto wajib ditulis nama pendaftarnya. Berkas lainnya adalah surat pernyataan yang bisa diunduh dari laman pendaftaran online. Semua berkas dapat dikirimkan ke panitia seleksi di alamat Jl Gajah Mada No 8 di Jakarta Pusat dengan kode pos 10120. Berkas dilampirkan dalam amplop cokelat dan di bagian kanan atas amplop ditulis nomor registrasi online.


4. Tahapan Tes

Cara pendaftaran CPNS badan pengawas tenaga nuklir melalui beberapa tes. Setelah lolos dari seleksi administrasi, dilanjutkan dengan mengikuti tes kompetensi dasar yang dilaksanakan. Bagi yang lolos seleksi akan lanjut ke tes berikutnya yakni SKB atau seleksi kompetensi Bidang. 

Tes ini dilaksanakan atau sesuai aturan dari panitia seleksi. SKB sendiri merupakan tahapan seleksi dengan beberapa tes, seperti tes tulis, tes psikologi, TOEFL, dan tes wawancara.  Untuk tahapan wawancara dilaksanakan sesuai jadwal. Pengumuman hasil final akan dilakukan secara online. Demikian beberapa informasi penting seputar lowongan di lingkungan BAPETEN. Cara pendaftaran CPNS badan pengawas tenaga nuklir tersebut harus diikuti, jika ingin menerima surat lulus seleksi dari panitia pendaftaran.