Cara Pendaftaran Online Siswa Baru SMA/SMK/MA 2017/2018

Penerimaan Siswa Baru - Cara Pendaftaran Online Siswa Baru SMA/SMK/MA 2017/2018 khusus Pendaftaran Siswa Baru SMA/SMK/MA 2017/2018. Jika sebelumnya teman-teman udah pada cek Pengumuman Kelulusan SMP/MTS Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah bagi yang sudah dinyatakan lulus harus segera mengecek SMA/SMK/MA mana yang harus dipilih untuk kedepan disarankan untuk memilih SMA/SMK/MA lebih dari satu hal ini untuk persiapan apabila siswa yang mendaftar tidak lulus maka bisa mendaftar ke sekolah lainnya.

Jangan sampai pengalaman tahun lalu terjadi lagi, seperti mereka yang hanya memilih satu sekolah ketika tidak lulus kelabakan mencari sekolah lain sementara pendaftaran khusus SMA sudah ditutup hal hasil harus pergi keluar daerah untuk bisa bersekolah, jangan sampai hal semacam ini terjadi lagi untuk kalian cukup tahun lalu. Stategi yang harus dilakukan adalah ikuti seleksi ke beberapa sekolah yang ada di daerah anda ataupun luar daerah.

Cara Pendaftaran Online Siswa Baru SMA/SMK/MA 2017/2018


Setalah semua lulus baru pilih salah satu dari semua sekolah yang anda ikuti, sampai saat ini penentuan sekolah masih berdasarkan rayon tinggal tetapi keinginan untuk sekolah di tempat favorite membuat sebagian besar siswa mengabaikan sistem rayon dengan alasan memilih sekolah unggulan, semua itu tidak salah yang terpenting proses pendaftarannya dilakukan dengan baik.

Karena seperti kita ketahui bersama bahwa praktek KKN yang sering terjadi saat penerimaan siswa baru sudah pasti menjadi tradisi turun temurun, ada istilah jalur belakang mereka yang tidak lulus tes murni namun masih berkeinginan sekolah disekolah tersebut memaksa orang tua berlaku curang, bahkan hal semacam ini banyak dilakukan oleh kalangan elite mereka yang berasal dari keluarga pejabat, dan bahkan orang berpengaruh lainnya melakukan hal semacam ini.

Sangat disayangkan apabila budaya semacam ini terus bertahan dan berkembang terus menerus sama saja menumbuhkan mental koruptor dari usia dini, sementara mereka yang lulus murni akan tetap membayar uangan bagunan dan beberapa uang lain yang notabenenya cukup besar apalagi sekolah tujuan merupakan sekolah unggulan angka 10 juta keatas sudah pasti harus dibayar, dan bahkan sampai dengan ratusan juta.

Terlepas dari itu semua semoga menjadi pelajaran kita bersama kedepan untuk dapat mengikuti pendaftaran siswa baru dengan murni dan tidak mementingkan kasus kecurangan yang sudah ada, masih ada celah lulus murni. Itu sedikit hal mengenai pendaftaran siswa baru, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan beberapa informasi terkait dengan penerimaan siswa baru khusunya untuk jenjang SMA/SMK/MA sederajat.

Ada beberapa rekomendasi jalur masuk yang sudah disiapkan oleh sekolah untuk diikuti diantaranya akan kami lampirkan secara rinci melalui informasi berikut ini untuk lebih jelas berikut kami berikan informasi seputar cara pendaftaran online siswa baru SMA/SMK/MA sederajat untuk lebih jelas berikut info lengkapnya :


Penerimaan Siswa Baru Melai PPDB Online

PPDB Online merupakan salah satu jalur masuk yang diperuntukan bagi semua siswa, sistem penerimaan siswa baru satu ini diklaim mampu menyaring siswa dengan murni karena sistem yang dilakukan melalui online jadi peluang untuk melakukan kecurangan sangat kecil, pola penerimaan ppdb online dilakukan dengan verifikasi nilai rapot bisa dibilang seperti jalur undangan, mereka yang sudah entri nilai rapot akan langsung diurutkan secara online tinggal menggu akhir mereka yang masuk dalam peringkat kuota akan dinyatakan lulus.

Seperti contoh apabila siswa A nilai rata-rata rapot selama sekolah adalah 8 akan berada di posisi urut satu setelah siswa B mendaftar ternyata nilai rapotnya adalah 9 dan otomatis menggeser siswa A pada posisi dua dan begitu seterusnya jadi bisa dibilang sistem seleksi ini jauh dari kecurangan, bagi yang ingin mendaftar silahkan ikuti melalui link Cara Pendaftaran Online PPDB Sekolah. Semua wilayah di Indonesia bisa diikuti dengan berbagai jenis jalur masuk seperti khusus lokal, reguler, luar daerah, inklusif dan prestasi serta masih banyak lainnya.

Saat ini basis pendaftaran online dalam penerimaan siswa baru menjadi prioritas untuk sekolah tetapi sekali lagi belum semua sekolah mendukung sistem online hanya sekolah yang memiliki predikat mampu saja yang bisa melaksanakan pendaftaran secara online, pemerintah daerah dalam hal ini tidak memeberikan syarat tertentu dan bisa dilakukan secara mandiri oleh sekolah masing-masing dan juga bisa menggunakan link PPDB Online dari Telkom apabila belum mampu merancang sistem pendaftaran online sendiri.


Penerimaan Siswa Baru PSB Offline

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya priortias pendidikan tingkat menengah atas adalah penerimaan melalui online namun masih banyak sekolah yang melaksanakan pendaftaran siswa baru melalui offline, banyak pihak yang menilai bahwa sistem ini akan dijadikan ladang untuk melakukan praktek kecurangan seperti jalur belakang bahkan lelang kursi, namun untuk sekolah yang belum mampu menyelenggarakan sistem online dalam pendaftaran langkah penerimaan ini menjadi sangat tepat, biasanya sekolah akan berkordinasi dengan dinas setempat untuk melaksanaan penerimaan siswa baru ini.

Kemudian sekolah memiliki wewenang penuh untuk melaksanakan penerimaan siswa secara offline, bagi siswa yang berminat mengikuti pendaftaran melalui sistem ini caranya cukup mudah tinggal buka situs resmi sekolah yang anda pilih kemudian baca syarat apa saja yang dibutuhkan dan segera mendaftar dengan datang langsung ke sekolah, sementara bagi sekolah yang belum memiliki website nampaknya tidak ada pilihan lain siswa atau wali murid harus datang langsung ke sekolah untuk mendaftar.


Penerimaan Siswa baru Dari Sekolah Asal.

Tahukah anda bahwa jalur rekomendasi sekolah menjadi salah satu jalur wajib yang bisa diikuti oleh siswa biasanya yang bertugas mendaftarkan siswanya adalah kepala sekolah SMP/MTS tempat anda sekolah namun jalur ini tidak bisa dilakukan secara perseorangan dengan kata lain siswa harus didaftarkan dari sekolah, kekurangan dari jalur ini adalah mereka tidak bisa memilih karena yang menentukan dari sekolah. Selain itu yang akan mendapatkan rekomendasi hanya siswa berprestasi saja. Untuk pendaftaran silahkan berkordinasi ke pihak sekolah anda apakah anda diikutikan jalur ini atau harus mendaftar jalur lain.


Penerimaan Siswa Baru Jalur Prestasi Luar Daerah dan Lokal

Bagi sekolah unggulan sudah jauh-jauh hari sebelum kelulusan SMP/MTS mereka sudah membuka jalur masuk untuk sekolah dari luar daerah dan lokal hal ini biasa dilakukan untuk mencari bibit-bibit unggulan, biasanya kisaran waktu 3 bulan sebelum kelulusan sudah dibuka, ada dua jalur masuk yaitu melalui undangan dan tertulis namun yang paling bergengsi adalah melalui jalur tertulis bahkan dalam satu kota kabupaten hanya diambil 1-3 orang saja begikutu seterusnya anda harus benar-benar pasang telinga untuk ikut jalur ini biasanya untuk informasi pendaftaran akan ditempel melalui papan mading sekolah sekaligus menjadi jalur bergengsi antar sekolah karena lulusan mereka apakah diterima oleh sekolah unggulan atau malah sebaliknya.


Penerimaan Siswa Baru Jalur Mandiri Reguler.

Jalur ini paling populer dan setiap tahun diikuti  oleh sebagian besar karena penerimaan dilakukan secara terbuka melalui ujian tertulis dan siswa yang bersangkutan bisa mendaftar sendiri, konsekuensi dari jalur ini apabila siswa atau wali murid berminat mengikuti seleksi jalur ini cara langsung datang kesekolah atau mencari informasi melalui website resmi sekolah kemudian melengkapi berkas dan ikuti tes sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.


Penerimaan Siswa Baru Jalur Beasiswa Kurang Mampu

Ada beberapa kabar gembira yang bisa didapat bagi siswa kurang mampu terdapat jalur masuk beasiswa untuk bisa mengikuti pendaftaran peserta harus mencari informasi lebih dahulu selanjutnya ikuti pendaftaran dengan melengkapi berkas persyaratan. Pengajuan jalur beasiswa sangat bergantung pada sekolah tujuan bisa jadi tersedia dan bisa juga tidak ada pastiakan anda menemukan informasi ini lansung dari sumber nya.


Penerimaan Siswa Baru Jalur Belakang dan Lelang Kursi

Ini merupakan istilah sindiran bagi siswa dan sekolah yang melakukan kecurangan biasanya urusannya dengan kepala sekolah siswa harus menyediakan uang untuk bisa lulus meski sudah gagal tes kemudian nominal yang paling besar akan mendapatkan kuota untuk masuk seperti contoh jika ada siswa A yang berani nyogok 20 Juta kemudian ada juga siswa B berani 30 juta maka yang akan mendapatkan kursi jalur belakang adalah siswa B begitu seterusnya. Jalur ini merupakan jalur ilegal yang dilakukan sekolah dalam penerimaan siswa baru.

Meski dianggap melanggar hukum dan pelanggaran pidana budaya jalur belakang masih tetap terjadi sampai saat ini, sudah menjadi rahasia umum terutama mereka yang ada hubungan dengan kenalan istilah jaman sekarang adalah orang dalam, sangat ironi melihat pendidikan semacam itu, praktek semacam ini sering terjadi pada sekolah yang paling diminati seperti SMA/SMK/MA unggulan wali murid akan melakukan hal apapun untuk bisa lulus termasuk nyogok.

Hal semacam ini tidak dibenarkan baik dari segi pemerintah maupun agama, sebisa mungkin harus dihindari bahkan apabila pihak tertentu menemukan praktek kecurangan semacam ini harus dilaporkan kepada pihak berwajib. Seperti inilah pendidikan Indonesia masih belum bisa dikatakan murni 100 persen terutama sekolah yang berada di Kota besar.


Penerimaan siswa baru dilaksanakan sebelum pengumuman sampai dengan tahun ajaran baru, jadi mulai dari sekarang bagi yang sudah dinyatakan lulus harus segera melihat informasi apakah SMA/SMK/MA yang anda inginkan sudah membuka penerimaan atau belum, sesegera mungkin karena jangan sampai anda tidak kebagian kuota pendaftaran, sistem seleksi yang ditetapkan dari masing-masing jalur juga memiliki perbedaan.

Pada dasaranya terdapat beberapa jalur diantaranya jalur PPDB Online, Reguler, Beasiswa dan bahkan dari jalur undangan dan tertulis setiap sekolah memiliki pola seleksi berbeda kecuali untuk PPDB Online dalam satu propinsi biasanya memiliki jalur yang sama, nah untuk mendaftar silahkan akses akses situs resmi pendaftaran atau bisa langsung datang ke sekolah masing-masing.