Beasiswa Supersemar 2017/2018

Supersemar - Beasiswa Supersemar 2017/2018 lengkap Beasiswa Supersemar Syarat untuk Beasiswa Supersemar Bagi para pelajar, khususnya calon mahasiswa ataupun yang sudah berstatus mahasiswa, mendapatkan beasiswa merupakan hal yang paling diinginkan. Beban biaya yang seharusnya dapat dibayarkan dibantu dengan adanya beasiswa. Selain itu, bagi mahasiswa yang tidak dapat berkuliah menjadi dapat berkuliah dengan adanya beasiswa. 

Salah satu jenis beasiswa yang cukup terkenal yaitu beasiswa Supersemar. Keberadaan beasiswa ini cukup membantu untuk para mahasiswa, tidak hanya meringankan beban biaya kuliah, namun dengan adanya beasiswa ini juga dapat membuat mahasiswa yang sebelumnya tidak dapat berkuliah menjadi dapat berkuliah. Sebelum tau mengenai cara mendapatkan beasiswa ini, ada baiknya untuk mengetahui sejarah serta visi dan misi dari keberadaan beasiswa ini.

beasiswa supersemar
Beasiswa Supersemar 2017/2018


Supersemar sendiri merupakan sebuah beasiswa yang ditujukan untuk para mahasiswa yang berasal dari sebuah keluarga yang kurang mampu. Alasan ekonomi banyak menjadi halangan bagi generasi muda Indonesia untuk dapat melanjutkan kuliah. Sementara beasiswa Supersemar dikelola sebuah yayasan yang diberi nama dengan yayasan Supersemar. Keberadaan yayasan Supersemar ini tentunya untuk membantu mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang atau tidak mampu untuk berkuliah.

Visi dan Misi yayasan Supersemar

Layaknya sebuah yayasan, yayasan Supersemar juga memiliki visi dan misi. Visi dan misi dari yayasan Supersemar diantaranya yaitu;

Visi yayasan Supersemar

Visi yayasan Supersemar yaitu untuk membantu atau membina siswa maupun mahasiswa yang memiliki bakat dan cakap dengan membiayai biaya pendidikannya.

Misi yayasan Supersemar

Misi dari yayasan Supersemar yaitu membantu pemerintah dalam upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Visi serta misi dari yayasan Supersemar tentunya menjadi landasan dasar dari keberadaan beasiswa ini. Setelah mengetahui apa itu beasiswa Supersemar, serta yayasan Supersemar sekaligus visi dan misinya, maka selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diketahui yaitu syarat untuk mendapatkan beasiswa ini untuk para mahasiswa.

Syarat Pengajuan Beasiswa Supersemar

Untuk mendapatkan beasiswa, mahasiswa harus mengajukan dokumen sesuai dengan syarat calon penerima beasiswa. Selain itu, mahasiswa juga harus memenuhi persyaratan lainnya seperti berasal dari keluarga yang kurang mampu. Sementara itu, persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin mendapatkan beasiswa Supersemar yaitu;
  1. Calon penerima beasiswa harus mengisi formulir pendaftaran beasiswa yang telah disediakan. Formulir ini dapat ditanyakan kepada bagian kemahasiswaan kampus masing-masing calon penerima beasiswa.
  2. Calon penerima beasiswa setidaknya memiliki indeks prestasi kumulatif atau IPK minimal 2.50. Indeks prestasi kumulatif ini dibuktikan dengan fotokopi kartu hasil studi.
  3. Fotokopi kartu tanda pengenal mahasiswa, untuk membuktikan jika calon penerima beasiswa tersebut merupakan seorang mahasiswa aktif di sebuah kampus.
  4. Calon penerima beasiswa setidaknya telah berkuliah selama minimal 3 semester dan berkuliah maksimal 10 semester.
  5. Calon penerima beasiswa juga harus menyertakan fotokopi kartu keluarga.
  6. Menyerahkan surat keterangan berkelakuan baik.
  7. Menyerahkan surat keterangan dari keluarga tidak mampu atau dapat juga menyerahkan surat keterangan penghasilan orang tua dari instansi yang berwenang.
  8. Calon penerima beasiswa sedang tidak dalam menerima atau diusulkan untuk menerima beasiswa lainnya.
  9. Menyerahkan fotokopi bukti pembayaran spp terakhir
  10. Calon penerima beasiswa juga harus menyerahkan fotokopi rekening bank

Demikian syarat yang harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa untuk mendapatkan beasiswa. Beberapa syarat tersebut merupakan persyaratan yang harus dipenuhi pada tahap seleksi beasiswa. Syarat tersebut merupakan syarat yang harus dimiliki oleh calon penerima beasiswa secara umum. Pihak kampus, fakultas maupun program studi mungkin memberikan persyaratan yang berbeda untuk calon penerima beasiswa Supersemar. 

Maka dari itu, sebelum melakukan pendaftaran untuk mendapatkan beasiswa ini, ada baiknya calon penerima beasiswa untuk meminta informasi terkait dengan syarat beasiswa ini. Setelah menyerahkan beberapa persyaratan seperti dokumen yang diminta maka tahap selanjutnya yaitu calon penerima mengikuti proses seleksi untuk mendapatkan beasiswa. Nominal beasiswa serta jumlah penerima beasiswa untuk setiap kampus cukup beragam, sesuai dengan kebijakan serta kampus maupun pihak yayasan Supersemar.

Rincian mengenai beasiswa Supersemar juga sebaiknya ditanyakan langsung kepada pihak kampus, agar calon penerima beasiswa tidak mengalami kebingungan. Formulir pendaftaran juga dapat ditanyakan langsung kepada pihak kampus, atau pada ketua program studi masing-masing. Supersemar sendiri merupakan beasiswa yang sudah ada sejak bertahun-tahun. Beasiswa ini juag dikelola langsung oleh sebuah yayasan. 

Selain beasiswa dari yayasan Supersemar ini banyak jenis beasiswa lainnya yang dapat diperoleh oleh para mahasiswa. Syarat dan ketentuan untuk setiap beasiswa tentu saja berbeda dan tergantung dari kebijakan tiap pemberi beasiswa. Beasiswa sendiri dapat berasal dari pemerintahan maupun non pemerintahan. Nilai besarnya jumlah beasiswa yang diberikan juga tergantung dari kebijakan pemberi beasiswa. 

Beasiswa sendiri juga biasanya diberikan kepada calon penerima beasiswa setiap semester, atau setiap akan melakukan pembayaran spp. Uang beasiswa yang didapatkan oleh penerima beasiswa biasnya ditransfer langsung ke rekening pribadi penerima beasiswa atau mahasiswa. Maka dari itu, pihak pemberi beasiswa selalu menyertakan fotokopi rekening bank untuk transfer uang beasiswa ke penerima beasiswa.

Selanjutnya penerima beasiswa atau mahasiswa dapat menggunakan uang tersebut untuk membayar biaya kuliah. Beasiswa untuk mahasiswa sendiri memiliki persyaratan atau ketentuan yang berbeda, seperti misalnya syarat untuk beasiswa Supersemar, dimana calon penerima beasiswa harus berasal dari keluarga yang tidak mampu dan dinyatakan dengan surat keterangan tidak mampu. Jenis beasiswa lainnya ada juga yang tidak memerlukan surat tersebut. Demikian beberapa informasi yang dapat diberikan mengenai keberadaan dari beasiswa Supersemar.