Cara Pendaftaran Online UNSAM 2017-2018

UNSAM - Tata Cara untuk Pendaftaran UNSAM tahun 2017-2018 simak UNSAM dan Cara serta Pendaftaran kampus Universitas Samudra atau yang biasa disingkat Unsam merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Aceh. Universitas ini berdiri sejak tahun 1985 dan kini telah memiliki 5 fakultas yang terdiri dari Fakultas Ekonomi, Fakultas teknik, Fakultas pertanian, Fakultas Kegruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Hukum.

Universitas dengan 5 fakultas ini menawarkan 25 program studi (prodi) yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Ada beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan untuk memilih program studi. (1) Pilihlah prodi yang sesuai dengan cita-cita: terkadang setelah lulus SMA kita masih bingung akan kuliah di prodi apa, cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebingugan ini yaitu dengan konsultasi (ceritakan keingungan pada guru BK atau karib kerabat yang berpengalaman tentang perkuliahan) atau minta pandangan mereka "aku bercita-cita menjadi...., kira2 menurut kakak, prodi apa yang sejalan dengan cita-citaku itu ya kak?"

(2) Tinjau ulang: tidak cukup hanya masukan yang kita terima, untuk lebih meyakinkan bahwa kita "tidak salah pilih" bisa dilakukan dengan mencari informasi lengkap tentang prodi itu (seperti mata kuliah apa saja yang di pelajari di prodi tsb dan info lain yang berkaitan dengan prodi yang dipilih). Nah, jika kalian telah mantap dengan prodi pilihan masing-masing, selanjutnya bisa mendaftar Unsam melalui beberapa jalur berikut.

Cara Pendaftaran UNSAM 2017-2018




SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguran Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk Unsam yang diberikan kepada siswa pintar (berprestasi akademik tinggi) disekolahnya melalui seleksi nasional administrasi.  Dalam seleksi ini, tidak ada ujian tertulis dan gratis biaya pendaftaran. Seleksi berkaitan dengan prestasi akademik yaitu penyaringan nilai rapor semester 1-5 untuk SMA/sederajat.dan juga portofolio akademik.

Kalian bisa lulus seleksi ini jika nilai rapor masuk perengkingan sesuai kuota prodi Usam dan portofolio akademik memenuhi persyaratan khusus yang diberikan oleh Unsam. Pendaftaran SNMPTN biasanya buka paling awal jika dibandingkan dengan seleksi lainnya. Untuk info selengkapnya tentang SNMPTN, kalian bisa membacanya di laman http://snmptn.ac.id/



SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk Unsam yang diberikan kepada lulusan SMA/sederajat melalui seleksi nasional ujian tertulis. Ujian tertulis berupa butir2 soal pilihan ganda yang terdiri dari 3 kelompok soal (harus dikerjakan dengan tepat dan cepat). Kelulusan seleksi ini ditentukan dari perengkingan nilai hasil pengerjaan soal, bagi nilai yang lulus perengkingan sesuai kuota prodi akan bisa diterima di Unsam melalui seleksi ini.

Untuk bisa mengikuti seleksi ini kalian harus membayar biaya pendaftaran dan melakukan pendaftaran online. Bukanya SBMPTN biasanya setelah SNMPTN, nah bagi yang tidak lulus/ tidak berkesempatan mengikuti SNMPTN bisa mendaftar Unsam melalui jalur ini. Info selengkapnya tentang SBMPTN bisa dibaca melalui laman http://sbmptn.ac.id/



UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk Unsam yang diberikan oleh perhimpunan 13 universitas kepada lulusan SMA/sederajat melalui ujian tertulis. Jalur ini biasa disebut dengan jalur mandiri dan pendaftaran seleksi ini biasanya setelah SBMPTN, nah bagi yang tidak lulus/tidak berkesempatan mengikuti SNMPTN atau SBMPTN, bisa mendaftar Unsam melalui seleksi ini. Info selengkapnya tentang UMB-PT bisa dibaca melalui laman http://spmb.or.id/



Bidikmisi merupakan sebuah kesempatan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik. Jika kuliah melalui jalur ini, kalian tinggal fokus kuliah saja tanpa perlu pusing memikirkan masalah biaya, karena pemerintah memberikan pendanaan baik biaya kuliah maupun biaya hidup hingga lulus tepat waktu.

Keterbatasan biaya bukanlah halangan untuk melanjutkan pendidikan. Untuk mendaftar Unsam dengan jalur ini, kalian harus melakukan pendaftaran bidikmisi (untuk mendapatkan ID) setelah itu baru mendaftar seleksi (bisa SMPTN, SBMPTN, maupun UMB-PT) dengan ID yang telah diperoleh. Info selengkapnya tentang bidikmisi bisa dibaca melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Telah kita bahas cara mendaftar Unsam yang teridiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, UMB-PT, dan Bidikmisi. Selalu ada jalan untuk sebuah kemauan, jika kita benar-benar "mau" tidak akan ada yang bisa menghalangi. Keterbatasan bukanlah penghalang dan kegagalan hanyalah ujian. Satu seleksi tertutup, masih ada seleksi berikutnya, cepat bangkit untuk melihat peluang.

Fokus pada kesempatan yang masih terbuka, karena menyesal akan kegagalan kan menelan semua kesempatan. "Kesuksesan adalah proses penaklukkan diri sendiri", sejatinya orang yang sekses adalah merreka yang bisa mengenyampingkan pikiran negatif dalam diri dan memegang penuh kendali atas dirinya sendiri. Juga memaksimalkan potensi dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Lakukan dengan sadar setiap tahap yang dilalui, berikan energi terbaik baik dalam persiapan seleksi, proses seeksi maupun perkuliahan nanatinya. Jika kita telah terbiasa dengan perjuangan ekstra, proses apapun yang kita jalani akan terasa menyenangkan dan lebih nringan. Selamat berjuang! Berikan yang terbaik! Semoga sukses mengiringi!