3 Jalur Pendaftaran Online UNSOED 2021/2022

UNSOED - 3 Jalur Pendaftaran Online UNSOED 2021/2022  - Universitas ini berdiri pada tahun 1963 dan kini telah memiliki 12 fakultas yang terdiri dari Fakultas Pertanian, Biologi, Ekonomi dan Bisnis, Peternakan, Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kedokteran, Teknik, Ilmu Budaya, Ilmu-ilmu Kesehatan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan perikanan dan Ilmu Kelautan.

Memiliki  12 Fakultas ini menawarkan 39 program studi (prodi) yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Kalian bisa memilih prodi apa saja, sesuai kebutuhan dan minat masing-masing. Masih bigung menentukan pilihan? Admin punya tips memilih prodi yang sesuai untuk teman-teman pembaca. Sebaiknya pilih prodi yang sejalan dengan cita-cita, "Prodi apa ya yang bisa membatu saya mencapai cita-cita?" Karena ibarat sebuah perjalanan panjang, pilihlah jalan yang akan mengantarkan pada tujuan, jalan tercepat dan benar.

"Semakin tepat pilihan prodi, semakin mendekatkan pada cita-cita". Ketika lulus kuliah, seperti tinggal selangkah lagi mencpai mimpi. Bukan hanya itu, keselarasan prodi dan cita-cita juga akan membuat kita menikmati setiap prosesya. Baik proses pedaftaran maupun proses perkuliahan. yang paling penting setiap tantangan yang ada dalam dunia universitas akan ditaklukkan degan suka cita. Tidak ada keterpaksaan maupun kata "lelah". Semangat menigkat, prestasi melesat, proses menyenangkan. Luar biasa bukan??


Nah jika kalian telah mantap dengan prodi pilihan masing-masing, selanjutnya bisa menadaftar Unsoed melalui beberapa jalur berikut.



SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk Unsoed yang diberikan kepada siswa berprestasi akademik tinggi (si anak pintar) di sekolahnya melalui seleksi nasional administrasi. Seleksi administrasi ini berupa penyaringan nilai rapor semester 1-5 untuk SMA/Sederajat dan  penyaringan portofolio akademik.

Kalian bisa lulus seleksi ini jika nilai rapor masuk perengkingan sesuai kuota prodi secara nasional dan memenuhi syarat khusus terkait portofolio akademik yang ditentukan oleh pihak Unsoed. Pendaftaran SNMPTN ini buka paling awal jika dibandingkan dengan seleksi lainnya. Untuk info selengkapnya tentang SNMPTN bisa membacanya di laman http://snmptn.ac.id/
  1. Buka Portal.Ltmpt.ac.id untuk membuat akun LTMPT SNMPTN
  2. Isi data lengkap yang ada di form online
  3. Validasi
  4. Finalisasi
  5. Bagi yang sudah dinyatakan lulus pemeringkatan dapat login ke SNMPTN.ac.id untuk mulai mendaftar.
  6. Login menggunakan akun LTMPT
  7. Upload foto, isi biodata, data keuangan, data keluarga, dan data pendidikan beserta bukti prestasi.
  8. Jika diminta silahkan upload file berkas persyaratan dan bukti prestasi.
  9. Isi Borang dan ceklist.
  10. Pilih PTN UNSOED dan Prodi yang ada.
  11. Khusus yang memilih jurusan olahraga dan seni bisa dapat mengupload portopolio
  12. Pilih jenis dan bentuk tes yang akan diikuti sesuai dengan prodi yang dipilih.
  13. Kirim
  14. Review Resume Pendaftaran
  15. Finalisasi
  16. Cetak Kartu Peserta SNMPTN
  17. Pengumuman dapat di cek melalui link Pengumuman.SNMPTN.ac.id



SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk Unsoed yang diberikan kepada lulusan SMA/sederajat melalui seleksi nasional ujian tertulis. Ujian tertulis dari seleksi ini berupa butir-butir soal pilihhan ganda, terdiri dari 3 kelompok soal yang harus dikerjakan dengan tepat dan cepat.

Dalam mengerjakan soal ujian, sebaiknya (1) kerjakan kelompok soal yang disukai terlebih dahulu, (2) kerjakan soal-soal yang dianggap mudah, dan (3) kerjakan soal jika yakin akan kebenarannya (setiap soal benar bernilai +4, salah  -1, dan tidak di isi 0). Kalian akan lulus seleksi ini jika nilai hasil pengerjaan soal masuk perengkingan sesuai kuota prodi. Untuk info selengkapnya tentang SBMPTN bisa membacanya di halaman http://sbmptn.ac.id/
  1. Buat akun LTMPT UTBK melalui link Portal.Ltmpt.ac.id
  2. Isi form sesuai identitas asli.
  3. Khusus yang sudah pernah ikut SNMPTN tidak perlu banyak mengisi form karena sebagian sudah tersingkronisasi dari data sebelumnya.
  4. Lakukan Validasi
  5. FInalisasi akun
  6. Login ke Portal.ltmpt.ac.id dan pilih UTBK 
  7. Upload foto
  8. Isi Biodata, data pendidikan, data keluarga termasuk penghasilan orang tua.
  9. Kirim
  10. Cetak Kode Bayar
  11. Bawa ke Bank BUMN terdekat
  12. Login kembali ke situs SBMPTN.ac.id 
  13. Pilih PTN dan prodi yang diinginkan
  14. Upload bukti persyaratan dan data penddikan
  15. Kirim
  16. Review Resume Pendafaran
  17. Cetak kartu ujian UTBK
  18. Ikuti UTBK
  19. Hasil akhir dapat diakses melalui Pengumuman.SBMPTN.ac.id
  20. Sedangkan untuk sertifikat nilai UTBK dapat di donwload satu hari setelah pengumuan.
  21. Untuk nilai UTBK bisa digunakan untuk dua kali tes SBMPTN dan Jalur Mandiri PTN dengan menggunakan nilai UTBK.


SPMB atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru merupakan sebuah kesempatan masuk Unsoed yang diberikan oleh pihak Unsoed kepada lulusan SMA/sederajat melalui seleksi mandiri ujian tertulis. Jalur ini disebut juga seleksi mandiri, artinya diselenggarakan oleh pihak Unsoed sendiri. Ujian tertulis pada seleksi mandiri ini, terdiri dari butir soal pilihan ganda dengan 3 kelompok soal yang harus dikerjakan dengan tepat dan cepat.

Kalian bisa lulus seleksi ini jika nilai hasil pengerjaan soal masuk perengkingan sesuai kuota prodi yang ditentukan oleh pihak Unsoed. Pendaftaran seleksi ini biasanya buka setelah SBMPTN, untuk info selengkapnya tentang SPMB, bisa mengakses laman https://spmb.unsoed.ac.id/

Ada dua jalur yang bisa dipilih untuk seleksi mandiri di Universitas Jenderal Soedirman. Pertama, jalur SPMB mandiri untuk Program Sarjana dan Diploma Tiga umum. Kedua, jalur SPMB mandiri untuk Program Sarjana Kelas Internasional, Diploma Tiga dan Kerjasama. Untuk pendaftaran jalur SPMB mandiri umum akan dilaksanakan sesuai jadwal yang ada di website resmi pendaftaran UNSOED.

Biaya pendaftaran untuk siswa yang berasal dari jurusan sekolah Saintek dan Soshum adalah 300.000 rupiah sementara untuk siswa yang memilih campuran akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar 350.000 rupiah. Untuk jenis mata pelajaran yang harus diisi bisa dilihat langsung pada laman resmi SPMB Universitas Jenderal Soedirman yaitu di http://spmb.unsoed.ac.id/. Meski ada dua jalur SPMB mandiri yang berbeda tanggal kegiatannya, namun alur atau tata cara pendaftarannya sama. Berikut dijelaskan tata cara pendaftaran SPMB Jalur Mandiri Universitas Jenderal Soedirman.

Buan Akun

  1. Masuk ke laman resmi pendaftaran SPMB Universitas Jenderal Soedirman terlebih dahulu untuk membuat akun Anda. Laman resminya adalah https://spmb.unsoed.ac.id 
  2. Klik “Registrasi Mahasiswa Baru Tahun ini
  3. Isi form biodata Anda dengan lengkap
  4. Buat username dan password yang mudah untuk Anda ingat. Perlu diingat bahwa nama user tidak menggunakan nama email
  5. Setelah mendaftar akun, Anda akan mendapatkan tiket pembayaran sebagai pengantar pembayaran ke bank-bank yang sudah ditentukan. Cetak tiket pembayaran Anda. 

Pembayaran  

  1. Segera lakukan pembayaran pendaftaran ke bank-bank yang sudah ditunjuk

Pendaftaran

  1. Setelah melakukan pembayaran, sekarang Anda harus login dengan user dan password yang telah Anda buat sebelumnya
  2. Masuk ke laman akun, hal pertama yang harus dilakukan adalah update biodata Anda
  3. Isi dengan lengkap dan disesuaikan dengan KTP / Kartu Keluarga / Akta Kelahiran. Pastikan semuanya terisi dengan benar
  4. Pilih program studi yang Anda minati di Universitas Jenderal Soedirman. Anda bisa memilih hingga maksimal dua prodi program sarjana (S1) dan dua prodi program diploma (D3)
  5. Khusus bagi Anda yang mendaftar jalur SPMB Mandiri kelas internasiona, Anda wajib meng-upload sertifikat TOEFL/ TOEFL Like/ ITP
  6. Mengisi besaran Iuran Pengembangan Institusi (IPI). Untuk template IPI-nya bisa Anda download langsung di laman tersebut. Bila sudah mengisi, upload pernyataan IPI Anda 
  7. Langkah selanjutnya adalah upload foto Anda dengan extension file foto-nya adalah JPG
  8. Jangan lupa untuk input nilai rapor dan KKM Anda dimulai dari nilai semester 1 hingga 6
  9. Bila Anda pernah memiliki prestasi dalam hal akademik atau olahraga atau seni atau keagamaan, maka harap upload piagam prestasi atau dokumen bukti prestasi Anda. Namun perlu diingat bahwa prestasi lomba atau kejuaraan yang akan diperhitungkan adalah juara pertama hingga ketiga baik itu untuk lomba tingkat Kabupaten, Propinsi, Nasional dan Internasional.
  10. Berikutnya adalah keabsahan data-data yang sudah Anda input. Cetak pernyataan keabsahan data Anda dan upload. Finalisasi data yang sudah Anda input.
  11. Segera setelah Anda melakukan finalisasi data, maka laman akan menampilkan kartu ujian SPMB Mandiri Anda yang siap untuk dicetak. Klik cetak dan logout. Proses pendaftaran SPMB Mandiri Anda pun telah usai.


Telah kita bahas tentang cara mendaftar Unsoed yang terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, SPMB. Ada banyak kesempatan jika kita memang berkeinginan. Satu seleksi berlalu, bisa mengikuti seleksi berikutnya. Pantang menyerah adalah kunci utama, dan 'serius' merupakan pendukungnya. Keseriusan seseorang akan membawa pada kesuksesan. Serius dalam arti sungguh-sugguh, memaksimalkan potensinya dan juga memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. 
 
Menyertakan jiwa untuk setiap hal yang dikerjakan baik proses pendaftaran, persiapan seleksi, maupun ujian yang diikuti. Hingga waktu akan menjadi saksi atas kemauan keras yang terwujud dalam prilaku, usaha keras yang cermin dari ketulusan bergerak. Tidak ada yang gratis! semua ada harga tukarnya! perlu kerja keras untuk sukses! Selamat berjuang! Semangat! Everything possible! trust! and Believe yaur self!