Cara Pendaftaran Online PTDI STTD 2024/2025


Cara Pendaftaran Online PTDI STTD 2024/2025 - Siapa yang belum tahun mengenai PTDI STTD tahun ini sebagai salah satu kampus yang memiliki keistimeaan dalam bidang ilmu kajin khusus Transportasi Darat menjadi sangat wajar apabila ada banyak orang yang menginginkan kuliah di kampus ini hanya saja bukan perkara mudah untuk bisa masuk dan kuliah dikampus ini setidaknya harus mengikuti pertempuran tahapa awal dulu.

Sebut saja seperti proses pendaftaran, dari sekian banyak peserta yang mendaftar maka akan dipilah dan pilih mana yang paling layak untuk kuliah dikampus PTDI STTD, Politeknik Transportasi Darat atau lebih dikenal dengan istilah PTDI STTD sebagaian besar menyebut kampus ini adalah salah satu dari sekian banyak Perguruan Tinggi Kedinasan yang ada di Indonesia.
 

 
Jika membahas mengenai Politeknik Tinggi Transporatasi Darat tentu dikaitkan dengan Dephub, dimana lembaga ini yang berwenang dalam bidang transportasi,  lantas apa sih yang dipelajari dari kampus ini. Pasti pertanyaan setiap orang mengarah pada hal tersebut, logika sederhanya saja jika dikaji dari nama sudah pasti yang dipelajari adalah mengenai Trasnportasi Darat.
 
Tentang apa saja yang akan dipelajari tentu kita harus melihat dari cabang ilmu kajian yang ada pada kampus ini seperti kita ketehui bahwa kampus ada beberapa program studi jurusan yang ada di PTDI STTD meliputi beberapa hal dinataranya : 
  • D-IV Transportasi Darat
  • D-III Manajemen Transportasi Jalan
  • D-III Manajemen Transportasi Perkeretaapian
  • D-IV Teknologi Rekayasa Otomotif
  • S-2 Pemasaran, Inovasi, Dan Teknologi
  • S-2 Teknik Keselamatan Dan Resiko

Bukan berarti yang lain tidak dibuka tetapi setiap tahun biasanya Dephum akan mengumumkan secara resmi Formasi penerimaan PTDI STTD apa saja yang dibutuhkan untuk bisa diikuti. Selanjutnya apa keistimeaan dari kampus PTDI STTD, seperti kita ketahui bahwa kampus ini merupakan salah satu kampus ikatan dinas Pola Pembibitan yang diambil dari SMK atau SMA dan MA berbasik IPA atau Teknik, lulusan tersebut bisa ikut seleksi.

Bagi yang berminat bisa langsung mendaftar, untuk proses pendaftaran selain lulusan diperlukan Persyaratan lain Dephum memberikan beberapa syarat yang harus dipenuhi diantaranya seperti berikut untuk itu kita akan simak beberapa hal yang berkaitan dengan Pendaftaran sesuai ketentuan yang berlaku untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.


PERSYARATAN PENDAFTARAN :
  1. Merupakan putra/putri daerah yang menjalin kerjasama Pola Pembibitan dengan PTDI STTD (daftar daerah sesuai poin E);
  2. Usia maksimum 23 tahun pada bulan September;
  3. Jenis Kelamin : Pria / Wanita;
  4. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama masa pendidikan dibuktikan dengan surat pernyataan;
  5. Tinggi badan minimal Pria : 165 cm dan Wanita : 160 cm;
  6. Rata-rata Nilai Raport minimal 7 (tujuh) untuk mata pelajaran Matematika dan Fisika mulai semester  1 sd 5;
  7. Melampirkan Pas Photo terbaru ukuran 4 x 6 berwarna dengan latar belakang merah, Ijazah/STTB, nilai UN, Akte Kelahiran/Surat Keterangan Lahirdan Surat Keterangan Belum Menikah dari Kelurahan/Desa; 
  8. Bagi yang masih duduk di Kelas XII SLTA, melampirkan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah sebagai Peserta UN;
  9. Sehat Jasmani dan Rohani, tidak buta warna dan tidak menggunakan kacamata (lensa kontak).


Jika peserta yang akan mendaftarkan diri sebagai salah satu peserta caranya cukup mudah memenuhi semua ketentuan pendaftaran yang ada kemudian ikuti ketentuan pendaftaran seperti caranya untuk lebih jelas bagi peserta yang sudah dinyatakan memenuhi semua ketentuan pendaftaran bisa langsung mendaftar bagi yang belum tahu cara pendaftaran STTD berikut kami berikan informasi lengkapnya seperti dibawah ini.

TATA CARA PENDAFTARAN
 
  1. Mendaftar melalui portal SSCASN https://dikdin.bkn.go.id 
  2. Registrasi akun SSCASN Sekolah Kedinasan dan mencetak kartu informasi akun. 
  3. Login NIK dan Password yang telah didaftarkan. 
  4. Pelamar upload swafoto dan memilih Sekolah Kedinasan. 
  5. Melakukan pembayaran formulir pendaftaran. 
  6. Pengumuman tatacara pembayaran dapat dilihat pada https://sipencatar.dephub.go.id
  7. Pelamar upload berkas dan bukti pembayaran formulir pendaftaran, melengkapi biodata, mengecek resume pada portal SSCASN. 
  8. Verifikator Instansi melakukan verifikasi data atau berkas peserta yang telah masuk. Peserta Login ke SSCASN mengecek status kelulusan verifikasi administrasi. 
  9. Pelamar Login pada akun pedaftaran SSCASN untuk mendapatkan kode billing pembayaran Seleksi Kompetensi Dasar yang harus dibayar oleh peserta yang lulus seleksi Administrasi. 
  10. Pelamar mencetak Kartu Ujian di SSCASN setelah pembayaran terkonfirmasi oleh sistem. 
  11. Pelamar mengikuti proses Seleksi Kompetensi Dasar Bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN). 
  12. Informasi status kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan pada Portal https://sipencatar.dephub.go.id
  13. Pelamar yang dinyatakan lulus SKD melakukan registrasi pada portal pendaftaran https://sipencatar.dephub.go.id
 
Bagi yang sudah mengikuti semua ketentuan terkait pendaftaran maka dapat dipastikan sudah bisa mengikuti seleksi asalkan semua proses dilaksanakan dengan benar dan sistematis berdasarkan rujukan yang ada pada sitsu resmi atau penerimaan Dephub atau SSCN Dikdin Menpan selanjutkan terdapat beberapa ketentuan seleksi yang akan dilalui oleh peserta diantarnaya sebagai berikut.


JENIS DAN TAHAP SELEKSI
  1. Seleksi Administrasi meliputi kelengkapan persyaratan administrasi;
  2. Tes Kemampuan Dasar (TKD)
  3. Seleksi Tahap I: Potensi Akademik;
  4. Seleksi Tahap II  : Psikotes
  5. Seleksi Tahap III : Tes Kesehatan
  6. Seleksi Tahap IV : Kesamaptaan dan Tes Wawancara;

Dari urian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerimaan dan pendaftaran yang akan dilaksanakan melalui proses online sesuai dengan ketentuan yang berlaku, semoga apa yang telah kami berikan dapat memberikan manfaat untuk kita semua terutama bagi peserta yang ingin mengikuti seleksi penerimaan STTD salam sukses dari kami.