Cara Pendaftaran Online STTD 2018/2019

STTD - Cara Pendaftaran Online STTD 2018/2019 Siapa yang belum tahun mengenai STTD tahun 2018-2019 sebagai salah satu kampus yang memiliki keistimeaan dalam bidang ilmu kajin khusus Transportasi Darat menjadi sangat wajar apabila ada banyak orang yang menginginkan kuliah di kampus ini hanya saja bukan perkara mudah untuk bisa masuk dan kuliah dikampus ini setidaknya harus mengikuti pertempuran tahapa awal dulu.

Sebut saja seperti proses pendaftaran, dari sekian banyak peserta yang mendaftar maka akan dipilah dan pilih mana yang paling layak untuk kuliah dikampus STTD, Sekolah Tinggi Transportasi Darat atau lebih dikenal dengan istilah STTD sebagaian besar menyebut kampus ini adalah salah satu dari sekian banyak Perguruan Tinggi Kedinasan yang ada di Indonesia.

Jika membahas mengenai Sekolah Tinggi Transporatasi Darat tentu dikaitkan dengan Dephub, dimana lembaga ini yang berwenang dalam bidang transportasi,  lantas apa sih yang dipelajari dari kampus ini. Pasti pertanyaan setiap orang mengarah pada hal tersebut, logika sederhanya saja jika dikaji dari nama sudah pasti yang dipelajari adalah mengenai Trasnportasi Darat.

Cara Pendaftaran STTD 2018-2019

Tentang apa saja yang akan dipelajari tentu kita harus melihat dari cabang ilmu kajian yang ada pada kampus ini seperti kita ketehui bahwa kampus ada beberapa program studi jurusan yang ada di STTD meliputi beberapa hal dinataranya D IV Transder, D III LLAJ, D III Perkeretaapian D II PKB, D III LLASDP, DII PKB dan masih banyak lainnya hanya saja setiap tahun pembukaan dilaksanakan secara bertahap biasanya yang paling banyak pada beberapa Program Studi yang telah disebutkann.

Bukan berarti yang lain tidak dibuka tetapi setiap tahun biasanya Dephum akan mengumumkan secara resmi Formasi penerimaan STTD apa saja yang dibutuhkan untuk bisa diikuti. Selanjutnya apa keistimeaan dari kampus STTD, seperti kita ketahui bahwa kampus ini merupakan salah satu kampus ikatan dinas Pola Pembibitan yang diambil dari SMK atau SMA dan MA berbasik IPA atau Teknik, lulusan tersebut bisa ikut seleksi.

Bagi yang berminat bisa langsung mendaftar, untuk proses pendaftaran selain lulusan diperlukan Persyaratan lain Dephum memberikan beberapa syarat yang harus dipenuhi diantaranya seperti berikut untuk itu kita akan simak beberapa hal yang berkaitan dengan Pendaftaran sesuai ketentuan yang berlaku untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.


Program Studi


PERSYARATAN PENDAFTARAN :
  1. Merupakan putra/putri daerah yang menjalin kerjasama Pola Pembibitan dengan STTD (daftar daerah sesuai poin E);
  2. Usia maksimum 23 tahun pada bulan September;
  3. Jenis Kelamin : Pria / Wanita;
  4. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama masa pendidikan dibuktikan dengan surat pernyataan;
  5. Tinggi badan minimal Pria : 165 cm dan Wanita : 160 cm;
  6. Rata-rata Nilai Raport minimal 7 (tujuh) untuk mata pelajaran Matematika dan Fisika mulai semester  1 sd 5;
  7. Melampirkan Pas Photo terbaru ukuran 4 x 6 berwarna dengan latar belakang merah, Ijazah/STTB, nilai UN, Akte Kelahiran/Surat Keterangan Lahirdan Surat Keterangan Belum Menikah dari Kelurahan/Desa; 
  8. Bagi yang masih duduk di Kelas XII SLTA, melampirkan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah sebagai Peserta UN;
  9. Sehat Jasmani dan Rohani, tidak buta warna dan tidak menggunakan kacamata (lensa kontak).


Jika peserta yang akan mendaftarkan diri sebagai salah satu peserta caranya cukup mudah memenuhi semua ketentuan pendaftaran yang ada kemudian ikuti ketentuan pendaftaran seperti caranya untuk lebih jelas bagi peserta yang sudah dinyatakan memenuhi semua ketentuan pendaftaran bisa langsung mendaftar bagi yang belum tahu cara pendaftaran STTD berikut kami berikan informasi lengkapnya seperti dibawah ini.

TATA CARA PENDAFTARAN
  1. Pendaftaran melalui Portal Nasional Seleksi Penerimaan Siswa Pendidikan Ikatan Dinas Kementerian Pendayagunaan Aparatur  Negara Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB) mulai tanggal 9 – 31 Maret;
  2. Tata cara pendaftaran dan ketentuan pendaftaran  secara lengkap dapat dilihat pada Portal BPSDMP di http://bpsdm.dephub.go.id dan Portal STTD di http://sttd.ac.id mulai tanggal 23Februari ;
Pola Pembibitan :
  1. Khusus program studi STTD, BPPTD Palembang dan BPPTD Bali terdapat 2 (dua) jalur penerimaanya itu reguler dan pola pembibitan putra/i daerah;
  2. Calon peserta  pola pembibitan sebelum mendaftar melalui portal BPSDMP wajib mendaftar melalui Portal Nasional Seleksi Penerimaan Siswa Pendidikan Ikatan Dinas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB), untuk  mendapatkan username, password dan konfirmasi pendaftaran melalui email yang selanjutnya digunakan sebagai data login pendaftaran di Portal BPSDMP. Tata cara, syarat pendaftaran dan daerah pola pembibitan dapat diakses pada portal http://www.panselnas.id.
  3. Setelah Mendaftar dan dinyatakan Lulus Persyaratan Administrasi di Portal Nasional Seleksi Penerimaan Siswa Pendidikan Ikatan Dinas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB), calon peserta mendaftarkan diri dan meminta Surat Rekomendasi mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Taruna Pola Pembibitan pada Badan Kepegawaian Daerah (Daftar Terlampir).

Bagi yang sudah mengikuti semua ketentuan terkait pendaftaran maka dapat dipastikan sudah bisa mengikuti seleksi asalkan semua proses dilaksanakan dengan benar dan sistematis berdasarkan rujukan yang ada pada sitsu resmi atau penerimaan Dephub atau Panselnas Menpan selanjutkan terdapat beberapa ketentuan seleksi yang akan dilalui oleh peserta diantarnaya sebagai berikut.


JENIS DAN TAHAP SELEKSI
  1. Seleksi Administrasi meliputi kelengkapan persyaratan administrasi;
  2. Tes Kemampuan Dasar (TKD)
  3. Seleksi Tahap I: Potensi Akademik;
  4. Seleksi Tahap II  : Psikotes
  5. Seleksi Tahap III : Tes Kesehatan
  6. Seleksi Tahap IV : Kesamaptaan dan Tes Wawancara;

LOKASI LAPOR DIRI POLA PEMBIBITAN :

Pada tahap ini diharapkan calon taruna yang sudah mendaftar melalui Portal Nasional Seleksi Penerimaan Siswa Pendidikan Ikatan Dinas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB), untuk meminta surat rekomendasi mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Taruna Pola Pembibitan dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lokasi Pola Pembibitan sebagai prasyarat untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Daar (SKD) di Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Adapun Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang sudah menjalin kerjasama Pola Pembibitan dengan STTD adalah sebagai berikut :



LOKASI SELEKSI PENERIMAAN CALON TARUNA/I POLA PEMBIBITAN :

Tahapan Seleksi Penerimaan Calon Taruna/i Pola Pembibitan Sekolah Tinggi Transportasi Darat akan diselenggarakan di beberapa lokasi sebagai berikut : (Diharapkan pendaftar memilih lokasi yang terdekat dengan Domisili. Pemilihan lokasi hanya dapat dilakukan satu kali)



LAIN – LAIN
  1. Jadwal tahapan seleksi akan diumumkan melalui website http:// sipencatar.dephub.go.id;
  2. Tidak diadakan surat menyurat antara peserta seleksi dengan Panitia Seleksi Penerimaan Calon Taruna Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan;
  3. Biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000, dan uang yang sudah disetorkan tidak dapat ditarik kembali;
  4. Total biaya seleksiseluruh tahapan;
  5. Tahapan seleksi menggunakan sistem gugur.
  6. Hasil Seleksi tiap tahapan akan diumumkan pada website Kementerian Perhubungan (www.dephub.go.id), BPSDMP (bpsdm.dephub.go.id) dan SIPENCATAR KEMENHUB (http://sipencatar.dephub.go.id);

Dari urian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerimaan dan pendaftaran yang akan dilaksanakan melalui proses online sesuai dengan ketentuan yang berlaku, semoga apa yang telah kami berikan dapat memberikan manfaat untuk kita semua terutama bagi peserta yang ingin mengikuti seleksi penerimaan STTD salam sukses dari kami.
GET IT ON Google Play