Cara Pendaftaran Online STIS 2017-2018

STIS.ac.id - Cara Pendaftaran STIS 2017 simak Pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang ada mari kita simak beberapa perihal mengenai tata cara Pendaftaran STIS tahun 2017-2018 sebagai salah satu informasi yang akan diberikan bagi peserta yang ingin mencari informasi pendaftaran untuk itu kalian semua harus memperhatikan beberapa hal mengenai fakta, cara, dan proses seleksi yang diterapkan oleh STIS untuk itu simak dibawah ini.

Jika membahas mengenai STIS tentu sebagaian besar dari kita sudah mengetahui secara pasti apa itu STIS tetapi untuk mengenal STIS lebih dalam disini kami akan menerangkan sedikit mengenai STIS yang merupakan singkatan dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik berbasis Ikatan Dinas dimana peserta yang lulus seleksi dan menjadi Mahasiswa STIS pada saat sudah selesai tidak perlu repot untuk mencari Pekerjaan.

Hal itu dikarenakan STIS merupakan salah satu sekolah Ikatan Dinas dibawah Badan Statistik Indonesia, bagi kalian yang sudah masuk sudah hampir dipastikan akan bekerja di lembaga ini, Tujuan dari STIS adalah sekolah kedinasan yang dibutuhkan karena alasan sekolah umum belum mampu memenuhi tuntutan kerja dalam bidang Ilmu Statistik.
 


Karena alasan inilah STIS membuka program ikatan dinas, terus bagaimana lanjutkan dari Sekolah berbasis Statistik lain apakah bisa bekerja bidang Ilmu Statistik selain STIS, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya lulusan Sekolah TInggi Ilmu Statistik diluar dari STIS tentu bisa bekerja di Pusat Statistik asalkan memenuhi kriteria Tenaga kerja yang dibutuhkan, hanya saja pada kesempatan ini kita tidak akan membahas mengenai kampus lain hanya fokus pada STIS saja.

Ada beberapa hal yang penting untuk bisa melakukan pendaftaran disini kami akan merangkumnya dalam pembahasan mengenai STIS tentunya pada proses Cara Pendaftaran STIS secara Online apa jasa berikut ulasan seperti yang telah kami kutip dari situs resmi STIS.ac.id berdasarkan pengamatan bahwa proses yang harus dilaksanakan adalah melakukan Pendaftaran, melalukan pembayaran pendaftaran dan ikuti tahap seleksi mulai dari seleksi awal sampai akhir.

Sebelum mendaftar ada beberapa hal yang wajib anda ketahui dan dipenuhi seperti Persyaratan bagi calon peserta yang dinyatakan tidak memenuhi persyaratan pendaftaran dipastikan tidak akan bisa mengikuti pendaftaran, tentu kalian semua juga bertanya-tanya apa saja yang menjadi persyaratan yang dimaksud untuk lebih jelas simak beberapa informasinya.

Persyaratan dan Ketentuan
  1. Seleksi: Sehat jasmani dan rohani (dapat dan layak untuk bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna (total maupun parsial), dan bebas narkoba.
  2. Lulus Ujian Nasional : Calon lulusan tahun 2016 dapat melakukan pendaftaran walaupun belum mengikuti Ujian Nasional atau belum ada pengumuman kelulusan. Namun pada waktu Ujian Seleksi Tahap III, harus bisa menunjukkan kelulusannya dengan salah satu dokumen berikut: (a) Ijazah, atau (b) Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto yang bersangkutan dan cap sekolah asal, atau (c) Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) Nasional.
  3. Lulusan sebelum tahun 2017 harus bisa menunjukkan kelulusannya dengan ijazah.
  4. Peserta program D3 hanya dibuka untuk wilayah tertentu (Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua). Peserta program D3 berasal dari SMA/MA peminatan IPA/IPS. Untuk peminatan IPA, Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70,00 atau B pada kelas XII semester I. Untuk peminatan IPS, Nilai Matematika minimal 80,00 atau B+ dan nilai Bahasa Inggris minimal 70,00 atau B pada kelas XII semester I. Nilai bukan hasil pembulatan atau rata-rata. Untuk rapor yang terdiri dari nilai kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap, yang dilihat adalah nilai kompetensi pengetahuan. Jika tidak ada mata pelajaran tersebut pada kelas XII semester I (karena penerapan sistem SKS atau program akselerasi), yang dilihat adalah nilai pada semester sebelumnya saat mata pelajaran tersebut diselesaikan. Jika terdapat nilai matematika wajib dan peminatan, maka masukkan nilai wajib saja.
  5. Peserta program D4 berasal dari SMA/MA peminatan IPA. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70,00 atau B pada kelas XII semester I (bukan hasil pembulatan atau rata-rata). Untuk rapor yang terdiri dari nilai kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap, yang dilihat adalah nilai kompetensi pengetahuan. Jika tidak ada mata pelajaran tersebut pada kelas XII semester I (karena penerapan sistem SKS atau program akselerasi), yang dilihat adalah nilai pada semester sebelumnya saat mata pelajaran tersebut diselesaikan. Jika terdapat nilai matematika wajib dan peminatan, maka masukkan nilai wajib saja.
  6. Umur tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Oktober 2017 (lahir tidak lebih awal dari tanggal 1 Oktober 1995).
  7. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STIS sampai dengan pengangkatan sebagai CPNS.
  8. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  9. Bersedia mematuhi peraturan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang berlaku.
  10. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di STIS.
  11. Setelah lulus, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota.
Untuk kalian yang ingin mengikuti program Ikatan Dinas STIS dapat memilih program studi seperti DIII Statistik dan DIV Statistik dan Komputasi Statistik melalui beberapa informasi yang telah dijelaskan disini kami akan memberikan beberapa ketentuan berkaitan dengan hal tersebut sebagai salah satu kampus berbasi Ikatan Dinas ada beberapa program studi yang terbatas hanya fokus pada bidang yang akan dijadikan ikatan dinas.

Nantinya peserta diharapkan dapat melakukan pendaftaran dan mengikuti ketentuan penerimaan seperti Memenuhi seluruh persyaratan seleksi, lulus ujian nasional, lulus seluruh tahap ujian seleksi, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh STIS. Seluruh biaya pendidikan ditanggung oleh negara. Selama mengikuti pendidikan akan diberikan Tunjangan Ikatan Dinas sesuai peraturan yang berlaku.

Bagi kalian yang sudah mengikuti semua proses pendaftaran dan memenuhi pendaftaran dapat mengikuti proses pendaftaran yang akan dilaksanakan melalui online dalam kesempatan ini kami mengutip situs yang sama yaitu STIS.ac.id yang menyampaikan sebelumnya bahwa ada beberapa langkah pendaftaran lengkap berikut infonya.

  1. Silahkan baca terlebih dahulu Informasi Pendidikan Ikatan Dinas dari Kementerian PAN RB dan ketentuan yang ada pada informasi Penerimaan Mahasiswa Baru STIS TA 2017/2018.
  2. Anda harus memiliki alamat email untuk masing-masing peserta. Alamat email harus dalam keadaan aktif dan anda dapat membukanya, karena seluruh informasi akan diberikan melalui email.
  3. Lakukan pendaftaran melalui website Kemenpan-RB http://panseldikdin.menpan.go.id/ dengan memilih Badan Pusat Statistik sebagai instansi tujuan. Jika sudah berhasil, simpan bukti registrasi dan username serta password pada saat pendaftaran tersebut untuk selanjutnya digunakan pada pendaftaran di website STIS.
  4. Tunggu sekitar 15 menit. Kemudian lakukan pendaftaran melalui Aplikasi SPMB STIS dengan memasukkan email, NIK, dan No.KK. Masukkan NIK dan No.KK yang sudah didaftarkan pada website Kemenpan-RB. Sedangkan untuk alamat email, tidak harus sama dengan alamat email yang didaftarkan pada website Kemenpan-RB.
  5. Anda akan menerima pesan melalui email yang berisi petunjuk pengisian formulir pendaftaran. Bila Anda tidak menerima pesan email di Inbox, mohon periksa di Spam.
  6. Mengisi formulir pendaftaran 
  7. Ikuti petunjuk yang tertulis pada pesan email untuk mengisi formulir pendaftaran.
  8. Anda menerima Nomor Pendaftaran
  9. Setelah anda selesai mengisi formulir pendaftaran, anda akan menerima Nomor Pendaftaran. Nomor Pendaftaran anda gunakan untuk melakukan login pada Aplikasi SPMB STIS selama proses seleksi berlangsung. Nomor Pendaftaran juga anda gunakan sebagai Kode Pembayaran untuk melakukan pembayaran biaya seleksi. Untuk Jalur Tugas Belajar Instansi Non BPS, anda harus mengikuti proses pemeriksaan berkas sebelum bisa melakukan pembayaran.
  10. Membayar biaya seleksi
  11. Anda harus membayar biaya seleksi sebelum batas waktu yang ditentukan pada waktu anda menerima Kode Pembayaran. Lihat cara pembayaran di sini.
  12. Mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM)
  13. Setelah anda membayar biaya seleksi, anda dapat mencetak KTPUM dengan login pada Aplikasi SPMB STIS.
  14. KTPUM harus dibawa dan dapat ditunjukkan pada setiap proses seleksi. (Jika anda membayar melalui BRI, anda dapat langsung mencetak KTPUM. Jika anda membayar melalui Mandiri, silahkan melakukan aktivasi menggunakan Token yang tercetak pada bukti pembayaran anda di menu Aktivasi.  Setelah melakukan aktivasi, anda dapat mencetak KTPUM.)
Anda dapat melakukan pembayaran pendaftaran melalui Bank BRI dan Mandiri sehari setelah pendaftaran atau langsung setelah melakukan pembayaran besaran 300 rb dengan mencantumkan  nomor pendaftaran dan nomor pendaftaran pembayaran dapat dilaksanakan melalui Teller, ATM, ataupun Internet Bangking, selain itu berikut adalah situs aplikasi yang bisa anda gunakan dalam proses yang sedang dibahas http://www.stis.ac.id/spmb/

Secara umum ada dua jalur masuk yang bisa diikuti oleh peserta yaitu Ikatan Dinas dan tugas belajar dimana keduanya ini masih dalam ranah yang sama untuk itu berikut beberapa pembahasan yang dimaksud berdasarkan ketentuan pendaftaran yang ada kami sampaikan beberapa jalur masuk stis yang bisa diikuti.


Jalur Masuk Ikatan Dinas STIS.

Mahasiswa Ikatan Dinas merupakan lulusan SMA/MA yang setelah lulus pendidikan di STIS akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dan selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota. Lulusan STIS dengan status ikatan dinas wajib menjalani ikatan dinas dengan BPS sesuai dengan penempatannya selama dua kali masa pendidikan secara berturut-turut. Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan mendapat tunjangan ikatan dinas sesuai dengan peraturan yang berlaku.


Jalur Masuk Tugas Belajar STIS. 

Merupakan jalur seleksi untuk mereka yang memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai tetap pada BUMN/BUMD, atau anggota TNI/POLRI, dan telah menyelesaikan pendidikan SMA/MA jurusan IPA, yang ditugasi oleh instansi yang bersangkutan untuk mengikuti pendidikan di STIS. Biaya pendidikan ditanggung oleh instansi yang memberi tugas. 

Ada 3 tahapan yang bisa diikuti diantaranya Tahap 1 merupakan seleksi Matematika dan Bahasa Inggris kemudian Tahap II meliputi tes Psikotes, dan yang terkahir Tahap III TKD dan Tes Kehatan sistem seleksi yang ada akan melewati pemeriksaan dan Pengumuman bagi yang dinyatakan lolos dapat melanjutkan tes berikutnya sedangkan untuk informasi Jadwal Pendaftaran yang dapat dilihat lengkap melalui situs STIS.ac.id. semoga bermanfaat dan selamat mencoba.