Cara Pendaftaran Online STIS 2018/2019

STIS.ac.id - Cara Pendaftaran STIS 2018/2019 simak Pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang ada mari kita simak beberapa perihal mengenai tata cara Pendaftaran STIS tahun 2018-2019 sebagai salah satu informasi yang akan diberikan bagi peserta yang ingin mencari informasi pendaftaran untuk itu kalian semua harus memperhatikan beberapa hal mengenai fakta, cara, dan proses seleksi yang diterapkan oleh STIS untuk itu simak dibawah ini.

Jika membahas mengenai STIS tentu sebagaian besar dari kita sudah mengetahui secara pasti apa itu STIS tetapi untuk mengenal STIS lebih dalam disini kami akan menerangkan sedikit mengenai STIS yang merupakan singkatan dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik berbasis Ikatan Dinas dimana peserta yang lulus seleksi dan menjadi Mahasiswa STIS pada saat sudah selesai tidak perlu repot untuk mencari Pekerjaan.

Hal itu dikarenakan STIS merupakan salah satu sekolah Ikatan Dinas dibawah Badan Statistik Indonesia, bagi kalian yang sudah masuk sudah hampir dipastikan akan bekerja di lembaga ini, Tujuan dari STIS adalah sekolah kedinasan yang dibutuhkan karena alasan sekolah umum belum mampu memenuhi tuntutan kerja dalam bidang Ilmu Statistik.
 


Karena alasan inilah STIS membuka program ikatan dinas, terus bagaimana lanjutkan dari Sekolah berbasis Statistik lain apakah bisa bekerja bidang Ilmu Statistik selain STIS, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya lulusan Sekolah TInggi Ilmu Statistik diluar dari STIS tentu bisa bekerja di Pusat Statistik asalkan memenuhi kriteria Tenaga kerja yang dibutuhkan, hanya saja pada kesempatan ini kita tidak akan membahas mengenai kampus lain hanya fokus pada STIS saja.

Ada beberapa hal yang penting untuk bisa melakukan pendaftaran disini kami akan merangkumnya dalam pembahasan mengenai STIS tentunya pada proses Cara Pendaftaran STIS secara Online apa jasa berikut ulasan seperti yang telah kami kutip dari situs resmi STIS.ac.id berdasarkan pengamatan bahwa proses yang harus dilaksanakan adalah melakukan Pendaftaran, melalukan pembayaran pendaftaran dan ikuti tahap seleksi mulai dari seleksi awal sampai akhir.

Sebelum mendaftar ada beberapa hal yang wajib anda ketahui dan dipenuhi seperti Persyaratan bagi calon peserta yang dinyatakan tidak memenuhi persyaratan pendaftaran dipastikan tidak akan bisa mengikuti pendaftaran, tentu kalian semua juga bertanya-tanya apa saja yang menjadi persyaratan yang dimaksud untuk lebih jelas simak beberapa informasinya. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) akan menerima kembali mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 yang berstatus ikatan dinas sebanyak 600 orang dengan rincian:
  • Program Studi Diploma III Statistika (150 orang)
  • Program Studi Diploma IV Statistika ( 350 orang)
  • Program Studi Dipolama IV Komputasi Statistik ( 100 orang)

Lulusan Program Diploma III akan mendapat gelar Ahli Madya Statistik (A.Md.Stat.) dan diangkat sebagai calon aparatur sipil Negara Golongan 2C dan ditugaskan sebagai Kordinator Statistik Kecamatan (KSK) pada wilayah-wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Sementara lulusan Program Diploma IV akan mendapat gelar Sarjana Terapan Statistika (S.Tr.Stat.) dan diangkat sebagai calon aparatur sipil Negara Golongan 3A dan akan ditugaskan sebagai tenaga ahli statistika/komputasi statistik di kantor BPS Pusat/Propinsi/Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia.

Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan akan diberikan uang saku (tunjangan ikatan dinas) sesuai ketentuan/peraturan yang berlaku.

SISTEM SELEKSI PMB STIS

Untuk dapat mengikuti seleksi PMB STIS, calon mahasiswa harus memenuhi syarat-syarat berikut:
  1. Sehat jasmani dan rohani (dapat dan layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba.
  2. Program Diploma IV (350 mahasiswa): Lulusan SMA/MA Jurusan IPA; atau Siswa SMA/MA Jurusan IPA Tahun Ajaran 2017/2018 kelas XII; Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 pada rapor kelas XII semester I;
  3. Program Diploma III (150 mahasiswa): (Khusus Pendaftar yang berdomisili pada wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung) 
  4. Lulusan SMA/MA Jurusan IPA; atau Siswa SMA/MA Jurusan IPA atau IPS Tahun Ajaran 2017/2018 kelas XII; Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 pada rapor kelas XII semester I;
  5. Umur tidak lebih dari 22 tahun per 1 Oktober 2018.
  6. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STIS sampai dengan pengangkatan PNS;
  7. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain; 
  8. Bersedia mematuhi peraturan STIS.
  9. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di STIS;
  10. Setelah lulus pendidikan di STIS, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai ketingkat kabupaten/kota.
Seleksi PMB dilakukandalam 4 (empat) tahap sebagai berikut:
  • Tahap I      :   Tes Potensi Akademik meliputi: Matematika dan Bahasa Inggris
  • Tahap II    :   Tes Kemampuan Dasar (TKD)
  • Tahap III   :   Tes Psikotes
  • Tahap IV   :   Tes Kesehatan
Setiap tahapan seleksi dilaksanakan di seluruh Ibukota Propinsi dan beberapa Ibukota Kabupaten secara serentak dan berlaku system gugur. Tes tahap I (potensi akademik) dilakukan sendiri oleh STIS. Tes Tahap II (Tes Kemampuan Dasar) dilakukan bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Tes tahap III (Psikotes) dilaksanakan oleh STIS bekerjasama dengan lembaga psikologi yang kompeten. Tes tahap IV (Kesehatan) dilaksanakan bekerjasama dengan Rumah Sakit TNI/Polri di masing-masing propinsi.

Nantinya peserta diharapkan dapat melakukan pendaftaran dan mengikuti ketentuan penerimaan seperti Memenuhi seluruh persyaratan seleksi, lulus ujian nasional, lulus seluruh tahap ujian seleksi, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh STIS. Seluruh biaya pendidikan ditanggung oleh negara. Selama mengikuti pendidikan akan diberikan Tunjangan Ikatan Dinas sesuai peraturan yang berlaku.

Bagi kalian yang sudah mengikuti semua proses pendaftaran dan memenuhi pendaftaran dapat mengikuti proses pendaftaran yang akan dilaksanakan melalui online dalam kesempatan ini kami mengutip situs yang sama yaitu STIS.ac.id yang menyampaikan sebelumnya bahwa ada beberapa langkah pendaftaran lengkap berikut infonya.


Cara Pendaftaran Online STIS
  1. Buka portal https://panselnas.id, baca dan pahami semua penjelasan di semua halaman yang ada.
  2. Buka Formulir Pendaftaran, isikan nomer NIK, Nomor Kartu Keluarga, dan Kode di layar (captcha) dengan benar.
  3. Akan terbuka halaman pendaftaran, masukan alamat e-mail yang aktif, kata kunci/password baru untuk pendaftaran ini dan kode di layar (captcha) dengan benar.
  4. Akan terbuka halaman pemberitahuan "Registrasi Berhasil" dan akan terunduh otomatis lembaran/"struk" bukti registrasi yang berisi instruksi langkah selanjutnya yang harus diikuti pelamar. Lembaran bukti ini harus disimpan, baik dalam bentuk cetak/print dan berkas/"file" nya.
    Anda dapat melakukan pembayaran pendaftaran melalui Bank BRI dan Mandiri sehari setelah pendaftaran atau langsung setelah melakukan pembayaran besaran 300 rb dengan mencantumkan  nomor pendaftaran dan nomor pendaftaran pembayaran dapat dilaksanakan melalui Teller, ATM, ataupun Internet Bangking, selain itu berikut adalah situs aplikasi yang bisa anda gunakan dalam proses yang sedang dibahas http://www.stis.ac.id/spmb/

    Secara umum ada dua jalur masuk yang bisa diikuti oleh peserta yaitu Ikatan Dinas dan tugas belajar dimana keduanya ini masih dalam ranah yang sama untuk itu berikut beberapa pembahasan yang dimaksud berdasarkan ketentuan pendaftaran yang ada kami sampaikan beberapa jalur masuk stis yang bisa diikuti.


    Jalur Masuk Ikatan Dinas STIS.

    Mahasiswa Ikatan Dinas merupakan lulusan SMA/MA yang setelah lulus pendidikan di STIS akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dan selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota. Lulusan STIS dengan status ikatan dinas wajib menjalani ikatan dinas dengan BPS sesuai dengan penempatannya selama dua kali masa pendidikan secara berturut-turut. Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan mendapat tunjangan ikatan dinas sesuai dengan peraturan yang berlaku.


    Jalur Masuk Tugas Belajar STIS. 

    Merupakan jalur seleksi untuk mereka yang memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai tetap pada BUMN/BUMD, atau anggota TNI/POLRI, dan telah menyelesaikan pendidikan SMA/MA jurusan IPA, yang ditugasi oleh instansi yang bersangkutan untuk mengikuti pendidikan di STIS. Biaya pendidikan ditanggung oleh instansi yang memberi tugas. 

    Ada 3 tahapan yang bisa diikuti diantaranya Tahap 1 merupakan seleksi Matematika dan Bahasa Inggris kemudian Tahap II meliputi tes Psikotes, dan yang terkahir Tahap III TKD dan Tes Kehatan sistem seleksi yang ada akan melewati pemeriksaan dan Pengumuman bagi yang dinyatakan lolos dapat melanjutkan tes berikutnya sedangkan untuk informasi Jadwal Pendaftaran yang dapat dilihat lengkap melalui situs STIS.ac.id. semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

    GET IT ON Google Play