Cara Pendaftaran Online STEM AKAMIGAS CEPU 2017-2018

STEM AKAMIGAS - Melalui Pendaftaran dan Cara khusus Pendaftaran simak STEM AKAMIGAS untuk Pendaftaran secara Online untuk STEM AKAMIGAS penerimaan Pendaftaran sistematis. Info Pendaftaran secara online akan dibahas secara rinci seperti yang akan dibahas ini, seperti kita ketahui bahwa STEM Akamigas Cepu merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan dimana bagi yang ingin kuliah dikampus ini nantinya akan langsung bekerja dibawah Kementerian ESDM.

Siapa yang tidak mau setelah kuliah langsung bekerja apalagi bekerja di Pertamina atau Akamigas, tetapi untuk mendapatkan itu semua ada mahar yang harus dibayar tentu tidak sedikit bahkan dalam katagori ini terbilang cukup fanstastis, hampir 30 juta persemester. Tidak hanya bayarannya saja yang mahal tetapi untuk bisa masuk dan lulus seleksi harus memiliki otak encer karena harus mengalahkan para pesaing.

Nah bagi kalian yang berminat mengikuti seleksi STEM Akamigas dapat melihat beberapa ketentuan yang ada pada situs resmi dari beberapa seleksi masuk, seperti kita ketahui ada beberapa jalur masuk yang bisa diikuti dalam sistem seleksi masuk sesuai dengan katagori dalam setiap jenis penerimaaan, tetapi sebelum sampai pada tahap itu kita akan terus mengulas beberapa hal mengenai cara untuk Mendaftar STEM Akamigas.

Berdasarkan jalur penerimaan ada beberapa jalur pendaftaran yang bisa anda ikuti sesuai ketentuan yang berlaku untuk bisa mengikuti seleksi masuk dan penerimaan pendaftaran anda harus menentukan apakah semua itu bisa dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku atau tidak maka dari itu kalian semua yang ingin mendaftar harus membaca beberapa jalur masuk yang tersedia khusus STEM AKAMIGAS.

Selain jalur ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk melakukan pendaftaran secara keseluruhan karena ini merupakan modal awal yang harus diikuti sesuai ketentuan yang berlaku maka dari itu untuk lebih jelas simak selengkapnya mengenai beberapa hal yang berkaitan pendaftaran dari mulai cara sampai dengan Persyaratan Pendaftaran untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.


Jalur Penerimaan Beasiswa STEM AKAMIGAS.

STEM Akamigas Cepu Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah, memberikan Beasiswa kepada putra/putri terbaik dari masyarakat umum yang bertempat tinggal di daerah penghasil dan atau daerah yang melaksanakan kegiatan bidang energi dan sumber daya mineral atau berasal dari daerah tertinggal, terpencil, atau pedalaman serta daerah pasca bencana, untuk di didik Progrma Diploma IV di STEM AKAMIGAS menjadi Tenaga Profesional siap kerja dengan program studi dan ketentuan administrasi sebagai berikut :

Program studi yang dibuka :
  1. Teknik Produksi Minyak dan Gas.
  2. Teknik Pengolahan Minyak dan Gas.
  3. Teknik Instrumentasi Kilang.
  4. Teknik Mesin Kilang.
  5. Logistik Minyak dan Gas.

Persyaratan dan Ketentuan Administrasi :
  1. Persyaratan   Pendidikan   : Pendidikan   akhir   SLTA   (SMU/MA   IPA   dan   SMK Teknik) 
  2. Tahun Kelulusan :  Tahun Ajaran  2014/2015 s/d Tahun Ajaran 2016/2017.
  3. Status : Belum Menikah , berusia 21 tahun saat pendaftaran.
  4. Nilai UAN  :  Nilai  rata –rata  kelulusan  minimal  6,00,  khusus  mata  pelajaran Bahasa Inggris minimal 7,00 dan Matematika minimal 7,00 untuk Tahun Kelulusan 2016/2017 yang  belum  keluar  nilai  UAN dapat menggunakan Nilai  Raport Bahasa Inggris dan Matematika semester I s/d semester IV Minimal 7,00.
  5. Berbadan   sehat   yang   dibuktikan   dengan   Surat   Keterngan   Dokter   Instansi   / Pemerintah, dan tidak buta warna, serta bebas narkoba.
  6. Dari keluarga kurang mampu, dibuktikan dengan surat keterangan dari Desa/Kelurahan setempat, atau mempunyai Kartu Indonesia Pintar (disesuaikan dengan peraturan di bidik misi) / BSM (Bea Siswa Miskin) .
  7. Pendaftaran dapat dilakukan secara on line atau via pos dan akan diinfokan lebih lanjut pada website http://www.akamigas-stem.esdm.go.id.

Proses Seleksi :
  • Penelusuran prestasi akademik melalui Nilai Rapot SMA sampai dengan Semester V, Nilai Mata Pelajaran Matematika , Bahasa Inggris , Fisika, Kimia minimal 7,00. 
  • Penghargaan prestasi di Sekolah akan menjadi pertimbangan.

Biaya : 
  1. Biaya pendaftaran : Peserta Beasiswa, tidak dikenakan biaya pendaftaran.
  2. Biaya Pendidikan : Peserta Beasiswa dibebaskan dari biaya pendidikan.

Fasilitas yang diterima mahasiswa Beasiswa : 
  1. Mengikuti Pendidikan Tinggi.
  2. Biaya Pendidikan Tinggi.
  3. Perlengkapan Pendidikan Tinggi.
  4. Fasilitas akomodasi dan konsumsi.
  5. Transportasi perjalanan dan pulang pergi ke dan dari tempat Pendidikan Tinggi di STEM Akamigas. 
  6. Pelayanan Pengobatan.
  7. Perlengkapan keselamatan.
  8. Hak lain sesuai ketentuan yang berlaku. 
  9. Menandatangani surat perjanjian.
  10. Mengikuti perkuliahan dengan sungguh – sungguh dan penuh tanggung jawab serta menyelesaikan Pendidikan Tinggi tepat pada waktu yang telah ditetapkan oleh STEM Akamigas.
  11. Bersikap dan berperilaku baik selama mengikuti Pendidikan Tinggi.
  12. Kewajiban lain sesuai ketentuan yang berlaku.

Jalur Penerimaan Umum STEM AKAMIGAS.

STEM Akamigas Cepu Kabupaten Blora Pro v insi Jawa Tengah, memberikan kesempatan kepada putra / putri terbaik dari masyaraka t umum atau beasiswa dari Instansi / Pe rusahaan / Pemkab / Pem p rov untuk dididik Program Diploma IV di STEM Akamigas menjadi tenaga profesional siap kerja dengan program studi dan ketentuan administrasi sebagai berikut :

Program studi yang dibuka : 
  1. Teknik P roduksi Minyak dan Gas.
  2. Teknik Pengolahan Minyak dan Gas.
  3. Teknik Instrumentasi Kilang.
  4. Teknik Mesin Kilang.
  5. Logistik Minyak dan Gas. 

Persyaratan dan Ketentuan Administrasi :
  1. Persyaratan Pendidikan : Pendidikan akhir SLTA (SMU/MA IPA dan SMK Teknik).
  2. Tahun Kelulusan : Tahun Ajaran 2014 / 2015 s/d Tahun Ajaran 2016 /2017. 
  3. Nilai UAN : Nilai rata – rata kelulusan minimal 6,00, khusus mata pelajaran Bahasa Inggris minimal 7 , 00 dan Matematika minimal 7 , 00 untuk Tahun Kelulusan 2016 /2017 yang belum keluar nilai UAN dapat menggunakan Nilai Raport Bahasa Inggris dan Matematika semester I s/d semester IV Minimal 7,00. 
  4. Nilai UAN : Nilai rata - Bahasa Inggris minimal 7 , 00 dan Matematika minimal 7 , 00 untuk tahun kelulusan 2015 /2016 dan 2016 /2017 , untuk Tahun Kelulusan 2016 /2017 yang belum keluar nilai UAN maka menggunakan Nilai Raport Bahasa Inggris dan Matematika semester I s/d semester IV Minimal 7,00 . 
  5. Berbadan sehat yang dibuktikan dengan Surat Keterngan Dokter Instansi / Pemerintah, dan tidak buta warna , serta bebas narkoba. 6. Pendaftaran dilakukan secara online akan diinfokan lebih lanjut pada website http://www.akamigas-stem.esdm.go.id

Materi Ujian Seleksi Tertulis : 
  1. Matematika, Bahasa Inggris , dan IPA ( Fisika & Kimia) . IV. 
Biaya : 
  1. Biaya pendaftaran : Biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,00 (Dua ratus ribu rupiah).
  2. Biaya Pendidikan : biaya pendidikan sebesar Rp 27.000.000,00 (Dua puluh tujuh juta rupiah ) disesuaikan dengan SBML per semester yaitu untuk : 
  3. Biaya Asrama (Board dan Lodging).
  4. Biaya Perkuliahan
  5. Biaya Praktik dan Praktikum
  6. Biaya perlengkapan kuliah
  7. Biaya Seragam Kuliah, Praktik dan Olahraga
  8. Biaya Pengobatan Ringan

Jalur Penerimaan Industri/KESDM.

Dalam rangka pembinaan dan peningkatan Sumber Daya M anusia y ang profes ional di bidang energi dan sumber daya mineral , Sekolah Tinggi Energi dan Mineral ( STEM Akamigas ) , akan melaksanakan program pendidikan untuk Tahun Akademik 201 6 /20 17 . Sehubungan dengan hal tersebut, kami memberi kesempatan kepada Instansi/Perusahaan yang bergerak dibidang energi dan sumber daya mineral untuk memanfaatkan pendidikan tersebut bagi pegawai /pekerjanya . Adapun Program Studi yang akan dibuka sebagai berikut :



PERSYARATAN UMUM
  1. Pegawai Negeri Sipil/BUMN/Swasta yang bergerak dalam bidang Energi dan Sumber Daya Mineral dan Instansi serta Perusahaan lain yang terkait dengan kegiatan tersebut.
  2. Berijazah SLTA / sederajat, sesuai dengan Program Studi /Konsentrasi , atau sudah pernah mengikuti pendidikan di STEM Akamigas Tk. I, Tk. II, Tk. I II, atau Lulusan Diploma III dari Perguruan Tin ggi lain Terakreditasi Minimal B.
  3. Berbadan sehat yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter Instansi/Perusahaan yang bersangkutan dan atau dokter yang ditunjuk. 
  4. Umur calon mahasiswa STEM Akamigas untuk Tk. I maksimal 39 tahun , untuk Tk. II maksimal 41 tahun, Tk. III maksimal 43 tahun , dan Tk. IV maksimal 45 tahun atau sesuai kebijaksanaan pejabat Perusahaan/Instansi setempat.
  5. Dipertimbangkan oleh Pimpinan Instansi/ Pengirim.

PERSYARATAN KHUSUS 

Untuk masing - masing Program Studi Tingkat I, II, II I dan IV berlaku ketentuan - ketentuan sebagai berikut :

CALON MAHASISWA STEM Akamigas Tingkat I 
  • Lulus Test/ Ujian masuk STEM Akamigas Tahun Akademik 2016/2017 atau maksimal 2 (dua) tahun sebelumnya (Waiting List).
  • Bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, serendah - rendahnya golongan II/a dengan masa kerja minimum 2 tahun.
  • Bagi pekerja BUMN/Swasta menyesuaikan ata u sesuai kebijaksanaan Instansi / Perusahaan yang bersangkutan.
CALON MAHASISWA STEM Akamigas Tingkat II
  • Telah Lulus Pendidikan di STEM Akamigas Tk. I b. Bagi pekerja BUMN/Swasta menyesuaikan atau sesua i kebijaksanaan Instansi / Perusahaan yang bersangkutan.
CALON MAHASISWA STEM Akamigas Tingkat III 
  • Telah Lulus Pendidikan di STEM Akamigas Tk. II
  • Bagi pekerja BUMN/Swasta menyesuaikan ata u sesuai kebijaksanaan Instansi / Perusahaan yang bersangkutan.
 CALON MAHASISWA STEM Akamigas Tingkat IV
  • Telah Lulus Pendidikan di STEM Akamigas Tk. III 
  • Lulus Test wawancara bagi calon Mahasiswa berijaza h D3 di Perguruan Tinggi. 
  • Bagi pekerja BUMN/Swasta menyesuaikan ata u sesuai kebijaksanaan Instansi / Perusahaan yang bersangkutan.

PROSEDUR PENDAFTARAN DAN PROGRAM SELEKSI

PROSEDUR PENDAFTARAN  
  1. Kelengkapan Dokumen : Calon mahasiswa m engisi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa STEM Akamigas Tahun Akademik 2017/2018 dengan melampirkan :
  2. Salinan/ photo copy ijazah yang dipersyaratkan (dilegalisir).
  3. Surat keterangan dokte r dari Instansi/ Pemerintah.
  4. 2 (dua) lembar pas photo terbaru berwarna ukuran 4 x 6 cm, dibaliknya diberi nama, prodi dan tingkat .
  5. Pengiriman Dokumen Informasi lebih lanjut dan hal - hal lain yang belum jelas dapat menghubungi langsung ke Sekretariat Panitia Penerimaan M ahasiswa STEM Akamigas Cepu Kampus STEM Akamigas Jl. Gajah Mada No. 38 Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Tlp. : (0296) 422356 : (0296) 421897 Ext 0, 1, 2 Fax. : (0296) 425939 Email : pmbu@akamigas.ac.id.

PELAKSANAAN SELEKSI/TEST 
  1. Test / Seleksi Masuk STEM Akamigas akan dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan oleh panitia 
  2. Tempat Pelaksanaan Test / Seleksi Masuk akan ditentukan kemudian.
  3. Materi/Bahan test Tingkat I Tingkat II, III, dan IV . Matematika.
  4. Tes Wawancara, Pengetahuan Alam ( Kimia & Fisika ) ( kecuali untuk Prodi Logistik Migas Konsentrasi Managemen Services Migas , Manajemen Pertamb angan & Energi , dan Sistem Informasi Manajemen Pertambangan dan Energi diganti Pengetahuan Sosial ), Bahasa Inggris V. 

BIAYA
  1. Biaya yang di tanggung oleh Instansi/ Perusahaan pengirim mahasiswa adalah : 
  2. Biaya selama proses pencalonan dan penyelenggara an test/ujian masuk STEM Akamigas T ahun Akademik 2017/2018 . 
  3. Biaya perkuliahan, a komodasi , makan, sarana dan alat tulis perkuliahan, pakaian seragam beserta perlengkapannya.
  4. Untuk yang berasal dari Instansi pemerintah dibawah Kementerian ESDM pembiayaan kuliah, akomodasi, makan, sarana dan alat tulis perkuliahan, pakaian seragam beserta perlengkapannya dibebankan ke D IPA STEM Akamigas.

Jalur Penerimaan APARATUR/PNS STEM AKAMIGAS
Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah di sektor energi dan sumber daya mineral, maka dibutuhkan sumber daya manusia yang kompeten khususnya dalam bidang inspektur tambang, minyak dan gas bumi , dan ketenagalistrikan, M anajemen Pertambangan dan Energi , Manajemen Se rvices Migas, dan Sistem Informasi Manajemen Pertambangan dan Energi . Sehubungan dengan hal tersebut, Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM Akamigas ) , Badan Pendidikan dan Pelatihan Energi dan Sumber Daya Mineral pada Tahun Akademik 2017/2018 memberi kes empatan kepada Instansi Pemerintah di lingkungan Dinas Pertambangan dan Energi serta Pemprov / Pemkot / Pemkab yang bergerak dibidang energi dan sumber daya mineral untuk memanfaatkan pendidikan tersebut bagi pegawainya. Program Pendidikan akan dilaksanakan se lama 4 tahun dengan Program Studi sebagai berikut :



PERSYARATAN
  1. Pegawai Negeri Sipil di lingkungan, Dinas Pertambangan dan Energi serta Pemprov/Pemkot/Pemkab.
  2. Ijazah: - Untuk program studi pada poin 1 berijaz ah SMA IPA atau SMK Jurusan Teknik - Untuk Program studi pada poin 2 berijaz ah SMA/ SMK semua jurusan.
  3. Berbadan sehat yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter Instansi/Pemerintah yang bersangkuta n dan atau dokter yang ditunjuk oleh instansi Pengirim dan tidak buta warna. 
  4. Mendapat persetujuan dari instansi yang bersangkutan, dalam bentuk Surat Tugas Belajar.
  5. Lulus Tes seleksi.

PROSEDUR PENDAFTARAN & PROGRAM SELEKSI
PROSEDUR PENDAFTARAN
  • Kelengkapan Dokumen : Calon mahasiswa mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa STEM Akamigas Tahun Akademik 2017/2018 dengan melampirkan : salinan/ photo copy ijazah yang dipersyaratkan (dilegalisir). Surat keterangan dokter dari Instansi/Pemerintah. 2 (dua) lembar pas photo terbaru berwarna ukuran 4 x 6 cm, dibaliknya diberi nama, prodi dan tingkat.
  • Pengiriman Dokumen Alamat : Sekretariat Panitia P enerimaan mahasiswa STEM Akamigas Cepu Kampus STEM Akamigas Jl. Gajah Mada No. 38 Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Tlp. : (0296) 422356 : (0296) 421897 Ext 0, 1, 2 Fax. : (0296) 425939 Email : pmbu@akamigas.ac.id.

MATERI TES 
  1. Program s tudi pada poin 1 : Matematika, Bahasa Inggris dan IPA ( Fisika & Kimia).
  2. Program studi pada poin 2 : Matematika, Bahasa Inggris dan Pengetahuan Sosial I V. 

BIAYA 

Seluruh biaya yang timbul sehubungan dengan proses pencalonan dan penyelenggaraan Pendidikan di STEM Akamigas Tahun Akademik 2017/2018 diatur sebagai berikut:
  1. Biaya pendidikan dan akomodasi (tinggal diasrama, makan, cuci & setrika) selama di Cepu pengobata n ringan (rawat jalan) dan praktik kerja lapangan di Pulau Jawa ditanggung oleh STEM Akamigas .
  2. Biaya transport peserta test masuk, dari lokasi instansi ke tempat test pergi dan pulang serta akomodasi selama test ditanggung oleh instansi masing - masing.
  3. Biaya transport bagi calon mahasiswa yang diterima, dari lokasi instansi masing - masing ke Cepu dan setelah selesai pendidikan kembali ke instansi asal, serta uang saku bulanan mahasiswa selama pendidikan, ditanggung oleh instansi masing - masing.

Dari beberapa informasi mengenai Pendaftaran secara Online untuk STEM Akamigas Cepu memiliki beberapa jenis setidaknya da sekitar 4 jenis penerimaan  yang bisa diikuti oleh peserta Pendaftaran STEAM Akamigas semoga bisa memberikan petunjuk pendaftaran untuk anda, perlu diingat bahwa informasi yang kami berikan mengacu pada situs resmi akamigas.ac.id sesuai ketentuan yanng ada pada situs tersebut.

Demukianlah semoga bisa memberikan pentunjuk pendaftaran untuk informasi penerimaan dan login pendaftaran dilaksanakan melalui online portal pmbu.akamigas.ac.id jika anda ingin melakuan pendaftaran silahkan akses situs tersebut dan lengkapi semua persyaratan yang sampai selesai. Selamat mencoba dan semoga berhasil sesuai apa yang telah direncanakan.