Cara Pendaftaran Online IPDN 2017-2018

IPDN - Info Cara untuk Pendaftaran SPCP IPDN tahun 2017 khusus Pendaftaran dan Caranya Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai Pendaftaran dan Cara untuk Pendaftaran melalui SPCP IPDN simak Pendaftaran selengkapnya secara Online. Seperti biasa pada kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai Cara Pendaftaran Online IPDN melalui info berikut ini.

Sesuai ketentuan yang berlaku Pendaftaran untuk IPDN akan dilaksanakan secara Online. Setiap tahun peminat dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri ini selalu mengalami lonjakan yang cukup besar terbuki setiap tahun mengalami peningkatan yang cukup siknifikan hal ini didasarkan pada beberapa hal yang bisa kita lihat sekarang.

Pendaftaran IPDN memang terus menjadi magnet tersendiri bagi calon Taruna IPDN selain sekolah yang akan didapat gratis melalui penerimaan dan Pendaftaran peserta nantinya akan dijanjikan dengan sistem pendidikan berbasis ikatan dinas hal itu menjadi salah satu nilai lebih untuk bisa dijadikan alasan peserta.

Cara Pendaftaran IPDN 2017

Tidak hanya itu saja Nantinya para lulusan IPDN akan langsung bekerja dibawah Kementerian Dalam Negeri, Pertanyaan sederhananya adalah mengapa IPDN bisa menjadi salah satu Sekolah Ikatan dinas yang diberi kewenangan khusus untuk meloloskan CPNS secara otomatis bagi lulusan IPDN dan langsung bisa bekerja sebagai salah satu staf atau bahkan pimpinan dibawah kementerian dalam Negeri.

Menarik untuk dibahas karena semua ini memang menjadi sebuah prioritas yang harus dikupas tuntas. Seperti dari sumber yang telah kami baca bahwa munculnya sekolah ikatan dinas tidak lain karena tuntutan tenaga kerja dalam bidang tertentu. Sebab sekolah umum belum ada yang mampu memberikan tenaga kerja dalam bidang penerintahan dalam negeri secara khusus.

Maka dari itu IPDN hadir untuk menjawab kebutuhan Tenaga kerja tersebut. IPDN menjadi perguruan tinggi kedinasan untuk memenuhi semua kebutuhan tenaga kerja yang dimaksud hal ini menjadi salah satu alasan IPDN menetapkan sistem sekolah tinggi kedinasan, Memang jika kita perhatikan agak sedikit kurang adil.

Karena lulusan Kepemerintahan diluar dari kampus IPDN jika ingin bekerja sebagai CPNS harus terlebih dahulu tes seleksi, sedangkan IPDN tidak setelah lulus dari kampus ini Para Taruna akan langsung mendapatkan NIP dan penempatan sebagai CPNS. Dari beberapa alasan diataslah Para peserta IPDN setiap tahun mengalami peningkatan yang cukup basar.

Hanya saja informasi tentang Pendaftaran IPDN harus dicari sendiri karena hanya akan anda dapat melalui Online saja selain dari itu kalian pasti masih bingung  kan untuk pendaftaran seputar IPDN, nah mengingat ada banyak yang sangat menginginkan informasi mengenai Cara Pendaftaran IPDN kami disini akan memberikan informasi lengkapnya untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses pendaftaran IPDN salah satunya adalah sebagai salah satu peserta anda harus dinyatakan lulus persyaratan Pendaftaran terlebih dahulu karena setelah melalui cara ini anda baru bisa mengikuti seleksi IPDN dan melanjutkan pendaftaran sesuai dengan yang dibutuhkan untuk itu kami akan memberikan beberapa informasi lengkap seperti dibawah ini.

Persyaratan Umum:
  • Warga Negara Indonesia;
  • Usia peserta seleksi minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal 21 (dua puluh satu) tahun pada saatpembukaan pendidikan IPDN tanggal 1 September 2017.
  • Tinggi badan pendaftar bagi pria minimal 160 cm dan pelamar wanita minimal 155 cm.
Persyaratan Administrasi:
  • Berijazah serendah-rendahnya Sekolah Menengah Atas (SMA)  atauMadrasah Aliyah (MA) jurusan IPA/IPS termasuk lulusan paket Cdengan ketentuan:
  1. Nilai rata-rata Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) minimal 7,00 (tujuh koma nol nol) bagi pendaftar lulusan 2014 s.d2017;
  2. Khusus bagi Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat Nilai rata-rata Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) minimal 6,50 (enam koma lima nol) tahun kelulusan 2014 s.d2017.
  3. KTP bagi peserta yang berusia diatas 17 Tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP. Bagi yang belum memiliki KTP atau KK menggunakan Surat Keterangan Kependudukan atau resi permintaan pembuatan KTP dengan NIK yang sama pada saat mendaftar pada website http://panselnas.id
  4. Surat keterangan dari Kepala Sekolah atau pejabat berwenang sebagai peserta Ujian Nasional bagi siswa SMA/MA kelas 3 Tahun Ajaran 2016/2017;
  5. Surat elektronik/e-mail yang masih aktif;
  6. Pasfoto.

Persyaratan Khusus:
  • Tidak sedang menjalani atau terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan;
  • Tidak ditindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya bagi pendaftar pria, kecuali karena ketentuan agama/adat;
  • Tidak bertato atau bekas tato;
  • Tidak menggunakan kacamata/lensa kontak;
  • Belum pernah menikah/kawin, bagi pendaftar wanita belum pernah hamil/melahirkan;
  • Belum pernah diberhentikan sebagai praja IPDN dan perguruan tinggi lainnya dengan tidak hormat;
  • Apabila pendaftar dinyatakan lulus dan dikukuhkan sebagai Praja IPDN, maka pendaftar:
  1. Bersedia untuk tidak Menikah/Kawin selama mengikuti pendidikan;
  2. Bersedia diangkat menjadi CPNS/PNS dan ditugaskan/ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia;
  3. Bersedia ditempatkan pada seluruh kampus IPDN;
  4. Bersedia mentaati segala Peraturan yang berlaku di IPDN;
  5. Bersedia diberhentikan sebagai Praja IPDN jika melakukan tindakan kriminal, mengkonsumsi dan atau menjual belikan narkoba, melakukan perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, dan melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual.
  • Bersedia dikembalikan ke daerah masing-masing tanpa biaya IPDN apabila terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen atau tidak memenuhi persyaratan pendaftaran di atas.
  • Tatacara dan teknis pengisian persyaratan administrasi secara lengkap dapat dipelajari melalui video tutorial pada website spcp.ipdn.ac.id

Mekanisme Pendaftaran
  1. Pendaftaran penerimaan calon Praja IPDN Tahun 2017 dilakukan bersamaan dengan pendaftaran Mahasiswa/Taruna Perguruan Tinggi Kedinasan secara terpusat dan Online melalui website resmi Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ke portal  http://panselnas.id sampai dengan pendaftar memperoleh user ID (NIK) dan password dari Panselnas melalui e-mail pendaftar
  2. Selanjutnya pendaftar melakukan login dengan menggunakan password yang diperoleh dari Panselnas ke website resmi Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) IPDN Tahun 2017 ke http://spcp.ipdn.ac.id untuk:
  • Mengisi biodata calon peserta seleksi.
  • Mengunggah scanning dokumen sebagai berikut:
  1. KTP asli atau fotocopy bagi peserta yang berusia diatas 17 Tahun atau Kartu Keluarga (KK). Bagi yang belum memiliki KTP atau KK, menggunakan Surat Keterangan Kependudukan atau resi permintaan pembuatan KTP.(dengan format jpg maksimum 1 MB);
  2. Ijazah/STTB asli atau fotocopy legalisir (diunggah halaman depan dan belakang dengan format pdf maksimum1 MB);
  3. Surat keterangan asli berstempel sebagai peserta Ujian Nasional bagi siswa SMA/MA kelas 3 Tahun Ajaran 2016/2017yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah atau Pejabat yang berwenang;
  4. Pas foto berwarna (tidak hitam putih) menghadap kedepan dan tidak memakai kacamata, ukuran 4x6 cm (ukuran 400 x 600 pixel dengan besaran maksimal 500 KB dan minimal 300 KB dengan format jpg).
  • Antara dokumen KTP atau KK dan Ijazah/STTB mencantumkan data yang sama untuk nama dan tempat tanggal lahir.
  • Mencetak bukti registrasi.
  1. Apabila pendaftar tidak memenuhi ketentuan persyaratan administrasi pendaftaran diatas maka pendaftar dinyatakan gugur.
  • Warga Negara Indonesia;
  • Usia peserta seleksi minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal 21 (dua puluh satu) tahun pada saatpembukaan pendidikan IPDN tanggal 1 September 2017.
  • Tinggi badan pendaftar bagi pria minimal 160 cm dan pelamar wanita minimal 155 cm.
 
Ada beberapa hal untuk para calon taruna agar bisa melaksanakan pendaftaran yang dilaksanakan secara Online maka dari itu kalian semua hurus melakukan beberapa pengecekan sesuai ketentuan yang berlaku untuk itu sebagai salah satu peserta yang siap untuk melakukan Pendaftaran kalian harus memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku untuk itu beberapa informasi yang telah dibahas menjadi keharusan. Selanjutnya ada beberapa ketentuan Pendaftaran lainnya yang harus dipenuhi.

Disni kami akan memberikan kembali penjelasan mengenai pendaftaran online IPDN yang akan dilaksanakan melalui situs resmi Panselnas Menpan kemudian baru mengikuti pendaftaran dan mengisi kelengkapan pendaftaran melalui situs resmi SPCP IPDN untuk lebih jelas kami akan memberikan beberpaa informasi gambar yang dimaksud seperti berikut ini.


Cara Melakukan Pendaftaran IPDN.


  1. Buka portal https://panselnas.id, baca dan pahami semua penjelasan di semua halaman yang ada.
  2. Buka Formulir Pendaftaran, isikan nomer NIK, Nomor Kartu Keluarga, dan Kode di layar (captcha) dengan benar.
  3. Akan terbuka halaman pendaftaran, masukan alamat e-mail yang aktif, kata kunci/password baru untuk pendaftaran ini dan kode di layar (captcha) dengan benar.
  4. Akan terbuka halaman pemberitahuan "Registrasi Berhasil" dan akan terunduh otomatis lembaran/"struk" bukti registrasi yang berisi instruksi langkah selanjutnya yang harus diikuti pelamar. Lembaran bukti ini harus disimpan, baik dalam bentuk cetak/print dan berkas/"file" nya.

Jika kita urutkan dari proses pendaftaran sampai dengan selesai peserta harus menentukan beberapa ketentuan yang berlaku melalui Pendaftaran dari situs pertama dan ke situs lainnya serta beberapa pengisian biodata dan melakukan beberapa seleksi yang ada dan semua informasi tersebut dapat dirangkum menjadi satu yaitu melalui Pendaftaran secara online khusus IPDN untuk lebih jelas simak mengenai informasi lengkap Alur dan prosedur Pendaftaran dan Seleksi IPDN di panselnas.id.

Semua informasi mengenai IPDN diatas sudah dirangkum secara jelas dan lengkap, nah tinggal anda sebagai salah satu peserta IPDN harus mempraktekan cara pendaftaran IPDN sesuai dengan yang telah diberikan. Panitia seleksi IPDN terus menghimbau agar berhati-hati terhadap segala bentuk Penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi IPDN, selain itu penerimaan pendaftaran dan info seputar Pendaftaran dapat diakses melalui situs resmi yang telah disebutkan.

Dari beberapa informasi mengenai IPDN diatas maka dapat disimpulkan mengenai Pendaftaran sesuai ketentuan yang ada, demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bisa memberikan manfaat untuk mendaftar IPDN ada 2 situs yang harus dikunjungi yaitu Menpan dan IPDN semoga bisa memberikan manfaat terima kasih selemat mencoba.