Cara Pendaftaran Online IPDN 2024/2025


Cara Pendaftaran Online IPDN 2024/2025 - Pendaftaran IPDN memang terus menjadi magnet tersendiri bagi calon Taruna IPDN selain sekolah yang akan didapat gratis melalui penerimaan dan Pendaftaran peserta nantinya akan dijanjikan dengan sistem pendidikan berbasis ikatan dinas hal itu menjadi salah satu nilai lebih untuk bisa dijadikan alasan peserta.

Para lulusan IPDN akan langsung bekerja dibawah Kementerian Dalam Negeri, Pertanyaan sederhananya adalah mengapa IPDN bisa menjadi salah satu Sekolah Ikatan dinas yang diberi kewenangan khusus untuk meloloskan CPNS secara otomatis bagi lulusan IPDN dan langsung bisa bekerja sebagai salah satu staf atau bahkan pimpinan dibawah kementerian dalam Negeri.



IPDN Memang Institut Kedinasan dimana mereka yang lulus dari kampus ini sudah pasti akan langsung bekerja, apabila kalian ingin mendaftar tentu sudah tau alasanya maka dari itu tidak penting lagi bagi kami untuk membahasnya, dari beberapa informasi yang telah kami kumpulkan ada beberapa masalah yang dihadapi oleh calon peserta diantaranya masih bingung cara mendaftar IPDN.

Biasanya penerimaan sekolah kedinasan dilaksanakan serentak dalam satu portal yaitu dikdin.bkn.go.id pada laman tersebut peserta dapat melakukan pendaftaran secara online untuk lebih jelas berikut informasi pendaftaran seperti dibawah ini :

Persyaratan
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia Minimal 16 Tahun dan maksimal 21 Tahun Pertanggal 1 Januari
  3. Tinggi Badan Pria Minimal 160 cm wanita minimal 155 Tahun
  4. Lulusan SMA/SMK/MA Paket C sederajat.
  5. Nilai rata-rata 70
  6. Memiliki Ijasah atau surta keterangan
  7. Menanda tangani fakta integritas
  8. Tidak bertato
  9. Tidak berkecamata
  10. Belum pernah menikah
  11. Belum pernah diberhentikan dari Pajara IPDN
  12. Bagi yang lulus tidak diperkenankan mengundurkan diri
  13. Sanggup tidak menikah selama pendidikan
  14. Jika terbukti melakukan pelanggaran maka akan dinyatakan gugur.
    Buat Akun 
    1. Calon peserta mengakses situs https://sscasn.bkn.go.id nantinya akan dirahkan pada pembuatan akun terlebih dahulu.
    2. Peserta membuat akun SSCN dikdin melalui link https://dikdin.bkn.go.id
    3. Pilih menu pendaftaran
    4. Isi form NIK, KK, Email dan Password dan lainnya.
    5. Kirim
    6. Kompirmasi ke email terdafar.
    7. Akun siap digunakan
     
     Pendaftaran
    1. Setelah berhasil silahkan kembali login ke situs sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK dan Password yang sudah dibuat.
    2. Peserta menyelesaikan pengisian biodata dan mengunggah dokumen persyaratan adminstrasi.
    3. Isi data diri, data kelurga, keuangan, dan riwayat pendidikan.
    4. Pastikan semua terisi dengan benar.
     
    Upload Berkas
    1.  Setelah mengisi data jangan lupa untuk upload semua persyaratan yang tertera dalam situs resmi tersebut, pastikan ukuran file sesuai format yang diintruksikan.
    2. Setelah semua selesai peserta kirim berkas online dan tinggal menunggu hasil verifikasi.

     
    Verifikasi & Pengumuman SKD.
    1. Proses verifikasi dokumen persyaratan adminstrasi dapat diakses melalui situs https://dikdin.bkn.go.id
    2. Bagi yang dinyatakan memenuhi syarat verifikasi dokumen  adminstrasi dapat melakukan pembayaran PNBP SKD sesuai kode biling. 
    3. Setelah proses pembayaran diverifikasi oleh sistem peserta dapat melakukan cetak kartu ujian pada akn sscn dikdin masing-masing.
    4. Tinggal ikuti seleksi SKD sesuai jadwal yang tertera dan pengumuman hasil SKD dapat di cek melaui situs https://dikdin.bkn.go.id atau melalui situs spcp.ipdn.ac.id.

     Seleksi Lanjutan Dan Pengumuman Pantukhir.
    1. Bagi yang sudah dinyatakan lulus SKD bisa melanjutkan tes Kesehatan Daerah, untuk hasilnya akan diumumkan setelah beberapa hari pasca tes. 
    2. Selanjutnya mengikuti tes Psikologi, Integritas dan kejujuran untuk pengumuman juga sama beberapa hari setelah tes dapat diakses melalui situs resmi sekolah Kedinasan IPDN. 
    3. Jika dinyatakan lulus peserta akan mengikuti pantukhir dan verfikasi faktual dokumen persyaratan adminstrasi pendaftaran. 
    4. Kemudian berlanjut tes Kesehatan Pusat di IPDN Jatinangor dan Tes Kesamaptaan, beberapa tes berbeda seperti wawancara dan pemeriksaan penampilan juga dilakukan. 
    5. Pengumuman dari beberapa tes tersebut akan terangkum dalam Pengumuman Hasil Pantukhir Akhir.

    Semua informasi mengenai IPDN diatas sudah dirangkum secara jelas dan lengkap, nah tinggal anda sebagai salah satu peserta IPDN harus mempraktekan cara pendaftaran IPDN sesuai dengan yang telah diberikan. Panitia seleksi IPDN terus menghimbau agar berhati-hati terhadap segala bentuk Penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi IPDN, selain itu penerimaan pendaftaran dan info seputar Pendaftaran dapat diakses melalui situs resmi yang telah disebutkan.

    Dari beberapa informasi mengenai IPDN diatas maka dapat disimpulkan mengenai Pendaftaran sesuai ketentuan yang ada, demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bisa memberikan manfaat untuk mendaftar IPDN ada 2 situs yang harus dikunjungi yaitu SSCN Dikdin dan IPDN semoga bisa memberikan manfaat terima kasih selemat mencoba.