Cara Pendaftaran SNBP https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id 2025/2026


Cara Pendaftaran SNBP https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id 2025/2026 - Persiapan SNBP sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari bahkan ada yang sudah mempersiapkan sejak lama, kesempatan mengikuti tes seperti ini tidak akan datang dua kali karena hanya bisa diikuti pada tahun yang sama saat lulus setelah itu tidak akan bisa ikut. Oleh sebab itu jangan sia-sia kesempatan bagus seperti ini. Ada banyak alasan siswai mengikuti SNBP seperti mau kuliah ke kampus negeri yang memiliki nama besar dan bisa mencapai sukses setelah lulus.

Tahun ini menjadi tahun yang spesial karena pemilihan perguruan tinggi dapat dilakukan dengan satu kali tes seperti dapat memilih Perguruan Tinggi seperti PTN, PTKIN, atau Politeknik Negeri secara bersamaan. Jadi tidak perlu dua kali mendaftar. Pemilihan perguruan tinggi sangat penting dan harus cermat karena akan menentukan nasib kita apakah lulus atau sebaliknya.
 

 

Oleh sebab itu selain memilih kampus terbaik harus memiliki alternatif pilihan perguruan tinggi dengan grade yang lebih mudah dibawah dari pilihan utama. Setelah mengetahui inti dari proses pendaftaran silahkan persiapkan beberapa berkas seperti identitas diri, data keluarga seperti penghasilan orang tua, dan lainnya untuk diisi melalui form pendaftaran.

Admin langsung akan masuk ke inti dari proses pendaftaran apa saja yang harus dilakukan dan bagaimana cara mendaftar SNBP, silahkan ikuti sesuai dengan ketentuan pastikan kalian sudah memiliki akun untuk login ke portal SNPMB, dari portal tersebut kita melakukan pendaftaran seperti dibawah.
 
Periode pendaftaran SNBP sudah dibuka, siswa/i dapat melakukan pendaftaran melalui link https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id menggunakan akun Portal SNPMB dengan ketentuan siswa sudah dinyatakan Eligble oleh sekolah serta memiliki nilai lengkap pada proses PDSS yang diisi oleh sekolah. Selanjutnya siswa melakukan pendaftaran SNBP dengan cara :

Tahapan Pendaftaran

  • Login ke https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ gunakan username seperti email dan password yang sudah dibuat.
  • Klik menu Profil isi Data Orang Tua 
  • Siswa melakukan pendaftaran SNBP dan mengisi form Pilihan Prodi   
  • Bagi yang memilih jurusan rumpun Seni dan Olahraga wajib mengisi Portopolio sementara untuk yang pilihan diluar dari jurusan tersebut tidak perlu mengisi portopolio
  • Pada halaman Prestasi isi beserta bukti sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang pernah diperoleh dengan program studi yang diminta. Hanya bagi yang memiliki dan tidak wajib, siswa/i dapat memilih opsi mengisi atau tetap kosong. Jika prestasi yang diikuti terlalu banyak pilih prestasi yang tertinggi pernah diperoleh.
  • Apabila semua data sudah selesai dapat melakukan Finalisasi dengan ketentuan semua data yang sudah di finalisasi tidak akan bisa dirubah atau dibatalkan.
  • Sisa mendownload dan cetak kartu bukti kartu SNBP

Setelah admin memberikan ringkasan mengenai pendaftaran SNBP, nah berikut akan kita jelaskan satu persatu untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini :

 

1. Login Siswa

Kunjungi situs resmi https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ input email dan password akun portal SNPMB. Jika memenuhi syarat maka akan tampil halaman profil, sedangkan yang tidak memenuhi syarat terdapat keterangan mohon maaf, anda tidak berhak mengikuti SNBP, silahkan untuk ikut SNBT.

 

2. Profil

Pada halaman ini terdapat informasi biodata, semua data tersebut diambil dari data yang telah diinput melalui portal SNPMB, termasuk data Nama, NISN, NPSN Sekolah, Asal sekolah. Tidak bisa dirubah sedangkan untuk kolom Data Orang Tua harus diisi seperti Jumlah tanggungan orang tua, Info penghasilan ayah dan ibu perbulan bisa diisi melalui portal SNPMB. Jangan lupa klik Simpan muncul notif berhasil menyiman akan ada notif pemberitahuan berhasil melengkapi data. Klik halaman selanjutnya Pilih

 

3. Pilih

Pada menu halaman ini semua siswa dapat memilih PTN/Politeknik Negeri sebagai opsi perguruan tinggi yang dituju selanjutnya akan muncul Daftar Progam yang bisa dipilih oleh siswa. Tidak ada batasan pemilihan jurusan IPA, IPS atau bahasa oleh sebab itu semua jurusan akan muncul. Silahkan pilih sesuai dengan yang diminati.

Ketentuan pemilihan jurusan atau program studi yaitu  wajib memilih 1 PTN/Politeknik harus berada di Provinsi yang sama dan sisanya bebas. Khusus untuk prodi yang mewajibkan pengisian portopoli silahkan diisi sesuai format apabila portopolio bernilai - artinya tidak wajib diisi. Klik Simpan Pilihan.

 

4. Portopolio

Portopolio merupakan salah satu bukti seperti menggunggah video keterampilan atau skill yang dimililiki dalam program studi rumpun Seni atau olahraga. Untuk mengisi portopolio pilih Browse pilih file yang Sudah diunggah, Undah. Seperti biasa jika berhasil akan muncul popup berhasil menggunggah ppt.

 

6. Prestasi

Lanjut pada pengisian menu Prestasi Dapat mencantumkan Maksimal 3 Prestasi dengan cara buat prestasi masukan prestasi terbaik yang dimiliki dengan menekan tombol Browse pilih file unggah ukuran maksimal 2 mb format pdf/jpg/png. Isi juga Deskripsi prestasi beserta tingkat prestasi. Klik Simpan jika sudah selesai. Apabila muncul pop up berhasil penggunggah file prestasi artinya selesai.

 

7. Finalisasi

Merupakan tahap akhir apabila semua data yang diisi sudah benar dan seusai semua peserta dapat melakukan finalisasi data, Ceklist semua persetujuan bahwa data yang diisi sudah benar dan cek kembali semua data yang sudah diisi kemudian setujui. Semua data yang sudah melalui proses finalisasi tidak akan Klik Finalisasi.

 

8. Kartu Peserta

Setelah finalisasi akan muncul kartu peserta dapat didownload dan disimpan Oleh peserta. setelah tahap akhir semua rangkaian tahapan pendaftaran SNBP sudah selesai, tinggal tunggu pengumuman sesuai jadwal yang sudah ditentukan.