Pendaftaran KIP Kuliah Ekonomi Menengah Menggunakan Surat Miskin 2024/2025


Pendaftaran KIP Kuliah Ekonomi Menengah Menggunakan Surat Miskin 2024/2025 - Kita hidup dan besar di lingkungan keluarga yang berkecukupan, mulai dari SD, SMP, SMA semua kehidupan berjalan baik dan normal. Namun tiba disaat akan menjelang kuliah orang tua tengah mendapatkan ujian seperti usaha yang tidak lagi menghasilkan, mengalami penurunan atau bahkan terpuruk kehidupan seketikan berubah menjadi sulit, jangankan untuk kuliah untuk makan saja jadi sulit.
 
Orang-orang seperti itu memang tidak dilahirkan dari ekonomi kelas bawah, kebanyakan mereka yang berada di kelas menengah atau diatas sedikit dari ekonomi kelas bawah. Menjadi sulit terutama pada saat kondisi ekonomi global yang tidak pasti, banyak orang tua ekonomi yang kehilangan pekerjaan dan usaha yang dijalani sedang mengalami penurunan.
 

Namun atas kondisi seperti ini masih saja dianggap orang sekeliling berkecukupan, bahkan untuk mengajukan bantuan agar tetap bisa kuliah menjadi sangat sulit karena sudah dianggap mampu secara ekonomi. Tidak hanya orang sekeliling tetapi pemerintah setempat menganggap yang bersangkutan juga hidup berkecukupan.

Itulah yang terjadi pada salah satu tetangga dekat rumah, tinggal disalah satu perumahan dengan lingkungan ekonomi menengah membuat salah satu anak terakhir Si Bapak A terancam tidak bisa kuliah karena tidak ada biaya. Seketika dari orang berkecukupan menjadi kekurangan banyak terjadi pada orang tua yang bekerja sebagai harian lepas, wiraswasta, jualan, karyawan yang kena PHK, karyawan kontrak dan profesi lainnya yang bersifat tidak tetap.
 
Dalam salah satu video Dr. Indrawan Nugroho beliau menyampaikan bahwa sebenarnya di Indonesia itu tidak ada golongan ekonomi menengah, yang ada ekonomi menengah semu dimana kondisi ekonomi golongan ini sangat situasional dalam keadaan tertentu seperti ekonomi Indonesia sedang baik maka mereka akan tetap menjadi golongan menengah sedangkan jika keadaan ekonomi krisis maka mereka akan lansung masuk pada ekonomi bawah karena keuangannya yang tidak kuat dan cenderung bergantung pada hal yang tidak pasti seperti profesi atau pekerjaan tidak tetap.

Itulah yang terjadi saat sekarang dimana mayoritas ekonomi menengah semu tersebut menghadapi situasi sulit seperti saat ini ketidak pastian ekonomi, pendemi, daya beli masyarakat yang turun dan inflasi tinggi menyebabkan semua berubah. Pada pembahasan kali ini admin akan membahas masalah tersebut untuk lebih jelas seperti berikut.

Admin akan membagikan beberapa pengalaman yang bisa dijadikan solusi agar anak tetap bisa kuliah, untuk lebih jelas berikut beberapa keputusan yang harus diambil seperti dibawah ini :

 
Jual Aset 

Biasanya proses perubahan terjadi karena kondisi tertentu dimana masih ada aset yang tersisa seperti rumah apabila ukurannya besar bisa dijual dan membeli rumah yang lebih kecil, sisa dari uang tersebut bisa digunakan untuk kuliah anak. Selain rumah biasanya ada beberapa aset mobil yang bisa dijual kendaraan bisa menggunakan roda dua cukup. Namun jika semua aset sudah dijual dan tidak ada lagi aset yang bisa dijual maka bisa ikuti solusi lain.

 
Buat Surat Keterangan Miskin dari Kelurahan

Untuk bisa tetap kuliah satu-satunya cara adalah membuat surat keterangan miskin dari kelurahan dengan menjelaskan keadaan yang sebenarnya kepada staf maupun lurah setempat, seperti kehilangan pekerjaan, penurunan penghasilan yang menyebabkan tidak bisa lanjut kuliah. Nantinya surat keterangan miskin tersebut dapat digunakan untuk mengusulkan bantuan biaya pendidikan seperti KIP Kuliah.

 
Pengajuan KIP Kuliah Melalui Surat Keterangan Miskin

Secara adminstrasi kita masih akan berstatus Sosial Ekonomi Terdata P3KE: Desil 7 atau bahkan lebih rendah bahkan lebih tinggi dimana data menunjukan tingkat kesejahteraan ekonomi dari rata-rata ekonomi keluarga secara nasional berdasarkan data dinas sosial yang diambil dari sensus penduduk. Proses perubahan data akan sangat sulit dilakukan dalam waktu dekat itu artinya jika anak harus kuliah tahun ini tentu masih menggunakan data tersebut. Cara membuat surat keterangan miskin sebagai berikut :
  1. Minta surat pengantar dari RT jika dibutuhkan
  2. Datang ke Lurah setempat untuk membuat surat keterangan Miskin.
  3. Mereka yang tidak memiliki kartu sakti seperti KIP, KKS, atau kartu lain biasa dari keluarga mampu awalnya kita harus menjelaskan masalah ekonomi yang sedang dihadapi kepada lurah setempat untuk meyakinkan kondisi ekonomi saat ini.
  4. Setelah jadi silahkan mendaftar ke https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru
  5. Upload surat keterangan miskin pada website tersebut
  6. Mendaftar salah satu jalur yang akan diikuti seperti SNBP, SNBT, Jalur Mandiri PTS.

Lantas apa yang harus dilakukan tetap mendaftar atau berhenti, saran admin jika data muncul Desil sebagai keluarga mampu tetap mendaftar. Hanya saja akan ada tuduhan seperti kita merekayasa data orang mampu kok daftar kip kuliah, itu harus diterima sampai nanti kita menjelaskan kepada panitia jika lulus.

 
Sosial Ekonomi Terdata P3KE Desil Menengah Keatas 

Data desil menunjukan seberapa sejahtera keluarga tersebut hanya saja data tersebut hanya berlaku saat kita dalam keadaan memiliki penghasilan yang sama seperti dulu atau masih bekerja dengan profesi yang sama. Tetapi kenyataan berkata lain keadaan sudah berubah, tetap mendaftar ikuti sampai proses selesai meski secara adminstrasi akan sulit lulus. Tetapi jika nilai hasil tes besar maka akan dipastikan lulus dengan catatan harus melewati wawancara ketat dan survei.
 
 
Menurunkan KWH PLN dan PDAM dirumah
 
Jika diarasa perhitungan kwh rumah yang sebelumnya tinggi karena menggunakan AC, kulkas dan lainnya sebaiknya dilakukan penurunan amper listrik dan air agar biaya tagihan tidak membengkak dan saat dilakukan survei nanti sudah memenuhi syarat.

 
Jika Lulus KIP Kuliah Apa Yang Terjadi ?

Banyak yang sudah mendaftar dan beberapa kasus yang sama terjadi sepanjang krisis ekonomi global maupun Indonesia, banyak orang menengah tiba-tiba jatuh miskin karena kehilangan penghasilan yang signifikan. Jika lulus besar kemungkinan akan dilakukan survei oleh tim KIP Kuliah yang akan datang langsung ke rumah. Apabila ada tim yang datang jelaskan saja apa adanya keadaan sekarang dan langkah jual aset dan lainnya namun usaha itu masih tetap tidak menyelesaikan masalah. 

Setelah melalui tahap survei biasanya akan dilakukan pendataan jika dirasa masih layak maka bisa jadi akan diluluskan pada tahap tes sampai survei. Namun biasanya akan dilakukan pencabutan setelah menjelang pencairan karena pemerintah pusat menganggap data tidak sesuai dan masih dianggap mampu secara ekonomi.

Tahun ini banyak sekali mahasiswa yang mengalami hal sama karena KIP dibatalkan, tetapi tidak perlu kwatir berdasarkan keterangan dari salah satu keponakan mereka yang terdampak pencabutan KIP Kuliah masih tetap bisa kuliah dengan dialihkan ke beasiswa lain seperti beasiswa Prestasi selain itu kampus tetap menggratiskan UKT selama kuliah.

 
Kesimpulan

Apakah mereka yang mendaftar KIP Kuliah dengan Surat Keterangan Miskin dan Terdata Sosial Ekonomi Menengah Keatas yang mengalami kebangkrutan atau kehilangan pekerjaan bisa lulus KIP Kuliah, jawabannya bisa, dengan catatan mendapatkan nilai besar dan tergantung PTN yang dipilih. Berdasarkan studi kasus yang sudah admin bahas ada yang dicabut KIP Kuliah setelah lulus namun langsung dialihkan ke beasiswa lain dan ada juga yang masih bertatus KIP Kuliah sampai sekarang.