Apakah Pendaftaran CPNS Dibuka Tahun Ini ?

Info Penting CPNS

Apakah Pendaftaran CPNS Dibuka Tahun Ini ? - Pemerintah kementerian keuangan telah menyampaikan ke publik, salah satu anggaran yang memberatkan APBN adalah pembayaran pensiun ASN yang hampir menghabiskan 2500 triliun untuk membayar gaji pensiunan PNS. Secara tidak langsung pemerintah menggap sumber masalah devisit keuangan negara.
 
Selain itu pemerintah telah melakukan penelusuran rata-rata pemerintah daerah menghabiskan sebagian besar APBD untuk pembayaran gaji PNS, kedepan pemerintah akan melakukan evaluasi terhadap pengeluaran negara yang tidak produktif. Pemerintah menggap anggaran untuk pembayaran pensiun akan sangat memberatkan keuangan negera.
 
 
Sampai saat ini pemerintah tengah mengkaji untuk melakukan pembayaran pensiun melalui skema pembayaran sekaligus atau melalui pemotongan gaji untuk dana pensiun, itulah salah satu cara untuk mengurangi beban keuangan negara. Hal tersebut untuk mekanisme pensiun PNS yang akan datang, sampai dengan artikel ini diterbitkan belum ada tindak lanjut terkait dengan sistem pensiun PNS tersebut.
 
Untuk moratorium atau pembatasan penerimaan CPNS masih dilakukan pemerintah, dan untuk memenuhi kebutuhan ASN pemerintah telah menetapkan pengrekrutan melalui sistem PPPK pegawai kontrak pemerintah, bahkan ada kemungkinan sistem PPPK ini akan terus diperpanjang menggantikan sistem rekrutmen PNS terdahulu karena pemerintah tidak akan diberatkan dalam pembayaran gaji pensiun.

Hanya saja untuk pekerjaan yang krusial dan penting pemerintah masih tetap melakukan rekrutmen CPNS dengan skema sekolah kedinasan, Berdasakan penjelasan tersebut apakah pendaftaran CPNS dibuka tahun Ini, jawabnya seperti dibawah ini :

 
Pendaftaran CPNS SMA Melalui Sekolah Kedinasan

Beberapa pekerjaan yang dianggap penting dan memiliki unsur kerahasiaan memang membutuhkan pekerja PNS karena diharapkan memiliki integritas tinggi untuk pekerjaan dijalani seperti keuangan, badan intelejen negara dan lainnya, pendaftaran CPNS ini akan dibuka melalui sekolah kedinasan atau politeknik/Institut kedinasan dibawah kementerian langsung dan sisanya jika masih dibutuhkan baru menggunakan sistem honorer PPPK untuk sektor yang tidak terlalu penting.

 
Pendaftaran CPNS Honorer Melalui Rekrutmen PPPK

Untuk instansi pemerintah maupun daerah untuk memenuhi kebutuhan pegawai akan melalui mekanisme seleksi PPPK dari honorer dengan syarat sudah honor selama pada instansi yang sama dengan masa kerja tertentu, kedepan pemerintah tidak akan membuka lagi honorer untuk belekerja di intansi dengan kata lain honorer dihapuskan, namun untuk yang sudah terlanjur honor akan dihabiskan melalui skema PPPK.

 
Pendaftaran CPNS UMUM Rekrutmen PPPK UMUM

Dikarenakan pembukaan CPNS Umum tidak dibuka maka digantikan melalui sistem PPPK Umum mereka yang tidak honor bisa mendaftar PPPK dengan sistem pendidikan profesi selama 1 tahun kuliah, setelah menerima sertifikat profesi maka akan otomatis menjadi PPPK ditempatkan dengan lama minimal 2 tahun kerja. Seperti contoh untuk CPNS Guru dialihkan ke seleksi PPG Prajabatan untuk lulusan yang belum menjadi guru atau lulusan sarjana baru atau usia dibawah 32 tahun. 

Ada dua kemungkinan kebijakan terkait dengan pendaftaran CPNS, pertama pendaftaran CPNS akan diganti PPPK secara permanen karena lebih menguntungkan pemerintah, kedua sistem PPPK akan dihapuskan seiring dengan pergantian presiden republik Indonesia, kita patut tunggu kedepan akan seperti apa rekrutmen CPNS.

Pendaftaran CPNS baru akan kembali dibuka jika mendekati tahun politik dimana bisa menjadi kebijakan yang strategis dalam kampanye bagi partai politik yang berkuasa, bisa menjadi alat politik jika mendekati pemilihan presiden, biasanya pada tahun politik pembukaan CPNS akan dibuka dengan formasi paling banyak.

Sialnya bagi pelamar CPNS yang berusia mendekati 35 tahun karena tidak lama lagi dipastikan sudah tidak bisa mengikuti PNS pada usia tersebut, sebelum usia 32 tahun disarankan untuk mengikuti Sertifikasi Profesi sesuai dengan program studi, atau tahun ini menjadi tahun terkahir bagi yang ingin honor karena seletelah tahun ini tidak akan bisa menjadi honorer lagi.