Kapan & Apa Saja Persiapan Menghadapi UTBK 2023 ?

Info Penting CPNS

Kapan & Apa Saja Yang Harus dipersiapan Menghadapi UTBK 2023 ? -  Beberapa waktu yang lalu muncul tagar di salah satu media sosial terkiat UTBK 2023, seketika admin langsung mencari info kenapa ada banyak pelajar dan alumni yang sedang membicarakan hal tersebut, beberapa penelusuran ditemukan ternyata melalui webinar Kemdikbud menjelaskan bahwa pada tahun 2023 TKA akan dihapus dan hanya akan ada tes TPS.
 
Apakah kabar itu merupakan kabar baik atau malah jadi kabar buruk, Pada kenyataannya penghapusan materi TKA menjadi kabar gembira bagi pelajar dan alumni yang akan mengikuti tes UTBK Tahun 2023 karena menurut Kemdikbud terlalu banyak tes yang membebani pelajar dalam mengikuti tes seperti UTBK, tes mata pelajaran membuat siswa, guru dan orang tua hanya berfokus melatih keterampilan menghafal dan pada akhirnya belajar menjadi hal nomor dua dan dapat menurunkan kwalitas belajar.
 

 
Dengan kebijakan tes Skolastik terutama siswa/i yang dari daerah akan memiliki lebih banyak kesempatan bisa lulus kuliah, jika orang dari desa saja lebih diuntungkan apalagi mereka yang bersekolah di kota besar. Tes Skolastik merupakan bentuk soal tes yang lebih menekankan potensi akademik, penalaran matematika, literasi dalam bahasa inggris dan literasi bahasa indonesia.

Lebih sederhana adalah kemampuan bernalar, kalau orang awam lebih mengenalnya dengan istilah calak, atau cerdas dalam berfikir bukan sekedar pintar. Setelah mengetahui perubahan dan peluang yang besar muncul pertanyaan, bagaimana cara kita untuk meningkatkan kemampuan bernalar dan apa saja yang harus dipersiapkan menghadapi Tes UTBK 2023.

Secara umum proses perkembangan logika seseorang akan sangat dipengaruhi dari berbagai sebab, pertama usia pemikirian seseorang, dimana orang dengan latar belakang ekonomi sulit akan lebih banyak menghadapi masalah kehidupan dan memaksanya berfikir keras untuk bisa bertahan hidup dan keluar dari masalah tersebut.

Sedangkan untuk anak yang memiliki ekonomi keluarga menengah keatas dapat belajar dan menambah wawasan yang jarang dirasakan oleh orang lain, seperti belajar langsung ke negara yang lebih maju dan melihat kehidupan disana atau merasakan banyak pengalaman hidup yang tidak akan bisa dirasakan oleh orang yang tidak memiliki banyak uang.

Tuhan memang adil setiap manusia memiliki cara sendiri dalam mengembangkan cara berlogikanya sesuai dengan kemampuan. Kedua cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berlogika adalah aktif mengikuti kegiatan non akademik baik disekolah maupun diluar sekolah, seperti ikut ekstrakulikuler, mendalami salah satu cabang minat tertentu, atau gabung salah satu komunitas tertentu.

Lebih sederhananya melatih diri untuk terlibat aktif dalam kegiatan berorganisasi akan sangat meningkatkan kemampuan literasi dalam berbahasa maupun dalam logika lainnya. Jadi intinya kegiatan belajar tidak cukup untuk memaksimalkan potensi berlogika, kesimpulan sederhana yang harus dilakukan untuk memersiapkan tes UTBK saat sekolah adalah :

  1. Dapat membantu memecahkan masalah yang dihadapi sendiri tanpa tergantung orang dewasa.
  2. Akan lebih baik jika kita mulai bisa memahami masalah orang dewasa seperti orang tua, sebagai anak kita harus peka dengan kondisi masalah yang disembunyikan orang tua dan mencoba untuk beradaptasi dan tidak banyak menuntut.
  3. Biasakan untuk melatih diri mandiri dalam segala hal, walaupun banyak yang membantu kita harus memiliki prinsip melakukan secara mandiri jauh lebih baik.
  4. Mengikuti organisasi baik yang ada di sekolah maupun di masyarakat.
  5. Mengikuti banyak lomba, latihan.
  6. Jauh lebih baik biasakan untuk menulis semacam buku harian untuk melatih kemampuan bernalar secara kritis baik itu tentang perasaan atau cerita biasa.

Itulah beberapa kebiasan yang bisa dilakukan rutin setiap hari untuk meningkatkan kemampuan berfikir dan mengembangkan logika, masih banyak yang lain, sesuaikan dengan kepribadian apakah cara tersebut cocok untuk orang dengan tipe introvet atau eksrovet, kita hanya tinggal mengganti versi yang lebih cocok dengan diri sendiri.

Sedangkan untuk melatih mengerjakan soal-soal dengan tipe Skolastik ada banyak cara, salah satunya pengalaman yang ditulis oleh salah satu akun medsos @latif_ananda yang mengklaim cara belajar yang sudah dipraktekan menghasilkan skor tes skolastik 700++ terlepas dari cocok atau tidak cara tersebut patut kita pelajari untuk memaksimalkan tes tersebut seperti :

 

Trik Mengerjakan Soal Skolastik Peraih Skor 700++ :

  1. Melatih diri untuk dapat mengukur kecepatan berlogika, dengan cara berfikir kritis dan berfikir cepat, karena akan dikejar dengan banyak soal dengan waktu terbatas. Intinya harus terbiasa dengan berfikir cepat.
  2. Tes Skolastik tidak perlu belajar ekstra, biasakan latihan soal TPS supaya lebih terlatih dalam menjawab soal.
  3. Mengetahui tujuan pembuat soal jangan sampai kita gagal paham memahami materi.
  4. Manfaatkan media sosial seperti youtube, tiktok untuk belajar soal-soal supaya lebih menarik dan lebih menyenangkan untuk dipelajari.

Kalau cerita tentang pengalaman UTBK setiap tahun admin selalu kebagian anak-anak yang privat gratis kerumah, rata-rata orang yang datang kerumah minta bimbing tes UTBK dari keluarga kurang mampu dan kebanyakan masih keluarga, berdasarkan pengalaman admin setiap tahun trik yang admin ajarkan banyak berhasil.

Dari jeda waktu setela ujian sekolah biasanya siswa memiliki waktu 1 bulan libur sampai menunggu tes UTBK dibuka, kesempatan tersebut cukup singkat dan hampir tidak mungkin mengajari siswa-siswi belajar materi karena waktu tidak cukup, biasanya admin lebih fokus pada cara trik menjawab soal sepert berikut :

 

Trik Mengerjakan Soal Skolastik Jika Tidak Mengetahui Jawaban :

  1. Admin pernah memiliki pengalaman tergabung dalam menyusun rumus soal pilihan dimana dalam menentukan jawaban benar dan salah rata-rata seimbang, jarang sekali pengukuran kemampuan logika sistem jawaban benar-salah acak, biasanya mereka lebih terstruktur dan lebih seimbang, apabila ada 90 soal secara teori persentase jawaban benar a,b,c,d,e akan sama banyak walaupun tidak selalu sama. 
  2. Setiap soal jika pilihan ganda dengan jawaban a,b,c,d,e dipastikan ada 4 pilihan yang diantaranya mirip, sedangkan ada jawaban yang paling berbeda, maka akan sangat jarang pilihan jawaban yang paling berbeda tersebut benar, rata-rata salah. Pastikan jika anda tidak mengetahui jawaban saat mengisi, pilih saja salah satu yang mirip biasanya ada 4 jawaban akan lebih memudahkan dalam menganalisis jawaban.
  3. Tembak jawaban yang tidak tau dengan pilihan ganda yang sama contoh, putuskan jika ada jawaban nomor 1-90 tidak tau maka sepakat akan menjawab A semuanya yang tidak tau, maka kemungkinan benar akan lebih besar dibandingkan menebak asal-asalan.
  4. Gunakan sudut pandang berbeda dari soal yang dikerjakan, dari mulai membuat simulasi dalam pikiran atas soal yang sedang kerjakan, maka akan jauh lebih mudah dipahami.
  5. Prinsipnya semua soal yang diujikan akan berorientasi pada kesiapan kuliah jadi sudah pasti jawaban logika tidak akan jauh dari itu, gunakan hp mu untuk mengetahui bagaimana kehidupan kampus, cara berfikir mahasiswa, baik dari internet atau melihat langsung agar kita bisa memahami maksud dari soal.
  6. Soal logika UTBK adalah gambaran kehidupan kampus mulai awal hingga lulus, semua itu akan di ukur, jika seseorang lulus UTBK dipastikan bisa mengikuti perkuliahan sampai lulus, nah tugas kalian memahami jalannya kuliah dari awal hingga lulus dari berbagai sumber.
  7. Untuk soal logika matematika, dapat menggunakan sistem teknik menjawab trik hitung cepat atau lainnya yang perlu banyak dilatih.
  8. Jika menemukan soal literasi bahasa yang panjang, utamakan membaca soal terlebih dahulu baru kemudian masuk ke dialognya untuk mencari jawaban.
  9. Setiap sesi soal biasanya akan ada bonus dari pembuat soal biasanya tipe soal ini tipe soal sistematis dimana jawaban soal nomor sebelumnya ada di soal yang sedang dijawab.
  10. Belajar mengerjakan dengan cepat dan benar, itu membutuhkan latihan rutin.
  11. Bagi pelajar dari daerah atau siswa/i yang belum mahir menggunakan laptop/komputer harus dilatih 1 bulan sebelum tes.

Games dan media sosial biasanya menjadi satu rutinitas yang diakses setiap hari, itu bisa digunakan sebagai bahan untuk meningkatkan kemampuan logika seperti perbanyak games yang mengasah logika anda atau lainnya, intinya setiap kegiatan sehari-hari di sisipkan dengan persiapan tersebut.

 

Kapan Pendaftaran UTBK 2023 dibuka ?

Berdasarkan persiapan dan pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya pendaftaran UTBK akan dibuka dari bulan :

  1. Pendaftaran akun UTBK dari 1 Januari - 28 Februari 2023
  2. Pendaftaran UTBK 1 April - Pertengahan bulan Mei 2023
  3. Tes Skoliostik Akhir Mei 2023
  4. Pengumuman UTBK dan Cetak Kartu Satu bulan setelah tes UTBK 1 Juli 2023
  5. Pendaftaran Ulang & Kuliah Perdana Agustus 2023

Belajar trik soal dan latihan soal TPS akan sangat membantu dalam mengejerkan soal cepat namun tepat, selagi bisa dipikirkan jangan asal jawab soal, jika memang tidak menemukan jawaban trik yang sudah dibahas bisa digukan sebagai pilihan terakhir, tetapi itu tidak akan membantu jika semua soal tidak mengetahui jawabannya.

Beban belajar siswa untuk mengikuti tes UTBK tidak akan terasa berat termasuk orang tua, tidak perlu banyak membayar uang tambahan bimbel yang biaya berkali-kali lipat dari uang sekolah. Semoga bermanfaat.