Pengalaman Cara Pendaftaran KIP Kuliah Terbaru 2022-2023

Info Penting CPNS

Pengalaman Cara Pendaftaran KIP Kuliah Terbaru 2022-2023 - Jika teman-teman membaca mengenai cara pendaftaran KIP Kuliah di Internet mayoritas informasi yang diambil tidak akurat karena tidak relevan lagi sebab sekarang ada beberapa perubahan yang terjadi pada saat mendaftar KIP Kuliah, proses pendaftaran terdahulu tidak sesuai.

Beberapa perubahan berdasarkan pengalaman admin yang mendaftarkan keponakan tahun ini memiliki perbedaan dari tahun sebelumnya dimana tahun ini daftar KIP Kuliah lebih mudah tidak perlu banyak data yang dimasukan, untuk proses pendaftaran awal peserta yang memiliki kartu KIP atau KKS dapat langsung mendaftar secara online.

Tahun ini kebetulan admin ikut mendaftarkan keponakan jadi sekali tulis pengalaman untuk belajar teman-teman, proses pendaftaran dapat dilakukan 100 persen menggunakan hp walaupun sinyal tidak stabil pendaftaran masih tetap lancar.

Setiap peserta yang ingin mendaftar KIP Kuliah tidak perlu membuat surat keterangan kurang mampu karena pada tahap awal tidak dibutuhkan langsung daftar data KIP akan langsung tersingkronisasi, data yang diisi juga tidak banyak seperti biodata, data orang tua, data prestasi data seleksi, beserta foto pribadi, foto bersama keluarga dan foto prestasi.

Masalah biasanya terjadi saat upload karena ukuran lebih dari 300 kb jadi untuk kompres secara sepat bisa kirim foto ke wa akan otomatis ukurannya mengecil, untuk kendala lain usahakan mendaftar menggunakan broswer crome atau mozila biasanya untuk di broswer lain berkendala saat mendaftar.

Beberapa dokumen yang harus dipersiapkan adalah KTP,KK, KIP/KKS pilih salah satu, foto, bukti prestasi tertingi, admin sudah menuliskan secara lengkap tata cara mendaftar KIP Kuliah terbaru sesuai dengan pengalaman secara akurat.

 

Daftar Baru 

Buka KIP Kulih https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ klik menu "Daftar Baru" masukan, NIK , NISN, NPSN, Email Proses selanjutnya, verifikasi ke email terdaftar.

Biodata

Login kembali ke https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id menggunakan No Pendaftaran dan Kode akses yang sudah dikirim ke email terdaftar, setelah itu buka menu Biodata, upload foto resmi, isi NISN, nama siswa, NIK, No KIP atau no KKS pilih salah satu, asal sekolah, tahun lulus, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, agama, alamat, provinsi, kabupaten, email, no telepon, no HP bisa diisi sama. Untuk ukuran foto kurang dari 300 kb simpan. lanjutkan isi data lainnya.


Data Keluarga

Upload foto bersama keluarga, isi nomor KK, NIK kepala keluarga, nama ayah, status ayah, hubungan dengan Ayah, pendidikan ayah/wali,  pekerjaan ayah, detail ayah, nama ibu, status ibu, pendidikan ibu, pekerjaan ibu, detail, jumlah tanggungan, nomor telpon orang tua, klik simpan.



Data Prestasi

Setiap peserta dapat mengisi hingga 3 prestasi, hanya isikan yang menurut anda merupakan yang terbaik, seperti nama kegiatan, jenis, tingkat tahun, pencapaian klik simpan.


 

Rencana 

Rencana tinggal dukungan wali, transportasi asal, transportasi harian, biaya transportasi simpan dapat dipilih sesuai dengan rencana ketika lulus nanti.


 

Seleksi

Setiap peserta dapat memilih 1-2 seleksi yang akan diikuti secara bersamaan sesuai dengan data pendaftaran seleksi yang akan diikuti, ini bukan merupakan pemilihan PT atau prodi hanya untuk memilih seleksi yang akan diikuti, untuk pemilihn PT dan prodi dilakukan saat mendaftar di LTMPT SNMPTN. Klik Simpan Seleksi, data yang sudah dipilih tidak akan bisa dirubah kembali.

 

Cetak Kartu Peserta & Cetak Formulir

Setelah proses pendaftaran jangan lupa untuk mencetak kartu peserta dan cetak formulir dan bisa langsung di print namun jika data masih terdapat keselahan dapat di edit terlebih dahulu kecuali data pilihan seleksi.



Setelah proses ini bisa melanjutkan proses pendaftaran LTMPT SNMPTN sesuai seleksi yang sudah dipilih data yang admin ambil berdasarkan pengalaman admin mendaftarkan keponakan pada tahun yang sama semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat sebagai petunjuk bagi peserta lain agar tidak terjadi kesalahan.