Masalah Saat Mendaftar SNPMB Beserta Solusinya ?


Masalah Saat Mendaftar SNPMB Beserta Solusinya ? - Ada yang lupa email dan sandi akun SNPMB yang sudah dibuat karena berbagai alasan seperti hp lama rusak terkunci secara otomatis oleh sistem gmail, yang lainnya lupa karena email baru dibuat atau email lama tidak digunakan jadi lupa, bagaimana solusinya ?

Bagi yang lupa password tidak perlu di tanya bisa menggunakan menu lupa password kemudian isi email yang sudah terdaftar, link reset akan dikirim ke email tersebut, beda cerita dengan peserta yang lupa email biasanya hal itu terjadi karena email yang digunakan jarang di pakai, atau biasanya email baru buat. 

 


Kendala seperti hp rusak mendadak menyebabkan tidak bisa dibuka karena terkunci atau nomor hp pemulihan sudah lama mati, seharusnya jika dirasa nama email sulit diingat sebaiknya dicatat tetapi jika sudah lupa apa yang harus dilakukan, dikutip dari situs resmi SNMPB langkah yang harus dilakukan apabila lupa email :

  

Bagaimana Jika Lupa Email Akun SNPMB ?

 Hubungi Halo SNPMB Support Center

  1. Buka buka link https://halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Klik Create Ticket Request
  3. Isi Nama, Email, Tyape, Subjek, Pesan, apabila ada file bukti kendala bisa dilampirkan, pilih status pengiriman, dan provinsi.
  4. Isi pesan mengenai kendala seperti lupa akun email beserta alasannya.
  5. Klik buat Tiket.

 

 Apakah Bisa Mengulang Daftar Akun SNPMB ?

Selain permasalahan mengenai lupa email akun peserta yang ingin mendaftar SNPMB seringkali bertanya apakah bisa mengulang daftar akun SNPMB, seandainya akun yang dibuat sebelumnya lupa atau terdapat kesalahan data pendaftaran, dengan data yang sama mendaftar dua kali jawabnya tidak bisa karena alasan berikut :

  1. Setiap pendaftar hanya memiliki 1 NISN apabila sudah terdaftar maka akan otomatis tersingkroniasi dari pangkalan data yang ada di kemdikbud menyebabkan tidak bisa mendaftar dua kali dengan NISN yang sama.
  2. Apabila data awal yang diisi belum selesai maka yang harus dilakukan bukan mendaftar lagi tetapi melanjutkan proses tersebut sampai selesai.
  3. Apabila terdapat kesalahan pada saat input data atau lupa akun yang sudah dibuat yang harus dilakukan menghubungi Halo SNPMB tidak bisa membuat akun kembali.
  4. Jika proses pembuatan awal akun ternyata tidak sempat tersimpan baru bisa mengulang membuat akun.
  5. Intinya apabila data sudah terdaftar tidak bisa membuat dua akun dengan data yang sama.

 

Kalau Sudah Daftar SNPMB Tapi Tidak Jadi Ikut SNBP atau SNBT UTBK ?

Apakah akan kena sangsi jika kita sudah daftar akun SNPMB ternyata karena ada hal tertentu menyebabkan tidak jadi ikut apakah kita bisa tetap lulus, jawabnya peserta yang sudah mendaftar SNPMB dan tidak mengikuti proses sampai selesai akan dianggap gugur tidak lulus hanya sebatas itu saja.

  1. Peserta SNBP biasanya yang sudah buat akun ternyata tidak lulus pemeringkatan tidak jadi masalah akun bisa digunakan untuk mendaftar akun UTBK tanpa harus membuat dari awal.
  2. Mereka yang dengan sengaja tidak ikut setelah mendaftar tidak akan ada masalah tetapi dipastikan tidak lulus seleksi yang diikuti.

 

Apakah Jalur Mandiri PTN Membutuhkan Akun SNPMB?

Akun SNPMB hanya untuk seleksi SNBP dan SNBT UTBK sedangkan untuk jalur mandiri tidak perlu membuat akun SNPMB ketentuan tersebut diatur oleh masing-masing PTN seperti berikut :

  1. Akun SNPMB dibutuhkan untuk seleksi SNBP dan SNBT UTBK selain dari dua jalur tersebut tidak membutuhkan akun SNPMB
  2. Untuk Jalur Mandiri PTN pendaftaran hanya melalui website resmi masing-masing PTN dibuka satu kali dalam satu tahun.
  3. Pendaftaran dilaksanakan setelah jalur SNBP & SNBT UTBK selesai.

 

Registrasi Akun SNPMB Tahun Ini Apakah Bisa Untuk Tahun depan ?

  1. Pendaftaran SNBP hanya bisa diikuti satu kali saja pendaftaran akun hanya untuk tahun yang sama.
  2. Sedangkan untuk UTBK SNBT bisa diikuti 3 tahun pasca lulus sekolah, biasanya jika tidak ada perubahan data akun yang sudah dibuat bisa digunakan tetapi tetap harus mengecek jika data masih ada bisa hanya dengan melakukan singkronisasi kembali, sedangkan jika data sudah hilang tahun berikutnya harus membuat akun kembali tergantung data yang ada di web SNPMB.

 

Bagaimana Cara Menghapus Akun SNPMB ?

Untuk melakukan penghapusan data tidak perlu dilakukan karena sampai artikel ini dibuat belum ada fitur untuk melakukan request penghapusan akun, apabila tidak ingin ikuti tidak perlu menghapus data abaikan saja maka otomatis tidak digunakan.


Kenapa Tidak Bisa Mendaftar SNPMB ?

Tidak bisa mendaftar biasanya disebabkan error dari pusat hal ini biasa terjadi pada awal pendaftaran SNPMB solusi yang harus dilakukan sabar menunggu dan pastikan mengecek secara berkala sampai situs bisa mendaftar.