Kelebihan Program Kampus Merdeka 2021-2022 : Lulus Kuliah Langsung Kerja

Info Penting CPNS

Kelebihan Program Kampus Merdeka 2021-2022 : Lulus Kuliah Langsung Kerja - Masih banyak mahasiswa yang bingung dengan program Kampus Merdeka, terkadang pihak kampus maupun dosen hanya memberikan informasi pendaftaran seperti pertukaran belajar namun tidak masih banyak mahasiswa yang ragu untuk ikut terutama mengenai biaya, yang ditakutkan oleh mahasiswa biaya yang dikeluarkan besar.
 
Padahal program ini sangat bagus bahkan beberapa program dari Kemdikbud ini memberikan uang saku kepada mahasiswa yang terpilih, ditambah jaminan rata-rata 20 sks apabila mengikuti program ini, tentu memiliki keunggulan sangat mantap. Kalau admin kuliah di jaman sekarang mungkin udah ikut dari sejak lama.
 
 

 
Jaman dulu sih ngak ada program yang kayak gini, biasanya program hanya ada workshop dan seminar saja itupun jadi rebutan, beruntung mahasiswa jaman sekarang ada program seperti ini, keuntungan lain mengikuti program kampus merdeka sertifikat yang akan di dapat memiliki kredit skor setara 1 semester dan berlaku untuk poin kredit pendidikan profesi.
 
Atau bagi para dosen dan guru bisa digunakan untuk syarat kelengkapan naik pangkat. Untuk mahasiswa sendiri selain ilmu juga memiliki kesempatan untuk belajar di kampus impian mulai dari pertukaran mahasiswa internasional sampai dengan memilih belajar di PTN ternama Indonesia tanpa harus kuliah di kampus tersebut.
 
Untuk kalian yang dulu punya cita-cita masuk kampus favorite namun belum kesampaian ini kesempatan besar bisa ikut kampus merdeka bisa merasakan dosen dan jika sudah normal berkesempatan untuk kuliah langsung, sayangnya masih sedikit sekali mahasiswa yang ikut program ini padahal sangat bagus terutama untuk fakultas keguruan dan ilmu pendidikan akan mendapatkan banyak sertifikat yang dijamin akan berguna sampai menjadi ASN nanti.
 
Kampus Merdeka adalah program unggulan dari Kemdikbud ditujukan untuk mahasiswa yang dapat membentuk masa depan dari segi kopetensi maupun karir yang nanti akan dibutuhkan setelah lulus ini tidak akan didapat jika kita tidak mengikuti program ini :
 
Ada banyak program yang bisa diikuti melalui kampus merdeka, seperti tukar belajar, wirasta dan program lainnya untuk lebih jelas simak pembahasan program kampus merdeka dibawah ini : 
 
 
Magang 
 
Program ini sendiri memiliki fokus dalam industri yang sedang trend saat ini seperti dunia games, mobile app maupun program desain grafis lainnya yang menitik beraktan pada industri IT, dimana semua yang bersatus mahasiswa, sekolah, perguruan tinggi maupun dosen bisa mengikuti program ini dan akan mengikuti prorgam magang di perusahaan start up terbaik yang ada di Indonesia. Memberikan pengalaman dan kopetensi dalam industri yang akan dibutuhkan nanti ketika lulus kuliah. 
 
Studi Independent 
 
Merupakan program sama seperti pelatihan online yang melibatkan pihak ketiga baik swasta maupun perusahaan berskala internasional memberikan pelatihan kepada mahasiswa, sekolah, perguruan tinggi maupun dosen dan dapat diikuti secara daring, keunggulan sama pelatihan ini memiliki bobot 20 sks, sudah pasti sulit mendapatkan pelatihan dengan bobot 20 sks apabila tidak ikut program ini.
 
 
Indonesia Internasional Student Mobility  
 
Untuk kalian mahasiswa Indonesia yang memiliki keinginan belajar mengikuti pertukaran mahasiswa namun selama ini belum juga terpilih, kalian wajib ikut mendaftar program ini yang akan dibuka pada akhir tahun ditujukan kepada seluruh mahasiswa Indonesia tidak terbatas kampus tempat kuliah, namun program ini membutuhkan persiapan apabila nanti terpilih. Sangat wajib ikut program ini kapan lagi ikut kuliah luar negeri gratis.
 
 
Kampus Mengajar 
 
Mahasiswa semestar akhir seperti fakultas FKIP dan sejenisnya sudah pasti tau dengan program PPL kita akan menyelesaikan praktek lapangan mengajar di salah satu sekolah yang sudah ditentukan oleh kampus, namun apabila kalian sekalian ingin mendapatkan uang saku wajib ikut program kampus mengajar dimana tetap memenuhi mata kuliah PPL namun ikut program Kemdikbud sampai nanti penentuan sekolah tempat mengajar, pengalaman baru akan di dapat jika kalian mengikuti program kampus mengajar.
 
 
Membangun Desa (KKN Tematik)
 
Setiap program studi memiliki program KKN menjelang akhir semester, tidak ada salahnya mengikuti program KKN yang ada di Kampus Merdeka dimana kita wajib mendaftar dan ikuti program ini, nantinya pihak kampus akan mensingkronisasi program tersebut dengan mata kuliah yang akan di ambil.
 
 
Pertukaran Mahasiswa Merdeka
 
Apakah kalian memiliki cita-cita kuliah di salah satu PTN atau PTS terbaik di Indonesia, sayangnya belum bisa lulus atau dengan alasan mencari kampus yang dekat tempat tinggal menggurkan impian anda masuk kampus favorite, tidak perlu di sesali karena Kemdikbud membuka sempatan untuk pertukaran mahasiswa ke kampus dan akan di fasilitasi secara penuh oleh kemdikbud. Sayang untuk dilewatkan 
 
 
Proyek Kemanusiaan 

Program ini biasanya ditujukan untuk proyek kemanusiaan dari mulai kesehatan, sosial, pendidikan dan lainnya, biasanya fakultas ilmu sesial dan para aktivis yang banyak mengikuti program ini, tidak terbatas sampai situ saja semua mahasiswa bisa mengikuti program ini. 

 

Wiraswasta  

Nah program satu ini pasti menjadi incaran mahasiswa dimana wiraswasta menjadi salah satu profesi yang kemungkinan besar akan diambil setelah lulus kuliah dan merupakan profesi yang bisa mengantarkan kita sukses menjadi seorang bos, bukan sekedar karyawan, karena tingginya peminat biasanya program ini akan cepat ditutup dan siapa cepat dia yang akan dapat jadi pastikan untuk memantau terus program ini jika sudah dibuka segera ikut nantinya ini akan berguna bagi usaha masa depan.

 

Riset Atau Penelitian 

Program riset atau penelitan ini biasanya ditujukan bagi mahasiswa tingkat akhir, dosen maupun sekolah atau perguruan tinggi dalam mengembangan penelitian, dimana selama ini program riset akan terpisah dari perkuliahan, untuk sekarang program riset akan dapat diambil bersamaan dengan studi tentu menjadi sebuah kabar baik terutama bagi mahasiswa tingkat akhir dimana tidak hanya menyelesaikan penelitian akhir namun bisa mengikuti projek riset berkolaborasi dengan dosen atau guru.


Keuntungan Mengikuti Program Kampus Merdeka.

  1. Hampir sebagian besar dilaksanakan secara daring dan tidak akan bertabrakan dengan mata kuliah yang diambil.
  2. Mendapatkan Sertifikat dan Ilmu yang akan sangat berguna untuk masa depan, dan tidak akan menemukan program sejenis diluar dari Kampus Merdeka.
  3. Sertifikat pasti berguna untuk bukti keahlian yang dimiliki untuk kepentingan memnbuka bisnis sendiri maupun melamar kerja.
  4. Jaminan 20 sks dari kemendikb
  5. Beberapa program akan menjadi bagian mata kuliah yang diambil dan saling melengkapi.
  6. Memiliki pengalaman ekstra jika ikuti program kampus merdeka.
  7. Bisa mendaftar secara online dan mandiri.
  8. Hampir sebagian besar biaya di fasilitasi oleh kemendikbud, sebelum ikut program kampus merdeka baca baik-baik syarat dan ketentuan agar tidak terkejut. 
  9. Didukung kampus sepenuhnya dan tidak akan mengganggu kegiatan kuliah, malah menjadi nilai plus untuk mata kuliah yang mendukung program kampus mendeka.

 

Cara Pendaftaran

Cara mendaftar Kampus Merdeka tidak sulit, dapat dilaksanakan secara online, bagi yang berminat silahkan simak berikut ini :

  1. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui link https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id pilih program yang sedang berjalan.
  2. Klik Menu Pendaftaran.
  3. Buat Akun 
  4. Isi form Setelah selesai baru bisa ikut salah satu program.
  5. Sebelum memilih program silahkan tanya ke dosen untuk program yang akan diikuti jika program bersifat offline, apakah mendukung mata kuliah yang akan diambil jangan sampai tidak singkron dan berbenturan dengan jadwal kuliah di kampus.
  6. Namun untuk program online dapat diikuti tanpa mengganggu kegiatan perkuliahan.
  7. Beberapa program sudah direkomendasikan oleh pihak kampus dan menyarankan mahasiswa mendaftar peserta pertukaran mahasiswa dan mobitiy kampus.
  8. Biaya akan ditanggung pihak penyelenggara dalam hal ini kemdikbud namun ada biaya lain yang perlu di persiapkan secara mandiri tergantung program yang diikuti.
  9. Sejauh penelusuran admin semua program kampus merdeka gratis dan bahkan beberapa program menyediakan fasilitas uang saku bagi yang terpilih.
  10. Proses seleksi administrasi akan dilakukan secara ketat oleh Kemdikbud setiap peserta yang mendaftar belum otomatis lulus, hanya peserta yang lulus seleksi adminstrasi saja yang bisa melanjutkan program yang dipilih.
  11. Setiap mahasiswa bisa mengikuti program kampus merdeka lebih dari satu asalkan memenuhi syarat awal pendaftaran.
  12. Kalau sudah ditanya ke dosen atau pihak kampus pilih program isi lengkap form, kemudian tunggu seleksi.

 

Jadi bagi kalian yang saat ini sedang kuliah, dan tergolong banyak waktu santai rekomendasi mengikuti program ini karena akan berdampak baik bagi masa depan, sayang jaman admin kuliah belum ada program ini, kalau ada pasti admin akan ikuti program ini, sekedar share pengalaman untuk pelatihan di luar provinsi saja dengan biaya sendiri dan tidak di dukung kampus saja admin ikuti, apalagi sekarang didukung kampus sepenuhnya dan tidak akan mengganggu perkuliahan.