Panduan Pendaftaran Online SBMPN 2021-2022

Info Penting CPNS

Panduan Pendaftaran Online SBMPN 2021-2022 - Hai semua rekan-rekan alumni sekolah yang masih bingung mau kuliah dimana, kali ini kita akan memberikan informasi salah satu jalur masuk kuliah vokasi, untuk mereka yang lulusan SMK tentu pendidikan vokasi tidak asing lagi karena sudah dirasakan saat sekolah. Pada dasarnya vokasi merupakan salah satu pendidikan tingkat lanjut dari SMK dimana kurikulum di susun untuk menyiapkan tenaga kerja yang terampil.

Kebanyakan pelajar yang belum kuliah pasti sudah membayangkan apabila nanti memilih jurusan yang disukai tentu akan banyak perkuliahan praktek, hal itu tidak akan terjadi jika salah memilih jenjang pendidikan tinggi seperti S1, karena perkuliah praktek hanya akan dirasakan bagi mereka yang memilih pendidikan vokasi.

 


Ada banyak orang diluar sana baik yang sudah kuliah atau yang baru kuliah merasa apa yang dibayangkan tentang kuliah dengan kenyataan tidak sesuai, oleh sebab itu sebelum memilih jalur masuk kuliah kita harus benar-benar tau seperti apa pendidikan tinggi yang dipilih, agar bisa paham kita harus banyak membaca.

Salah satunya mencari informasi terlebih dahulu sebelum mendaftar, pada intinya program SBMPN merupakan salah satu seleksi bersama masuk politeknik negeri dimana jenis pendidikan vokasi yang lebih menekankan sistem kuliah praktek langsung dari pada teori, bagi yang merasa bahwa fasionnya praktek wajib mengikuti jalur masuk ini.

Pendidikan vokasi di politeknik negeri memiliki jenjang setara diploma, bagi yang mau kuliah setara S1 bisa memilih D4, pemerintah sudah melakukan beberapa perbaikan sistem pendidikan vokasi dengan dunia kerja, dimana lulusan dari politeknik negeri akan sangat dibutuhkan dunia kerja dan lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

SBMPN merupakan salah satu jalur ujian tertulis yang bisa diikuti secara mandiri tanpa harus mendapatkan rekomendasi dari sekolah, setiap alumni dari sekolah yang berbeda bisa mengikuti jalur seleksi ini asalkan mengikuti pendaftaran hingga selesai dan dinyatakan lulus tes terlulis. Jalur SBMPN nantinya akan masuk dalam katagori kuliah kelas pagi dimana jumlah biaya kuliah yang dibayar lebih murah dibandingkan dengan kelas siang.

Bagi yang berminat mengikuti pendaftaran SBMPN diharapkan agar mendaftar, mengisi form online, membayar uang pendaftaran, hingga mengikuti tes tertulis sesuai jadwal, bagi yang belum mengetahui tahapan pendaftaran SBMPN dapat mengikuti panduan pendaftaran seperti dibawah ini :

 

1. Registrasi akun SBMPN

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin melakukan pendaftaran SBMPN adalah dengan melakukan registrasi akun SBMPN. 
  2. Bagi siswa yang belum memiliki akun SBMPN, maka bisa mengunjungi laman http://sbmpn.politeknik.or.id hingga muncul halaman utama. 
  3. Selanjutnya klik tombol daftar dan pilih registrasi, nantinya laman website akan mengarahkan siswa untuk lebih dulu mengecek NISN siswa lebih dulu apakah valid atau tidak.
  4. Jika NISN yang dimasukkan valid dan sudah terdaftar pada SNMPN maka borang isian daftar akan terisi secara otomatis. 
  5. Namun jika sebelumnya siswa belum mengikuti SNMPN maka siswa diwajibkan untuk mengisi borang atau form kosong dengan lengkap. 
  6. Jika semua borang sudah terisi dengnan lengkap dan sesuai maka selanjutnya klik daftar.

 

2. Memilih Politkenik

  1. Setelah siswa selesai melakukan registrasi dengan mengisi data yang diminta, maka langkah selanjutnya adalah siswa bisa melakukan pemilihan politeknik yang diinginkan. 
  2. Pilihan politeknik nantinya akan muncul jika siswa sudah menyelesaikan tahap pengisian setelah registrasi. 
  3. Lalu akan muncul pilihan politeknik dan juga program studi yang bisa dipilih. 
  4. Siswa bisa memilih maksimal 2 politkenik dengan 3 jurusan.
  5. Jika pilihan politkenik dan jurusan dirasa sudah tepat, maka klik tombol selesaikan pilihan. 
  6. Selanjutnya, akan muncul review (ulasan) dari data diri pribadi dan politkenik yang sebelumnya telah diisikan. 
  7. Jika merasa masih ada yang salah maka siswa bisa mengeditnya kembali.

 

3. Melakukan pembayaran

  1. Jika siswa sudah merasa data diri yang diisikan sudah benar dan juga sudah memilih politeknik dan jurusan yang sesuai maka siswa bisa melakukan pembayaran. 
  2. Sesudah melakukan perubahan data atau sesudah memeriksa data maka yang selanjutnya siswa lakukan adalah klik tombol lakukan pembayaran dan nanti akan muncul konfirmasi akhir apakah siswa akan melakukan proses checkout atau tidak. 
  3. Setelah klik tombol tersebut nantinya siswa akan diarahkan ke laman partner SBMPN untuk menyelesaikan metode pembayaran.
  4. Pilih metode pembayaran yang diinginkan lalu konfirmasi pilihan metode bayar, jika sudah benar klik Ya untuk melanjutkan proses pembayaran. 
  5. Segera lakukan proses pembayaran dalam waktu 1x24 jam sejak invoice diterbitkan. 
  6. Status pembayaran SBMPN bisa diperiksa melalui menu cek status.

 

4. Mengisi biodata siswa

  1. Setelah terkonfirmasi telah membayar biaya SBMPN, maka siswa akan diarahkan ke laman selanjutnya untuk mengisi biodata. 
  2. Siswa diwajibkan untuk melakukan prubahan password atau kata sandi ketika sudah melakukan login sebelum ke tahapan pengisian biodata. 
  3. Nantinya setelah login di laman http://sbmpn.politeknik.or.id siswa akan diarahkan secara otomatis ke menu pengaturan untuk mengubah password.
  4. Setelah berhasil mengubah password, maka siswa diminta untuk melanjutkan mengisi biodata atau data diri pribadi. 
  5. Setelah itu siswa bisa memilih menu papan petunjuk yang berisikan mengenai apa saja kelengkapan berkas yang telah diinputkan oleh siswa.

 

5. Untuk peserta KIP

  1. Jika siswa terdaftar sebagai peserta KIP-Kuliah maka masukkan KAP dan PIN yang telah didapatkan pada laman https://kipkuliah.kemdikbud.go.id/ lalu klik tombol simpan untuk menyimpan data KIP-K. 
  2. jika merasa data yang dimasukkan sudah sesuai maka siswa bisa melakukan finalisasi dengan klik tombol finalisasi dan setelahnya akan muncul form untuk meyakinkan siswa dan pilih tombol Ya! Saya yakin untuk finalisasi data. 

 

6. Tahap finalisasi

  1. Finalisasi merupakan tahap terakhir dari pendaftaran SBMPN, setelah siswa melakukan tahap finalisasi maka siswa tidak akan bisa lagi mengubah data yang diunggah. 
  2. Jadi sebelum melakukan tahap finalisasi maka pastikan tidak ada lagi perubahan data. 
  3. Caranya adalah login ke akun SBMPN kemudian klik menu finalisasi.