Cara Pendaftaran Online Politani Samarinda 2021-2022

Cara Pendaftaran Online Politani Samarinda 2021-2022 - Hai teman-teman yang sedang bingung menentukan mau kuliah dimana, disini admin ada sedikit informasi buat kalian diluar sana yang sedang mencari referensi pendaftaran kuliah, salah satunya adalah Politani Samarinda, biasanya ditujukan untuk siswa/i yang berada satu wilayah dengan lokasi kampus ini. 

Bagi yang berminat diluar daerah juga bisa mendaftar, proses pendaftaran kampus ini dilaksanakan secara online sesuai dengan ketentuan yang berlaku, selain jalur SNMPTN dan SBMPTN Politani Samarinda juga membuka jalur masuk Mandiri dengan skema tertulis.
 


Jalur ini bisa menjadi salah satu jalan untuk kalian kuliah di kampus, terutama yang memiliki minat bidang pertanian pendidikan vokasi, lapangan kerja tersedia sangat banyak dan siap menerima lulusan Politani Samarinda baik pemerintah maupun pihak swasta.

Prospek masa depan bidang pertanian semakin terbuka dengan adanya start up bidang pertanian, selain itu bidang pertanian sudah berkembang pesat dengan adanya kemajuan teknologi informasi, ada banyak petani yang sukses di jaman saat, ini mengingat kebutuhan dunia kerja pertanian semakin meningkat setiap tahun sementara lulusan yang ada masih sangat sedikit.

Sebagian besar orang jaman dulu mungkin akan mendidik anaknya untuk tidak sekolah bidang pertanian karena ada istilah populer, untuk bertani tidak perlu kuliah, tetapi dunia sudah berubah seiring perkembangan kemajuan IT saat ini sektor pertanian mulai berovolusi dan menjelma menjadi indusri yang sangat menjanjikan, diman kebutuhan hasil pertanian selalu ada setiap hari.

Bahkan saat ini membeli hasil pertanian bisa langsung melalui aplikasi, apabila kita melihat perkembangan masa depan, beberapa industri masa depan yang akan buming selain antariksa bidang eco energy, salah satu bidang yang sangat cocok dalam industri masa depan pasti bidang pertanian, dimana kedepan akan meskin dibutuhkan.

Setelah mempertimbangkan asas peluang kerja dan peluang masa depan, jika ada yang berminat mengikuti pendaftaran Politani Samarinda silahkan ikuti Cara Pendaftaran Online Politani Samarinda seperti dibawah ini :

Bila ingin menjadi mahasiswa baru di Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (POLITANI Samarinda), Anda bisa mencoba masuk lewat Jalur Mandiri yang diadakan setiap tahunnya. Syarat dan tata cara pendaftarannya diterangkan sebagai berikut.

 

Persyaratan

  1. Peserta yang bisa mendaftar di Politeknik Pertanian Negeri Samarinda adalah peserta lulusan SMA/ MA/ SMK dan Paket C yang sudah memiliki Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (bagi yang baru lulus dan belum mendapatkan Ijazah) yang sudah ditandatangani oleh Kepala Sekolah
  2. Sebelum memulai pendaftaran, harap mengunduh terlebih dahulu panduan pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik Pertanian Negeri Samarinda di https://pmb.politanisamarinda.ac.id bagian menu “Petunjuk Pendaftaran”

 

Pendaftaran

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan registrasi awal secara daring atau online pada laman utama PMB POLITANI Samarinda di https://pmb.politanisamarinda.ac.id 
  2. Klik menu “Registrasi” yang ada di bagian atas tampilan laman
  3. Form Registrasi akan langsung tampil pada laman segera setelah website tersebut terbuka
  4. Beberapa data yang wajib diisi dalam form tersebut adalah Jalur Penerimaan, Nama Lengkap, Alamat Rumah Anda dengan lengkap, Kota Tempat Tinggal, Tempat Tanggal Lahir, Nomor Handphone, Alamat Email, Asal Sekolah atau PT serta Tahun Ijazah Anda. Apabila kode sekolah Anda tidak terdaftar, maka harap kirimkan email ke alamat email yang tertera di sana
  5. Ketik Kode Verifikasi yang ada di bawahnya
  6. Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan dan meneruskan data registrasi awal Anda untuk diverifikasi oleh sistem

 

Pembayaran

  1. Setelah menyimpan data, sekarang sistem akan mengarahkan Anda ke laman akses Kode Pembayaran Bank Anda. 
  2. Periksa email Anda segera karena Kode Pembayaran tersebut akan langsung dikirim sistem ke sana
  3. Klik link“Cetak Kode Transaksi Bank” yang ada pada laman tampilan  
  4. Setelahnya laman akan menampilkan detail form Kode Pembayaran Bank Anda. 
  5. Pada form tersebut, akan ditampilkan Nama Anda, Tanggal dan Jam Akhir Bayar Anda, Tanggal dan Jam Akhir untuk entry Data Anda, Nominal biaya pendaftaran (untuk Jalur Mandiri sesuai dengan yang tertera), serta Kode Pembayaran Anda.
  6. Cetak form “Kode Pembayaran” tersebut
  7. Lakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui Teller, Internet Banking, dan ATM Bank Syariah Mandiri Seluruh Indonesia dengan menunjukkan detail form “Kode Pembayaran” Anda tersebut

 

Selesaikan Pendaftaran 

  1. Login kembali ke laman PMB Politeknik Pertanian Negeri Samarinda di https://pmb.politanisamarinda.ac.id 
  2. Ketik “Kode Pembayaran”yang sudah Anda dapatkan sebelumya di email pada tampilan utama laman
  3. Klik tombol “Login” 
  4. Laman akan menampilkan form “Biodata Pribadi”. Isilah data pribadi Anda mulai dari NISN, Tempat Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Kewarganegaraan, Agama, Golongan Darah, Alamat Lengkap dan Kode Pos. 
  5. Klik tombol “Next” 
  6. Selanjutnya, isilah form “Data Nilai dan Asal Sekolah”Anda dalam laman mulai dari data nilai NEM/UNAS/IPK, Nilai Ijazah Total, Tahun Ijazah Sekolah atau PT, Kode Asal Sekolah atau PT, Alamat Sekolah/ PT, hingga data rapor Anda mulai dari Semester 1 hingga Semester 6
  7. Setelah semua data-data asal sekolah selesai, klik “Next”  
  8. Form-form yang harus Anda isi setelahnya adalah form “Data Orangtua/ Wali”, serta form “Pilihan Prodi dan Dokumen Bukti” 
  9. Dalam “Data Orangtua/ Wali”, isikan Nama Lengkap Orangtua Anda, Pekerjaan, Pendidikan Terakhir, hingga Penghasilan Per-Bulan Orangtua dengan benar
  10. Dalam “Pilihan Prodi dan Dokumen Bukti”, pilihlah maksimal dua prodi di Politeknik. Selain itu, unggah juga scan Ijazah Terakhir atau Surat Keterangan Lulus atau KTM Anda dalam bentuk .jpg atau jpeg dengan ukuran maksimal file 500 KB per-file
  11. Unggah juga scan Foto Berwarna Anda dengan latar belakang merah dan ratio 3:4 dan dalam bentuk .jpg
  12. Setelah semua data dan dokumen bukti diunggah dengan sempurna, klik tombol “Simpan Final”

 

Cetak Kartu 

  1. Sekarang laman akan menampilkan opsi-opsi “Cetak Kartu Peserta”, “Cetak Form Biodata” dan “Cetak Form Rapor dan Prestasi Non Akademik”
  2. Klik tombol “Cetak Kartu” untuk mencetak Kartu Peserta Anda. Simpan baik-baik kartu peserta yang sudah Anda cetak karena kartu tersebut wajib diserahkan kembali saat mendaftar ulang nantinya
  3. Cetak juga opsi-opsi lain seperti “Cetak Form Biodata” dan “Cetak Form Rapor dan Prestasi Non Akademik” yang tertera pada laman untuk kelengkapan dokumen pendaftaran Anda di Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

 

Pengumuman

  1. Cek pengumuman hasil seleksi Anda pada laman resmi POLITANI SAMARINDA di https://www.politanisamarinda.ac.id


Semoga informasi mengenai cara mendaftar Politani samarinda diatas dapat membantu memberikan informasi, harap berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi Politani Samarinda, pihak kampus tidak pernah meminta uang apapun untuk menjanjikan kelulusan, apabila ada yang seperti itu abaikan saja, untuk bisa lulus tentu harus dinyatakan memenuhi persyaratan baik secara adminstrasi maupun tes tertulis.