Cara Pengajuan Penurunan UKT 2021-2022

Info Penting CPNS

Cara Pengajuan Penurunan UKT (Uang Kuliah Tunggal ) 2021-2022 - UKT merupakan singkatan dari Uang Kuliah Tunggal atau uang persemester yang harus dibayar dari mulai lulus pertama kali di PTN sampai wisuda, pemerintah memberikan beberapa aturan mengenai UKT dimana ditentukan berdasarkan kelompok ekonomi keluarga, dengan catatan harus mengajukan dan melengkapi dokumen penurunan UKT.

Lantas kapan penurunan UKT bisa diusulkan ? proses pengajuan UKT dilaksanakan setelah resmi menjadi mahasiswa baru di PTN dimana sejak awal harus segera diajukan, ketika semua proses pendaftaran ulang selesai, mahasiswa yang bersangkutan harus aktif mencari informasi kapan penurunan UKT dibuka dan bisa segera diajukan.


Apabila tidak melakukan pengajuan penurunan UKT bisa dipastikan UKT tidak berubah, selain dari pengajuan penetapan UKT ditentukan berdasarkan 3 hal yaitu PTN, Prodi, dan lulus jalur masuk yang mana, ketiga kriteria itu akan menentukan seberapa besar UKT yang akan dibayar nantinya, berdasarkan pengalaman dulu jalur masuk yang memiliki UKT awal paling murah tanpa harus mengajukan penurunan adalah jalur SNMPTN.

Tapi kalian harus melihat di kampus mana dan jurusan apa lulusanya setiap kampus dan jurusan akan berbeda, selanjutnya diikuti dengan jalur SBMPTN hanya saja untuk mendapatkan UKT yang murah lulusan jalur SBMPTN harus mengajukan berkas penurunan UKT dan persentasi kedua jalur tersebut apabila mengusul penurunan pasti akan di acc.

Beda cerita dengan yang lulus jalur mandiri UKT yang harus dibayar paling besar dan peluang untuk turun apabila melakukan pengajuan penurunan UKT sangat kecil di acc, hanya sebagian kecil saja yang bisa turun setelah pengajuan UKT.

Sebelum melaukan pengajuan penurunan UKT sebaiknya setiap orang tua/wali harus sadar diri apabila UKT yang diterima mampu dibayar dan sudah cukup kecil tidak perlu mengajukan penurunan UKT, karena beberapa pengalaman ada mahasiswa baru yang mengajukan penurunan UKT bukan berkurang tetapi malah tambah besar jangan sampai itu terjadi.

Tujuan dari Pengajuan Penurunan UKT agar biaya yang harus dibayar terjangkau apabila sebelumnya dinilai terlalu tinggi, sementara untuk yang sudah mampu membayar UKT jangan serakah cukp dan tidak perlu ada pengajuan. Dari pembahasa yang sudah diulas berikut kami tampilkan kelompok ekonomi sesuai dengan UKT.


Pengajuan penurunan UKT di prioritaskan mereka yang lulus jalur SNMPTN dan SBMPTN, sedangkan jalur Mandiri PTN sangat bergantung pada PTN tempat kita lulus, apabila mengacu pada pengalaman admin dulu saat kuliah di salah satu PTN jalur Mandiri hampir berubah meski mengajukan penurunan UKT.

 

Ketentuan Besaran UKT.

  1. Besaran UKT yang diterima bergantung pada kelompok penghasilan ditentukan dari data pendaftaran Jalur masuk seperti SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri.
  2. Selain itu juga ditentukan berdasarkan Fakultas dan prodi masing-masing prodi berbeda jumlah UKT yang harus dibayar. Bahkan ada beberapa fakultas yang diprioritaskan oleh pemerintah dengan UKT awal sangat rendah seperti Pertanian dan lainnya.
  3. Besaran UKT ditentukan oleh masing-masing PTN.
  4. Besaran UKT dapat di review ulang dan diubah melalui skema pengajuan penurunan UKT.

 

Persyaratan

  1. Siapkan dokumen seperti pembayaran tagihan listrik 6 bulan terakhir atas nama orang tua/wali
  2. Siapkan dokumen seperti bukti pembayaran tagihan air 6 bulan terakhir atas nama orang tua/wali
  3. Bukti penghasilan orang tua 6 bulan terakhir bisa berupa slip gaji/rekening koran orang tua/wali
  4. Surat permohonan pengajuan Berkas Penurunan UKT bisa tanya ke kampus.
  5. Surat keterangan tidak mampu dari desa/kelurahan setempat.
  6. Mengikuti tes wawancara dan dihadiri oleh orang tua/wali
  7. Lampirkan Kartu Mahasiswa 

 

Pengajuan Penurunan UKT 

  1. Melengkapi berkas persyaratan
  2. Membawa berkas tersebut ke BAAK PTN tempat lulus.
  3. Untuk proses wawancara akan disampaikan oleh pihak kampus
  4. Mengikuti proses wawancara harus dihadiri oleh orang tua/wali tidak boleh diwakilkan.
  5. Hasil dari pengajuan penurunan UKT akan dimuat melalui papan pengumuman Program Studi.
  6. Penurunan UKT akan berlaku pada pembayaran semester selanjutnya hingga semester akhir.

 

Waktu Pengajuan penurunan UKT

  1. Awal perkuliahan dilaksanakan setelah kegiatan pengenalan Kampus.
  2. Mahasiswa baru harus mencari informasi sendiri tidak akan ada yang memberikan informasi jika tidak mencari, bisa tanya ke prodi atau baak kampus.

 

Waktu yang tepat untuk mengajukan penurunan UKT seperti yang sudah dibahas diatas adalah setelah selesai mendaftar ulang kita bisa langsung tanya ke kampus kapan jadwal pengajuan penurunan UKT bisa dilakukan, dan dari jauh-jauh hari harus dipersiapkan persyaratan pengajuan. Setiap pengajuan penurunan UKT akan melalui seleksi ketat.

Orang tua/wali wajib hadir dan mengikuti wawancara tidak bisa diwakilkan oleh orang lain, ada beberapa pertayaan seputar penghasilan yang harus dijawab secara jujur. Pastikan kalian tidak melewaktkan proses penurunan UKT karena hanya dilakukan satu kali selama kuliah, apabila lewat jadwal dipastikan UKT tidak akan berubah.

Oleh sebab itu setiap mahasiswa baru yang sudah menyelesaikan proses pendaftaran ulang harus aktif mencari informasi jadwal penurunan UKT dilaksankaan, setiap kampus berbeda-beda tetapi bisa dipastikan akan dibuka awal perkuliahan sebagai mahasiswa baru. Semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat teruma yang ingin mengikuti proses penurunan UKT pasca lulus di salah satu PTN.