8 Tips & Strategi Lulus CPNS

8 Tips & Strategi Lulus CPNS - Untuk bisa lulus CPNS memerlukan strategi yang cukup matang. Karena jika sudah salah langkah sejak awal pasti tidak akan sesuai dengan yang diharapkan, padahal tidak setiap tahun penerimaan CPNS dibuka, jadi apabila gagal maka akan rugi banyak, sebab belum tentu tahun depan ada pembukaan cpns karena tebentur Moratorium.

Pembatas rekrutmen CPNS masih tetap berlaku, oleh sebab itu para peserta harus benar-benar mempersiapkan dengan matang apa saja yang harus dilakukan pada saat mendaftar, sampai dengan mengerjakan soal, hal ini akan jadi penentu apakah kalian dapat lulus CPNS dengan mudah atau sulit.


Apabila tidak terlalu pintar maka yang dibutuhkan adalah berfikir cerdas menganalisa sekitar selanjutnya mencari celah-celah yang bisa kita masuk agar dengan nilai pas-pasan kita bisa lulus, tidak perlu menjadi yang terbaik karena tidak semua orang memiliki kepintaran diatas rata-rata.

Berikut admin memberikan beberapa tips & Strategi agar lulus CPNS berdasarkan pengalaman bertahun-tahun, paling tidak untuk calon peserta baru tidak mengulangi kesalahan karena pemilihan formasi akan menentukan apakah kalian bisa lulus atau tidak, selain itu pada saat mengerjakan soal CPNS harus dengan sangat cepat. Simak beberapa tips yang bisa digunakan agar bisa lulus CPNS :


8 Tips & Strategi Lulus CPNS

1. Pilih Formasi Yang Sepi Peminat.

Strategi pertama yang harus dilakukan adalah mengecek formasi yang dibuka, selanjutnya pilih formasi yang sepi pendaftar, biasanya tempat/daerah jauh dari tempat keramaian atau terpencil, kita bisa brosing terlebih dahulu sebelum memilih lokasi, hindari memilih tempat ramai seperti perkotaan, dekat perkantoran atau kecamatan, Intinya daerah yang terpencil biasanya tidak memiliki pendaftar. Jika dalam formasi yang kita ikuti hanya ada kita sendiri, maka dipastikan nilai cukup saja sudah bisa lolos di SKD dan kita bisa mengejar nilai di SKB nantinya.


2. Mendaftar Di Hari terakhir

Untuk memastikan formasi yang kita pilih sepi peminat hal yang harus dilakukan adalah mendaftar di hari terakhir biasanya jumlah peserta tidak akan jauh berbeda, jika di suatu formasi masih sepi, maka anda bisa mendaftar, idealnya formasi tempat kita mendaftar berisi 2-4 orang pendaftar, itu akan memudahkan kita lolos tes SKD, karena tes inilah yang paling sulit. Biasanya urutan 4 besar lulus SKD dan bisa mendaftar SKB, tes SKB tidak sesulit tes awal, apalagi kita sudah memegang sertifikat profesi pasti akan banyak mendapatkan poin tambahan.


3. Belajar Soal-Soal TPA

Soal-soal kepribadian atau TPA seringkali dianggap sangat mudah sehingga kita memilih untuk mengerjakan di akhir, padahal yang akan banyak membantu nilai kita adalah soal-soal TPA pastikan kalian mengerjakan soal-soal tersebut terlebih dahulu, isian dari jawaban bukan yang paling benar, tetapi yang memiliki nilai paling besar, pahami bentuk soalnya dan kerjakan dengan segera.


4. Fokus Pada Jawaban

Dalam mengerjakan soal-soal SKD memang terkadang kita lupa fokus pada jawaban sehingga terjebak dalam soal yang membuat kita mengabiskan banyak waktu, tantangan terbesar dalam tes CPNS adalah waktu bukan hanya betul dan salah, usahakan anda langsung membaca soal kemudian memilih jawaban, baru jika dibutuhkan baru cari jawaban di dalam sebuah soal yang panjang.


5. Tinggalkan Soal Yang di Anggap Sulit

Anda harus segera meninggalkan soal yang sulit karena soal-soal sulit di tes CPNS akan terasa menjebak membuat kita percaya diri tau soalnya padahal menyita banyak waktu, apabila dalam waktu 30 detik tidak ketemu jawaban segera tinggalkan dan lanjut dengan soal lainnya.


6. Kerjakan Dengan Segera

Ini salah satu pengalaman saya sendiri, tahukah anda bahwa setiap soal yang kita kerjakan hanya memiliki waktu maksimal 40-50 detik, apabila lebih dari itu dipastikan kalian tidak akan bisa mengisi semua soal karena kehabisan waktu. Usahakan mengisi soal yang bisa terlebih dahulu kemudian mengulangi dengan cepat soal yang belum diisi. Pastikan setiap soal yang dikerjakan kurang dari 1 menit.


7. Memiliki Sertifikat Profesi

Apabila kalian memiliki sertifikat profesi di masing-masing lulusan anda maka yang tidak begitu sulit untuk mendapatkan nilai tinggi pada saat SKB, hanya membutuhkan nilai yang cukup untuk lolos SKD dan dipastikan pada saat tes SKB mendapatkan tambahan poin yang cukup tinggi. Apabila tidak memiliki tentu tidak jadi masalah bisa mengejar pada saat tes.


8. Belajar Soal-Soal CPNS

Tidak ada cara instan yang bisa kita lakukan untuk lulus CPNS, salah satu upaya yang harus kita lakukan adalah belajar karena jangan sampai kita ketemu soal-soal pada saat tes CPNS, hal itu akan membut kita lambat memahami soal, berlatih soal adalah salah satu tips agar bisa lulus.


Kesimpulannya adalah sebagian besar yang gagal tes CPNS adalah salah memilih Formasi karena ramai peminat dan yang kedua adalah kekurangan waktu dalam mengerjakan, ada banyak orang yang dipastikan bisa mengisi soal tes CPNS namun waktu yang dibutuhkan lebih lama dibandikan jatah waktu yang diberikan oleh panitia.

Hasilnya banyak soal yang belum terisi, padahal kita tau jawaban tetapi sudah kehabisan waktu, strategi-strategi ini memang sepele namun kadang pada saat tes kita lupa karena suasana sudah terlalu tegang atau terpancing soal-soal yang kelihatannya sangat mudah, tetapi jika dikerjakan menyita banyak waktu. Semoga bermanfaat terutama bagi yang baru ikut tes CPNS tahun ini.

0 Response to "8 Tips & Strategi Lulus CPNS"

Posting Komentar