Cara Pendaftaran Online Poltek SSN 2024/2025


Poltekssn.ac.id - Cara Pendaftaran Online Poltek SSN 2024/2025 - salah satu sekolah kedinasan yang sangat ternama dan diburu oleh siswa yang baru lulus, ada banyak alasan peserta memburu kampus ini salah satunya adalah dengan alasan ikatan dinas dimana semua peserta dipastikan mendapatkan pekerjaan sebagai seorang CPNS dibawah naungan Poltek SSN setelah lulus dari kampus ini.

Selain itu biaya kuliah Poltek SSN disubsidi pemerintah, nah untuk kalian yang sedang bingung kuliah atau bekerja rasanya Poltek SSN cocok untuk kalian yang sedang galau, tahun ini kampus Poltek SSN kembali membuka pendaftaran bagi kalian yang berminat mendaftar silahkan melengkapi berkas pendaftaran terlebih dahulu.



Setelah memenuhi persyaratan baik secara umum maupun adminstrasi baru peserta bisa melakukan pendaftaran dari mulai tahap awal pendaftaran hingga selesai untuk yang belum jelas seperti apa informasi yang dimaksud dapat mengecek semua informasi pendaftaran seperti dibawah ini untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.


Persyaratan Umum
  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Pria/Wanita
  3. Siswa kelas XII atau lulusan SMA/MA jurusan IPA ; a. SMA jurusan IPA; b. Madrasah Aliyah jurusan IPA; c. SMK TI Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi:
  4. Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika, Kompetensi Keahlian : Rekayasa Perangkat Lunak; Teknik Komputer dan Jaringan; dan Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi.
  5. Program Keahlian Telekomunikasi, Kompetensi Keahlian Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi.
  6. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris (teori/pengetahuan/wajib) masing-masing minimal 80, pada semester IV dan V 
  7. Usia minimal 17 tahun dan tidak melebihi dari 21 tahun;
  8. Sehat jasmani dan rohani tidak buta warna serta tidak cacat fisik dan mental;
  9. Bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat;
  10. Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga;
  11. Belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Poltek SSN;
  12. Tidak pernah putus studi/cfrop out (DO) dari Sekolah Tinggi Sandi Negara (Poltek SSN) dan atau Sekolah Kedinasan Pemerintah lainnya;
  13. Tidak sedang menjalani Ikatan Dinas dengan instansi lain;
  14. Bersedia mematuhi peraturan Poltek SSN dan menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID)

Persyaratan Administrasi
  1. Asli surat lamaran kepada Ketua Poltek SSN ditulis tangan dengan tinta hitam, bermaterai Rp. 6.000,-;
  2. Fotokopi rapor semester IV dan V dan lembar identitas diri pada rapor yang telah dilegalisir dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan;
  3. Asli surat keterangan konversi nilai rapor skala 0-100 yang telah dilegalisir dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan (bila nilai rapor menggunakan skala huruf);
  4. Fotokopi Ijazah/Transkrip Nilai Ujian yang telah dilegalisir dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan (bila lulus tahun sebelumnya)
  5. Asli Surat Keterangan Mengikuti Ujian Nasional yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang bagi Pelamar Kelas XII SMA/sederajat.
  6. Asli SKCK dari Kepolisian Sektor (Polsek) setempat;
  7. Asli Surat Pernyataan yang ditandatangani oleh pelamar dan diketahui oleh orang tua/wali yang menyatakan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan dan sanggup mengganti biaya pendidikan apabila melanggar, bermaterai Rp. 6.000,- (contoh format disediakan panitia);
  8. Asli Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Puskesmas/rumah sakit;
  9. Asli Surat Keterangan Belum Pernah Menikah dari Kepala Desa/Kelurahan setempat;
  10. Fotokopi identitas diri berfoto seperti KTP atau SIM atau Kartu Pelajar;
  11. Fotokopi KK (Kartu Keluarga);
  12. Pas foto berwarna terbaru (3 bulan terakhir) ukuran 4x6 cm sebanyak 2 lembar, berlatar belakang merah;
  13. Membayar biaya pelaksanaan seleksi SKD BKNsesuai PP no 63

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online di lakukan melalui situs https://dikdin.bkn.go.id dan https://poltekssn.ac.id/ terdiri dua pendaftaran tahap 1 yaitu pembuatan akun melalui website sscn dikdin selanjutnya proses pendaftaran tahap 2 login dan mengisi form pendaftaran melalui website Poltek SSN adapun rincian pendaftaran online sebagai berikut :

Pendaftaran Akun

Proses awal yang harus dilakukan adalah membuat akun pendaftaran untuk Waktu pendaftaran online di lakukan sscndikdin.bkn.go.id : silahkan untuk melakukan pendaftaran awal melalui website yang telah disebutkan sesuai dengan tanggal yang sudah ditetapkan oleh panitia  pendaftaran. Adapun beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mendaftar sebagai berikut
  • PENDAFTARAN PESERTA SECARA ELEKTRONIK : Untuk melakukan pendaftaran secara elektronik, calon peserta seleksi wajib mempersiapkan:
  • Alamat E-Mail (surat elektronik) yang masih berlaku;
  • NIK (Nomor Induk Kependudukan) calon peserta seleksi, Nomor Kartu Keluarga, dan NIK Kepala Keluarga  yang  tercantum dalam Kartu Keluarga;

Daftar Ulang SPMB

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pendaftaran ulang dilakukan melalui situs Poltek SSN peserta diharuskan melengkapi semua form pendaftaran da penyerahan berkas melalui panitia resmi Poltek SSN adapun informasi login dan form pendaftaran dapat dilihat seperti berikut ini :

Login dan Mengisi Form Pendaftaran

Setelah peserta berhasil mendapatkan akun kemudian diharuskan untuk login ke website Poltek SSN untuk Waktu pendaftaran online di laksanakan melalui situs https://poltekssn.ac.id/ *) setelah berhasil masuk langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengisi form pendaftaran dan upload berkas pendaftaran. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut sebelum melanjutkan pendaftaran.
  • Data-data lainnya yang ditentukan oleh masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas (dapat dilihat di menu Unduh). 
  • PENDAFTARAN DUA TAHAP : Pendaftaran awal di Portal (https://dikdin.bkn.go.id) dilanjutkan dengan pendaftaran di portal masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas yang dipilih oleh peserta.
  • PENDAFTARAN HANYA DI SALAH SATU LEMBAGA/SEKOLAH IKATAN DINAS: Calon peserta seleksi diberikan kesempatan untuk mendaftar hanya di salah satu instansi sesuai dengan pilihannya. Pilihan tersebut tidak dapat diubah dengan alasan apapun.  Oleh karena itu, pertimbangkan benar-benar sebelum melakukan proses pendaftaran.
     
Lokasi Penyerahan Berkas

Setelah berkas berhasil di isi silahkan dicetak dan dilengkapi untuk diserahkan ke panitia melalui  lokasi pendaftaran Jakarta/Bogor : berkas diberikan pada saat daftar ulang; adapun beberapa berkas pendaftaran yang harus diupload dan dilengkapi  sebelum penyerahan berkas sebagai berikut.
  • Lokasi pendaftaran Yogyakarta, Makassar, dan Banjarmasin : berkas di-up load melalui portal Poltek SSN setelah melakukan pembayaran TKD;
  • Berkas yang disampaikan antara lain: Formulir pendaftaran Poltek SSN
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK);
  • Fotocopy raport semester IV dan V
  • Fotocopy halaman depan raport.
  • Peserta yang lulus sampai dengan tahap III Tes Psikologi, Wajib membawa berkas sebagaimana yang terdapat dalam Persyaratan Administrasi pada Seleksi Tahap IV - Wawancara.

Tahap Seleksi 

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Poltek SSN menggunakan sistem gugur pada setiap tahap seleksi, maka hanya peserta seleksi yang lulus setiap tahap seleksi yang dapat mengikuti tahap seleksi selanjutnya. Rangkaian seleksi akan dilaksanakan secara bertahap sampai dengan selesai untuk lebih jelas sebeagai berikut.
  • Seleksi Tahap I : TKD BKN
  • Seleksi Tahap II : Tes Akademik
  • Seleksi Tahap III – A : Tes Psikologi
  • Seleksi Tahap III – B : Tes Tertulis CT dan MI
  • Seleksi Tahap IV : Wawancara
  • Seleksi Tahap V-A : Tes Kebugaran (samapta)
  • Seleksi Tahap V-B : Tes Kesehatan dan MMPI
  • Seleksi Tahap VI : Pantukhir

Pengumuman Seleksi

Proses tahapan seleksi Poltek SSN dilakukan dengan pola sistem gugur oleh sebab itu apabila sudah melalui tahapan seleksi maka langsung diumumkan, bagi yang lulus dapat melanjutkan tahap selanjutnya sedangkan yang tidak lulus harus terhenti, proses pengumuman Poltek SSN sendiri dilakukan melalui situs resmi https://poltekssn.ac.id/.  Bagi yang lulus seleksi sampai tahapan akhir Pantukhir diharuskan untuk mendaftar ulang sesuai waktu yang telah ditentukan.

  
Daftar Ulang Calon Mahasiswa

Setelah melalui berbagai tahap seleksi kini tiba saat yang dinanti yaitu peserta yang dinyatakan lulus harus kembali mendaftar ulang sebagai calon mahasiswa Poltek SSN untuk proses ini hanya bisa dilakukan bagi peserta yang sudah dinyatakan lulus Pantukhir saja bagi yang tidak lolos mungkin bisa mencoba lagi tahun depan, proses daftar ulang dilakukan melalui kampus Poltek SSN  dengan alamatSekolah Tinggi Sandi Negara Jl. Raya H. Usa, Desa Putat Nutug, Ciseeng, Bogor, Jawa Barat.

Demikian informasi yang bisa kami berikan terkait dengan pendaftaran Poltek SSN semoga bisa bermanfaat terutama bagi calon siswa Poltek SSN yang ingin mendaftar tabun ini rangkaian pendaftaran dan tes yang akan dilalui memang tergolong panjang maka dari itu harus betul-betul memperhatikan step demi step proses pendaftaran Poltek SSN sampai selesai terima kasih dan selamat mencoba.