Cara Pendaftaran Beasiswa TNI 2023-2024


Rekrutmen-tni.mil.id - Cara Pendaftaran Beasiswa TNI 2023-2024 - TNI atau Tentara Nasional Indonesia memiliki tekad untuk menjadi yang terdepan dalam menjaga kesatuan dan persatuan Republik Indonesia. Tekad tersebut akan terwujud apabila masyarakat terlibat di dalamnya khususnya para mahasiswa yang telah lulus dari perguruan tinggi negeri ataupun swasta. 

Oleh karena itu TNI membuka kesempatan bagi seluruh alumni perguruan tinggi agar bergabung dalam keluarga besar TNI. Artikel ini akan mengulas secara detail mengenai cara pendaftaran mahasiswa TNI dari mulai persyaratan, program studi yang dibutuhkan sampai cara melakukan pendaftaran.




Cara Pendaftaran Mahasiswa Beasiswa TNI : Persyaratan

Untuk menjadi bagian dari prajurit TNI, Anda harus memperhatikan beberapa persyaratan berikut ini.

  1. Pria atau wanita berkewarganegaraan Indonesia dan bukan prajurit TNI, PNS ataupun Polri
  2. Memiliki iman dan taqwa pada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Mempunyai kesetiaan penuh terhadap NKRI sesuai dengan yang terkandung dalam Undang Undang Dasar 1945 serta Pancasila
  4. Kriteria usia : a. Berumur 30 tahun untuk yang memiliki ijazah S1. b. Berumur 32 tahun untuk yang berijazah S-1 atau S-1 Profesi. c. Berumur 26 tahun untuk yang memiliki ijazah D-3.
  5. Persyaratan Indeks Prestasi Akademik (IPK) untuk prodi bukan Kedokteran dengan akreditasi “A” : a. Untuk yang memiliki ijazah S-1 dan atau S-2 Profesi dengan IPK minimal 2,80. b.Untuk yang memiliki ijazah D-3 dengan IPK minimal 2,70
  6. Persyaratan Indeks Prestasi Akademik (IPK) untuk prodi bukan Kedokteran dengan akreditasi “B” : a. Memiliki IPK minimal 3,00 untuk yang memiliki ijazah S-1 dan atau S-2 profesi. b. Mempunyai Indeks Prestasi Akademik (IPK) minimal 2,90 untuk yang memiliki ijazah D-3/
  7. Untuk jurusan dari Kedokteran Umum atau Gigi dan telah berijazah minimal S-1 Profesi serta lulus dari Ujian Kompetensi Dokter.
  8. Syarat IPK minimum untuk Perguruan Tinggi yang dibina Kemhan atau TNI : a. 2,80 untuk yang memiliki ijazah S1 dan S1 atau S2 Profesi. b. 2,70 bagi yang mempunyai ijazah D3.
  9. Belum berstatus menikah saat ataupun sebelum mendaftar dan bersedia untuk tidak melakukan pernikahan selama Dikma, ketentuan tersebut tidak berlaku bagi pendaftar dengan profesi Dokter, akan tetapi untuk pendaftar dokter dengan jenis kelamin wanita tidak diperbolehkan bagi yang sudah mempunyai anak serta bersedia untuk tidak hamil selama Dikma.
  10. Bebas dari narkoba serta sehat jasmani dan rohani.
  11. Tinggi badan untuk wanita minimal 157 cm, sedangkan pria minimal 163 cm
  12. Mampu menjalankan tugas di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
  13. Bila Anda karyawan, pastikan Anda telah mendapatkan ijin dari instansi terkait serta mampu membuat surat pernyataan pemberhentian kerja dengan hormat dari pemimpin instansi jika dinyatakan lulus seleksi dan resmi masuk Dikma.
  14. Melampirkan surat bebas narkotika serta surat kesehatan yang berasal dari RSP (rumah sakit dibawah naungan pemerintah) dan menyerahkan surat-surat tersebut saat melakukan daftar ulang pada tempat pendaftaran.

Cara Pendaftaran Mahasiswa Beasiswa TNI : Program Study yang Dibutuhkan

Penerimaan mahasiswa beasiswa TNI pada kali ini terbuka bagi lulusan perguruan tinggi di seluruh Indonesia dengan kriteria jurusan sesuai dengan tingkat dan jenis kelamin. Mari perhatikan uraian berikut dan pastikan anda adalah mahasiswa dari jurusan yang dibutuhkan. Adapun list jurusan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.
  1. Kedokteran : Jurusan yang dibutuhkan adalah kedokteran umum dan gigi.
  2. Kesehatan : Untuk bidang kesehatan, jurusan yang dibutuhkan adalah sanitarian, apoteker, elektromedik, gizi, analisis kesehatan, keperawatan, fisioterapi.
  3. Sains atau Teknologi Hayati : Penerimaan mahasiswa beasiswa juga membutuhkan bidang sains dan teknologi hayati yaitu dengan spesifiaksi jurusan mikrobiologi dan virologi.
  4. MIPA : Bidang MIPA yang dibutuhkan yaitu statistik, biologi, fisika instrumen, kimia dan matematika.
  5. Hukum
  6. Ilmu Komputer : Bagi Anda lulusan ilmu komputer, jurusan yang dibutuhkan adalah teknik komputer, teknik informatika dan teknik manajemen informatika.
  7. Teknik : Bidang teknik yang diperbolehkan adalah dari jurusan teknik arsitektur, sipil, metalurgi, otomotif, elektro arus lemah dan kuat, geodesi atau geomatika, geofisika, kimia, mesin kapal, perkapalan, manajemen industri, material, bangunan kapal, mesin, penerbangan.
  8. Komunikasi atau FISIP: Untuk bidang komunikasi atau fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, jurusan yang dibutuhkan yaitu jurnalistik, manajemen komunikasi, televisi dan film, broadcasting, komunikasi.
  9. Ilmu Sosial dan Politik: Bidang ini hanya membutuhkan satu jurusan yaitu geografi lingkungan.
  10. Psikologi
  11. Ekonomi: Jurusan yang dibutuhkan dari bidang ini yaitu akuntansi, sumber daya manusia, manajemen ekonomi.
  12. Ilmu Kelautan : Pendaftaran mahasiswa beasiswa TNI terbuka untuk bidang ilmu kelautan khususnya pada jurusan nautika.
  13. Ilmu Budaya: Untuk bidang ilmu budaya, jurusan yang dibutuhkan adalah sejarah dan antropologi.
  14. Agama: Jurusan yang terbuka di bidang ini yaitu agama islam, theologi katolik dan kristen, hindu.
  15. Sastra: Bidang sastra khususnya jurusan bahasa Inggris, Perancis, Mandarin, Indonesia, Jerman dan bahasa Jepang.
  16. Seni Rupa dan Design : Pada bidang seni rupa, jurusan yang dibutuhkan adalah design grafis dan design komunikasi visual.
  17. Pendidikan : Bidang ini membutuhkan calon perwira dari jurusan diik orkes, kepelatihan olahraga, kurikulum dan teknik pendidikan.
  18. Selain bidang-bidang diatas, pendaftaran mahasiswa beasiswa TNI juga terbuka bagi Anda yang berasal dari lulusan sandi negara.


Cara Pendaftaran Mahasiswa Beasiswa TNI : Pendaftaran

Jika Anda tertarik untuk menjadi bagian dari keluarga besar Tentara Nasional Indonesia, Anda bisa mengikuti seleksi penerimaan calon perwira. Sebelum melakukan pendaftaran ada baiknya Anda menyimak ulasan berikut.

  • Pendaftar melalukan pendaftaran dengan cara online yaitu melalui situs http://rekrutmen-tni.mil.id  serta mengisi form pendaftaran
  • Calon peserta melakukan pendaftaran secara fisik ke lokasi yang ditentukan dengan membawa bukti form pendaftaran

Membawa berkas berupa dokumen asli seperti :
  • Form pendaftaran
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) pendaftar
  • Akte Kelahiran
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua atau wali
  • KK (Kartu Keluarga)
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Ijazah dan SKHUN tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengan Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Raport SMA sederajat, Ijasah Sarjana dan atau Diploma, srtifikat bukti akreditasi dari Ban PT perihal kualitas program studi nya.
  • Untuk pendaftar lulusan kedokteran harap memberikan transkip nilai Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) atau Uji Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (UKDGI)
  • Foto terbaru berwarna juga hitam putih dengan mengenakan kemeja dan berukuran 4x6 sebanyak 20 lembar
  • Jika anda pindah domisili, wajib menyertakan surat keterangan tentang pindah domisili resmi dari Kecamatan atau Kelurahan.
  • Semua berkas yang dibutuhkan diphotocopy sebanyak 1 lembar serta dilegalisir.

Demikian beberapa ulasan mengenai Cara Pendaftaran Mahasiswa Beasiswa TNI. Perlu diperhatikan bahwa selama proses penerimaan dari mulai pedaftaran sampai lolos seleksi, pihak TNI tidak memungut biaya apapun. Jadi untuk seluruh calon perwira harap berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan TNI. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang kebingungan mencari info untuk menjadi perwira TNI.