Pendaftaran Online SNBP TA 2025/2026 Hingga Selesai Pengumuman


Pendaftaran Online SNBP TA 2025/2026 Hingga Selesai Pengumuman  - SNBP memang selalu menjadi perhatian sebagian besar siswa/i yang ingin mengikuti seleksi khusus untuk masuk perguruan tinggi negeri bahkan menurut dapat disebutkan jumlah pendaftar jalur SNBP setiap tahun mengalami peningkatan yang luar biasa meski tidak selalu ada naik turun peminat.

Jalur SNBP sampai saat ini menjadi yang terbanyak dari jalur masuk khusus perguruan tinggi diseluruh Indonesia meski basis dari penerimaan yang dilakukan melalui ujian undangan tetap saja antusias peserta terus mengalami peningkatan yang luar biasa. Setiap tahun penerimaan jalur seleksi ini dibuka secara khusus bagi mereka yang mendapatkan undangan saja.

Meski jalur SNBP merupakan seleksi yang sudah lama ada tetapi tidak sedikit yang belum mengetahui secara rinci mengenai jalur masuk ini, oleh sebab itu selain dari pada situs resmi snbp kami disini juga memberikan informasi kepada Sekolah maupun Siswa agar dapat melakukan pendaftaran SNBP tanpa bingung lagi.




Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan seleksi yang bisa diikuti dengan mekanisme pendaftaran biasanya dari mulai akhir tahun tepatnya bulan awal tahun sekolah harus mulai mempersiapkan calon siswa yang ingin diusulkan atau dianggap layak mengikuti seleksi SNBP sesuai dengan ketentuan yang ada.

Untuk itu kami disini akan memberikan mekanisme pendaftaran sesuai dengan ketentuan situs resmi mekanisme pendaftaran ini melibatkan Sekolah maupun peserta yang berwenang mengikuti pendaftaran SNBP, perlu diingat bahwa siapa saja yang ingin mendaftar melalui seleksi ini diharuskan mengikuti ketentuan sebaai berikut.


Registrasi Akun
  1. Tahap awal pendaftaran SNBP adalah melakukan pendaftaran melalui situs resmi SNBP
  2.  Selanjutnya membuat akun dengan memilih menu Siswa masukan NISN, NPSN, dan tanggal klik Selanjutnya, 
  3. Pastikan semua diisi hingga selesai. 
  4. Setelah semua selesai tinggal menunggu jadwal pemeringkatan yang akan dilakukan oleh LTMPT.


Pemeringkatan.
  1. Proses ini akan dilaksanakan setelah sekolah melakukan input data siswa kandidat peserta SNBP tahun ini, 
  2. Nah bagi siswa yang masuk dalam pemeringkatan dapat login ke akun LTMPT dan dapat melanjutkan proses pendaftaran SNBP.
  3. Kunjungi situs SNBP masukan NISN dan password klik lihat hasil pemeringkatan.



Memilih PTN dan Program Studi.
  1. Pemilihan PTN dan Program studi biasanya ditentukan oleh sekolah sesusai dengan jurusan biasanya pula penentuan PTN dan Program studi berdasarkan jurusan Sekolah jika IPA boleh memilih Saintek dan untuk IPS bisa memilih Soshum, memang juga ada beberapa sekolah mereka yang IPA bisa memilih Soshum tetapi tidak banyak. 
  2. Biasanya seperti yang telah admin sebuatkan sesuai dengan jurusan pada saat sekolah, dari jurusan tersebut siswa/i dapat memilih program studi maksimal 3 perguruan tinggi dan program studi boleh sama Universitas boleh juga berbeda.
  3. Disarankan peserta yang ingin mendaftar pilihan satu haruslah prioritas atau target yang diinginkan barulah pilihan berikutnya cadangan, tentu kalian juga harus pandai memilih Program Studi ataupun PTN yang memiliki Passing Graide yang tercapai dengan prestasi yang anda miliki, karena hal itu menjadi sensitif jika tidak sesuai banyak kegagalan pendaftaran terjadi karena hal semacam itu Jika sudah selesai memilih PTN dan Progra Studi klik "Selanjutnya".


Mengungah Foto 
  1. Nah ini memang sepele tetapi penting karena kasus yang sudah banyak terjadi peserta yang tidak bisa edit ukuran foto banyak mengganti foto dengan foto lain seperti foto kucing, naruto dan lain-lain dari hasil searcing google karen frustasi tidak bisa edit ukuran foto. 
  2. Tenang bagi yang merasa demikian kami akan memberikan solusi mudah kalian bisa menggunakan secara online pula melalui http://resizepic.com/ kemudian upload foto yang ingin dirubah dengan ketentuan foto resmi berpakaian rapi seperti layaknya foto resmi kemudian upload pada situs tersebut pilih ukuran Width atau lebar  400 kemudian untuk Height atau tinggi 600 file format .jpg fotonya yang belum memiliki format JPG dapat diubah melalui online http://convertpic.com/ 
  3. Kemudian setelah itu silahkan klik "Resize Image" download hasil foto anda kemudian upload pada bagian Unggah Foto yang terdapat pada situs resmi SNBP yang sudah anda rubah kemudian upload jika foto anda sudah ada silahkan klik "Selanjutnya".


Mengisi Formulir Pendaftaran.
  1. Kalian akan dihadapkan pada Data siswa berupa NIK, 
  2. Tempat lahir, 
  3. jenis kelamin, 
  4. NISN, 
  5. Agama, 
  6. Alamat lengkap, 
  7. no telepon, 
  8. no HP, 
  9. email, 
  10. biaya pendidikan, 
  11. data orang tua/wali 
  12. setelah mengisi semua formulir semua data yang berbintang harus diisi dengan benar sesuai dengan identitas kompirmasi data siswa data yang diberikan ceklist jika semua peserta sudah benar maka harus klik "Selesai dan Simpan".


Mengisi Prestasi
  1. Pada bagian ini kalian bisa mengisi prestasi sebesar 3 sertifikat/piagam atau bukti prestasi lain disarankan upload data prestasi yang paling tinggi atau bisa dibilang 3 prestasi terbaik yang telah didapat selama ini, 
  2. isi Bidang Prestasi, 
  3. Tingkat Prestasi, 
  4. Bukti Prestasi dan tambahkan berkas apabila dibutukan.
  5. Simpan


Mengisi Portopolio.
  1. Pada pengisian ini pengecualian karena Portopolio merupakan salah satu bukti yang diupload apabila peserta memiliki keterampilan/skill berupa Olahraga ataupun Seni pada saat memilih program studi, beberapa PPT portopolio tidak boleh lebih dari 10 mb sedangkan untuk ketentuan video yang akan diupload tidak boleh lebih dari 15 mb disarankan upload data dimasa pendaftaran awal untuk mencegah gagal upload. 
  2. Peserta bisa melakukan edit/ubah portopolio atau video yang sudah diupload. Isilah sesuai dengan keahlian anda seperti olahraga ataupun seni.


Verifikasi Peserta Kip Kuliah
  1. Verifikasi sebagai peserta pendaftaran kip kuliah dengan masukan kode verifikasi yang sudah diterima dari proses pendaftaran.
  2. Klik "Verifikasi". 
  3. Bagi yang bukan peserta Kip Kuliah lewatkan saja. 


Finalisasi Pendaftaran

  1. Setelah semua proses dari awal sudah terisi dengan benar atau sebelum finalisasi pendaftaran kalian harus cek terlebih dahulu karena setelah di finalisasi berkas atau data yang diisi tidak akan bisa dirubah kembali, bagi yang ingin finalisasi disarakan untuk cek terlebih dahulu. 
  2. Setelah yakin silahkan ceklist kompirmasi siswa semua klik "Finalisasi Pendaftaran" hanya saja peserta tidak bisa langsung cetak kartu peserta. 
  3. Anda bisa log out sambil menunggu jadwal cetak kartu peserta. Data tidak akan bisa diedit setelah proses ini dilakukan.


Cetak Kartu Peserta 

  1. Tahap terakhir adalah proses cetak kartu peserta, SNBP menetapkan jadwal yang sama untuk jadwal cetak kartu peserta jadi kalian harus mencetak kartu SNBP pada waktu yang telah ditentukan silahkan lakukan login melalui situs resmi SNBP
  2. kemudian untuk bisa cetak kartu peserta harus mengisi nomor peserta ujian sekolah. 
  3. Setelah itu undah kartu peserta atau simpan nantinya akan muncul kartu peserta yang tercetak.
  4. Jangan lupa untuk print out dan disimpan sambil menunggu proses verifikasi pendaftaran untuk proses pengumuman snbp dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan,  jika kalian lupa password bisa melakukan pemulihan melalui situs resmi SNBP untuk mengkliks lupa Password.


Pengumuman SNBP

Proses selanjutnya adalah menunggu hasil seleksi Apabila pengumuman sudah dilakukan maka peserta bisa mengecek melalui situs resmi pengumuman seperti pada beberapa situs Pengumuman SNBP dilaksanakan melalui situs resmi SNBP dan 11 laman mirror berikut:
  • https://unand.ac.id
  • https://unsri.ac.id
  • https://ui.ac.id
  • https://ipb.ac.id
  • https://itb.ac.id
  • https://undip.ac.id
  • https://ugm.ac.id
  • https://its.ac.id
  • https://unair.ac.id
  • https://untan.ac.id
  • https://unhas.ac.id

Untuk bisa mengakses pengumuman silahkan masukan nomor peserta SNBP dan tanggal lahir sesuai dengan ketentuan, setelah itu klik Hasil untuk keterangan lulus akan bertuliskan warna hijau dengan berisi kelulusan, apabila belum lulus maka akan berwarna merah dengan ketentuan gagal, bagi yang belum lulus jangan bersedih bisa ikuti seleksi khusus untuk SNBP ataupun ujian mendiri di masing-masing perguruan tinggi negeri.

Dari beberapa informasi yang telah dijelaskan maka dapat disimpulkan proses pendaftaran SNBP dapat diikuti sesuai dengan yang telah diinformasikan seperti diatas untuk itu kalian yang ingin mendaftar dapat mengikuti ketentuan tersebut karena kami mengutip hal tersebut dari situs SNBP secara lengkap seperti pada Pandauan Manual SNBP