Cara Pendaftaran Online STPN 2020/2021

STPN.ac.id - Melalui informasi ini kita akan membahas secara rinci seperti apa cara untuk mendaftar STPN dan perihal lainnya yang berkaitan dengan kampus ini, untuk itu kalian semua harus memperhatikan beberapa katentuan yang ada dibawah ini.  tujuannya adalah supaya peserta dapat mengerti bagaimana proses pendaftaran bisa dilakukan.

Sekolah Tinggi Pertahanan Nasional merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan dibawah kementerian Argaria dan Tata Ruang yang bersumber pada sistem pemenuhan tenaga kerja sesuai dengan yang dibutuhkan karena kampus umum dinilai belum bisa memberikan lulusan yang sesuai dengan yang dibutuhkan pemerintah saat ini untuk memenuhi Tenaga Kerja sesuai dengan lembaga yang membutuhkan.

Secara senderhanan STPN merupakan salah satu kampus Perguruan Tinggi langsung dibawah kementerian yang memiliki beberapa jalur masuk bisa diikuti oleh peserta umum dengan pengecualian memenuhi semua persyaratan pendaftaran yang sudah ditentukan oleh panitia seleksi, jadi sah-sah saja jika peserta ingin mengikuti seleksi STPN.



Terdapat beberapa jalur masuk STPN, berbedaan dari masing-masing jalur terletak pada pemilihan jenjang, terdiri dari diploma 1 dan Diploma IV untuk lebih jelas berikut kami berikan informasi mekanisme pendaftaran STPN :


Pendaftaran

  1. Proses pendaftaran dilaksanakan secara online melalui situs resmi http://penerimaan.stpn.ac.id 
  2. Peserta dapat memilih menu "Registrasi"  kemudian pilih jenjang pendidikan klik menu "Mulai"
  3. Isi alamat email, nama lengkap dan captcha.
  4. Apabila sudah peserta akan menerima email kompirmasi pendaftaran berisi nomor registrasi, VA, biaya dan link pengisian form pendaftaran.

Pembayaran
  1. Setelah itu peserta melakukan pembayaran melalui bank yang sudah di tunjuk dengan membawa VA yang sudah diterima. 
  2. Setelah melakukan pembayaran peserta akan mendapatkan email kompirmasi yang berisi PIN digunakan untuk login pada saat akan mengisi form pendaftaran.
  3. Jika belum mendapatkan PIN peserta dapat melakukan kompirmasi PIN melalui situs http://penerimaan.stpn.ac.id.

 Login dan Pengisian Form
  1. Setelah itu peserta dapat login dan mulai mengisi form pendaftaran secara lengkap.
  2. Namun sebelum itu peserta harus scan berkas dengan format .JPG yang nantinya akan diupload seperti pasfoto, ijasah/sttb, nilai rapot, surat persyaran dan lainnya.
  3. Isi form pendaftaran sesuai dengan identitas pastikan semua data diri, data wali, data pendidikan dan lainnya diisi setelah selesai kirim form.

Upload Berkas.
  1. Selain mengisi form pendaftaran peserta harus mengupload berkas persyaratan dengan catatan semua harus sesuai dengan format maupun ukuran.
  2. Seluruh berkas pendaftaran yang telah di upload harus dapat dibaca oleh sistem.
Verifikasi Pendaftaran
  1. Setelah selesai peserta tinggal menunggu panitia melakukan validasi persyaran, formulir pendaftaran dan berkas lainnya.
  2. Bagi peserta yang tidak lengkap mengisi data akan dinyatakan gugur tidak lulus verfifikasi.
  3. Jika lulus dapat mengikuti seleksi.
Cetak kartu
  1. Peserta dapat kembali mengakses http://penerimaan.stpn.ac.id untuk melakukan cetak berkas yang dibutuhkan untuk tes.
  2. Selamat mencoba.

Sementara untuk jalur kerjasama proses pendaftaran akan diatur sesuai MoUdan PKs, dan bisa jadi memiliki perbedaan dengan jalur umum. Semoga tutorial ini dapat memberikan manfaat bagi para peserta.