Pendaftaran Online SNBP Siswa/i TA 2025/2026


Pendaftaran Online SNBP Siswa/i TA 2025/2026 - Menarik sekali jika kita sudah membahas mengenai pendaftaran SNBP sebab ada banyak sekali hal yang bisa kita bahas dan tentunya unik, jika melihat dari data yang ada, hampir 2 tahun sekali sistem SNBP mendapat pembaruan. Saat ini pemerintah melalui Kemenristekdikti sudah membentuk lembaga khusus penerimaan Perguruan Tinggi Negeri.

Jika sebelumnya kebijakan mengenai seleksi masuk diserahkan seluruhnya ke Kampus yang ditunjuk sebagai tuan rumah, dimana setiap tahun PTN yang menjadi tuan rumah SNBP selalu berubah, dan sepenuhnya diserahkan ke PTN yang ditunjuk. Saat ini penerimaan SNBP sudah memiliki lembaga resmi.



Dimana ada standar jika ingin mendaftar SNBP, intinya tidak semua siswa bisa mendaftar, kriteria yang lulus akan ditentukan oleh SNPMB, baru setelah mereka lulus bisa mendaftar, cara mengetahui lulus atau tidak cukup mudah, peserta harus login menggunakan NISN dan password yang telah diberikan sekolah.

Selanjutnya cobalah untuk login, jika berhasil login artinya peserta tersebut bisa mendaftar sementara untuk yang tidak lulus disarankan segera mencari informasi tes SNBT, karena untuk ikut SNBP tidak akan bisa lagi.

Bagi yang sudah berhasil login langkah selanjutnya adalah mengisi beberapa data yang ada pada form tersebut, kami akan memberikan panduan kepada para peserta apabila ingin mendaftar SNBP, hanya saja sebelum mendaftar ada beberapa berkas yang harus dipersiapkan untuk referensi pengisian seperti berikut :

Login Siswa

  1. Semua siswa harus sudah melakukan simpan permanen akun SNPMB sebelum login ke https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id masukan email dan password klik Sign In
  2. Jika tidak memenuhi syarat akan muncul keterangan Mohon Maaf, anda tiak berhak mengikuti SNBP tahun ini.
  3. Jika peserta yang sudah membuat akun namun belum melakukan simpan permanen akan muncul keterangan belum melakukan permanen.

Profil

  1. Pada menu ini berisi data yang sudah diisi dari akun SNPMB sebagian tidak bisa dirubah karena otomatis dari data dapodik.
  2. Untuk data yang masih kosong seperti Biodata  dapat diisi sesuai dengan data yang anda milikiki
  3. Mengisi data tambahan seperti kontak email juga sudah otomatis dari bawaan data akun SNPMB
  4. Mengisi data orang tua informasi penghasilan ayah dan ibu perbulan isi, jika Ibu tidak bekerja tidak perlu diisikan atau dapat mengisi penghasilan gabungan, jika data sudah ada berarti dari data saat membuat akun.
  5. Perbarui isian jumlah tangunga orang tua kemudian Simpan jika sudah selesai.

Pilih Program Studi

  1. Setiap pelamar dapat memilih 1 PTN yang sama sesuai provinsi sekolah asal.
  2. Untuk pilihan kedua bebas
  3. Sedangkan yang memilih 1 jurusan bebas memilih lokasi manapun
  4. Pelamar tidak hanya bisa memilih PTN saja tetapi juga bisa memilih Politeknik Negeri
  5. Jika sudah memilih silahkan untuk simpan semua pilihan

Portopolio

  1. Khusus yang memilih jurusan atau prodi yang mewajibkan anda untuk mengisi portopolio harus diisi sesuai dengan format 
  2. Untuk templet portopolio dapat di download melalui link SNPMB.
  3. Pastkan mengisi portopolio sesuai dengan format yang sudah ditentukan.
  4. Pengisian portopolio hanya untuk jurusan seni atau olahraga saja dan rumpun ilmunya.

Prestasi

  1. Meski pengisian prestasi bersifat opsional menurut admin ini sangat penting diisi karena sesuai namanya seleksi berbasis prestasi jika tidak ada prestasi yang menunjang akan sulit untuk lulus.
  2. Ketentuan upload bukti prestasi maksimal 3 buah pastikan memilih prestasi tertinggi yang dimiliki.
  3. Format gambar atau pdf, 
  4. Isi Tingkat prestasi, jenisnya individu atau kelompok 
  5. Simpan apabila sudah selesai.

Finalisasi

  1. Setelah semua data diisi pastikan untuk melakukan finalisasi dengan catatan semua data diisi sudah benar perlu  dicatatat semua data yang sudah di finalisasi tidak bisa dirubah lagi.
  2. Ceklist dengan menyetujui syarat dan ketentuan kemudian klik Finalisasi.
  3. Setelah selesai anda dapat melakukan download kartu peserta simpan sampai pengumuman.

Selanjutnya tinggal menunggu pengumuman kelulusan, demikianlah semoga apa yang telah diberikan dapat memberikan manfaat untuk kita semua jangan lupa untuk terus update semua pendaftaran yang ada sesuai ketentuan yang berlaku hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi masuk terima kasih selamat mencoba dan semoga berhasil.