Alur Pendaftaran Online SNMPTN Untuk Siswa/i 2020/2021

SNMPTN.AC.ID  -  Menarik sekali jika kita sudah membahas mengenai pendaftaran SNMPTN sebab ada banyak sekali hal yang bisa kita bahas dan tentunya unik, jika melihat dari data yang ada, hampir 2 tahun sekali sistem SNMPTN mendapat pembaruan. Saat ini pemerintah melalui Kemenristekdikti sudah membentuk lembaga khusus penerimaan Perguruan Tinggi Negeri.

Jika sebelumnya kebijakan mengenai seleksi masuk diserahkan seluruhnya ke Kampus yang ditunjuk sebagai tuan rumah, dimana setiap tahun PTN yang menjadi tuan rumah SNMPTN selalu berubah, dan sepenuhnya diserahkan ke PTN yang ditunjuk. Saat ini penerimaan SNMPTN sudah memiliki lembaga resmi.

Dimana ada standar jika ingin mendaftar SNMPTN, intinya tidak semua siswa bisa mendaftar, kriteria yang lulus akan ditentukan oleh LTMPT, baru setelah mereka lulus bisa mendaftar, cara mengetahui lulus atau tidak cukup mudah, peserta harus login menggunakan NISN dan password yang telah diberikan sekolah.

Selanjutnya cobalah untuk login, jika berhasil login artinya peserta tersebut bisa mendaftar sementara untuk yang tidak lulus disarankan segera mencari informasi tes UTBK SBMPTN, karena untuk ikut SNMPTN tidak akan bisa lagi.






Bagi yang sudah berhasil login langkah selanjutnya adalah mengisi beberapa data yang ada pada form tersebut, kami akan memberikan panduan kepada para peserta apabila ingin mendaftar SNMPTN, hanya saja sebelum mendaftar ada beberapa berkas yang harus dipersiapkan untuk referensi pengisian seperti berikut :


Persyaratan SNMPTN
  1. Peserta merupakan lulusan tahun ini
  2. Sudah berhasil login ke web.snmptn.ac.id
  3. Memiliki nilai rapot dari kelas 10 semester 1 sampai kelas 12 semester akhir.
  4. Siapkan data diri seperti KTP atau kartu pelajar, KK, dan dokumen pendukung lainnya.
  5. Jangan lupa tanyakan beberapa data kepada orang tua seputar data wali pada saat pengsiian.

Rincian mengenai pendaftaran dapat dilihat seperti berikut, mulai dari proses login sampai dengan selesai anggap saja sudah berhasil login yang harus dilakukan adalah mengisi data seperti berikut :


Memilih PTN dan Program Studi

Selanjutnya anda akan dihadapakan dalam pemilihan PTN dan program studi langkah pertama adalah pemilihan PTN, anda bisa bebas memilih PTN favorite yang ada diseluruh Indonesia, sedikit saran dalam pemilihan progam studi disesuaikan dengan usulan atau keinginan anda untuk lebih jelas anda dapat melihat form gambar dibawah ini untuk pengisian PTN. Jika anda sudah memilih PTN anda juga langsun diminta untuk pengisian PTN sebagai ketentuan 3 pilihan program studi khusus Campuran, 2 untuk saintek dan 2 pilihan program studi soshum.


Mengunggah Foto


Klik selanjutnya anda akan masuk pada tahap unggah foto disini peserta mempersiapkan beberapa ketentuan yang ada seperti ukuran foto sesuai ketentuan yang berlaku jangan sampai anda upload foto selain foto resmi ada, karena ada banyak orang yang tidak bisa edit foto dan hasilnya yang diupload ukuran foto pas untuk tokoh kartun misalhnya dan lainnya.

Anda bisa menggunakan aplikasi sederhan Paint pada PC anda untuk mendapatkan ukuran yang diinginkan. berikut adalah ketentuan foto tidak boleh melebihi ketentuan ini Wajah siswa terlihat jelas, Pakaian rapi, Rasio foto 4 banding 6 dengan ukuran minimum 400 (lebar) x 600(tinggi) pixel, Format JPEG (.jpg), Ukuran file tidak lebih dari 1 MB untuk penjelasan akurat dapat dilihat pada gambar. Anda bisa gunakan teknik sederhana untuk melakukan editing baik pada situs atau diluar situs ini dengan mengcrop ukuran sampai sesuai dengan yang dinginkan untuk ilustrasi contoh foto.


Pengisian Form Pendaftaran

Klik lanjut anda akan diharapakan pada tahap berikutnya yaitu pengisian formulir pendaftaran pada proses ini cukup lumayan panjang dalam pengisina formulir ini terdapat beberapa hal yang harus diisi seperti 
  • “PTN dan Program Studi” kemudian 
  • “Data Diri anda”, 
  • “Biaya pendidikan selama sekolah selanjutnya 
  • “Data Orang Tua kemudian verifikasi pendaftaran klik lanjut pada kolom ini.
 

Mengisi Prestasi


Pada form ini anda akan diminta mengisi prestasi selama anda sekolah baik itu akademik, olahraga, seni atau lainnya selain itu dalam pengisian prestasi anda dapat mengungah maksimal 3 bukti prestasi seperti sertifikat atau piagam isi prestasi terbaik dan tertinggi selama sekolah pengisian dilakukan.


Mengisi Portopolio

Pengisian ini diperuntukan untuk mereka yang memilih program studi olahraga dan seni selain prodi itu tidak perlu mengisi portopolio. untuk ketentuan pengisian dilakukan dalam beberapa hal diantaranya Saat membuat portofolio, gunakan template yang telah disediakan. Portofolio yang telah dibuat harus diunggah pada laman ini. Unggah portofolio yang telah dibuat. Beberapa portofolio harus dilengkapi dengan video. Unggah video di tempat yang disediakan.

Ukuran portofolio tidak boleh lebih dari 10MB dan ukuran video tidak boleh lebih dari 15MB. Sebaiknya Anda tidak mengunggah portofolio dan video pada 3 hari terakhir masa pendaftaran SNMPTN. Unggahlah di masa awal pendaftaran untuk menghindari kegagalan saat mengunggah karena ada banyak siswa yang sedang terhubung ke server. Untuk lebih jelas lihat pada gambar tampilan pengisian portopolio.


Jika Anda sudah menggunggah portofolio dan portofolio harus dilengkapi video, maka akan muncul tampilan untuk menunggah video seperti berikut: Sedikit berbeda jika anda mengungah dokumen pada file ini akan muncul penampakan seperti dibawah ini nah selain itu anda juga bisa mengubah portopolio.


Verifikasi Peserta Bidik Misi.

Verifikasi peserta bidik misi SNMPTN tidak perlu lagi memasukan PIN dan KAP, sistem Bidik Misi akan melakukan singkronisasi menggunakan password yang ada, jadi kalian tidak perlu bingung jika tidak mendapatkan PIN dan KAP karena saat ini memang tidak menggunakan PIN dan KAP lagi. Untuk peserta umum tidak perlu diisi.


Finalisasi Pendaftaran

Jika pendafftaran sudah selesai dilakukan, Anda dapat melakukan finalisasi pendaftaran. Setelah finalisasi, data pendaftaran tidak dapat diubah kembali. Pastikan kembali seluruh data yang diperlukan sudah Anda isikan. Untuk melakukan finalisasi, klik tombol Finalisasi Pendaftaran.

Selanjutnya anda akan menemukan kompirmasi untuk melakukan finalisasi dimana ada beberapa ketentuan yang ada pada situs resmi harap ceklist semua pertanyaan yang ada, pastikan semua data yang anda isi benar, Tahap selanjutnya finalisasi yang sudah dilakukan akan muncul seperti pada situs klik Finalisasi pendaftaran Jika sudah yakin anda lakukan silahkan finalisasi, nah hasil dari data yang telah terfinalisasi akan seperti petunjuk pendaftaran.


Mencetak Kartu Peserta

Pada tahap ini kita akan dihadapkan pada proses akhir dari pendaftaran yaitu cetak kartu hanya saja untuk cetak kartu peserta bisa diundah sesuai waktu yang telah ditetapkan SNMPTN, untuk cetak kartu peserta lakukan undahan kemudian ikuti tahap selanjutnya.

Untuk cetak kartu peserta dibutuhkan Nomor Ujian Nasional dan tahun mengikuti ujian nasional ini akan muncul pada saat anda ingin mengundah kartu klik simpan pada link kompirmasi peserta untuk.

Setelah proses tersebut selesai anda bisa melanjutkan dan dihadapkan pada link download kartu peserta SNMPTN, Hasil dari undahan yang anda lakukan adalah kartu peserta untuk bukti bahwa anda telah selesai melakukan pendaftaran jangan lupa untuk print kartu tersebut nantinya akan digunakan sebagai persyaratan kelengkapan jika anda lulus berikut ini adalah kartu yang dimaksud.

Nah sebagai tambahan jika anda lupa password login anda dapat memperbaiki kesekolah atau dapat menanyakan kepihak sekolah, usahakan password aman tetapi yang tidak kalah penting adalah password selain aman harus mudah dingingat, dari beberapa informasi pendaftaran online PDSS SNMPTN Siswa diatas maka dapat disimpulakn mengenai pendaftaran masuk untuk SNMPTN sudah selesai jika anda telah memasuki tahap ini.

Selanjutnya tinggal menunggu pengumuman kelulusan SNMPTN, demikianlah semoga apa yang telah diberikan dapat memberikan manfaat untuk kita semua jangan lupa untuk terus update semua pendaftaran yang ada sesuai ketentuan yang berlaku hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi masuk SNMPTN terima kasih selamat mencoba dan semoga berhasil.