Panduan Pengisian PDSS SNBP Sekolah TA 2025/2026


Panduan Pengisian PDSS SNBP Sekolah TA 2025/2026 - pengisian data PDSS merupakan kewenangan sekolah dalam menginput data calon peserta SNBP, dimana semua data nalai rapot akan dimasukan dalam satu tamplet pengisian, sudah menjadi keharusan sekolah untuk melakukan proses ini sebab sendiri menggunakan sistem undangan jadi siswa tidak bisa melakukan pendaftaran sendiri.

Selain itu kesulitan sekolah pada saat mengisi adalah banyaknya data yang harus diinput, kemudian peserta tidak pasti masuk seperti beberapa tahun yang lalu karena saat ini sistem verifikasi ditentukan oleh SNPMB, dimana peserta yang dinyatakan tidak lulus verifikasi tidak akan bisa melanjutkan proses pendaftaran.



Tidak seperti beberapa tahun lalu proses verifikasi hanya dilakukan sekolah dan siswa, sekarang ada lembaga yang mengawasi dan mengatur sistem verifikasi, kadang lelah pengisian PDSS sekolah belum habis, sudah pengumuman verifikasi dan ternyata siswa yang lulus verifikasi hanya sedikit itupun belum tentu lulus.

Namun memang sudah menjadi kewajiban untuk sekolah tidak ada tawar menawar, sekolah yang baik akan berjuang keras agar siswanya bisa masuk PTN, perjuangan seorang guru dimulai dari pengisian PDSS, pada kesempatan kali

Secara umum tata cara pendaftaran PDSS Sekolah dapat dirangkum seperti diatas untuk selanjutnya Anda juga bisa mengikuti tata cara Panduan Pengisian manual PDSS Sekolah berikut dibawah ini merupakan tahapan yang harus diikuti dalam proses ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk lebih jelas anda bisa mengikuti semua petunjuk pendaftaran yang akan dibahas seperti berikut ini.



Login Sekolah 
  1. Login ke portal https://pdss-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id menggunakan akun yang sudah ada bagi seklah baru silahkan buat akun jika belum ada.
  2. Gunakan username dan passtod yang sudah benar klik Login
 
Profil
  1. Sekolah dapat mengecek profil data tidak dapat diubah jika terdapat keselahan mohon diperbaiki melalui Portal SNPMB, mohon untuk cek masa sanggahan.
  2. Setelah berhasil login maka data akan otomatis terupdate.
  3. Namun jika sekolah sudah melakukan finalisasi data maka fitur update otomatis akan berhenti

Jurusan
  1. Setiap sekolah hanya perlu mengisi jenis studi atau jrusuan sesuai dengan sekolah masing-masing.
  2. Pada bagian jurusan dapat diceklist
  3. Simpan jika sudah selesai.
 
Siswa
  1. Sebelum melakukan pengisian eligble siswa pastikan melakukan finalisasi data sekolah
  2. Kemudian akan lanjut pada daftar siswa eligible
  3. Dapat menambahkan jurusan satu persatu dengan menuiskan NISN Siwa 
  4. Simpan jika sudah sesuai
  5. Sekolah dapat melakukan perubahan urutan peringkat 
  6. Jika sudah selesai silahkan simpan peringkat
  7. Upload data siswa per jurusan dapat melakukan inport data sesuai templet yang sudah ada. Simpan jika sudah selesai.
  8. Jika suah selesai anda sudah yakin semua isian siswa eligble beserta peringkatnya.
 
Kurikulum
  1. Sekolah dapat menyesuaikan kurikulum persemester berdasarkan tingkat masa studi seperti pada pilihan seperti tingkat dan pilih kurikulum. Tambahkan kurikulum kemudian pilih salah satu, nada dapat melihat detail dan menghapusnya.
  2. Mata pelajaran per kurikulum akan terbuka secara otomatis pada tampilan isi KKM dan Jam Simpan jika sudah selesai
  3. Khusus untuk SMK disediakan mata pelajaran sesuai kompetensi C2 dan C3 dapat diagnti dan disesuikan yang diperlukan  berdasarkan jurusan dan setiap semester.
 
Nilai
  1. Tentukan jenis jurusan pada menu daftar siwa eligble untuk memilih jenis studi lakukan simpan nilai apabila sudah selesai.
  2. Nilai siswa akan muncul sesuai dengan data yang sudah diisi simpan jika sudah selesai.
  3. Lakukan inport nilai siswa per semester. Upload data yang sudah diinput sesuai templet.
  4. Mohon tidak menghapus NISN siswa.
  5. Jangan lupa bagi siswa yang memiliki status khussu harap diisi sesuai dengan katagori yang sudah ditentukan.
  6. Setelah semua nilai sudah selesai diisi sekolah dapat ekspor nilai siswa dan bisa di donwload seluruh data siswa untuk jurusan yang dipilih.

Finalisasi 
  1. Lakukan finlaisasi akhir pastikan data yang diisi sudah benar dan setujui lakukan finalisasi data sekolah,  finalisasi data siswa, dan finalisasi data kurukulum dan finalisasi data nilai.
  2. Finalisasi data sekolah setelah dikompirmasi ceklist pop upn lakukan finalisasi.
  3. Satu persatu data harus dikompirmasi dan finalisasi.
  4. Sekolah juga dapat melakukan pembatalan finalisasi yang sudah dilakukan.