Cara Pendaftaran Online Universitas Methodist Indonesia 2024/2025


Methodist.ac.id - Cara Pendaftaran Universitas Methodist Indonesia 2024/2025 - Medan Selain mempersiapkan berbagai hal untuk menghadapi ujian kelulusan, siswa kelas 12 tentu juga mempersiapkan diri untuk mendaftar ke perguruan tinggi. Siswa kelas 12 akan mencari dan menentukan perguruan tinggi favoritnya. Kemudian mencari berbagai informasi tentang pendaftaran perguruan tinggi tersebut.

Bukan hanya siswa saja, orangtua juga perlu untuk ikut serta membantu dan mendampingi anaknya saat mencari berbagai informasi tentang perguruan tinggi yang diinginkan anaknya. Nah, salah satu info yang akan Anda butuhkan adalah tentang pendaftaran Universitas Methodist Indonesia, Medan. Universitas yang satu ini merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang kualitasnya cukup bisa diandalkan.

 


Universitas Methodist Indonesia atau yang biasanya juga disebut sebagai UMI, merupakan perguruan tinggi swasta yang sudah cukup lama berdiri yaitu sejak tahun 1965. UMI memiliki 5 Fakultas, diantaranya Fakultas Sastra, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Ilmu Komputer. Kelima fakultas tersebut terdiri dari 9 program studi berjenjang Strata-1 (S1) dan 2 program studi berjenjang Diploma 3 (D3).

Maka, totalnya ada 12 program studi yang bisa Anda pilih. Semua program studi tersebut telah teruji kualitasnya terbukti dengan dimilikinya akreditasi dari BAN-PT oleh masing-masing program studi. Apa saja program studi yang dimaksud? Untuk Anda yang tengah mencari informasi tentang pendaftaran Universitas Methodist Indonesia, Medan, berikut ini program studi yang ada di universitas swasta yang satu ini:

  • Program Studi Sastra Inggris
  • Program Studi Agribisnis 
  • Program Studi Agroteknologi
  • Program Studi Akuntansi
  • Program Studi Manajemen
  • Program Studi Kedokteran
  • Program Sudi Profesi Kedokteran
  • Program Studi Sistem Informasi
  • Program Studi Teknik Informatika
  • Program Studi Komputerisasi Akuntansi
  • Program Studi Manajemen Informatika

Selain informasi tentang pendaftaran Universitas Methodist Indonesia, Medan, tentunya informasi tentang program studinya juga penting. Anda harus menentukan program studi apa yang ingin ditempuh. Program studi yang ada di UMI cukup banyak. Tentunya diantara berbagai program studi tersebut, ada salah satu program studi impian Anda. Nah, mantapkan diri Anda untuk memasuki program studi impian di Universitas Methodist Indonesia.

Pendaftaran Universitas Methodist Indonesia, Medan, dibagi dalam beberapa gelombang. Gelombang pertama biasanya dibuka pada sekitar bulan April. Maka, saat ini Anda masih memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan diri. Sebelum mendaftar, jangan lupa untuk mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan. Apa saja? berikut ini beberapa persyaratannya:

  1. Usia maksimal 22 tahun dengan melampirkan fotocopy akta kelahiran sebagai bukti.
  2. Fotocopy Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) SMA/Sederajat yang sudah dilegalisir oleh kepala sekolah sebanyak 3 lembar.
  3. Fotocopy NEM/Hasil UAN yang sudah dilegalisir oleh kepala sekolah sebanyak 3 lembar.
  4. Pas foto ukuran 3x4 (hitam putih) sebanyak 5 lembar.
  5. Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah.
  6. Surat keterangan tidak bita warna total maupun partial dari dokter spesialis mata.
  7. Tidak pernah melakukan tindakan kriminal dan penggunaan obat-obatan terlarang dengan melampirkan surat keterangan terkait.
  8. Membayar biaya pendaftaran Universitas Methodist Indonesia, Medan sebesar Rp200.000,00 (setiap tahun bisa saja mengalami perubahan).
  9. Membayar biaya Tes Potensi Akademik (TPA) sebesar Rp400.000,00 (setiap tahun bisa saja mengalami perubahan).
  10. Membayar biaya ujian psikotes sebesar Rp350.000,00 (setiap tahun bisa saja mengalami perubahan, dan biaya ini dibayarkan setelah pendaftar lulus ujian psikotes).
  11. Membayar biaya Pengenalan Program Pendidikan dan Studi (P3S) dan jaket almamater sebesar Rp350.000,00 (setiap tahun bisa saja mengalami perubahan).

Setelah mendaftarkan diri dan mengisi formulir, maka dilanjutkan dengan tahap ujian Tes Potensi Akademik (TPA) dan psikotes, kemudian pengumuman. Untuk Anda yang melakukan pendaftaran Universitas Methodist Indonesia, Medan, maka pastikan untuk mengetahui setiap jadwal rangkaian pendaftaran tersebut. Pastikan saat mendaftar, Anda menanyakan tentang berbagai jadwal rangkaian kegiatan yang harus Anda ikuti.

Anda bisa mendapatkan infonya dengan datang langsung ke Universitas Methodist Indonesia yaitu di Jalan Hang Tuah No. 8, Medan (Telp. (061)-4536735) atau melalui website-nya di www.methodist.ac.id dan email info@methodist.ac.id. Setelah pengumuman, maka tahap selanjutnya adalah  daftar ulang dan pembayaran biaya kuliah. Selanjutnya diikuti dengan tes kesehatan dan pelaksanaan P3S.

Apalagi yang perlu diketahui sebelum melakukan pendaftaran Universitas Methodist Indonesia, Medan? Tentunya yang juga penting adalah terkait biaya pendidikan. Biaya pendidikan untuk tiap fakultas berbeda-beda. Misalnya untuk program studi D3 Fakultas Ekonomi, memiliki rincian biaya pendidikan sebagai berikut:

  • Biaya Pendaftaran Ulang (BPU) + (Biaya Penunjang Pendidikan (BPP)/semester sebesar Rp1.479.000,00.
  • Biaya kuliah per SKS/semester sebesar Rp2.112.000,00 (Rp105.000,00 x 20 SKS).
  • Maka, total biaya pendidikan untuk program studi S1 Fakultas Ekonomi yaitu sebesar Rp3.591.000,00/semester.

Berbeda dengan fakultas kedokteran yang memiliki rincian biaya pendidikan sebagai berikut:
  • BPU+BPP/semester sebesar Rp2.800.000,00.
  • Biaya kuliah per SKS/semester sebesar Rp22.200.000,00
  • Maka, total biaya pendidikan fakultas kedokteran yaitu sebesar Rp25.000.000,00.

Program Studi D3 Fakultas Ekonomi merupakan program studi dengan biaya pendidikan yang paling rendah di Universitas Methodist Indonesia. Sementara fakultas kedokteran merupakan fakultas yang memiliki biaya pendidikan paling tinggi di UMI. Selanjutnya, jika Anda ingin mengetahui berapa jumlah biaya pendidikan untuk fakultas lainnya yang Anda pilih dalam pendaftaran Universitas Methodist Indonesia, Medan,

maka Anda bisa melihat informasi selengkapnya di website Universitas Metododist Indonesia. Jika dibandingkan dengan universitas lainnya, terutama universitas swasta, maka UMI tergolong memiliki biaya pendidikan yang cukup murah. Apalagi jika diterima sebagai mahasiswa UMI, Anda masih bisa mengajukan keringanan biaya pendidikan, serta mendapatkan beasiswa tertentu.