Cara Pendaftaran Online Universitas HKBP Nommensen (UHN) 2018/2019

UHN.ac.id - Cara Pendaftaran Online Universitas HKBP Nommensen (UHN) 2018/2019, Medan Universitas HKBP Nommensen merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang pendiriannya diprakarsai oleh Huria Kristen Batak Protestan atau HKBP. HKBP sendiri merupakan gereja beraliran Kristen Protestan di kalangan masyarakat Batak. Gereja ini juga merupakan gereja Protestan terbesar di Indonesia.

Bahkan, HKBP menjadi organisasi keagamaan terbesar ketiga setelah Nahdatul ‘Ulama dan Muhammadiyah. Nama universitas tersebut, juga menyantumkan HKBP di dalamnya. Kemudian ditambah dengan “Nommensen” yang berasal dari nama tokoh penyebar agama protestan di antara suku Batak Sumatera Utara yaitu Ingwer Ludwig Nommensen.

Cara Pendaftaran Online Universitas HKBP Nommensen (UHN)


Perguruan tinggi swasta yang satu ini merupakan salah satu yang terbaik di Medan dan di Indonesia. Sehingga pendaftaran Universitas HKBP Nommensen, Medan cukup diminati. Salah satu hal paling menonjol yang dimiliki oleh universitas ini adalah tentang hubungan baik yang dijalin dengan universitas-universitas terbaik di Asia, Amerika, dan Eropa. Kerjasama yang dijalin terkait berbagai hal seperti pertukaran pelajar, studi banding dosen, join research, dan lainnya.

Pendaftaran Universitas HKBP Nommensen, Medan biasanya dibagi menjadi 3 gelombang yang dimulai pada sekitar bulan Mei. Biasanya gelombang 1 dilaksanakan antara bulan Mei-Juni. Kemudian gelombang 2 dilaksanakan antara bulan Juni-Agustus. Sementara gelombang 3 dilaksanakan antara bulan Agustus.

Pendaftaran bisa dilakukan langsung ke kampus Universitas HKBP Nommensen maupun secara online. Setelah mengisi formulir dan mendaftar, peserta harus mengikuti Ujian Penyaringan Masuk yang dilaksanakan di kampus Universitas HKBP Nommensen. Universitas HKBP Nommensen sendiri memiliki 2 lokasi kampus yaitu Kampus Medan yang beralamat di Jalan Sutomo No. 4-A Medan dan Kampus Pematang Siantar yang beralamat di Jalan Sangnawaluh No. 4 Pematangsiantar.

Lokasi Anda melakukan Ujian Penyaringan Masuk tergantung pembagiannya oleh panitia penerimaan mahasiswa baru. Nantinya setelah melakukan pendaftaran Universitas HKBP Nommensen, Medan, Anda akan diberikan info tentang di mana lokasi ujiannya untuk Anda. Anda bisa mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Penyaringan Masuk Universitas HKBP Nommensen. Namun, sebelumnya perlu diketahui pula apa saja syarat pendaftaran Universitas HKBP Nommensen, Medan. Berikut ini syarat-syaratnya:

  1. Lulusan SMA/Sederajat.
  2. Membayar biaya ujian penyaringan sebesar Rp175.000,00 untuk semua fakultas kecuali Fakultas Kedokteran. Sementara pendaftar Fakultas Kedokteran biaya ujian penyaringannya yaitu sebesar Rp600.000,00 (termasuk biaya pendaftaran dan biaya pemeriksaan kesehatan.
  3. Mengisi Formulir Ujian Penyaringan Masuk (FUPM).
  4. Menyerahkan FUMP yang telah diisi kepada TPPMB untuk mendaftarkan diri sebagai peserta UPMMB, dengan melampirkan: Slip setoran pembayaran biaya ujian penyaringan.
  5. Fotocopy Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) atau Surat Tanda Kelulusan (STB) sebanyak 1 lembar yang telah dilegalisir.
  6. Pas foto hitam putih berukuran 3x4 cm sebanyak 2 lembar.

Setelah melakukan pendaftaran Universitas HKBP Nommensen, Medan dan mengikuti Ujian Penyaringan Masuk, maka tunggu pengumuman hasilnya. Jika Anda diterima sebagai mahasiswa baru Universitas, selanjutnya lakukan pendaftaran ulang. Pendaftaran ulang dilakukan dengan melakukan beberapa hal, yaitu sebagai berikut:

  • menyerahkan beberapa berkas, diantaranya: Bukti setoran pembayaran uang kuliah cicilan pertama
  • Fotocopy STTB/STB dan daftar nilai UAN/NEM yang telah dilegalisir masing-masing sebanyak 3 lembar
  • Pas foto hitam putih ukuran 2x3 sebanyak 4 lembar dan pas foto 3x4 sebanyak 6 lembar
  • Mengisi formulir Pendaftaram Ulang
  • Mengisi surat perjanjian yang telah disediakan
  • Menerima Kartu Tanda Mahasiswa Sementara (KTMS).

Selain karena kualitas, banyaknya orang yang berminat terhadap pendaftaran Universitas HKBP Nommensen, Medan adalah karena di universitas swasta yang satu ini, mahasiswa yang sudah diterima bisa mengajukan keringanan uang kuliah dengan persyaratan tertentu. Juga masih ada beasiswa yang bisa didapatkan jika mahasiswa memenuhi persyaratannya. Kemudian, dalam pembayaran biaya kuliahnya,

diterapkan sistem cicilan yaitu sebanyak 4 kali cicilan dalam 2 semester atau 1 tahun. Uang kuliah yang dimaksud meliputi berbagai kebutuhan mahasiswa seperti Biaya Operasional Pendidikan (BOP), uang untuk jaket almamamater, dan uang laboratorium. Selain itu, besar uang kuliah juga dibayarkan berdasarkan jumlah SKS yang diikuti setiap semesternya kecuali untuk beberapa fakultas yang tidak menerapkan sistem pembayaran tersebut.

Apakah kini Anda semakin mantap untuk melakukan pendaftaran Universitas HKBP Nommensen, Medan? Jangan lupa untuk memantapkan jurusan yang ingin Anda pilih. Nah, perlu diketahui bahwa Universitas HKBP Nommensen memiliki 9 fakultas diantaranya yaitu Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Teknik. Berikut ini adalah program studi yang terdapat dalam 9 fakultas tersebut dan akreditasinya:

  1. Program Studi Sastra Inggris (S1/ Akreditasi C)
  2. Program Studi Seni Musik (S1/ Akreditasi C)
  3. Program Studi Akuntansi (S1/ Akreditasi B)
  4. Program Studi Manajemen (S1/ Akreditasi B)
  5. Program Studi Ilmu Hukum (S1/ Akreditasi B)
  6. Program Studi Ilmu Administrasi Negara (S1/ Akreditasi B)
  7. Program Studi Ilmu Administrasi Niaga (S1/ Akreditasi B)
  8. Program Studi Pendidikan Agama Kristen (S1/ Akreditasi B)
  9. Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman (S1/ Akreditasi B)
  10. Program Studi Pendidikan Matematika (S1/ Akreditasi B)
  11. Program Studi Pendidikan Fisika (S1/ Akreditasi B)
  12. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia (S1/ Akreditasi C)
  13. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1/ Akreditasi C)
  14. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1/ Akreditasi C)
  15. Program Studi Pendidikan Ekonomi (S1/ Akreditasi C)
  16. Program Studi Pendidikan Dokter (S1/ Akreditasi C)
  17. Program Studi Agronomi (S1/ Akreditasi B)
  18. Program Studi Teknik Hasil Pertanian (S1/ Akreditasi C)
  19. Program Studi Teknik Elektro (S1/ Akreditasi C)
  20. Program Studi Teknik Mesin (S1/ Akreditasi C)
  21. Program Studi Teknik Sipil (S1/ Akreditasi C)

Sekian info tentang pendaftaran Universitas HKBP Nommensen, Medan kali ini, semoga bermanfaat. Proses pendaftaran kampus ini dilaksanakan melalui situs resmi https://uhn.ac.id/ silahkan kunjungi situs resmi atau pendaftaran bisa dilaksanakan datang ke kampus semoga informasi yang sudah kami berikan bisa berguna dan paling tidak bisa menjadi referensi dalam memilih kampus.

Dari beberapa informasi yang telah dijelaskan maka dapat disimpulkan terdapat beberapa program studiyang di dominasi B dan C dari semua jurusan, meski begitu ada beberapa jurusan yang paling diminati seperti kedokteran dan lain sebagainya, bisa jadi informasi ini akan berguna dikemudian hari sampai ketemu dipostingan berikutnya.