Cara Pendaftaran Online SESPIMMA POLISI/POLRI 2018/2019

Lekdik.polri.go.id - Cara Pendaftaran Online SESPIMMA POLISI/POLRI 2018/2019 Lembaga kepolisisan di indonesia berperan sebagai pengayom masyarakat. POLRI memiliki beberapa karakteristik yang berbeda dengan TNI walaupun keduanya sama-sama memiliki basic pendidikan militer. Bekerja menjadi polisi memiliki jenjang karir yang jelas asal mau menjalani tahap-tahapnya.

Tahun ini, kepolisian RI membuka pendaftaran SESPIMMA (Sekolah Pimpinan Pertama) sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi terhadap profesi kepolisian. Jika TNI tidak banyak melakukan tugas yang berkaitan denganmasyarakat, maka kepolisian dalam menjalankan tugasnya, polisi sangat dekat dengan masyarakat karena hampir setiap hari lembaga tersebut selalu berinteraksi dengan seluruh lapisan sosial yang ada. Berikut adalah beberapa langkah dan persyaratan untuk mendapatkan kenaikan pangkat di lembaga kepolisian.

Cara Pendaftaran Online SESPIMMA POLISI/POLRI


Syarat pendaftaran SESPIMMA

Bagi anda yang ingin mendaftar sebagai salah satu SESPIMMA tahun 2017, bisa membuka link http://lekdik.polri.go.id untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.  Persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mendaftar yaitu:

  • Siswa yang mendaftar yaitu anggota Polisi Republik Indonesia (Polri) yang berpangkat AKP (Ajun Komisaris Polisi) atau maksimal Kompol pada saat dibukanya pendaftaran SESPIMMA.
  • Masa Dinas Dalam Pangkat (MDDP) minimal 1 tahun untuk pangkat AKP.
  • Lulus STIK-PTIK maksimal 2 tahun.
  • Batas maksimalusia saat mendaftar yaitu 46 tahun.
  • Jika anda memiliki prestasi selama menjalankan tugas kepolisian, maka sertifikat penghargaan tersebut dapat dilampirkan dengan menggunakan surat keputusan yang dikeluarkan oleh Kapolda.
  • Mendapat rekomendasi dari atasan (Kapolda atau Kasatker di lingkungan Mabes Polri) dalam bentuk tertulis yang menyatakan bahwa anda layak untuk menjadi anggota diklat SESPIMMA.
  • Memiliki Surat Keterangan Hasil Penelitian (SKHP) yang dikeluarkan oleh Kapolda atau Mabes Polri.
  • Mampu mengoperasikan komputer dan memahami jaringan internet.
  • Memiliki kondisi mental dan fisik yang baik.
  • Bersedia mengikuti rangkaian tes dan seleksi dengan menggunakan sistem gugur.
  • Membuat surat penyataan bermaterai cukup yang berisi kesiapan untuk ditempatkan  diseluruh wilayah NKRI.


Untuk mendapatkan kenaikan pangkat dalam kepolisian, maka anggota Polri pertama harus melakukan pendaftaran SESPIMMA yang dilakukan secara online melalui situs http://lekdik.polri.go.id dengan mengisi lembar formulir yang disediakan. Isilah lembar formulir dengan jawaban yang jujur dan sesuai dengan fakta yang ada.


Rangkaian tes dan seleksi yang dilakukan dengan sistem gugur.

Setelah calon peserta diklat mendaftar, maka langkah selanjutnya yaitu seleksi administrasi yang dilakukan secara langsung. Tujuannya untuk mengetahui kebenaran data yang diunggah ke internet. Dibawah ini adalah serangkaian seleksi yang wajib diikuti.


1. Pemeriksaan kelengkapan administrasi dan SKHP.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengecek validitas data yang diajukan serta memerika kelengkapan data. Selain itu, SKHP yang dimiliki oleh calon peserta diklat pun turut diperiksa. Saat pemeriksaan administrasi calon peserta diklat SESPIMMA tidak serumit registrasi fisik pada saat mendaftar STIK-PTIK.


2. Pemeriksaan Kesehatan Badan

Tes ini dilakukan untuk memastikan bahwa kondisi kesehatan badan calon peserta diklat mengenai sanggup tidaknya mengikuti rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam SESPIMMA. Pemeriksaan ini merupakan tahapan yang wajib dilakukan karena peserta diklat usianya sudah tidak lagi muda dan besar kemungkinan calon peserta memiliki riwayat penyakit yang serius seiring bertambahnya usia seperti jantung, darah tinggi, dan sebagainya.



3. Pemeriksaan Kebugaran Jasmani


Anggota kepolisian yang mendaftar akan melewati tes kebugaran fisik. Namun jangan khawatir karena tes yang dilakukan tidak seberat saat pertama kali mendaftar di Akademi Kepolisian (Akpol). Tes yang dilakukan dalam pendaftaran SESPIMMA hanya seputar olahraga ringan contohnya push up, lari jarak menengah, dan juga olahraga yang menguji ketangkasan.


4. Pemeriksaan Kesehatan Mental

Pemeriksaan kesehatan mental merupakan salh satu dari rangkaian pendaftaran SESPIMMA. Peserta yang lolos administrasi yang dilakukan secara online akan berlanjut ke proses seleksi fisik dan mental. Tes kesehatan psikologi ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana calon peserta diklat mampu mengendalikan emosi, apakah mudah cemas atau tidak, dan untuk memastikan bahwa calon peserta tidak memiliki penyimpangan secara mental.


5. Tes Akademik

Tes ini dilakukan oleh panitia untuk mengukur kemampuan, kematangan, dan rasionalitas berpikir calon peserta. Karena polisi yang memiliki pangkat tinggi harus mampu berpikir secara rasional ketika menghubungkan antara sebab dan akibat yang selalu menjadi persoalan dalam masyarakat. tes akademik yang dilakukan berupa:

  • Penulisan naskah karya perorangan yang berisi visi dan misi yang ingin dicapai demi menjaga stabilitas keamanan negara.
  • Paparan naskah. Tes yang kedua dilakukan dengan memaparkan isi naskah yang dibuat. Hal ini juga dilakukan sebagai bentuk orisinalitas karya. Selain itu ketika proses pemaparan, dimungkinkan adanya sesi tanya jawab yang dilakukan oleh penilai kepada calon peserta.
  • Wawancara. Ketika rangkaian tes sudah dilewati dan ternyata hasilnya lolos, maka tahap pendaftaran SESPIMMA selanjutnya yaitu melakukan tes wawancara. Disini jawaban anda berikan akan dinilai berdasarkan tingkat rasionalitas dan argumen yang dilontarkan. Semakin baik argumen anda maka semakin tinggi pula poin yang anda dapatkan.


Syarat Administrasi dalam pendaftaran SESPIMMA

Ada beberapa kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi oleh calon peserta diklat. Jika salah satunya tidak terpenuhi, maka kemungkinan besar anda tidak akan lolos seleksi. Persyaratan yang harus dilengkapi antara lain:

  • Surat penunjukan yang menyatakan bahwa telah mengikuti tahap seleksi diklat (Sprin). Surat dikeluarkan oleh kepala atau pimpinan yang berwenang.
  • Daftar riwayat hidup secara singkat.
  • Fotokopi Surat Keputusan Presiden mengenai pengangkatan menjadi Perwira Polri.
  • Fotokopi Surat Keputusan pangkat terakhir.
  • Fotokopi Surat Keputusan jabatan terakhir.
  • Fotokopi ijazah Dikpa Polri.
  • Fotokopi ijazah Dikbang Polri yang terakhir.
  • Fotokopi sertifikat kemampuan mengoperasikan komputer.
  • Pas foto berwarna dan hitam putih ukuran 2x3, 3x4, dan 4x6 masing-masing 5 lembar.
  • Surat keterangan bebas NAPZA yang dikeluarkan oleh lembaga pemeriksaan kesehatan kepolisian yang berwenang.
  • Daftar penilaian seleksi yang dikeluarkan oleh kepala atau atasan yang berwenang.

Ada baiknya jika saat sebelum melakukan pendaftaran online anda menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, kecuali beberapa dokumen yang baru akan di dapatkan setelah melewati tes seleksi. Hal ini dilakukan supaya anda tidak tergesa-gesa ketika menyiapkan dokumen untuk seleksi administrasi.

Pendaftaran SESPIMMA dilakukan secara berkala oleh lembaga kepolisian untuk mengapresiasi kinerja perwira. Output yang dihasilkan dari diklat SESPIMMA tidak lain adalah kenaikan pangkat atau jabatan. Implikasinya, semakin tinggi jabatan maka semakin tinggi pula gaji dan tunjangan yang didapatkan.
GET IT ON Google Play