Cara Pendaftaran Online POLTEKPOS 2018/2019

Pmb.poltekpos.ac.id - Cara Pendaftaran Online (POLTEKPOS) Politeknik Pos Indonesia 2018/2019 Sekarang ini dunia pendidikan setelah Sekolah Menengah Atas sudah banyak dipandang perlu bagi pemuda pemudi. Untuk menghadapi dunia kerja dan perkembangan zaman yang semakin canggih, sudah barang tentu membutuhkan para pemuda pemudi yang memiliki kualitas baik. Sehingga untuk bisa memiliki kualitas yang lebih baik, maka perlu bagi seorang pelajar yang telah lulus ddari bangku Sekolah Menengah untuk bisa mengembangkan diri dan menuntut ilmu di Perguruan Tinggi.

Di Indonesia sudah banyak berdiri Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta yang sudah memiliki jaminan mutu tinggi. Salah satunya adalah Politeknik Pos Indonesia. Pada 5 Juli 2001, Politeknik Pos Indonesia berdiri atas prakarsa dari Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI). Politeknik ini menyediakan pendidikan vokasional dalam bentuk Diploma III atau Ahli Madya, dan Diploma IV atau yang sering disebut sebagai Sarjana Terapan.

Cara Pendaftaran Online POLTEKPOS 2018/2019

Visi dari Politeknik Pos Indonesia yaitu menjadikan Politeknik Pos Indonesia sebagai perguruan tinggi yang unggul secara Nasional dalam Bidang Logistik dan Manajemen Rantai Pasok pada tahun 2020. Visi ini didukung oleh beberapa misi yang menjadikan Politeknik Pos Indonesia mencapai visinya dengan baik dan menciptakan SDM yang mampu bersaing di masa yang akan datang.

Kurikulum yang digunakan yaitu berbasis SAP/ERP, dengan model pendidikan meliputi Inegrated Logistic dan Supply Chain Vocational Education serta komponen pendukung utama berupa Information Technology, Communication Skill, Enterpreneurship, Internship Program, dan Character Building. Dalam menjalankan rutinitas pendidikan, Politeknik Pos Indonesia tetap mengamalkan Tridarma Perguruan Tinggi.

Ada beberapa program studi yang bisa menjadi rekomendasi untuk dipilih sebagai tujuan studi terdiri dari dua jenjang yaitu program Ahli Madya (D III) dan program Sarjana Terapan (D IV). Program Ahli Madya (D III) yaitu :
  • D3 Teknik Informatika
  • D3 Manajemen Informatika
  • D3 Akuntansi
  • D3 Manajemen Bisnis
  • D3 Logistik Bisnis

Program Sarjana Terapan (D IV) yaitu :
  • D4 Teknik Informatika
  • D4 Akuntansi Keuangan
  • D4 Manajemen Bisnis
  • D4 Logistik Bisnis

Pendaftaran Politeknik Pos Indonesia melalui beberapa jalur pendaftaran. Jalur penerimaan mahasiswa baru Politeknik Pos Indonesia dibuka setiap tahunnya untuk siswa SMA/SMK/MA melalui beberapa jalur pendaftaran, di antaranya yaitu :


Jalur PMDK atau Prestasi

Jalur ini dibuka untuk semua siswa SMA/SMK/MA yang akan lulus dari berbagai jurusan bisa menjadi mahasiswa baru Politeknik Pos Indonesia tanpa mengikuti tes seleksi terlebih dahulu. Penilaiannya adalah dari prestasi akademik dan prestasi olahraga dan seni. Hal tersebutlah yang akan menjadi pertimbangan penerimaan mahasiswa baru Politeknik Pos Indonesia.


Jalur Reguler (USM)

Jalur reguler adalah jalur penerimaan mahasiswa baru dengan melalui tes seleksi Ujian Saringan Masuk (USM). Biasanya jalur ini dibuka dengan 3 gelombang. Sehingga bagi Anda yang mungkin belum sempat mendaftar pada gelombang sebelumnya, Anda masih memiliki kesempatan untuk mendaftar pada gelombang selanjutnya.


Jalur Undangan (Tanpa Tes)

Jalur ini menggunakan surat undangan atau e-mail resmi dari Sekretariat Politeknik Pos Indonesia yang diberikan kepada calon mahasiswa baru. Pemilihan ini sudah ditentukan sendiri oleh Panitia PMB Politeknik Pos Indonesia. Calon mahasiswa yang mendapat undangan bisa langsung melakukan daftar ulang ke Sekretariat Politeknik Pos Indonesia.


Jalur Mandiri (Khusus)

Jalur  mandiri merupakan jalur pendaftaran paling akhir dari sepanjang tes seleksi  penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Pos Indonesia. Jalur ini tidak menggunakan tes seleksi masuk terlebih dahulu.


Jalur Beasiswa (Prestasi)

Jalur ini dikhususkan untuk calon mahasiswa yang kurang mampu tetapi memiliki prestasi akademik yang sangat baik. Beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswa berupa bebas biaya pendidikan dari awal kuliah hingga lulus kuliah. Beasiswa ini berasal dari Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI) dengan total sebesar 1,2 Miliar. Namun, untuk mendapatkan beasiswa ini diperlukan berbagai macam persyaratan.

Pendaftaran mahasiswa baru kini sudah melalui online di website resmi dari PMB Politeknik Pos Indonesia. Selain itu, juga bisa mendaftar secara langsung melalui Sekretariat PMB Politeknik Pos Indonesia link https://pmb.poltekpos.ac.id/, melalui guru BK di sekolahnya, dan atau dikirim langsung melalui kantor Pos. Sebelum mendaftar Anda harus mengetahui terlebih dahulu dari jadwalnya agar jangan sampai terlewatkan.

Ada hal yang biasanya menjadi masalah dan bahan pertimbangan dalam menentukan tujuan kuliah dan pemilihan jurusan. Tanpa disadari hal ini begitu penting dan bisa menghambat keinginan untuk berkuliah. Hal tersebut adalah masalah biaya kuliah. Biaya kuliah di Politeknik Pos Indonesia dibedakan antara program Ahli Madya dan Sarjana Terapan berdasarkan jalur masuknya dan program studinya.

Biaya yang cukup besar dibutuhkan hanya di semester pertama saja, setelah semester 2 dan sampai dengan lulus biaya semester tetap sama dari masing-masing program studi. Biaya kuliah yang sudah ditentukan di Politeknik Pos Indonesia ini sudah meliputi biaya akademik (SPP, Uang Gedung, Praktikum), biaya uji kompetensi, biaya asuransi, KTM (Kartu Tanda Mahasiswa), biaya Character Building, Pakaian seragam, jaket almamater, sepatu dan dasi. Namun, biaya pendaftaran Politeknik Pos Indoensia untuk smeua jalur dikenakan biaya sebesar Rp. 300.000,-.

Biaya ini bisa dibayarkan melalui bank BRI Syariah dan Sekretariat Politeknik Pos Indonesia. Sedangkan untuk jalur PMDK biasa membayar secara langsung melalui guru BK yang ada di masing-masing sekolah. Untuk besaran biaya kuliah bisa dilihat di laman pmb.poltekpos.ac.id. Bagi Anda yang berminta untuk mendaftarkan diri ke Politeknik Pos Indonesia bisa mendaftar melalui website resminya.
GET IT ON Google Play