5 Jalur Pendaftaran Online ULBI POLTEKPOS 2024/2025


5 Jalur Pendaftaran Online ULBI POLTEKPOS 2024/2025 - Sekarang ini dunia pendidikan setelah Sekolah Menengah Atas sudah banyak dipandang perlu bagi pemuda pemudi. Untuk menghadapi dunia kerja dan perkembangan zaman yang semakin canggih, sudah barang tentu membutuhkan para pemuda pemudi yang memiliki kualitas baik. Sehingga untuk bisa memiliki kualitas yang lebih baik, maka perlu bagi seorang pelajar yang telah lulus ddari bangku Sekolah Menengah untuk bisa mengembangkan diri dan menuntut ilmu di Perguruan Tinggi.

Di Indonesia sudah banyak berdiri Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta yang sudah memiliki jaminan mutu tinggi. Salah satunya adalah Politeknik Pos Indonesia. Pada 5 Juli 2001, Politeknik Pos Indonesia berdiri atas prakarsa dari Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI). Politeknik ini menyediakan pendidikan vokasional dalam bentuk Diploma III atau Ahli Madya, dan Diploma IV atau yang sering disebut sebagai Sarjana Terapan.



Visi dari Politeknik Pos Indonesia yaitu menjadikan Politeknik Pos Indonesia sebagai perguruan tinggi yang unggul secara Nasional dalam Bidang Logistik dan Manajemen Rantai Pasok pada tahun 2020. Visi ini didukung oleh beberapa misi yang menjadikan Politeknik Pos Indonesia mencapai visinya dengan baik dan menciptakan SDM yang mampu bersaing di masa yang akan datang.

Kurikulum yang digunakan yaitu berbasis SAP/ERP, dengan model pendidikan meliputi Inegrated Logistic dan Supply Chain Vocational Education serta komponen pendukung utama berupa Information Technology, Communication Skill, Enterpreneurship, Internship Program, dan Character Building. Dalam menjalankan rutinitas pendidikan, Politeknik Pos Indonesia tetap mengamalkan Tridarma Perguruan Tinggi.

Ada beberapa program studi yang bisa menjadi rekomendasi untuk dipilih sebagai tujuan studi terdiri dari dua jenjang yaitu program Ahli Madya (D III) dan program Sarjana Terapan (D IV). Program Ahli Madya (D III) yaitu :
  • D3 Teknik Informatika
  • D3 Manajemen Informatika
  • D3 Akuntansi
  • D3 Manajemen Bisnis
  • D3 Logistik Bisnis

Program Sarjana Terapan (D IV) yaitu :
  • D4 Teknik Informatika
  • D4 Akuntansi Keuangan
  • D4 Manajemen Bisnis
  • D4 Logistik Bisnis
Semua jurusan maupun jalur masuk yang ada di Poltekpos akan menjadi bagian dari Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) setelah merger.

Pendaftaran Politeknik Pos Indonesia melalui beberapa jalur pendaftaran. Jalur penerimaan mahasiswa baru Politeknik Pos Indonesia dibuka setiap tahunnya untuk siswa SMA/SMK/MA melalui beberapa jalur pendaftaran, di antaranya yaitu :


Jalur Prestasi

Jalur ini dibuka untuk semua siswa SMA/SMK/MA yang akan lulus dari berbagai jurusan bisa menjadi mahasiswa baru Politeknik Pos Indonesia tanpa mengikuti tes seleksi terlebih dahulu. Penilaiannya adalah dari prestasi akademik dan prestasi olahraga dan seni. Hal tersebutlah yang akan menjadi pertimbangan penerimaan mahasiswa baru Politeknik Pos Indonesia.


Jalur Reguler (USM)

Jalur reguler adalah jalur penerimaan mahasiswa baru dengan melalui tes seleksi Ujian Saringan Masuk (USM). Biasanya jalur ini dibuka dengan 3 gelombang. Sehingga bagi Anda yang mungkin belum sempat mendaftar pada gelombang sebelumnya, Anda masih memiliki kesempatan untuk mendaftar pada gelombang selanjutnya.


Jalur Undangan (Tanpa Tes)

Jalur ini menggunakan surat undangan atau e-mail resmi dari Sekretariat Politeknik Pos Indonesia yang diberikan kepada calon mahasiswa baru. Pemilihan ini sudah ditentukan sendiri oleh Panitia PMB Politeknik Pos Indonesia. Calon mahasiswa yang mendapat undangan bisa langsung melakukan daftar ulang ke Sekretariat Politeknik Pos Indonesia.


Jalur Mandiri (Khusus)

Jalur  mandiri merupakan jalur pendaftaran paling akhir dari sepanjang tes seleksi  penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Pos Indonesia. Jalur ini tidak menggunakan tes seleksi masuk terlebih dahulu.


Jalur Beasiswa (Prestasi)

Jalur ini dikhususkan untuk calon mahasiswa yang kurang mampu tetapi memiliki prestasi akademik yang sangat baik. Beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswa berupa bebas biaya pendidikan dari awal kuliah hingga lulus kuliah. Beasiswa ini berasal dari Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI) dengan total sebesar 1,2 Miliar. Namun, untuk mendapatkan beasiswa ini diperlukan berbagai macam persyaratan.
 
 
Cara Pendaftaran Online

Pendaftaran mahasiswa baru kini sudah melalui online di website resmi dari PMB Politeknik Pos Indonesia. Selain itu, juga bisa mendaftar secara langsung melalui Sekretariat PMB Politeknik Pos Indonesia link https://pmb.poltekpos.ac.id/, melalui guru BK di sekolahnya, dan atau dikirim langsung melalui kantor Pos. Sebelum mendaftar Anda harus mengetahui terlebih dahulu dari jadwalnya agar jangan sampai terlewatkan.
 
 
Pembuatan Akun
  1. Pertama kunjungi situs resmi https://pmb.poltekpos.ac.id 
  2. Klik menu "Daftar Online"
  3. Lakukan pendaftaran akun isi form nama, email, NISN, nomor telpon, password, dan pilih salah satu jalur masuk yang tersedia seperti yang sudah dijelaskan diatas.
  4. Setelah itu lakulan validasi pendaftaran ke email terdaftar.
  5. Pastikan semua data terisi dengan benar sesuai identitas.

Pembayaran 

  1. Setelah proses pembuatan akun selesai nantinya ada biaya yang harus dibayar ke bank BUMN.
  2. Lakukan pembayaran sesuai dengan kode bayar yang sudah diterima
  3. Simpan bukti pembayaran
 Pendaftaran
  1. Kunjungi kembali situs https://pmb.poltekpos.ac.id 
  2. Pilih menu pendaftaran online akan menuju ke https://rara.poltekpos.ac.id/
  3. Login dan isi NISN dan Password.
  4. Lakukan pengisian akun hingga selesai.
  5. Isi biodata lengkap, Pilih Jurusan yang ada sesuai dengan jenjang pendidikan yang akan dipilih.
  6. Dapat memilih jurusan lebih dari satu.
  7. Upload persyaratan dan foto.
  8. Perbedaan pendaftaran di dasari pada pemilihan jurusan.
  9. Bagi yang memilih jalur prestasi dan udangan wajib mengisi data raport, bukti prestasi secara lengkap.
  10. Sedangkan yang memilih jalur tertulis umum menyelesaikan proses pendaftaran seperti pada umumya.
  11. Berbeda dengan jalur beasiswa harus melakukan kompirmasi dengan pihak terkait dalam hal ini seperti pemerintah daerah ataupun sekolah.
  12. Lengkapi data.
  13. Kirim dan selesaikan pendaftaran
 Cetak Kartu Ujian
  1. Download kartu peserta 
  2. Print out 
Khusus Peserta Jalur Tertulis
  1. Ikuti ujian sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.
  2. Pastikan menyelesaikan ujian.
  3. Cek lokasi tes sebelum pelaksanaan.
Jalur Prestasi
  1. Untuk jalur prestasi setelah selesai mendaftar tinggal tunggu pengumuman.
  2. Tidak ada tes karena menggunakan seleksi berdasarkan nilai rapot dan prestasi
Jalur Tercover Beasiswa
  1. Untuk jalur ini tentu kita harus berkordinasi dengan pemerintah daerah dan sekolah.
  2. Jika mewajibkan mengikuti tes tertulis silahkan ikuti.
  3. Jika hanya ditentukan berdasarkan non tes tidak perlu ikut tes.
Pengumuman
  1. Pengumuman kelulusan dapat di akses melalui situs resmi poltekpos.ac.id secara online.
  2. Masukan nomor peserta dan beberapa data lainnya klik cek hasil.
  3. Bagi yang dinyatakan lulus dapat melakukan pendaftran ulang.

Ada hal yang biasanya menjadi masalah dan bahan pertimbangan dalam menentukan tujuan kuliah dan pemilihan jurusan. Tanpa disadari hal ini begitu penting dan bisa menghambat keinginan untuk berkuliah. Hal tersebut adalah masalah biaya kuliah. Biaya kuliah di Politeknik Pos Indonesia dibedakan antara program Ahli Madya dan Sarjana Terapan berdasarkan jalur masuknya dan program studinya.

Biaya yang cukup besar dibutuhkan hanya di semester pertama saja, setelah semester 2 dan sampai dengan lulus biaya semester tetap sama dari masing-masing program studi. Biaya kuliah yang sudah ditentukan di Politeknik Pos Indonesia ini sudah meliputi biaya akademik (SPP, Uang Gedung, Praktikum), biaya uji kompetensi, biaya asuransi, KTM (Kartu Tanda Mahasiswa), biaya Character Building, Pakaian seragam, jaket almamater, sepatu dan dasi. Namun, biaya pendaftaran Politeknik Pos Indoensia untuk smeua jalur dikenakan biaya sebesar Rp. 300.000,-.

Biaya ini bisa dibayarkan melalui bank BRI Syariah dan Sekretariat Politeknik Pos Indonesia. Sedangkan untuk jalur PMDK biasa membayar secara langsung melalui guru BK yang ada di masing-masing sekolah. Untuk besaran biaya kuliah bisa dilihat di laman pmb.poltekpos.ac.id. Bagi Anda yang berminta untuk mendaftarkan diri ke Politeknik Pos Indonesia bisa mendaftar melalui website resminya.