Mekanisme Seleksi SNMPTN 2017/2018

SNMPTN.ac.id - Proses Seleksi SNMPTN 2017/2018 dan Kriteria Seleksi SNMPTN serta Kelulusan SNMTN simak Proses Seleksi SNMPTN melalui Seleksi SNMPTN. Nah rasanya kurang lengkap apabila kita tidak membahas secara keseluruhan proses dari awal hingga seleksi SNMPTN, melalui informasi ini admin akan menguraikan secara rinci terkait dengan seleksi yang akan dilakukan, lebih kurangnya jika pendaftar sudah memasuki tahap seleksi artinya sudah melewati proses yang cukup panjang mulai dari menuggu pengisian PDSS kemudian Verifikasi PDSS sampai dengan Pendaftaran SNMPTN.

Tentu tahapan yang tidak kalah penting adalah Cetak Kartu Peserta semua itu mungkin sudah selesai tinggal menunggu proses berikutnya yaitu terkait dengan proses seleksi yang akan diikuti inilah yang menarik dari proses SNMPTN, siswa tidak perlu melakukan seleksi tertulis tinggal menuggu hasil dari verifikasi nilai rapot, namun masih juga ada yang mengikuti tes.


Proses Seleksi SNMPTN 2017/2018

Biasanya beberapa kampus menetapkan kebijakan terkait dengan tes wawancara untuk siswa yang mengikuti SNMPTN, hal ini dilakukan sebelum keputusan kelulusan dilakukan, seperti jurusan bahasa banyak Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia memberikan kebijakan untuk melakukan tes wawancara seperti program studi Bahasa Inggris dan bahas asing lainnya.

Tidak hanya jurusan itu saja beberapa PTN lain juga memberikan kebikana untuk mengadakan ujian wawancara bagi jurusan yang bersifat skill seperti Olahraga atau seni, nah peserta harus mengikutinya namun muncul sebuah pertanyaan apakah setiap jurusan mengadakan tes wawancara, berdasarkan penelusuran kami tidak semua yang melakukan tes wawancara.

Biasanya ada sesi tes tersendiri, untuk tes wawancara pada umumnya kamus akan melaksanakanya setelah tes SNMPTN dilakukan atau dengan kata lain peserta yang sudah dinyatakan lulus SNMPTN akan kembali di tes wawancara pada program studi tertentu, namun ada juga yang sebelum tes SNMPTN diumumkan dilaksanakan.

Untuk mengetahui kalian harus membaca ketentuan pilihan jurusan yang ada di setiap kampus jika memang tidak terdapat hal demikian tidak perlu dilakukan, nah proses seleksi SNMPTN dilaksanakan sesuai dengan atauran yang telah dibuat, apabila kita bernostalgia dengan masa-masa tempo dulu sebelum penerimaan SNMPTN berubah menjadi ujian undangan.

Waktu itu masih menggunakan sistem ujian tertulis dimana mereka yang mendaftar masih harus melakukan tes, emang seru sih, tapi waktu itu juga jalur SBMPTN belum ada, perjuangan mahasiswa hanya fokus pada satu jalur saja, semua itu berubah setelah banyak kasus dimana mereka yang berprestasi selama sekolah tidak lulus SNMPTN, dari sebab itulah waktu itu masih Dikti merubah sistem SNMPTN menjadi undangan sampai dengan saat ini.

Setelah berubah masih saja terdapat masalah karena dirasa tidak adil dan sebagainya tetapi jika dibandingkan dengan sebelumnya sistem undangan dinilai jauh lebih tepat, sampai saat ini jalur SNMPTN melalui undangan mekanisme proses seleksi SNMPTN dapat kita lihat pada informasi umum situs resmi adapaun informasinya sebagai berikut.


Seleksi Melalui Nilai Rapot.

Sistem Seleksi SNMPTN berdasarkan nilai rapot pertimbangan nilai rapot pada setiap seleksi menjadi penting untuk dipertimbangan mulai dari semester 1 sampai dengan semester akhir sekolah baik reguler maupun akselerasi, yang paling baik trafik dari nilai rapot semakin meningkat seperti contoh nilai semester 2 lebih tinggi dari semester sebelumnya dan begitu sampai dengan semester akhir, teru meningkat, itu salah satu pertimbangan indikator kelulusan.


Prestasi Yang Diperoleh.

Kedua yang menjadi pertimbangan dalam proses seleksi SNMPTN adalah Prestasi yang telah didapat oleh siswa selama sekolah tentu hal ini harus revelan dengan jurusan yang akan dipilih, meski anda tidak memiliki nilai begitu baik jika memiliki prestasi selama sekolah bisa mengikuti SNMPTN bisa prestasi akademik dan non akademik, ini juga menjadi pertimbangan.


Menggunakan Rekam Jejak Sekolah.

Untuk sekolah yang sudah memiliki rekam jejak baik atau lulusan dari sekolah tertentu berprestasi selama kuliah dibeberapa perguruan tinggi negeri melalui jalur undangan hal ini membuat siswa yang direkomendasikan sekolah tersebut akan lebih diprioritaskan kelulusan pada tahun ini, karena melihat data dari tahun-tahun sebelumnya pertimbangan ini menjadi penting dalam proses seleksi SNMPTN.


Menggunakan Sistem Nasional 

Dalam seleksi SNMPTN panitia menggunakan sistem nasional artinya seleksi yang dilakukan dari masing-masing sekolah berlaku pada tingkat nasional termasuk bentuk prestasi dan nilai yang telah didapat selama sekolah akan di seleksikan secara nasional hal itu berlaku untuk semua sekolah yang ada di seluruh Indonesia. Termasuk saat anda memilih salah satu PTN maka ketentuan ini berlaku.


Pilihan Pertama Jadi Prioritas Kelulusan.

Untuk kalian yang sudah memilih jurusan atau program studi sedikit mengingatkan bahwa proses seleksi juga memperioritaskan bagi Pilihan pertama untuk prioritas kelulusan seperti contoh jika anda memilih pilihan pertama UGM dengan jurusan Kedokteran kemudian pilihan kedua UI Jurusan Kedokteran maka yang dipriortitaskan kelulusan adalah pilihan pertama, kecuali dengan alasan tertentu biasa jadi pilihan 2 yang akan lulus.


Proses Seleksi Berdasarkan Pilihan.

Pada awal sistem SNMPTN akan menyeleksi pilihan pertama kemudian untuk kalian yang tidak lulus pilihan pertama kemudian panitia kembali melakukan seleksi Pilihan 2 jadi untuk yang tidak lolos pilihan pertama alternatifnya adalah pilihan dua, seharusnya pilihan dua harus lebih kecil passingrad yang dipilih dengan pilihan 1.


Panitia Seleksi SNMPTN Bergiliran.

Setiap beberapa tahun sekali panitia seleksi SNMPTN akan berubah sebelumnya UNY menjadi Panitia pada tahun berikutnya seperti tahun ini UNS yang menjadi ketua dari Panitia SNMPTN pusat kemudian bisa jadi tahun depan akan berubah sesaui dengan Kemenristek Dikti bisa jadi ketentuan umum juga akan berubah tergantung pada panitia yang ditunjuk.


Itulah tahapan seleksi yang akan dilalui oleh peserta SNMPTN tahun ini, apabila kalian sudah melakukan pendaftaran dan tinggal hasil seleksi maka seperti itulah ketentuan seleksi yang akan dinilai jangan sampai anda bertanya-tanya dalam hati mengapa tidak lulus SNMPTN,  setidaknya anda harus unggul dari salah satu kriteria yang berlaku secara nasional mengingat SNMPTN berlaku secara Nasional.

Demikianlah semoga apa yang telah diperjuangkan selama ini dapat berkahir dengan kelulusan sesuai dengan yang diharapkan, setelah proses ini berjalan dengan lancar maka tahap selanjutnya tinggal mengakses Pengumuman SNMPTN semoga apa yang telah diberikan dapat memberikan pencerahan dalam kriteria Proses seleksi SNMPTN, semoga proses seleksi dapat berlajan dengan lancar dan memberikan kelulusan amin.