Cara Cek Pengumuman SNBP TA 2025/2026


Cara Cek Pengumuman SNBP TA 2025/2026 - Informasi Pengumuman Hasil Seleksi SNBP, Bagi anda yang emang setelah lulus SMA,SMK, atau MA ingin melanjutkan ke tahap selanjutnya PTN ( Perguruan Tinggi Negri ) memang akan ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi. Tidaklah mudah untuk lolos hingga SNBP ini. Sebelumnya perlu anda ketahui perihal SNBP itu.

Melalui informasi ini kita akan membahas secara rinci mengenai Pengumuman SNBP untuk lebih jelas berikut kami berikan informasi pengenai Pengumuman SNBP untuk lebih jelas berikut kami berikan informasi terkait dengan informasi pengumuman diawali dengan prosedur pendaftaran dan ucapan seperti dibawah ini untuk lebih jelas langsung saja seperti berikut. 




Kita bisa ucapkan selamat tinggal Pendaftaran dan selamat pada pengumuman unngkapan itulah yang bisa menggambarkan peserta yang sedang menunggu pengumuman SNBP, masa pendaftaran memang sudah berakhir bahkan seleksi juga sudah berlalu tinggal kita memastikan hasil yang telah diperoleh apakah lulus atau tidak.
 
Selanjutnya anda akan menunggu hasil pengumuman hasil seleksi SNBP. Akan terasa khawatir apakah anda akan lolos atau tidak. Semua peserta lainnya pastinya akan merasa hal yang sama seperti anda. Mereka juga akan berdo’a untuk mendapatkan sesuatu yang terbaik. Yakinkan dirimu untuk mendapatkan hasil terbaik lolos pada seleksi. Jika anda lolos setidaknya anda memiliki masa depan yang cukup baik.

Bagi anda yang belum lolos tentunya jangan berkecil hati dan harus tetap semangat terus. Anda bisa meningkatkan kualitas belajar anda di test selanjutnya. Walaupun anda tidak berhasil akan masih ada peluang untuk lolos test di Perguruan Tinggi Negri Selanjutya lewat jalur tertulis atau mandiri. Ketika anda mengalami permasalahan dalam mengakses pengumuman hasil seleksi SNBP di mohon agar tenang, karena memang banyak yang mengakses. 

Akan ada informasi lengkap yang bisa anda ketahui berikut ini. Pengumuman hasil seleksi hanya akan diumumkan di website resmi SNBP tidak ada yang lain. Serta tidak akan ada pungutan liar yang dilakukan oleh pihak SNBP. Wasapada terhadap penipuan. Ketika anda ingin melihat pengumuman hasil seleksi SNBP bisa membukanya di laptop/PC/Handphone dengan cara sebagai berikut :
  1. Bukalah website resmi dari pengumuman SNBP  di https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Anda akan log in dengan nomor pendaftaran atau NISN dan tanggal lahir
  3. Kemudian klik “ Lihat Hasil Seleksi “,
  4. Selanjutnya akan ada tulisan data diri anda yang disertai dengan ucapan selamat anda lulus SNBP, itu berarti itu anda lulus seleksi dan bisa ke tahap selanjutnya.
  5. Sedangkan jika dalam data diri anda ada ucapan mohon maaf anda tidak lulus SNBP itu berarti anda belum lulus SNBP dan bisa mencoba ke test tertulis atau Mandiri.



Masukkan no. peserta
(10 digit, tercantum di Kartu Tanda Peserta)
:
Masukkan tanggal lahir peserta
(DD - MM - YYYY)
:
 


 
Cukup mudah kan melakukan melihat hasil pengumuman seleksi SNBP. Perlu diingat bahwa saat melihat hasiil pengumuman test seleksi pastinya akan dilakukan secara bersamaan oleh seluruh peserta, maka anda harus bersabar menunggu proses ini. Hal ini bisa mengakibatkan situs tidak bisa diakses. Tunggu sampai situs kembali normal dan bisa diakses. 

Jika situs resmi SNBP tidak bisa diakses, maka anda bisa mencari ke situs alternatif yang bisa ditemukan di internet. Akan ada 38 ptn yang akan membantu anda untuk melihat Pengumuman Hasil Seleksi SNBP tersebut, diantaranya “sebagai berikut untuk lebih jelas selengkapnya dibawah ini. 
 

38 PTN mirror pengumuman SNBP sebagai berikut: 

  1. https://snbp.ipb.ac.id 
  2. https://snbp.unnes.ac.id 
  3. https://snbp.isbi.ac.id 
  4. https://snbp.unp.ac.id 
  5. https://snbp.itb.ac.id 
  6. https://snbp.unpad.ac.id 
  7. https://snbp.itk.ac.id 
  8. https://snbp.unram.ac.id 
  9. https://snbp.its.ac.id 
  10. https://snbp.uns.ac.id 
  11. https://snbp.ugm.ac.id 
  12. https://snbp.unsika.ac.id 
  13. https://snbp.uho.ac.id 
  14. https://snbp.unsrat.ac.id 
  15. https://snbp.ui.ac.id 
  16. https://snbp.unsri.ac.id 
  17. https://snbp.ulm.ac.id 
  18. https://snbp.untan.ac.id 
  19. https://snbp.unair.ac.id 
  20. https://snbp.untirta.ac.id 
  21. https://snbp.unand.ac.id 
  22. https://snbp.unud.ac.id 
  23. https://snbp.undip.ac.id 
  24. https://snbp.uny.ac.id 
  25. https://snbp.unej.ac.id 
  26. https://snbp.upnjatim.ac.id 
  27. https://snbp.unesa.ac.id 
  28. https://snbp.upnvj.ac.id 
  29. https://snbp.unhas.ac.id 
  30. https://snbp.usk.ac.id 
  31. https://snbp.unimal.ac.id 
  32. https://snbp.usu.ac.id 
  33. https://snbp.unimed.ac.id 
  34. https://snbp.ut.ac.id 
  35. https://snbp.unja.ac.id 
  36. https://snbp.undiksha.ac.id 
  37. https://snbp.unm.ac.id 
  38. https://snbp.utu.ac.id
 

Selanjutnya anda akan mengentru dengan nomor pendaftaran / NISN dan tanggal lahir. Lihatlah hasil yang diperoleh, apakah anda lolos atau tidak. Situs alternatif ini memang akan sering juga eror, namun setidaknya anda memiliki alternatif lainnya. Setelah pengumuman hasil seleksi SNBP diperoleh dan anda lolos bisa melanjutkan ke tahap selanjutnta seperti berikut :

  1. Melakukan daftar ulang di website resmi Perguruan Tinggi Negri ( PTN ) anda.
  2. Isilah biodata secara lengkap di dalam form yang telah disediakan.
  3. Jangan lupa mencetak bukti pendaftaran.
  4. Isilah UKT ( Uang Kuliah Tunggal ), itu merupakan biaya semester kuliah anda. Jika anda seorang bidikmisi tidak akan dipungut biaya semester cukup melengkapi surat keterangan tidak mampu dari RT/RW, kelurahan, tagihan listrik selama dua bulan terakhir, slip gaji orang tua.
  5. Membawa f.copt KTP sebanyak 2 lembar
  6. Pas foto berwarna 2 x 3  dan 3 x 4 sebanyak 2 lembar.
  7. Membawa bukti pembayar UKT bagi calon mahasiswa/i baru.
  8. Membawa bukti lolos seleksi SNBP.
  9. Membawa ijazah, SKHUN ( Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional ), Rapor yang asli dan foto copy
  10. Bersedia untuk mengikuti cek kesehatan yang dilakukan oleh pihak Universitas
  11. Bersedia untuk mengikuti proses Orientasi Mahasiswa Baru
  12. Bersedia untuk mematuhi peraturan yang telah disepakati, jika melanggar akan dikenakan sanksi.
  13. Bersedia menjalani proses perkuliahan hingga selesai.

Beritahukan semua tahapan dengan jelas bahkan membantu proses semuanya hingga akhir. Jika ada hal hal yang belum anda ketahui dengan jelas bisa langsung menghubungi kepada pihak panitia SNBP. Selamat menjalankan seleksi SNBP ini, semoga anda berhasil. Good luck kawan. Demikianlah informasi yang bisa dilakukan semoga dapat membantu anda untuk cek pengumuman.