Cara Pendaftaran Web.SNMPTN.ac.id 2017/2018

Web.SNMPTN.ac.id - Cara Pendaftaran SNMPTN 2017/2018 melalui Pendaftaran SNMPTN simak Pendaftaran SNMPTN khusus Pendaftaran SNMPTN untuk Pendaftaran SNMPTN. Nampaknya semua udah pada siap ya untuk mengikuti pendaftaran tinggal tunggu kabar dari sekolah kalian ya temen-temen apakah dapet login atau tidak, ada sedikit cerita dari teman-teman saya disekolah yang kebetulan bersekolah disalah satu SMA cukup ternama yang ada disalah satu provinsi bagian Sumatera Selatan tepatnya dikota Palembang, mereka memang beruntung semua siswa yang didaftarkan sekolah mendapatkan login.

Hal ini menjadi kabar gembira bagi setiap siswa karena semua siswa yang ada disekolah tersebut berkesempatan mengikuti SNMPTN, meski kita belum tau pasti apakah lulus atau tidak namun sebagai awal ya memang harus terdaftar terlebih dahulu, lalu bagaimana cerita dari teman-teman daerah lain, memang tidak semua sekolah sama memiliki pola tersebut.


Cara Pendaftaran SNMPTN 2017/2018

Sebagai contoh sekolah yang ada di pedesaan tepatnya asal kampung halaman saya, sekolahnya pun tidak seperti sekolah kota yang lengkap akan fasilitas, semua serba terbatas dan akreditasinya pun tidak cukup baik, dalam beberapa tahun terakhir sekolah tersebut memang sangat sedikit sekali mengirimkan utusan untuk mengikuti SNMPTN paling hanya 20 orang dari setiap tahunnya, mengingat memang hanya segitu yang bisa memenuhi persyaratan dari total 100 orang misalkan.

Tidak seperti sekolah kota yang telah dibahas, bahkan dari jumlah yang luluspun berbeda jauh apabila sekolah yang memiliki akreditasi atua reputasi sangat baik akan mendominasi dari total siswa yang lulus untuk sekolah yang biasa saja bahkan berada dipedesaan paling banyak hanya satu orang saja atau bahkan tidak ada sama sekali yang diterima.

Itulah sedikit perbandingan sekolah desa dan sekolah kota yang memiliki reputasi dari mulai biasa saja sampai dengan luar biasa, ayo kalian sekolah dimana apakah di desa atau dikota, terlepas dari semua itu panitia seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri sudah membuat aturan terkait dengan jalur masuk ini, panitia tidak pernah membeda-bedakan setiap sekolah.

Karena penilaian mereka berdasarkan akreditasi sekolah, untuk sekolah yang sangat baik tentu akan mendapatkan jatah lebih banyak sekitar 50% sementara untuk sekolah yang memiliki akreditasi B dan C sudah pasti dibawah itu, bahkan Panitia sudah cukup adil meski belum terakreditasi sekolah bisa tetap bisa mengikuti seleksi SNMPTN dan masih akan mendapatkan jatah.

Tinggal proses yang akan menyeleksi apakah siswa yang ada akan lulus atau tidak, hal itu tidak peduli apakah sekolah kota atau desa, pertimbangan panitia biasanya berdasarkan jejak tahun sebelumnya dan mahasiswa yang sudah lulus, seperti contoh jika Sekolah A setiap tahun selalu mengirimkan lulusan terbaik yang mampu berprestasi selama kuliah tentu itu akan menjadi prioritas untuk siswa yang akan diterima tahun ini.

Sebaliknya apabila sekolah yang kurang baik maka jumlah penerimaan akan dikurangi, belum lagi ditambah dengan kecurangan karena kita tidak bisa pungkiri bahwa masih banyak sekolah atau siswa yang melakukan kecurangan dan menghalkan segala cara untuk bisa lulus SNMPTN, kasus kecurangan sering terjadi tetapi jika memang benar hal itu terjadi maka panitia akan menindak tegas bagi siapa saja yang melakukan pelanggaran.

Dikutip dari situs resmi RistekDikti menyebutkan bahwa Panitia akan menindak tegas siapa saja yang melakukan kecurangan dengan ancaman sekolah yang bersangkutan tidak akan bisa mengikuti SNMPTN lagi bahkan permanen, sementara untuk siswa yang terbutki melakukan kecurangan status kelulusan SNMPTN yang bersangkutan akan dibatalkan.

Jadi bagi teman-teman yang mungkin baru ingin mendaftar disarankan untuk tetap berhati-hati tidak boleh curang ya, Poin penting informasi yang akan diberikan kali ini adalah mengenai pendaftaran tentu kalian sudah membaca informasi seperti yang telah diberikan diatas bukan, nah kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai cara pendaftaran SNMPTN untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.


Pendaftaran SNMPTN Oleh Siswa.

Khusus untuk pendaftaran SNMPTN dapat dilakukan oleh siswa setelah menerima login dari sekolah kemudian kunjungi situs resmi web.snmptn.ac.id kemudian pilih login siswa gunkan username dan password yang telah diberikan sekolah untuk login pada situs tersebut nantinya akan masuk pada tampilan depan halaman kemudian ikuti cara pendaftaran seperti dibawah ini. Terlepas dari proses Pengisian PDSS SNMPTN dan Verifikasi PDSS langkah selanjuntya yang bisa dilakukan siswa adalah melakukan pendaftaran SNMPTN.


Melakukan Pendaftaran Dengan Memilih PTN dan Jurusan.

Tahap awal setelah login anda akan diminta untuk memilih dua perguruan tinggi dan 3 jurusan yang tersedia dari masing-masing PTN yang ada kemudian pilih seperti contoh jika memilih UI jurusan Psikologi dan kedokteran serta UGM misalnya jurusan Hukum, setelah memilih silahkan klik tombol lanjut nantinya akan berlanjut pada proses berikutnya.


Upload Foto.

Setelah melanjutkan proses tersebut maka peserta dapat upload foto untuk ketentuan foto 400x600 tidak boleh melebihi ukuran maksimum, tampilan bebas pantas foto terlihat jelas setengah badan disarankan foto seperti yang diijasah jika tidak format tampilan seperti foto resmi pada umumnya, kemudian upload foto melalui upload kemudian akan menampilkan foto perlebar corp foto jangan lupa simpan atau klik selanjutnya.


Mengisi Formulir Pendaftaran.

Ini merupakan poin penting dari proses SNMPTN yaitu pengisian Formulir dimana sistem meminta anda untuk mengisi data diri, kemudian data orang tua, lanjut data prestasi, tahun diklaim sebagai pendaftaran SNMPTN paling mudah jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya selanjutnya mengikuti jika sudah selesai silahkan klik lanjut atau simpan.


Verifikasi Peserta Bidik Misi.

Setelah melakukan pengisian Formulir pendaftaran langkah selanjutnya yang harus dilakukan tidak kalah penting adalah verifikasi peserta bidik misi bagi mereka yang mengikuti program bidik misi dengan masukan PIN dan KAP yang telah diperoleh dari pendaftaran SNMPTN, jika semua sudah benar maka proses selanjutnya yang harus dilakukan adalah verifikasi dan melanjutkan proses berikutnya.


Finalisasi Pendaftaran.

Jika semua data sudah terisi dengan benar mulai dari awal hingga akhir maka langkah yang harus dilakukan adalah melakukan Finalisasi Pendaftaran dimana ini merupakan akhir dari proses pendaftaran, namun untuk memastikan data terisi dengan benar maka yang harus dilakukan adalah cek terlebih dahulu kemudian jika sudah yakin silahkan klik Finalisasi Pendaftaran, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Cetak Kartu Peserta.

Setelah melakukan cetak kartu peserta maka tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan cetak kartu namun setelah proses finalisasi pendaftaran selesai peserta tidak akan langsung bisa mencetak kartu peserta SNMPTN, karena untuk cetak anda membutuhkan Nomor UN, silahkan kembali apabila anda sudah mendapatkan nomor UN dengan cara login pada situs web.snmptn.ac.id kembali sementara waktu silahkan tunggu sampai pengumuman cetak kartu peserta umumkan.


Lupa Password.

Bagi peserta yang ingin login kembali namun setelah beberapa hari ternyata lupa password jangan kwatir asalkan anda ingat user anda kemudian pada menu utama sebelum masuk dibagian bawah login terdapat panel untuk reset atau pemulihan karena lupa password selanjutnya pilih menu tersebut dan biasanya diminta email yang telah anda pakai untuk mendaftar maka reset password akan dikirim langsung ke email.


Itulah sedikit informasi terkait dengan Pendaftran SNMPTN semoga dapat membantu anda berfungsi sebagai petunjuk, mekanisme pendaftaran ini kami kumpulkan dan kami ringkas dari situs resmi SNMPTN, apabila terdapat pertanyaan seputar pendaftaran dapat mendiskusikannya melalui komentar dibawah ini harapannya apa yang telah admin bagikan dapat bermanfaat untuk kita semua terutama bagi para peserta.

Dari beberapa informasi yang telah diberikan ada beberapa poin penting yang bisa disimak melalui informasi ini jika semua ketentuan yang berkaitan dengan Pendaftaran SNMPTN akan segera dilakukan tentu hal itu harus berdasarkan mekanisme pendaftaran yang sudah lebih dahulu diselesaikan seperti Pengisian PDSS SNMPTN, Verifikasi PDSS sampai dengan tahap ini yaitu Pendaftaran SNMPTN semoga bermanfaat terima kasih.
Sekolah Pramugari