Proses Seleksi SNMPTN 2017-2018

SNMPTN.ac.id - Proses Seleksi SNMPTN dan Pengumuamn SNMPTN 2017-2018 simak Prosedur Seleksi SNMPTN melalui Proses Seleksi SNMPTN. Jika semua prosedur pendaftaran sudah dilaksanakan dengan benar maka setelah proses cetak kartu peserta SNMPTN tiba saat yang dinanti yaitu proses Seleksi SNMPTN pada tahapan ini peserta harus menuggu hasil verifikasi oleh panitia yang akan menentukan apakah siswa yang dimaksud memenuhi semua persyaratan dan dinyatakan lulus atau belum beruntung karna tidak lulus.

Melalui informasi ini admin akan memberikan uraian secara rinci mengenai prosedur seleksi yang akan dilalui peserta SNMPTN, itulah keuntungan dari mereka yang berprestasi tidak perlu lagi melaksanakan kegiatan berupa tes tertulis, namun kekurangan dari sistem ini sekolah yang memiliki akreditasi lebih rendah dari sekolah lain akan kalah dalam seleksi seperti contoh jika siswa yang sekolah di akreditasi A memiliki nilai sama persis dengan siswa yang sekolah diakreditasi B.

Proses Seleksi SNMPTN 2017/2018


Maka kemungkinan besar yang akan lulus adalah siswa dari sekolah yang berakreditasi A, begitu juga seterusnya jika terdapat siswa yang bersekolah dengan akreditasi B kebetulan memiliki nilai sedikit lebih kecil hanya berbeda angka koma saja, namun siswa dari sekolah yang akreditasi C ternyata nilainya lebih besar beberapa digit saja, kemungkinan yang akan lulus mereka yang berasal dari akreditasi sekolah B.

Sistem seleksi ini memprioritaskan siswa yang berprestasi dari sekolah yang memiliki mutu pendidikan lebih baik jadi jangan heran jika ada banyak sekali siswa disuatu sekolah seperti contoh sekolah unggulan dibandingkan dengan sekolah non unggulan, hal itu sudah menjadi ketentuan panitia untuk menyelesi, namun ketentuan lebih rinci tidak diberikan secara gamblang oleh panitia.

Namun hal itu dianggap cukup adil sekolah biasa tetap akan mendapatkan kuota kelulusan sesuai dengan mutu pendidikan sementara yang sekolahnya bagus akan lebih banyak mendapatkan siswa dari sekolah tersebut, oleh karena itu hal ini penting untuk diperhatikan bagi kita semua, jangan sampai berkecil hati apabila setelah proses seleksi dilaksanakan ternyata tidak lulus.

Masih banyak seleksi perguruan tinggi lainnya yang bisa diikuti, terutama pada sistem seleksi khusus yang bisa diikuti, strategi sekolah akan membagi siswa agar dapat mengikuti beberapa seleksi undangan seperti mengirim siswa mengikuti undangan SNMPTN, kemudian mengirim siswa untuk mengikuti undangan Politeknik Negeri.

Beberapa sekolah tidak cukup sampai disitu saja tetapi mengikutkan siswanya dalam seleksi undangan PTKIN tentu menjadi lebih berpeluang apabila sekolah memiliki strategi tersebut, jadi siswa tidak menumpuk pada satu jalur undangan saja, selain itu seperti kita ketahui bersama ada juga undangan dari perguruan tinggi negeri khusus jalur mandiri, itu menjadi langkah lain yang bisa digunakan sekolah untuk mengirim siswa agar tersaring dari sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Namun sekolah memang harus ekstra keras untuk mengikuti semua jalur undangan secara nasional tersebut, tidak bisa hanya santai saja dengan apa yang telah diberikan, jika tim dari sekolah memiliki kerjasama yang kompak maka bukan tidak mungkin sebagian besar dari siswa akan terjaring dari sistem seleksi yang sudah ada.

Terutama strategi semacam ini lebih direkomendasikan kepada sekolah yang belum begitu diakui oleh pemerintah seperti masih memiliki akreditasi B atau C kepala sekolah harus ekstra keras untuk mewujudkan mimpi tersebut, bukan hanya sekolah saja yang memiliki peran besar dalam proses seleksi, tetapi siswa juga harus aktif memberikan kabar kepada pihak sekolah seperti strategi tersebut.

Apabila semua sudah dilakukan sekolah dengan maksimal ternyata hasilnya belum memenuhi sesuai yang diinginkan, siswa harus berperan aktif untuk mencari jalur masuk lain, seperti jalur tertulis dimana sistem seleksi tidak membutuhkan rekomendasi siswa yang bersangkutan bisa mengusulkan secara perseorangan untuk mengikuti jalur tersebut.

Sebut saja seperti SBMPTN, UMPN, SPMB, Jalur Mandiri PTN, dan beberapa jalur lain sampai dengan jalur perguruan tinggi swasta atau bisa mengikuti jalur tertulis khusus UM PTKIN dan Mandiri PTKIN, belum lagi ditambah jalur masuk khusus Perguruan Tinggi Ikatan Dinas, semua terbuka lebar untuk para peserta jadi jangan pernah berkecil hati jika tidak atau belum mendapatkan jalur undangan seperti SNMPTN.

Tidak ada alasan yang untuk tidak kebagian kuota pendaftaran jalur masuk keperguruan tinggi, hal ini sangat penting menjadi catatan, jangan seperti tahun sebelumnya ada banyak sekali siswa yang merasa frustasi kemudian tidak melanjutkan mengikuti seleksi akhirnya menganggur tidak kuliah pada tahun ini baru mau mengikuti seleksi selain jalur SNMPTN yang sudah dijelaskan.

Perlu diketahui bahwa apabila anda menunggu tahun berikutnya dan membiarkan beberapa tahun menganggur tidak jelas kuliah tidak mau kerja pun sulit, betapa ruginya kalian, bisa dibayangkan satu tahun artinya lebih lambat 2 semester, seharunya kalian dua semester lebih dulu lulus oleh karena frustasi tidak ingin ikuti seleksi lagi akhirnya 2 semester lebih lama untuk lulus kuliah.

Semakin lama menunda maka peluang untuk masuk ke perguruan tinggi akan semakin kecil didapat, sebab sistem seleksi lebih memprioritaskan lulusan terbaru, oleh karena itu jangan sampai hal ini terjadi lagi pada kalian, toh memang jika seandanya belum punya rejeki masuk perguruan tinggi negeri bisa ikuti seleksi swasta namun untuk meringankan beban orang tua carilah program beasiswa dari PTS.

Semua terbuka untuk anda tinggal anda sendiri yang menentukan, beberapa pembahasan diatas tidak bermaksud memubuat anda menjadi terpojok, malah sebaliknya semoga saja dapat menjadi pertimbangan kalian untuk bisa mengikuti seleksi lainnya, nah untuk kesempatan kali ini berikut kami berikan informasi terkait dengan proses seleksi SNMPTN seperti dibawah ini.


Proses Seleksi SNMPTN.

Proses seleksi SNMPTN seperti yang telah dibahas sebelumnya akan dilaksanakan pada tanggal 15 Maret dan berakhir pada 15 April dengan menggunakan sistem verifikasi yang akan dilakukan oleh panitia maka bagi peserta yang sudah melakukan pendaftaran harap bersabar semua proses akan selesai dan dapat dilihat pengumumannya pada tanggal 26 April. Semua informasi proses seleksi dan pengumuman  dapat diakses melalui situs resmi www.snmptn.ac.id kami harapkan siswa tetap akan bersabar dalam prosedur ini.


Proses seleksi dan semua pelaksanaan dilaksanakan oleh panitia seleksi SNMPTN sesuai waktu yang telah ditetapkan, namun perubahan waktu dapat berubah sewaktu-waktu apabila terdapat beberapa permasalahan yang mengharuskan waktu dilaksanakan lebih cepat atau sebaliknya dilaksanakan lebih lambat dari jadwal yang sudah ditetapakan, sesusai dengan proses tersebut diharapkan siswa dapat menuggu.

Dari beberapa informasi yang telah dijelaskan diatas maka padat disimpulkan proses seleksi merupakan tahap terakhir harus ditunggu sebelum hasil seleksi diumumkan, pengumuman tentu dipengaruhi besar dari hasil seleksi yang telah dilakukan, ada banyak ekspresi yang akan didapat seperti senang karena lulus, sedih karena tidak lulus apapun hasilnya semua itu pasti keputusan terbaik dari tuhan untuk anda.

Gagal itu sudah pasti menyakitkan namun untuk keluar dari kondisi kegagalan yang membuat kita dicap sebagai yang kurang baik tentu harus segera memilikirkan langkah berikutnya dengan jalan mencari jalur masuk yang sudah ada selain SNMPTN, buktikan anda adalah seseorang yang luar biasa namun memang belum punya rejeki lulus SNMPTN, semoga share informasi diatas dapat memberikan kemudahan dan kesiapan bagi peserta untuk menghadapi prosedur selanjutnya.
Sekolah Pramugari