Cara Pendaftaran Online UNSYIAH 2017-2018

UNSYIAH - Melalui Cara untuk melalui Pendaftaran tahun 2017-2018 simak Pendaftaran dan penerimaaan kamus UNSYIAH sebagai Penerimaan melalui Cara Pendaftaran UNSYIAH pembahasan Universitas Syiah Kuala atau yang biasa disingkat Unsyiah merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Aceh. Universitas ini adalah sebuah universitas tertua di Aceh yang berdiri pada tahun 1961.

Universitas dengan 12 fakultas ini menawarkan 63 program studi (prodi) yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Ingin kuliah tapi bingung memilih prodi? Admin punya tips memilih prodi yang biasa dijadikan acuan bagi "orang-orang besar". They said, "Pilihlah prodi yang sesuai dengan kegemaran sekaligus selaras dengan cita-cita".

Kegemaran atau kesukaan akan berdampak besar pada proses yang akan dijalani kelak, juga mempengaruhi semangat seseorang dalam menaklukkan setiap tantangan. Melejitnya prestasi dipengaruhi oleh kemauan kuat, disinilah "kegemaran mengambil alih", ia bisa menjadikan ambisi sebagai sebuah kebahagian proses. Kita akan merasa senang dalam menjalani setiap tahapan proses yang dihadapi, hingga semua terasa ringan.

Cara Pendaftaran UNSYIAH 2017-2018

"Saya sudah punya prodi pilihan tapi disarankan memilih prodi lain." Saran adalah salah satu bahan pertimbangan yang bisa kita jadikan opsi, dengan catatan "sesuai dengan tujuan akhir", namun pada akhirnya kitalah yang memegang kendali atas diri sendiri. Kita yang tahu persis apa yang diinginkan. So, Tetap pilih yang sesuai dengan hati nurani. Nah, jika teman-teman pembaca telah mantap dengan prodi pilihan masing-masing, selanjutnya bisa mendaftar Unsyiah melalui beberapa jalur berikut.



SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk Unsyiah yang diberikan kepada siswa pintar di sekolahnya (berprestasi akademik tinggi) melalui seleksi nasional administrasi. Jalur SNMPTN ini biasa disebut jalur undangan. Dengan seleksi berupa penyaringan niai rapor semester 1-5 untuk SMA/sederajat dan juga penyaringan portofolio akademik.

Jika nilai rapor kalian masuk dalam perengkingan sesuai kuota Unsyiah dan portofolio akademik memenuhi persyaratan Unsyiah, "Selamat!" kalian berkesempatan kuliah di Unsyiah. Pendaftran SNMPTN ini, biasanya buka paling awal jika dibandingkan dengan seleksi lainnya. Info selengkapnya tentang SNMPTN bisa dibuka pada halaman http://snmptn.ac.id/



SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk Unsyiah yang diberikan kepada lulusan SMA/sedejat melalui seleksi nasional ujian tertulis. Peserta pada seleksi ini biasanya paling banyak dibandingkan seleksi lainnya. Dan itu artinya persaingan semakin ketat dan seru, disinilah kemampuan akademik kalian akan diuji. Ujian tertulis pada seleksi ini berupa butir-butir soal pilihan ganda dengan tiga kelompok soal.

Makin banyak yang dikerjakan semakin besar kesempatan lulus, "tidak juga!", Karena ketepatan dan kecepatan menjadi kunci keberhasilan. Kerjakan yang kemungkinan benarnya besar (1 soal benar bernilai +4, salah bernilai -1, dan tidak dikerjakan bernilai 0). Pendaftaran SBMPTN ini, biasanya buka setelah SNMPTN, nah jika kalian tidak berkesempatan mengikuti/tidak lulus SNMPTN, bisa mendaftar Unsyiah melalui jalur ini. Info selengkapnya tetang SBMPTN bisa dibuka pada laman http://sbmptn.ac.id/



Ujian Masuk Bersama-Perguruan Tinggi merupakan sebuah kesempatan masuk Unsyiah yang diberikan oleh pihak Unsyiah kepada lulusan SMA/sederajat melaui seleksi ujian tertulis. Unsyiah bekerja sama dengan 12 universitas negeri lainnya menyediakan kesempatan bagi yang tidak lulus/tidak berkesempatan mengikuti SNMPTN atau SBMPTN untuk bisa melanjutkan pendidikan di Unsyiah.

Ujian tertulis pada seleksi ini hampir sama dengan SBMPTN, butir-butir soal pilihan ganda dengan 3 kelompok soal. Pendaftaran UMB-PT ini, biasanya buka setelah SBMPTN. Info selengkapnya tentang UMB-PT bisa dibaca pada laman http://spmb.or.id/



Bidikmisi merupakan sebuah kesempatan masuk Unsyiah yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tetapi tidak memiliki biaya (tidak mampu secara ekonomi). Melalui bidikmisi ini, pemerintah menjamin biaya kuliah maupaun biaya hidup hingga lulus tepat waktu.

Untuk bisa kuliah di Unsyiah melalui jalur bidikmisi, pertama-tama kalian harus mendaftar bidikmisi (untuk mendapat ID) kemudian mendaftar seleksi (bisa SNMPTN, SBMPTN, maupun UMB-PT) dengan ID yang telah diperoleh. Info selengkapnya tentang bidikmisi bisa dibuka pada halaman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/


Telah kita bahas tentang cara mendaftar Unsyiah yang terdiri darijalur SNMPTN, SBMPTN, UMB-PT, dan Bidikmisi. Selalu ada jalan untuk mereka yang berkemauan. Tidak ada kata "gagal" selama masih mau mencoba. Persiapan matang, dan berikan yang terbaik. Jadikan diri ini "pantas" untuk lulus seleksi.

Mau tanpa tidakan adalah hayalan, Karena kemauan harus didorong degan kerja nyata. Tidak ada sukses tanpa kerja keras. Lakukan lebih dari yang orang biasa lakukan. "Aku bisa" dan benar-benar pantas! tak perlu pujian orang lain, biarkan waktu menjadi saksi untuk setiap kerja keras yang kita lakukan. Jika lelah, bayangkan tujuan akhir. Karena bayangan akan tercapainya tujuan akan menjadi energi tambahan untuk kembali berjuang. Selamat berjuang! Semangat! Semoga sukses senantiasa mengiringi!.