Cara Pendaftaran Online UNY 2018/2019

UNY.ac.id - Cara untuk Pendaftaran Online UNY tahun 2018/2019 - Universitas Negeri Yogyakarta atau yang lebih kita kenal dngan nama UNY merupakan sebuah universitas negeri yag teretak di kota pelajar (Yogyakarta). Universitas dengan 7 fakultas ini memiliki sekitar 55 program studi (prodi) yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Banyak bukan?? Dengan pilihan prodi sebanyak itu, Teman-teman bisa memilih salah satunya. Bingung menentukan pilihan??

Saran admin, pilihlah prodi yang relevan dengan cita-cita. Mengapa harus selaras dengan cita-cita? singkatnya karena pendidikan tinggi merupakan "sebuah jalan" yang akan mengantarkan pada tujuan. Bukan hanya itu, cita-cita adalah hal yang paling kita impikan bukan? dan setiap hal yang membuat kita lebih dekat pada terwujutnya mimpi menjadi langkah demi langkah yang sangat menyenangkan.

"Seperti berjalan sambil bersenandung" meski yang akan kita tuju masih jauh, kita akan sangat menikmati tiap langkah yang dilalui. Setiap kali mengingat dan membayangkan tujuan akhir, kita laksana terlahir kembali (bersemangat menjalani proses perkuliahan dan menaklukkan setiap tantangan yang menghadang). Nah,,, jika teman-teman sudah punya prodi pilihan, selanjutnya bisa mendaftar UNY melalui:

Cara Pendaftaran UNY 


Jalur SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang lebih kita kenal dengan jalur undangan merupakan seleksi masuk yang dilakukan melalui peilaian prestasi akademik secara nasional. SNMPTN ini ditujukan bagi si anak pintar di sekolahnya masing-masing (baik SMA, MA, maupun SMK) melalui seleksi nilai rapor dari semester 1-5 untuk SMA/MA dan semester 1-7 untuk SMK.

Kelulusan seleksi ini ditentukan oleh perengkingan (pengurutan) nilai rapor dan syarat khusus yang di tentukan oleh uiversitas. Jika teman-teman memenuuhi syarat kelulusan, maka pihak UNY akan mengirimkan undangan berupa tawaran masuk salah satu prodi di UNY. SNMPTN biasaya dilakukan pertama kali jika dibandingkan jalur seleksi masuk lainnya. Untuk informasi lebih lengkap tentang SNMPTN, teman-teman bisa membaca di laman http://snmptn.ac.id/


Jalur SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan seleksi yang dilakukan melalui ujian tertulis secara nasional. Ya, ujian tertulis berarti teman-teman harus mengerjakan soal-soal, mulai dari soal Tes kemampuan dan potensi akademik, kemampuan dasar sain dan tekologi, sampai tes kemampuan dasar sosial dan humaniora. Semakin banyak teman-teman melahap soal-soal tes dengan benar maka akan semakin besar pula kesempatan untuk lulus UNY. Pendftaran SBMPTN biasanya buka setelah SNMPTN berlalu. Untuk info lengkapnya teman-teman bisa mengakses laman http://sbmptn.ac.id/


Jalur Mandiri SM

SM atau Seleksi Mandiri merupakan seleksi berupa tes tertulis yang diadakan oleh pihak UNY. Mirip seperti SBMPTN, hanya saja pada SM pihak panitia UNY-lah yang menentukan kelulusan peserta. Polanya hampir sama, lahap sebanyak-banyaknya soal yang positif benar. Peluang untuk masuk UNY melalui jalur ini pun lebih besar jika dibandingkan dengan 2 seleksi sebelumnya. Untuk waktu pendaftarannya biasanya dibuka setelah jalur SBMPTN, Info lebih lengkap tentang SM UNY bisa teman-teman baca di website http://pmb.uny.ac.id/


Jalur Bidikmisi

Tidak punya biaya untuk kuliah? Jangan khawatir, teman-teman yang tidak mampu secara ekonomi juga bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Pemerintah mengadakan pendanaan kuliah dan biaya hidup bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik melalui Bidikmisi. Jadi teman-teman tidak perlu memikirkan biaya kuliah dan biaya hidup lagi selama kuliah sampai lulus tepat waktu, hanya perlu fokus belajar dan kuliah sebaik-baiknya. Mulanya teman-teman mendaftar bidikmisi kemudian baru mendaftar kuliah baik melaui jalur SNMPTN, SBMPTN maupun SM. Nah, untuk info selengkapnya megenai Bidikmisi bisa di baca melalui situs http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Telah kita bahas tentang cara masuk UNY yang terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, SM, dan Bidikmisi. Seleksi apapun yang kita ikuti, seriuslah dalam menghadapinya.  "keseriusan seseorang berbanding lurus dengan kesuksesannya", karena dalam keseriusan terkandung kegigihan yang luar biasa. Serius dalam mempersiapkan diri, serius dalam berdo'a, untuk kemudian serius menghadapi tes yang akan dilalui.

"Serius bukan hanya tentang kesibukan fisik, tapi juga hati" hingga yang hadir bukanlh keterpaksaan untuk berjuang, melainkan perjuangan tulus. Ya, agar tak hanya lelah yang didapat, tapi kenikmatan dari setiap tahapan proses yang dihadapi. Seorang yang belajar dengan keterpaksaan 2 jam akan terasa satu hari, jika kita menikmatinya 4 jam terlewati begitu saja (dengan pemahman yang meresap ke otak).

"Hidup ini adalah tentang seni menikmati proses", bagaimana diri kita menjadikan setiap perjuangan sebagai kesenangan yang patut dinikmati, dan menabjubkannya "hasil akhir akan lebih dari yang kita harapkan".  Selamat berjuang teman-teman! Somoga tiap waktu yang berlalu menjadi tetes-tetes tinta yang akan mengukir nama kalian di daftar mahasiswa salah satu prodi UNY. Ganbate!!!
GET IT ON Google Play