Cara Pendaftaran Online UNJA 2017-2018

UNJA.ac.id - Universitas Jambi aau yang lebih kita kenal dengan nama Unja merupakan tahun 2017-2018 sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di provinsi Jambi. Uniersitas ini memiliki fasitas yang memadai dianntaranya kesempatan untuk memperoleh berbagai jenis beasiswa bagi mahasiswanya, seperti PPA, BBM, Supersemar, dll. Bagi teman-teman yang bisa masuk universitas ini, kesempatan untuk sekolah gratis terbuka lebar. Ada juga jalur masuk melalui beasiswa, yang akan kita bahas nanti.

Universitas dengan 13 fakultas ini memiliki sebanyak 56 program studi (prodi) yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk melanjutkan penddikan. Teman-teman bebas memilih prodi apapun yang dimiati. Untuk memilih prodi yang terbaik (bagi diri kita) ada  hal yang perlu diperhatikan, agar ketika kita lulus kuliah nanti ilmu dan ijazahnya benar-benar bermanfaat. Pastikan prodi yang kita pilih selaras dengan cita-cita: cara mengetahuinya bisa dengan membaca info lengkap seputar prodi itu, dan minta pertimbangan teman-teman lain yang sudah kuliah atau guru-guru/ kerabat yang paham akan hal ini (sering-sering sharing dengan orang terdekat).

Keselerasan dengan tujuan (cita-cita) biasanya juga relevan dengan kesukaan dan bakat. Nah, dengan kesinambunngan ini akan berdampak pada keseriusan seseorang dalam menjalani. Yang dicari adalah "bagaimana kita bisa enjoy, nyaman, dan bahagia saat menjalani proses perkuliahan nanti" "Santai tapi serius", artinya kita bisa senang menjalani prosesnya tapi prestasi melejit. Kita akan menjalani dengan tulus dan melakukan yang terbaik untuk setiap tahap demi tahap yang dilalui disertai dengan tidak terbebani. Apakah ada orang yang merasa berat saat melakukan hal yang disukai??

Cara Pendaftaran UNJA


Nah, jika teman-teman sudah punya prodi pilihan, selanjutnya bisa mendaftar Unja melalui beberapa jalur berikut:



SNMPTN yang merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah sebuah seleksi nasional yang dilakukan melalui penilaian administrasi. Penyaringan seleksi ini dengan nilai rapor siswa semester 1-5 (SMA/MA/Sederajat) atau semester 1-7 (SMK). SNMPTN ini dilakukan tanpa tes tertulis dan tanpa biaya pendaftaran (alias gratis).

SNMPTN ditujukan bagi siswa yang berprestasi akademik tinggi atau si anak pintar di sekolahnya masing-masing. Waktu pendaftaran seleksi ini biasanya paling awal jika dibandingkan seleksi lainnya. Untuk info selengkapnya tentang SNMPTN teman-teman bisa mengakses laman http://snmptn.ac.id/



SBMPTN yang merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah sebuah seleksi yang dilakukan melalui tes tertulis secara nasional. Tes tertulis berupa butir-butir soal pilihan ganda yang harus dikerjakan dengan tepat dan cepat. Untuk lulus seleksi ini score yang diperoleh dari pengerjaan soal harus memenuhi standar prodi dan lulus pengurutan/perengkigan secara nasional.

Waktu pendaftaran SBMPTN biasaya setelah SNMPTN. Jadi bagi teman-teman yang tidak berkesempatan mengikuti SNMPTN atau tidak lulus SNMPTN bisa mendaftar Unja melalui jalur ini. Untuk info selengkapnya tentang SBMPTN, teman-teman bisa mengakses laman http://sbmptn.ac.id/



UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama-Perguruan Tinggi merupakan salah satu cara masuk Unja yang diadakan oleh kerjasama 13 perguruan tinggi negeri nusantara melalui tes tertulis. Hapir sama dengan SBMPTN, hanya saja panitia seleksi UMB-PT berasal dari 13 PTN yang tergabung didalamnya. Untuk lulus seleksi ini teman-teman harus melahap sebanyak-banyaknya soal tes dengan tepat dan cepat. Kemugkinan lulus seleksi lebih besar jika dibandingkan dengan SBMPTN.


Waktu pendaftaran UMB-PT biasanya setelah SBMPTN, nah bagi teman-teman yang tidak lulus SNMPTN dan SBMPTN masih berkesempatan masuk Unja melalui jalur ini. Untuk info selengkapnya tentang UMB-PT teman-temn bisa mengakses laman http://spmb.or.id/ (klik UMB-PT pada sisi atas)



Bidikmisi merupakan sebauh kesempatan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi yang diberikan oleh pemerintah kepada calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik. Bagi teman-teman yang ingin kuliah tapi tidak punya biaya, bidikmisi bisa jadi solusinya. Teman-teman bisa kuliah di Unja tanpa biaya dan juga biaya hidup di tanggung oleh pemerintah, jadi teman-teman tinggal fokus kuliah saja dan megejar prestasi.

Mulanya tema-teman mendaftar Bidik misi, baru kemudian mendaftar seleksi (baik SNMPTN, SBMPTN, maupun UMB-PT) dengan id idikmisi yang telah diperoleh. Untuk info selengkapya tentang Bidikmisi, teman-teman bisa mengakses laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/


#5 Jalur Mandiri SLM-Unja

SLM-Unja (Seleksi Lokal Masuk Unja) atau yang lebih kita kenal dengan jalur mandiri merupakan seleksi melaui ujian tertulis yang diadakan oleh pihak Unja. Panitia penentu kelulusan seleksi oleh pihak Unja sendiri. Meski kuotanya lebih sedikit tapi kesempatan lulus seleksi ini lebih besar dari seleksi lainya. Yang spesial dari seleksi ini, siswa lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat dari 5 tahun lalu masih bisa mendaftar (seleksi lainnya hanya bisa diikuti oleh lulusan 3 tahun lalu sampai tahun penaftaran). Untuk info selengkapnya tentang SLM-Unja, teman-teman bisa mengakses laman http://slm.unja.ac.id/

Telah kita bahas tentang cara mendaftar Unja yang terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, UMB-PT Bidikmisi, dan SLM-Unja. "Jadilah seorang yang gigih", disaat semua orang mudur teratur, kita maju perlahan. Ssatu kesempatan tertutup, masih banyak kesempatan lainnya. Terus maju dan jeli melihat peluang, SNMPTN berlalu ada SBMPTN dan seterusnya. Berjalan dan terus berjalan hingga "gerbang Unja terbuka dan dipersilahkan masuk sebagai mahasiswa".

"Sejatinya perjuangan adalah mempertahankan kegigihan" dan "Bekerjalah meski disaat yang lain beristirahat", ambil porsi lebih dari orang-orang pada umumnya. Jika mereka belajar 2 jam selama sehari, kita belajar 4 jam dengan penuh keikhlasan. Penting juga menikmati tahap demi tahapya, agar perjuangan terasa lebih menyenangkan. Selamat berjuang teman-teman! Kancangkan ikat kepala! Semangat!
GET IT ON Google Play