Cara Pendaftaran Online UNSRI 2017-2018

UNSRI - Info Cara Untuk Pendaftaran secara Online simak Pendaftaran tahun 2017/2018 melalui Cara untuk Pendaftaran khusus Online kapan Pendaftaran dilaksanakan Online UNSRI situs UNSRI.ac.id Kali ini admin akan membagikan informasi megenai cara masuk perguruan tinggi negeri yang ada di sumatra selatan.

Teman-teman pembaca mungkin sudah memiliki beberapa nama universitas yang akan dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Universitas Sriwijaya mungkin bisa jadi salah satu pilihannnya. Sekilas mengenai Universitas Sriwijaya atau yang lebih dikenal dengan nama Unsri,  memiliki 10 fakultas yakni fakultas Ekonomi, Hukum, Tekni, Kedokteran, Pertanian, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Politik, MIPA, Ilmu Komputer, dan Kesehatan Masyarakat.

Fakultas Ekonomi terdiri dari beberapa program pendidikan, yaitu: Jurusan Manajemen (S1), Jurusan Ekonomi Pembangunan (S1), Jurusan Akuntansi (S1), Kesekretariatan (D3), Akuntansi (D3), Magister Manajemen (S2), Ilmu Manajamen (S2), Ilmu Ekonomi (S2),  dan Ilmu Ekonomi (S3) mencakup Ilmu Akuntansi, Ilmu Manajemen, dan Ilmu Ekonomi Pembangunan.



Fakultas Hukum terdiri dari 4 program pendidikan, yaitu: Program Studi Ilmu Hukum (S1), Program Studi Kenotariatan, Program Studi S2 Ilmu Hukum, dan Program Studi S3 Ilmu Hukum. Ada banyak pilihan program studi (prodi) yang bisa teman-teman pilih untuk melanjutkan pendidikan. Admin sarankan, teman-teman memilih prodi yanng sesuai dengan minat dan kesukaan. 

Karena apabila kita berjalan di tempat yang kita suka, tentu akan senantiasa mendapat energi ekstra untuk menyelesaikan setiap tantangan yang menghadang. Dan tidak akan pernah ada kata lelah untuk menyelesaikan stiap tugas yang di berikan, hal ini berdampak pada melejitnya prestasi.  Semoga teman-teman bisa menjadi mahasiswa dengan prestasi luar biasa.

Mario Cuomo pernah berkata, “Ada dua aturan untuk menjadi sukses. Pertama, cari tahu hal yang ingin Anda lakukan. Kedua, lakukan hal tersebut.” Ini berarti hal pertama untuk menggapai cita-cita  dengan melangkahkan kaki untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk masuk Unsri, yaitu:



Jalur undangan atau yang di kenal dengan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) merupakan seleksi yang dilakukan siswa-siswi SMA, ma, atau SMK yang memiliki prestasi unggul  untuk memperoleh pendidikan tinggi. Seleksi ini dilakukan melalui penelusuran prestasi akademik nilai raport dari kelas X  semester I sampi dengan XII semester I. Jalur ini ditujukan bagi siswa-siswi lulusan terbaik dari sekolah masing-masing.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Siswa-siswi SMA, MA, atau SMK kelas XII
  2. Berprestasi: calon peserta termasuk peringkat terbaik disekolanya pada semester 3, 4, dan 5 dengan ketentaua akreditasi sekolah
  3. Punya NISN dan terdaftar pada PDSS (yang didaftarkan oleh sekolah)
  4. Nilai rapot semester 1 sampai 5 (SMA) dan semester 1 smpai 7 (SMK ) telah diisikan pada PDSS
  5. Memenuhi syarat lain yang teah ditentukan oleh perguruan tinggi yang tujuan (dapat dilihat pada laman PTN yang bersangkautan

Cara Mengikuti SNMPTN

Ada 3 tahap yang harus ditempuh untuk mengikuti SNMPTN, meliputi:
  1. Melakukan pengisian PDSS oleh sekolah dan verivikasi dilakukan oleh siswa.
  2. Pemeringkatan  (dilakukan oleh panitia berdasarkan nilai mata pelajaran yang mejadi mata uji dan Ujian Nasional pada semester 3,4, dan 5)
  3. Pendaftaran SNMPTN oleh siswa (pendaftaran secara online pada laman http://www.snmptn.ac.id )
Degan tes ini teman-teman tidak perlu membayar biaya pendaftaran dan mengikuti tes tertulis, serta mendapat bantuan keengurusan  oleh pihak sekolah dan tiggal menunggu hasil dari pihak universita sriwijaya. Hany saja pada tahap selanjutnya untuk teman-teman yang telah lulus seleksi, teman-teman harus mengikuti tes wawancara sebelum melakukan pendaftaran ulang. Tes wawancara dilakukan di kampus niversitas Sriwijaya, Inderalaya, OI, Sumatera Selatan, Indonesia Jl. Palembang - Prabumulih KM.32 Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan .



SBMPTN atau seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri merupakan ujian  bersama masuk perguruan tinggi dengan  tes tertulis secara nasional. Dengan tes ini, teman-teman bisa memilih dua atau tiga program studi di Unsei sekaligus sebagai alternatif. Adpun cara masuk Unsri melalui SBMPTN  yaitu:
  1. membayar ung pendaftaran memalui bank mandir atau bank BNI sebesar Rp. 200.000,00 (SBMPTN): melakukan pendaftaran online di laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id., print out formulir yang telahh diisi.
  2. Megikuti tes sesuai degan jadwal ujian yang tertera pada halaman resmi http://www.sbmptn.ac.id.
  3. Tempat tes bisa di cek sehari sebelum pelaksanaan, sesuai dengan nomor peserta yang tercantum dalam print out formulir.
Setelah mengikuti tes tertulis sesuai jadwal, teman-teman tinggal menunggu hasil pengumumannya. Bagi teman-teman yang lulus harus melakukan pendaftaran ulang dengan online dan penyerahan berkas ke kamus unsri indralaya. Bagi teman-teman yang tidak lulus tes ini, jangan berkecil hati karena masih ada kesempatan selanjutnya dengan mendaftar melalui jalur mandiri atau Ujian Saringan Masuk Unsri (USM). Yang akan admin bahas selanjutnya.



USM atau ujian sarinngan masuk merupan tes tertulis jalur mandiri seleksi calon mahasiswa baru yang diadakan oleh pihak Unsri. Malalui tes ini, teman-teman bisa memilih beberapa prodi di Unsri dengan sekali ujian saja. Adapun cara pendaftaran USM unsri, yaitu:
  1. Melakakun pembayaran biaya pendaftaran di bank BNI sesuai kelompok tes yang akan diikuti.
  2. Melakukan pendaftaran online di laman www.usm.unsri.ac.id : cetak kartu tanda bukti pembayaran yang brisi identitas pendaftar (digunakan sbagai tanda peserta saat ujian)
  3. Ikuti ujian sesuai dengan jadwal tes yang tertera.
Pendaftara melalui jalur ini memiliki peluang kelulusan yang lebih besar dari pada tes SBMPTN, karena jumlah pesertanya lebih sedikit.



Bagi teman-teman yang tidak memiliki biaya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, jangan khawatir karena pemerintah menyediakan beasiswa untuk memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh gnerasi mudanya agar dapat mennempuh pendidikan yang lebih tinggi.

Bidkmisi merupakan program beasiswa yang diadakan pemerintah untuk calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Program ini mencakup biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa hingga lulus tepat  waktu.


Persyaratan Calon Penerima
  1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain akan lulus pada tahun ini
  2. Lulusan tahun sebelumnya yang bkan penerima bidik misi dan tidak bertentagan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi
  3. Usia maksima pendaftar 21 tahun
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kreteria: a) Siswa Penerima Beasiswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau b) Pendapata kotor gabungan kedua oran tua maksimal seesar Rp.3.000.000,00 per bulan atau pendapatan kedua orang tua kotor dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp.750.000,00 setiap bulan
  5. Pendidikan orang tua paling tinggi S1
  6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekmendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah;
  7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu di antara PTN atau PTS dengn ketentuan;
  8. PTN dengan plihan seleksi masuk: SNMPTN, SBMPTN, seleksi USM

Cara pendaftaran beasiswa bidikmisi
  1. Pendaftaran sebelum diterima di universitas/sebelum mengikuti seleksi masuk universitas
  2. Calon penerima beasiswa bidikmisi mendaftar terleih dulu beasiswa kemudian baru mengikuti tes universitas, baik melalui SNMPTN, SBMPTN, maupun jalur mandiri. Adapun tahapan yang harus dilalui untuk mendaftar beasiswa bidikmisi, yaitu:

Tahapan pendaftaran Bidikmisi
  1. Sekolah  mendaftarkan  diri  sebagai  institusi  pemberi  rekomendasi  ke  laman Bidikmisi  dengan  melampirkan  hasil  pindaian  (scan)  (Lampiran  II  bagian persetujuan dan tanda tangan) untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah.
  2. Ditjen  Belmawa  memverifikasi  pendaftaran  dalam  kurun  waktu  1  x  24  jam pada hari dan jam kerja;
  3. Sekolah  merekomendasikan  masing-masing  siswa  melalui  laman  Bidikmisi
  4. menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang telah diverifikasi.
  5. Sekolah  memberikan  nomor  pendaftaran  dan  kode  akses  kepada  masingmasing siswa yang sudah direkomendasikan;
  6. Siswa mendaftar  melalui laman  Bidikmisi  dan menyelesaikan semua tahapan yang diminta didalam sistem pendaftaran
  7. Selanjutnya siswa yang sudah menyelesaikan pendaftaran Bidikmisi mendaftar seleksi nasional atau mandiri masuk perguruan tinggi (SNMPTN, SBMPTN, ataupun USM)
  8. Pendaftaran sesudah diterima atau berstatus sebagai mahasiswa

Bagi mahasiswa baru yang ingin mendaftar beasiswa bidikmisi secara mandiri ketika telah berstatus sebagai mahasiswa, ikuti langkah berikut:
  1. Telah lulus tes perguruan tinggi dan mendaftar uang ke Unsri
  2. Tunggu penawaran dari pihak Unsri untuk kuota beasiswa bidikmisi
  3. Ikuti petunjuk yang diberika pihak universitas dan lengkapi berkas persyaratanna
  4. Tunggu pengumuman penerimaan yang akan disampaikan pihak universitas. Jika teman-teman memenuhi syarat dan dianggap berhak menerima beasiswa bidikmisi, kamu akan lulus dan menerimanya.

telah kita bahas sebelumnya, jalur masuk Universitas sriwijaya, terdiri dari Jalur SNMPTN, SBMPTN, Jalur mandiri, dan Bidikmisi. Untuk teman-teman yang akan mengikuti seleksi, admin memiiki beberapa tips sukses ujian: Kesungghan; teman-temn arus bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan diri menghadapi tes tersebut, bekerja keras belajar dengan giat. Bukan hanya brsunggu2 dalam belajar tapi juga bersungguh2 dalam berdo’a dan meminta kepada Yang Maha Kuasa.

Sering berlatih; latihan mengerjakan soal-soal tes seperti soal tes tahun sebelumnya, agar kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal meninngkat hingga waktu tes tiba dan kita benar-benar siap melahap sebanyak mungkin soal dan menjawabnya dengan penuh keyakinan, ya minimal 75% yakin bahwa jawaban kita benar.

Pada saat mengerjakan soal, usahakan setenang mungkin, dan karena kita sedag berpacu dengan waktu, jawablah soal yang kita sukai dan lebih mudah terlebih dahulu, jangan hanya terpaku pada satu soal hingga tak terasa waktu unjin hampir habis, lewati soal yang sulit untuk menjawabnya Selamat berjuang teman-teman. Semoga kalian bisa melalui tesnya dengan baik dan  masuk prodi yang kalian sukai. Sukses selalu....