3 Jalur Pendaftaran UNSRI 2024/2025



3 Jalur Pendaftaran UNSRI 2024/2025  - Kali ini admin akan membagikan informasi megenai cara masuk perguruan tinggi negeri yang ada di sumatra selatan. Teman-teman pembaca mungkin sudah memiliki beberapa nama universitas yang akan dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan.

Universitas Sriwijaya mungkin bisa jadi salah satu pilihannnya. Sekilas mengenai Universitas Sriwijaya atau yang lebih dikenal dengan nama Unsri,  memiliki 10 fakultas yakni fakultas Ekonomi, Hukum, Tekni, Kedokteran, Pertanian, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Politik, MIPA, Ilmu Komputer, dan Kesehatan Masyarakat.

Fakultas Ekonomi terdiri dari beberapa program pendidikan, yaitu: Jurusan Manajemen (S1), Jurusan Ekonomi Pembangunan (S1), Jurusan Akuntansi (S1), Kesekretariatan (D3), Akuntansi (D3), Magister Manajemen (S2), Ilmu Manajamen (S2), Ilmu Ekonomi (S2),  dan Ilmu Ekonomi (S3) mencakup Ilmu Akuntansi, Ilmu Manajemen, dan Ilmu Ekonomi Pembangunan.



Fakultas Hukum terdiri dari 4 program pendidikan, yaitu: Program Studi Ilmu Hukum (S1), Program Studi Kenotariatan, Program Studi S2 Ilmu Hukum, dan Program Studi S3 Ilmu Hukum. Ada banyak pilihan program studi (prodi) yang bisa teman-teman pilih untuk melanjutkan pendidikan. Admin sarankan, teman-teman memilih prodi yanng sesuai dengan minat dan kesukaan. 

Karena apabila kita berjalan di tempat yang kita suka, tentu akan senantiasa mendapat energi ekstra untuk menyelesaikan setiap tantangan yang menghadang. Dan tidak akan pernah ada kata lelah untuk menyelesaikan stiap tugas yang di berikan, hal ini berdampak pada melejitnya prestasi.  Semoga teman-teman bisa menjadi mahasiswa dengan prestasi luar biasa.

Mario Cuomo pernah berkata, “Ada dua aturan untuk menjadi sukses. Pertama, cari tahu hal yang ingin Anda lakukan. Kedua, lakukan hal tersebut.” Ini berarti hal pertama untuk menggapai cita-cita  dengan melangkahkan kaki untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk masuk Unsri, yaitu:



Jalur undangan atau yang di kenal dengan  (SNBP) merupakan seleksi yang dilakukan siswa-siswi SMA, ma, atau SMK yang memiliki prestasi unggul  untuk memperoleh pendidikan tinggi. Seleksi ini dilakukan melalui penelusuran prestasi akademik nilai raport dari kelas X  semester I sampi dengan XII semester I. Jalur ini ditujukan bagi siswa-siswi lulusan terbaik dari sekolah masing-masing.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Siswa-siswi SMA, MA, atau SMK kelas XII
  2. Berprestasi: calon peserta termasuk peringkat terbaik disekolanya pada semester 3, 4, dan 5 dengan ketentaua akreditasi sekolah
  3. Punya NISN dan terdaftar pada PDSS (yang didaftarkan oleh sekolah)
  4. Nilai rapot semester 1 sampai 5 (SMA) dan semester 1 smpai 7 (SMK ) telah diisikan pada PDSS
  5. Memenuhi syarat lain yang teah ditentukan oleh perguruan tinggi yang tujuan (dapat dilihat pada laman PTN yang bersangkautan

Cara Pendaftaran
  • Bukahttps://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ untuk membuat akun
  • Isi data diri secara lengkap, baik nama, email, password dan lainnya.
  • Lakukan validasi akun melalui email terdaftar.
  • Setelah semua selesai jangan lupa untuk melakukan finalisasi akun.
  • Jika sudah di finalisasi artinya akun sudah siap digunakan.
  • Calon peserta menunggu hasil pemeringkatan dari sekolah.
  • Untuk mengecek apakah lulus pemeringkatan atau tidak tinggal login ke https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ kemudian cek status.
  • Apabila lulus lengkapi berkas pendaftaran dimulai dari mengisi biodata yaitu data diri sesuai identitas, ada juga data keluarga yang harus diisi yaitu data orang tua atau wali yang bertanggung jawab, selanjutnya data pendidikan meliputi data prestasi atau jenjang sekolah yang sudah ditempuh, jangan lupa isi juga data ekonomi berisi mengenai besaran penghasilan orang tua.
  • Pastikan semua terisi dengan benar, kirim dan klik selanjutnya untuk melengkapi data lainnya.
  • Ada beberapa file yang wajib diupload seperti file persyaratan atau file bukti prestasi selama sekolah.
  • Isi borang dan portopolio.
  • Setelah semua terisi tinggal kirim dan simpan data, cetak kartu bukti peserta
  • Tunggu hasil akhir melalui https://snbp.bppp.kemdikbud.go.id/

Degan tes ini teman-teman tidak perlu membayar biaya pendaftaran dan mengikuti tes tertulis, serta mendapat bantuan keengurusan  oleh pihak sekolah dan tiggal menunggu hasil dari pihak universita sriwijaya. Hanya saja pada tahap selanjutnya untuk teman-teman yang telah lulus seleksi, teman-teman harus mengikuti tes wawancara sebelum melakukan pendaftaran ulang. Tes wawancara dilakukan di kampus niversitas Sriwijaya, Inderalaya, OI, Sumatera Selatan, Indonesia Jl. Palembang - Prabumulih KM.32 Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan .



SNBT merupakan ujian  bersama masuk perguruan tinggi dengan  tes tertulis secara nasional. Dengan tes ini, teman-teman bisa memilih dua atau tiga program studi di Unsei sekaligus sebagai alternatif. Adpun cara masuk Unsri melalui yaitu:
  1. Jika berminat mendaftar mulai dari registrasi akun https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Isi data diri nama, email, password dan data lainnya secara lengkap.
  3. Jangan lupa validasi dan finalisasi akun jika semua data selesai.
  4. Setelah akun jadi setiap siswa/i dapat langsung mendaftaran jika UTBK sudah resmi dibuka.
  5. Proses pendaftaran cukup mudah tinggal login https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  6. Siapkan Kartu Pelajar/KTP, KK, Surat Keterangan Lulus.
  7. Isi data-data secara lengkap diantaranya biodata sesuai identitas, data orang tua yaitu pendidikan, penghasilan orang tua, tanggungan, data pendidikan.
  8. Isi Borang dan portopolio (Khusus prodi olahraga dan seni).
  9. Aapabila semua data sudah selesai di proses kirim dan klik selanjutnya.
  10. Tahap awal pendaftaran akan di akhiri dengan munculnya kode pembayaran dan segera bayar melalui bank BUMN.
  11. Simpan bukti pembayaran.
  12. Setelah itu login kembali ke situs https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  13. Pilih PTN Lokasi, Jadwal, Dan Jam tes yang akan diikuti serta jenis tes yang diminati.
  14. Cek lokasi tes satu hari sebelum pelaksanaan tes.
  15. Ikuti tes.
  16. cek hasil akhir UTBK melalui situs https://snbt.bppp.kemdikbud.go.id/
  17. Sebagai tambahan nilai utbk dapat digunakan sebagai syarat tes jalur mandiri PTN tanpa harus tes lagi.
    Setelah mengikuti tes tertulis sesuai jadwal, teman-teman tinggal menunggu hasil pengumumannya. Bagi teman-teman yang lulus harus melakukan pendaftaran ulang dengan online dan penyerahan berkas ke kamus unsri indralaya. Bagi teman-teman yang tidak lulus tes ini, jangan berkecil hati karena masih ada kesempatan selanjutnya dengan mendaftar melalui jalur mandiri atau Ujian Saringan Masuk Unsri (USM). Yang akan admin bahas selanjutnya.



    Universitas Sriwijaya (UNSRI) kembali membuka pendaftaran seleksi mandiri secara online bagi para calon peserta melalui USM UNSRI (Ujian Saringan Masuk Universitas Sriwijaya). Jika peserta tertarik untuk mengikuti seleksi mandiri Universitas Sriwijaya yang dilakukan pdengan ujian tulis maka peserta mengikuti seleksi mandiri UNSRI. Berikut merupakan alur pendaftaran atau registrasi online :

    A. Melakukan pendaftaran secara online
    • Peserta diminta untuk melakukan pendaftaran secara online atau daring dengan melakukan pengisian slip pembayaran biaya pendaftaran USM UNSRI secara online di laman resmi USM UNSRI yang bisa diakses langsung di https://usm.unsri.ac.id
    • Setelah berhasil masuk ke laman tersebut, maka selanjutnya pilih Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) S1 dan Diploma tahun ini. 
    • Peserta diminta untuk melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir slip pembayaran biaya pendaftaran USM UNSRI dimana peserta wajib mengisi nama sesuai ijazah, NIK, kewarganegaraan, kelompok ujian, dan mengisi kode verifikasi pada laman https://usmb.unsri.ac.id/?act=pembayaran
    • Setelah semua borang kosong terisi, maka selanjutnya klik lanjutkan.

    B. Mencetak formulir slip pembayaran
    • Setelah peserta selesai melakukan pengisian formulir slip pembayaran biaya seleksi, maka selanjutnya peserta dipersilahkan untuk mencetak slip pembayaran tersebut dan bisa melakukan pembayaran ke Bank BNI dengan menyerahkan slip pembayaran yang tadi telah dicetak dan besaran nominal yang muncul di borang pendaftaran sebelumnya. 
    • Peserta bisa melakukan pembayaran dengan langsung datang ke teller Bank BNI atau membayar lewat ATM atau internet banking BNI. 
    • Setelah melakukan proses pembayaran biaya seleksi, mohon untuk menyimpan bukti slip pembayaran sebagai tanda bukti sah bahwa peserta telah melunasi biaya seleksi USM UNSRI.

    C. Melakukan login
    • Setelah peserta selesai melakukan pembayaran, maka peserta akan mendapatkan nomor pembayaran yang nantinya dapat digunakan untuk melanjutkan proses pendaftaran ke tahap selanjutnya. 
    • Peserta diharapkan untuk kembali mengunjungi laman resmi USM UNSRI yaitu  di https://usm.unsri.ac.id untuk melengkapi proses pendaftaran. Setelah berhasil masuk ke laman tersebut, maka selanjutnya peserta bisa memilh menu pendaftaran online USM UNSRI yang nantinya akan diarahkan ke laman berikut ini https://usmb.unsri.ac.id/?act=pendaftaran_usm
    • Peserta mengisi borang kosong dengan nomor tagihan dan nomor identitas yang sesuai tercantum pada slip pembayaran. 
    • Selain itu masukkan juga kode verifikasi berupa 6 digit angka sesuai yang tertera pada laman tersebut. 
    • Kemudian klik tombol Login yang ada di bawah borang.

    D. Menyiapkan persyaratan pendaftaran
    • Sebelum melanjutkan proses registrasi atau pendaftaran, maka peserta wajib untuk menyiapkan beberapa persyaratan pendaftaran yaitu slip tanda bukti pembayaran USM UNSRI, fotokopi surat keterangan lulus atau ijazah, pas foto yang mempunyai format PNG atau JPG berukuran maksimal 600 kb dengan resolusi minimal 200 x 300 pixel.
    E. Melanjutkan proses registrasi
    • Jika sudah menyiapkan persyaratan yang ada di atas, maka yang selanjutnya peserta bisa melanjutkan proses pendaftaran atau proses registrasi dengan mengisi data diri pribadi dan juga program studi yang dipilih. 
    • Peserta juga diminta untuk melengkapi persyaratan lainnya yang diminta. 
    • Setelah selesai mengisi semua borang yang kosong dan mengunggah syarat yang dibutuhkan, maka peserta bisa mencetak bukti pendaftaran yang nantinya akan dibawa saat ujian tulis.

    E. Mengenai informasi tambahan
    • Untuk mengakses informasi tambahan mengenai USM UNSRI, maka peserta bisa mengakses langsung informasinya di laman resmi Universitas Sriwijaya yaitu di laman berikut https://usmb.unsri.ac.id/?act=panduan untuk mengetahui panduan USM dan petunjuk atau tata cara pembayaran. 
    • Peserta bisa mengunjungi laman https://usmb.unsri.ac.id/lokasi.php untuk mengetahui lokasi ujian USM UNSRI.


    telah kita bahas sebelumnya, jalur masuk Universitas sriwijaya, terdiri dari Jalur SNBP, SNBT, Jalur mandiri, dan beasiswa. Untuk teman-teman yang akan mengikuti seleksi, admin memiiki beberapa tips sukses ujian: Kesungghan; teman-temn arus bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan diri menghadapi tes tersebut, bekerja keras belajar dengan giat. Bukan hanya brsunggu2 dalam belajar tapi juga bersungguh2 dalam berdo’a dan meminta kepada Yang Maha Kuasa.

    Sering berlatih; latihan mengerjakan soal-soal tes seperti soal tes tahun sebelumnya, agar kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal meninngkat hingga waktu tes tiba dan kita benar-benar siap melahap sebanyak mungkin soal dan menjawabnya dengan penuh keyakinan, ya minimal 75% yakin bahwa jawaban kita benar.

    Pada saat mengerjakan soal, usahakan setenang mungkin, dan karena kita sedag berpacu dengan waktu, jawablah soal yang kita sukai dan lebih mudah terlebih dahulu, jangan hanya terpaku pada satu soal hingga tak terasa waktu unjin hampir habis, lewati soal yang sulit untuk menjawabnya Selamat berjuang teman-teman. Semoga kalian bisa melalui tesnya dengan baik dan  masuk prodi yang kalian sukai. Sukses selalu....