Cara Pendaftaran Online STIN 2017-2018

STIN - Cara Pendaftaran STIN, tajun 2017-2018 jika membahas mengenai Sekolah Tinggi Intelijen Negara tentu kita akan teringat pada BIN dimana salah satu lembaga Sekolah Tinggi ini nantinya dapat bekerja disalah satu Badan Intelijen Negara Indonesia. Hampir semua orang memiliki cita-cita agar bisa menjadi salah satu bagian dari Intelijen Negara, tentu hal itu tidak gampang didapat oleh para siswa maka dari itu salah satu lantaran bisa melalui STIN.

Berbicara Intelijen Negara kita tidak akan lepas dari yang namanya STIN karena melalui sekolah ini ada banyak CAMA Baru yang akan berkompetisi memperebutkan kuota yang terbilang cukup kecil jika dibandingkan dari jumlah Pendaftaran. STIN merupakan salah satu sekolah khusus kampus ini memiliki basis Kedinasan dinama setelah lulus nanti para peserta dapat mengadu nasib bidang Intelejen Negara.

Sekolah ini bisa dibilang sebagai kampus elite karena tidak sembang orang bisa kuliah disini perlu kriteria tertentu diantanya bisa dinyatakan lulus oleh Panitia. Keunggulan kampus ini sudah disebutkan sebelumnya bahwa pendaftaran akan mengikuti semua ketentuan berdasarkan pada kriteria, semua orang bisa mengikuti seleksi kampus ini asalkan memenuhi persyaratan pendaftaran seperti kita ketahui panitia seleksi sudah merumuskan dalam beberapa poin diataranya pada kalian lihat seperti dibawah ini.

Cara Pendaftaran STIN 2017-2018

Berdasarkan ketentuan yang ada bahwa kampus atau sekolah tinggi Intelijen Negara ini memiliki ketentuan yang akan disampaikan sebagai berikut. Menjadi seorang CAMA dapat menjadi awal mencapai impian yaitu setelah lulus kuliah dapat terpilih sebagai salah satu bagian dari Intelijen Negara dimana tugasnya adalah sebagai Spay dari Pemerintah atau Pertahanan Indonesia tentu tugas tersebut bersifat rahasia.

Seperti jika kita pernah menonton film-film namanya Intelejen Negara memiliki misi khusus yang akan dibekali berbagai keahlian khusus maka dari itu sebagai langkah perjuangan STIN menjadi salah satu batu loncatan untuk mencapai apa yang kalian inginkan terlebih sekolah ini merupakan bagian dari Ikatan Dinas lembaga ini rasanya tidak terlalu berlebihan jika memimpikan hal tersebut karena berkaitan.

Lankah dan perjuangan anda bisa dimulai dari perjalanan mencapai semua hal yang berkaitan dengan STIN kalian juga harus mengikuti seleksi dan pendaftaran yang tersedia dikampus ini, meski begitu kadang kampus ini tidak terdengar pembukaannya sebab biasanya disampaikan melalui situs resmi. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa pendaftaran mengenai STIN bagi yang memiliki minat masuk kampus dapat membaca ketentuan persyaratan dan Cara seperti yang akan kami uraikan dibawah ini.


Persyaratan Umum:
  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Siswa SMA/SMK/MA kelas XII tahun 2017 serta lulusan tahun 2015 dan 2016.
  • Nilai rata-rata rapor kelas X, XI dan semester 1 kelas XII minimal 7,0.
  • Bukan penyandang disabilitas dan gangguan mental.
  • Tinggi badan minimal dengan berat badan ideal: Putra  : 160 (seratus enam puluh) cm. Putri    : 155 (seratus lima puluh lima) cm.
  • Bagi putra tidak pernah bertato dan bertindik serta bagi putri tidak pernah bertato dan bertindik dibagian tubuh yang tidak wajar/semestinya.
  • Jika berkacamata tidak lebih dari +(plus) atau –(minus) 1,0.
  • Tidak pernah mengalami patah tulang.

Pendidikan atau sekolah yang diterapkan oleh STIN merupakan berbasis Semi meliter maka dari itu penting rasanya kalian para peserta harus memenuhi semua persyaratan baik secara umum ataupun lainnya agar proses dapat berjalan sesuai dengan ketetapan STIN untuk proses pendaftaran kampus ini dapat kalian lihat melalui situs resmi Pmb.STIN.ac.id kemudian bagi peserta yang telah melaksanakan pendaftaran diharapkan dapat mengikuti dan melengkapi Persyaratan secara Adminitrasi semua contoh berkas dapat kalian lihat dan download melalui situs www.stin.ac.id berikut yang kami maksud berupa.

Persyaratan Khusus:
  • Surat ijin orang tua/wali.
  • Fotokopi rapor yang dilegalisir oleh kepala sekolah.
  • Surat keterangan berbadan sehat, tidak buta warna dari Puskesmas/Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).
  • Surat keterangan bebas narkoba dari RSUD.
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari kepolisian setempat.
  • Surat keterangan belum pernah menikah dari Kepala Desa/Kelurahan.
  • Pas foto berwarna ukuran 4x6 cm sebanyak 1 buah, bagi putra berlatar belakang merah dan bagi putri berlatar belakang biru.
  • Foto seluruh badan berwarna terbaru ukuran postcard dengan pakaian atas putih, bawah hitam (tampak depan, samping kanan dan samping kiri).
  • Fotokopi akta kelahiran.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Fotokopi hasil psikotes pada saat SMA.
  • Sesuai PP no 63 tahun 2016, setiap calon peserta yang lulus seleksi administrasi dikenakan biaya sebesar Rp.  50.000 (lima  puluh  ribu  rupiah) dengan mekanisme pembayaran diatur oleh BKN dan akan diberitahukan kemudian.
  • Calon peserta dapat memilih jadwal dan tempat seleksi di tiap-tiap kota pelaksanaan seleksi sebanyak maksimal 1 (satu) kota melalui portal pendaftaran online melalui website: www.stin.ac.id

Seperti yang telah admin sampaikan sebelumnya bahwa pendaftaran akan dilaksanakan melalui situs resmi STIN kemudian untuk format pengiriman berkas akan dilakukan melalui online juga hanya saja semua berkas yang akan dikirim harus memiliki format seperti yang akan disampaikan melalui beberapa poin berikut untuk itu simak selengkapnya hal ini menjadi sangat penting disimak karena memiliki ketetapan sebagai awal proses pendaftaran berikut infonya.


Format Pengiriman Berkas di Upload.
  1. Surat ijin Orang Tua/wali (ORTU.pfd/.jpeg)
  2. Foto Copy raport kelas X, XI dan XII semester ganjil yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah (SEKOLAH.pdf/.jpeg) 
  3. Surat keterangan berbadan sehat, tidak buta warna dari Puskesmas/RSUD (SEHAT.pdf/.jpeg)
  4. Surat keterangan bebas NARKOBA dari RSUD (SKBN.pdf/.jpeg) 
  5. SKCK dari Kepolisian setempat (SKCK.pdf/.jpeg) 
  6. Surat keterangan belum pernah menikah dari Kepala Desa/Kelurahan (SKBP.pdf/.jpeg) 
  7. Pas foto berwarna ukuran 4 X 6, bagi putra latar belakang merah dan bagi putri latar belakang biru (FOTO.jpeg) 
  8. Fotokopi Akte Kelahiran/Kenal Lahir (AKTE.pdf/.jpeg) 
  9. Fotokopi transkrip nilai bagi peserta yang sedang kuliah di PTN + Foto KTM. (PTN.pdf/.jpeg)
  10. FotoCopy KK (Kartu Keluarga) (KK.pdf/.jpeg)

Bila semua ketetapan yang sudah kalian ikuti maka proses pendaftaran dianggap sudah selesai tinggal menunggu proses lanjutan yang tentunya akan disampaikan melalui situs resmi maka dari itu kalian harus rajin-rajin update www.stin.ac.id sebagai salah satu situs resmi penyedia informasi mengenai Pendaftaran Online STIN, ada dua Gelombang Pendaftaran dari kedua tersebut apa yang membedakan satu sama lain untuk itu kalian simak beberapa ketentuan seperti dibawah ini.


1. Pendaftaran STIN Gelombang 1.

Untuk Pendaftaran umum STIN gelombang 1 biasanya dilakasanakan sesuai jadwal pendaftaran yang pemetaan tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya hanya saja penerimaan untuk jalur masuk gelombang 1 ini akan lebih dahulu dibuka dari Gelombang berikutinya selain itu masing-masing Gelombang Pendaftaran dibuka berdasarkan Rayon seperti Contoh Gelombang 1 Pendaftaran untuk daerah A, B dan C serta Bla-bla-bla  biasanya untuk daerah yang tidak tercantum di gelombang satu akan dibuka di Gelombang Berikutnya. Info lebih jelas dapat diaskses melalui stin.ac.id.


2. Pendaftaran STIN Gelombang 2

Jika gelombang 1 dibuka lebih dahulu maka gelombang dua setelah gelombang satu ditutup tetapi biasanya tidak setiap tahun gelombang 2 dibuka dikarnakan panitia melihat situasi dan kondisi apakah harus dibuka atau tidak, bagi rayon daerah tertentu yang belum dibuka pada gelombang satu biasanya akan dibuka pada gelombang ini. Untuk itu kalian harus cek info pendaftaran melalui situs www.stin.ac.id. Untuk pembukaan biasanya tidak jauh berbeda dengan tahun lalu.


Tempat Tes

Seleksi dilaksanakan di 8 (delapan) kota meliputi Medan, Palembang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, dan Jayapura.
  1. Menindaklanjuti hasil rapat tanggal 17 Februari 2017 di Kantor Kementerian PANRB membahas tindak lanjut rencana penerimaan mahasiswa sekolah ikatan dinas tahun 2017, dengan ini disampaikan jadwal seleksi penerimaan calon mahasiswa Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), sebagai berikut:
  2. Pengumuman, tanggal 1
  3. Pendaftaran online, tanggal 9 s.d. 31 Maret 2017.
  4. Pengumuman hasil Seleksi Administrasi, tanggal 14 April 2017 (tentatif).
  5. Tes Kompetensi Dasar, mulai tanggal 22 April 2017 (tentatif, masih menunggu hasil koordinasi dengan BKN karena akan dilaksanakan di 8 Kanreg BKN).
  6. Pengumuman kelulusan, pertengahan s.d. akhir Juni 2017.
  7. Demikian, untuk menjadi maklum.

Dari beberapa informasi terkait dengan penerimaan dan Pendaftaran serta lainnya semua itu kami kutip berdasarkan sumber situs resmi STIN yang ada maka dari itu jika kalian melihat informasi yang berbeda dengan situs resmi maka yang digunakan adalah informasi yang ada pada situs resmi. Hanya saja kalian juga dapat memperjelas apa yang dicari jika pada situs ini sebagai tambahan referensi untuk proses pendaftaran.

Untuk menjadi terbaik kalian harus berusaha tidak hanya kepintaran melainkan kalian harus memiliki ketekunan untuk mencapai segala usaha. Seperti yang kita ketahui bahwa STIN merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan dalam katagori elite dibawah Intelijen Negara Republik Indonesia maka dari itu untuk bisa lulus kampus ini sebagai perantara bahwa kalian harus menjadi yang terbaik dari yang terbaik hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi STIN. Demikian selamat mencoba.
Sekolah Pramugari