Cara Pendaftaran Online PKN STAN 2017-2018

PKN STAN - Info Cara untuk Pendaftaran melalui Online khusus STAN dan PKNSTAN simak Pendaftaran khusus Online khusus Cara penerimaan Pendaftaran simak Pendaftaran PKN STAN. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai Pendaftaran secara Online untuk PKN STAN pada kali ini kita akan membahas satu persatu proses pendaftaran tetapi sebelum sampai pada pembahasan utama mari kita simak terlebih dahulu seperti dibawah ini.

Ada perubahan besar yang sudah terjadi di STAN karena sebelumnya Sekolah Tinggi Akutansi Negara ini kini berevolusi menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN dimana dari sekolah tinggi menjadi Politeknik Keuangan Negeri. Perubahan ini berdampak positif karena semua ketentuan tersebut bersumber pada satu hal yang lebih besar.

Perubahan memberikan kabar baik dari segi kuota dan Jurusan dimana akan lebih banyak lagi mahasiswa yang diterima dan pilihan jurusan yang tersedia. Tentu ini merupakan kabar gembira bagi anda yang bisa diikuti melalui beberapa ketentuan yang dimaksud kita akan bahas secara rinci Pendaftaran tersebut. PKN STAN merupakan salah satu perguruan tinggi Kedinasan yang dibuka dibawah kementerian keuangan.

Nilai lebih dari sekolah dinas adalah selain gratis, peserta juga akan mendapatkan kesempatan untuk langsung bekerja setelah lulus kuliah nanti, dibawah kementerian keuangan dan kantor perpajakan yang ada di Indonesia Mahasiswa akan bekerja sesuai dengan jurusan yang ada hal ini dianggap sangat bernilai karena sama saja kalau sudah lulus kuliah di STAN sudah pasti akan langsung bekerja setelah lulus nanti.

Selain itu sebutan untuk STAN tetap terdengar meksi berubah nama, STAN dirasa lebih populer dari nama Barunya PKN STAN, nah bagi kalian yang ingin kuliah di kampus ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti kita ketahui bahwa STAN merupakan perguruan tinggi kedinasan. Untuk bisa masuk dan kuliah anda harus mengerti dulu cara untuk melakukan Pendaftaran.

Sebagai modal utama dalam proses awal Peserta harus tahu cara melakukan Pendaftaran selain itu harus memenuhi semua persyaratan Pendaftaran kemudian melanjutkan pendaftaran yang akan dilaksanakan secara online untuk itu kita akan membahas secara rinci mengenai pendaftaran yang dimaksud untuk lebih jelas mari kita lebih dahulu mengecek apakah anda memenuhi persyaratan pendaftaran PKN STAN.


Persyaratan Pendaftaran PKN STAN.
  1. Lulusan (tahun 2016 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2017) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.
  2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar: Untuk lulusan tahun 2016 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau Untuk calon lulusan tahun 2017, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen PENGETAHUAN pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
  3. Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam rapor atau ijazah tidak lebih dari 20 tahun 0 bulan 0 hari pada tanggal 1 September 2016 (lahir tidak lebih awal dari tanggal 1 September 1996).
  4. Berbadan sehat dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).
  5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  6. Khusus program studi kepabeanan dan cukai ditambahkan persyaratan sebagai berikut : Untuk program studi Diploma I: Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm, Perempuan tinggi badan minimal 155 cm.
  7. Untuk Program studi Diploma III: Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm.
  8. Tidak Cacat Badan;
  9. Tidak Buta Warna; dan Untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.
  10. Menyetor biaya pendaftaran Ujian Saringan Masuk (USM) sebesar Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) dan biaya yang dikeluarkan akibat transaksi pembayaran tersebut ditanggung oleh pendaftar.

Ada beberapa tahapan pendaftaran yang bisa anda ikuti untuk itu kami akan memberikan beberapa informasi mengenai Pendaftaran seperti yang akan dibahas dibawah ini secara umum pendaftaran dilaksanakan melalui online situs usm.stan.ac.id atau usm.pknstan.ac.id kemudian ikuti semua ketentuan pendaftaran seperti registrasi awal, mengisi formulir, penguncian data, Cetak BPO, dan Pembayaran Biaya Pendaftaran untuk lebih jelas simak selengkapnya seperti dibawah ini.


Tata Cara Pendaftaran PKN STAN.

1. Registrasi Pada Portal Panselnas.

Silakan REGISTRASI pada portal panselnasdikdin.menpan.go.id. Pastikan Anda telah memenuhi syarat sebagai pendaftar dan memiliki kelengkapan dokumen pendaftaran. Pastikan Anda sudah mendapatkan email balasan dari PANITIA PANSELNAS yang berisi PASSWORD masing-masing.


2. Login dan Lengkapi Formulir Isian Data.

LOGIN menggunakan NIK dan PASSWORD masing-masing di www.usm.stan.ac.id. Isikan data pribadi, data sekolah, dan data lokasi ujian pada kolom isian dan SESUAI PETUNJUK yang telah disediakan. Isi dengan TELITI !!.


3.  Kunci Data.

Setelah dipastikan bahwa semua isian data telah diisi dengan lengkap dan benar, lakukan kunci data. Setelah dikunci, data tidak dapat diubah kembali.


4. Cetak BPO. 

Pendaftar yang telah mengunci data dapat mencetak Bukti Pendaftaran Online (BPO). Hasil cetakan BPO ini WAJIB dibawa pada saat penyerahan berkas.


5. Pembayaran Biaya Pendaftaran.

Pendaftar membayar biaya USM PKN STAN sesuai kode MVA yang akan tercantum pada BPO masing-masing pendaftar. Kode MVA berbeda untuk setiap pendaftar!!.Pembayaran dapat dilakukan melalui Teller, ATM, atau Internet Banking BANK MANDIRI ke kode MVA yang tercantum pada BPO masing-masing pendaftar.


Dokumen Yang Harus Dilengkapi dan Dibawa.

Dokumen yang Perlu disiapkan.
  1. Selain itu ada dokumen yang harus dipersiapkan seperti  RAPOR (calon Lulusan 2017) yang mencantumkan Nilai Semester I-V ATAU IJAZAH (Lulusan sebelum 2017) yang mencantumkan Nilai Ujian Tulis (Nilai Akhir). 
  2. BUKTI DIRI ASLI BERFOTO yang masih berlaku (Rapor / Ijazah / KTP/ SIM / Paspor / SKCK).

Dokumen Yang Wajib Dibawa Saat Verfiikasi Berkas.
  1. BUKTI PENDAFTARAN ONLINE (BPO) yang ditempeli materai Rp6000 yang masih berlaku. 
  2. DOKUMEN ASLI RAPOR (calon Lulusan 2017) IJAZAH (Lulusan sebelum 2017).
  3. FOTOKOPI DOKUMEN NILAI YANG DILEGALISIR 1 set Fotokopi Nilai RAPOR Semester I-V (calon Lulusan 2017) ATAU 1 Lembar Fotokopi IJAZAH (Lulusan sebelum 2017).
  4. PAS FOTO STUDIO BERWARNA TERBARU kualitas studio ukuran 4x6 sebanyak tiga (3) lemba.
  5. BUKTI PEMBAYARAN DARI BANK, dapat berupa slip setoran, struk ATM, atau hasil cetak internet bankin.
  6. BUKTI DIRI ASLI BERFOTO yang masih berlaku sesuai dengan yang tercantum pada lembar BPO.

Dokumen Yang Wajib Dibawa Saat Ujian. 
  1. BUKTI PESERTA UJIAN (BPU) yang telah disahkan pada saat verifikasi berkas. 
  2. BUKTI DIRI ASLI BERFOTO yang masih berlaku sesuai dengan yang tercantum di BPU.

Mudah kan untuk bisa mengikuti semua prosedur pendaftaran STAN ada beberapa hal yang perlu dilakukan seperti mengikuti semua ketentuan yang ada kemudian selanjutnya mengikuti pendaftaran sampai selesai beberapa hal yang tidak kalah penting adalah mengikuti semua ketentuan melalui Pendaftaran atau melengkapi dokumen penting yang harus dibawa.

Dari beberapa informasi mengenai Pendaftaran diatas maka dapat disimpulkan Pendaftaran dilaksanakan secara online kemudian mengikuti semua ketentuan yang ada selain dari pada itu ada beberapa hal mengenai Pendaftaran yang harus diperhatikan yaitu Peserta yang datang terlambat tidak diperkenankan untuk mengikuti ujian. Peserta HANYA DIPERKENANKAN membawa: BPU Identitas Diri Berfoto (sesuai yang tertera pada BPU) Alat tulis (Pensil 2B, Pulpen, dan Penghapus) Peserta TIDAK DIPERKENANKAN membawa tas dan alat komunikasi ke dalam ruang ujian. Peserta berpenampilan sesuai dengan foto pada BPU. Selamat Mencoba.